cover
Contact Name
Rajab Ritonga
Contact Email
redaksi@caraka.web.id
Phone
+6281381694837
Journal Mail Official
redaksi@parahita.web.id
Editorial Address
Jl. Pasar Atas No 3, Kompleks Setramas Kota Cimahi, Bandung
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27456609     DOI : https://doi.org/10.25008/parahita
Core Subject : Education,
PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat adalah jurnal yang berisikan publikasi dalam bentuk artikel pengabdian kepada masyarakat dan atau hasil-hasil penelitian di bidang Ilmu Komunikasi secara luas. Jurnal Pengabdian PARAHITA diterbitkan dua kali dalam satu tahun, Juni dan Desember tahun berjalan, mencakup pengembangan dan penerapan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi hasil penerapan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk, model, konsep dan atau implementasi pengabdian kepada masyarakat sebagai upaya peningkatan partisipasi masyarakat pada pembangunan, dan pemberdayaan masyarakat. Penelitan di bidang Ilmu Komunikasi yang dapat diterbitkan Jurnal PARAHITA meliputi, tetapi tidak terbatas pada: Komunikasi Politik Komunikasi Massa Komunikasi Pemasaran Komunikasi Antarpribadi Komunikasi Antarbudaya Komunikasi Kesehatan Jurnal ini diterbitkan oleh Penerbit Jurnal Ilmiah Indonesia setelah melalui peer-reviewed oleh para sejawat di bidangnya yang meliputi tetapi tidak terbatas pada hasil pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu-lmu sosial-humaniora dan ilmu-ilmu eksakta. Sebagai sebuah Terbitan Berkala Ilmiah, PARAHITA Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat menggunakan standar peer review yang ketat dengan melibatkan peer reviewer dari berbagai perguruan tinggi negeri dan swasta terakreditasi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat" : 5 Documents clear
Model Strategi Hubungan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Pariwisata melalui Kampanye Wonderful Indonesia Neng Ira Muniroh; Poppy Ruliana; Guntur Freddy Prisanto
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (461.795 KB) | DOI: 10.25008/parahita.v1i2.50

Abstract

Pariwisata menjadi andalan utama sumber devisa negara karena Indonesia memiliki aneka ragam jenis pariwisata, misalnya wisata alam, sosial maupun wisata budaya yang tersebar dari Sabang hingga Merauke. Selain menyimpan berjuta pesona wisata alam, Indonesia juga kaya wisata budaya dengan banyaknya peninggalan sejarah serta keanekaragaman seni dan budaya masyarakat lokal yang menarik wisatawan lokal maupun mancanegara. Dengan banyaknya potensi wisata yang dimiliki menjadikan Indonesia sebagai salah satu daerah tujuan wisata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi kampanye public relations dalam meningkatkan citra pariwisata kota tua Jakarta yang dilakukan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia melalui model perencanaan strategi public relations dari Cutlip, Center Broom yaitu Mengidentifikasikan Masalah, Perencanaan dan Pemograman, Mengambil Tindakan dan Komunikasi kemudian melakukan evaluasi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, tinjauan pustaka dan penelusuran internet secara online untuk memperoleh informasi yang lebih relevan. Teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan, strategi kampanye Humas Kemenpar berhasil dalam meningkatkan citra pariwisata Indonesia.
Sosialisasi Penerapan Pola Hidup Bersih bagi Anak Sekolah Menghadapi Pandemi Covid-19 di Kabupaten Kepulauan Meranti - Riau Welly Wirman; Ringgo Eldapi Yozani; Tutut Ismi Wahidar; Ikhma Zurani
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (2057.952 KB) | DOI: 10.25008/parahita.v1i2.46

Abstract

Kabupaten Kepualauan Meranti mengalami lonjakan kenaikan kasus pasien Covid-19 sebesar enam kasus per19 Juni 2020 dari sebelumnya hanya tercatat satu orang terpapar Covid-19. Sebelumnya Kepulauan Meranti, Riau dianggap sebagai zona hijau. Data di lapangan menunjukkan sekolah-sekolah diliburkan karena lonjakan kasus Covid-19 tersebut. Sebagai wilayah kepulauan, penyebaran Covid-19 dikhawatirkan akan menyebar sangat cepat jika tidak ditangani dengan segera, khususnya pada anak-anak dan lansia. Pengabdian kepada Masyarakat ini bertujuan mensosialisasikan penerapan pola hidup bersih dan sehat bagi anak-anak usia sekolah di masa pandemik melalui pendekatan belajar sambil bermain. Pengabdian ini membuat video pengetahuan dan tata pola hidup sehat selama pandemi dalam bentuk mini video kartun. Hasil di lapangan menunjukkan, video yang diberikan ke-30 sekolah di Kabupaten Kepulauan Meranti mendapat sambutan dan antusias dari anak-anak. Video pola hidup sehat selama pandemik tersebut juga sudah disebarkan dan dijadikan bahan tontonan oleh orangtua untuk anak-anak di rumah.
Dramaturgi Profesi Wartawan dalam Realita Kehidupan Infra Wahdaniah; Prudensius Maring
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (314.574 KB) | DOI: 10.25008/parahita.v1i2.45

Abstract

Penelitian ini untuk mengetahui kehidupan profesi wartawan yang selama ini terlihat sebagai agen perubahan, penuh idealisme dalam menghadapi perubahan ke arah yang tidak lebih dari sekedar drama. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan studi dramaturgi.  Teknik pengumpulan data menggunakan snowball sampling, observasi, wawancara, dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan teknik interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa wartawan sering berada di panggung depan (front stage) yang berkilau sehingga kalau dia tidak bisa kembali ke panggung belakang (back stage), maka akan terus bermain peran. Semua diperankan sebagai sosok wartawan yang serba tahu dan merasa paling penting. Ada juga yang bukan panggung depan dan panggung belakang tetapi menjadi saksi dari pertunjukkan yang berlangsung: yaitu daerah luar (residual).
Program Pendampingan Usaha Mikro Kecil dan Menengah dalam Menyediakan Baju Hazmat di Kota Pekanbaru Genny Gustina Sari; Iwantono Iwantono; Yohannes Firzal
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (584.241 KB) | DOI: 10.25008/parahita.v1i2.48

Abstract

Wabah Covid-19 yang melanda dunia telah membuat pola hidup berubah. Masyarakat dituntut menjaga jarak sosial, membatasi aktivitas di luar rumah dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Sisi lain yang menarik untuk dilihat dari pandemi ini adalah tingginya jiwa sosial masyarakat, dibuktikan dengan membantu pihak yang terdampak covid baik kesehatan maupun ekonomi. Salah satu bentuk kepedulian masyarakat adalah membuat dan menyumbangkan masker dan baju hazmat bagi para tenaga medis. Universitas Riau melalui tim Pengabdian kepada Masyarakat (PKM) Covid mencoba memenuhi kebutuhan tersebut melalui pendampingan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Kota Pekanbaru. Sulitnya menemukan bahan baku pembuatan baju hazmat menyebabkan tim pengabdian harus membeli bahan baku dari luar Pulau Sumatra. Selain itu hanya ada dua UMKM yang bersedia menjahit baju hazmat. Total baju hazmat yang dibuat sebanyak 120 pieces dan telah didistribusikan ke tujuh lokasi di kota Pekanbaru dan sekitarnya.
Penggunaan Instagram sebagai Media Komunikasi Pemasaran untuk Membangun Brand Awareness saat Pandemi Covid-19 Ira Dasuki; Umaimah Wahid
PARAHITA : Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat Vol 1, No 2 (2020): Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat
Publisher : Indonesian Scientific Journal (Jurnal Ilmiah Indonesia)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (279.727 KB) | DOI: 10.25008/parahita.v1i2.49

Abstract

Pandemi Covid-19 mengharuskan masyarakat melakukan kegiatan di rumah dan menjaga jarak sosial (social distancing) sesuai dengan anjuran pemerintah. Hal tersebut telah mengubah pola kehidupan masyarakat di berbagai bidang dan membuat para pelaku usaha berpikir keras dalam menjalankan usahanya. Pada sisi lain, pandemi membuka kesempatan sebuah brand untuk memenuhi kebutuhan komuniksi pemasarannya dengan menggunakan sosial media Instagram untuk membangun brand awareness seperti yang dilakukan produk Thule. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam membangun Brand Awareness saat pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Hasil dari penelitian ini adalah, membuat konten di akun bisa digunakan sebagai media komunikasi pemasaran dalam membangun Brand Awareness saat pandemi Covid-19.

Page 1 of 1 | Total Record : 5