cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend.fisika@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 26542641     DOI : 10.31605/phy
Core Subject : Science, Education,
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan April)
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya" : 12 Documents clear
STUDI LITERATUR: PENGGUNAAN E-LEARNING BERBASIS WEBSITE PADA PEMBELAJARAN FISIKA Dicky Cahyadi Eko putra; Jhelang Anoovasho; Mardaya Mardaya
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.1786

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kelebihan dan kendala penggunaan e-learning berbasis website pada pembelajaran fisika. Metode untuk mencapai tujuan tersebut adalah penelitian kepustakaan. Penelitian dilakukan dengan mereview berbagai jurnal penelitian e-learning berbasis website di sekolah tentang studi fisika yang diterbitkan dalam 10 tahun terakhir. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan e-learning berbasis website paling banyak memberikan keuntungan sebagai sumber belajar siswa, sedangkan kendala yang paling banyak dalam penggunaan e-learning berbasis website adalah sekolah harus memiliki layanan internet yang cepa
ANALISIS STRATEGI GURU PASCA PEMBELAJARAN TATAP MUKA TERBATAS (PTMT) DI KELAS XII MIA MAN 1 MAJENE Mesra Damayanti; M. Irfan; Ratnasari Ratnasari
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.1996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis strategi guru pasca pembelajaran tatap muka (PTMT) pada mata pelajaran biologi di kelas XII MIA MAN 1 Majene. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif desain studi kasus. Instrumen dalam penelitian ini terdiri dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan cara reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa strategi yang digunakan guru Biologi di MAN 1 Majene pasca PTMT adalah strategi pembelajaran langsung, strategi pembelajaran tidak langsung dan strategi pembelajaran interaktif dengan menggunakan metode diskusi tanya jawab dan praktikum.
PENINGKATAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA SMA MENGGUNAKAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF Masriani Masriani; Ummu Kalsum; Arie Arma Arsyad
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2043

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian pra eksperimen untuk mengukur peningkatan hasil belajar 3 ranah yaitu kognitif, psikomotorik, dan afektif fisika SMA menggunakan problem based learning dengan pendekatan metakognitif. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 27 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Desain penelitian ini one group pretest posttest. Instrument yang digunakan adalah instrument hasil belajar fisika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: peningkatan kognitif fisika siswa SMA berada pada kategori rendah dengan nilai 55, nilai ranah psikomotorik sebesar 71 pada kategori cukup dan nilai afektif sebesar 74 pada kategori cukup. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa problem based learning berorientasi pendekatan metakognitif dapat meningkatkan hasil belajar fisika siswa SMA Negeri 1 Campalagian.
IDENTIFIKASI KESULITAN BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA SECARA DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 Mastuti Mastuti; Nurlina Nurlina; Mutmainna Mutmainna
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2091

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor penyebab kesulitan yang dialami oleh peserta didik selama pembelajaran fisika secara daring pada masa pandemi Covid-19. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode survei, teknik pengumpulan data melalui wawancara. Data yang didapatkan dianalisis secara deskriptif dengan jumlah populasi sebanyak 43 responden yang terdiri atas kelas XI IPA 1 dan IPA 2 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Hasil penelitian diperoleh bahwa kesulitan belajar dipengaruhi oleh dua faktor yaitu faktor eksternal dan internal. Faktor eksternal meliputi kepemilikan HP dan laptop, jaringan internet, dan penggunaan aplikasi sedangkan faktor internal meliputi kesulitan memahami materi, motivasi, dan tugas. Ditinjau dari faktor eksternal, seluruh peserta didik memiliki HP, namun masih terdapat kesulitan dalam mengunduh file karena penyimpanan penuh dan akses jaringan yang tidak optimal membuat peserta didik kurang bersemangat mengikuti pembelajaran serta penggunaan aplikasi yang berbeda-beda menghabiskan banyak kuota sementara faktor internal, peserta didik malas membaca lewat file karena HP memiliki tampilan layar yang kecil dan peserta didik kesulitan mengerjakan tugas yang terlalu banyak. Sedangkan ditinjau dari faktor eksternal berdasarkan gender, peserta didik laki-laki cenderung mengalami kesulitan mengunduh file, cenderung peserta didik perempuan mengalami kesulitan belajar terkait kuota dan jaringan, peserta didik perempuan lebih unggul menggunakan aplikasi sementara ditinjau dari faktor internal, peserta didik laki-laki cenderung mengalami kesulitan memahami materi, peserta didik laki-laki lebih mematuhi aturan serta dalam mengerjakan tugas peserta didik perempuan lebih unggul.
PROFIL KEMAMPUAN BERTANYA MAHASISWA CALON GURU IPA Nurfitra Yanto; Sakinah Zubair
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2115

Abstract

Keterampilan bertanya sangat penting khususnya dalam pembelajaran sains. Keterampilan tersebut penting karena hal tersebut ada dalam tahap penelitian ilmiah, diantaranya adalah bertanya untuk mengingat, memahami, mengaplikasikan, menganalisis, mengevaluasi, dan mengkreasikan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana profil kualitas keterampilan bertanya mahasiswa calon guru IPA yang nantinya akan mendesain pembelajaran berbasis sains. Subjek penelitian ini 53 mahasiswa calon guru IPA program studi Pendidikan IPA Universitas Negeri Makassar yang mengontrak mata kuliah kajian IPA Sekolah 1 pada semester tiga. Mahasiswa tersebut berasal dari dua kelas yaitu kelas B dan C. Penelitian ini dilaksanakan pada tiga kali pembelajaran dengan menggunakan praktikum yang sama pada setiap kelasnya, Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah lembar observasi. Analisis data pada penelitian ini menggunakan format analisis kualitas keterampilan bertanya diadaptasi dari Coutinho dan Almeida. Hasil penelitian ini yaitu mahasiswa lebih dominan mengajukan pertanyaan pemahaman. Dan tidak terdapat mahasiswa yang mengajukan pertanyaan dengan tingkat kognitif tinggi. Hal ini berarti kemampuan mahasiswa dalam mengajukan pertanyaan tingkat kognitif tinggi masih perlu dilatihkan dalam pembelajaran. Dapat disimpulkan bahwa kategori kualitas keterampilan bertanya mahasiswa calon guru IPA masih pada level kategori rendah
IDENTIFIKASI KETERAMPILAN MENGGUNAKAN ALAT UKUR PANJANG MAHASISWA CALON GURU FISIKA UNIVERSITAS SULAWESI BARAT Arie Arma Arsyad; Dewi Sartika; St. Mutia Alfiyanti Muhiddin
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2157

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian survei yang bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan menggunakan alat ukur panjang mahasiswa calon guru fisika Universitas Sulawesi Barat. Adapun variabel penelitian yaitu keterampilan menggunakan alat ukur panjang. Sampel penelitian berjumlah 54 mahasiswa. Data hasil penelitian diperleh dengan cara memberikan tes keterampilan menggunakan alat ukur dasar fisika. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis statistic deskriptif. Berdasarkan hasil dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa skor rata-rata keterampilan menggunakan alat ukur panjang sebesar 78,15 berada pada kategori baik.
ANALISIS SIFAT FISIKA DAN KANDUNGAN LIGNOSELULOSA LIMBAH AMPAS SAGU (METROXYLON SPP) ASAL KABUPATEN JAYAPURA, PAPUA Endang Haryati; Tatang Sutarman; Martina Bunga
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2167

Abstract

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Propinsi Papua (2010) tanaman sagu (Metroxylon spp) di Kabupaten Jayapura terdapat 36 jenis dengan luas sebesar 25.488 ha. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan sifat fisika, kadar lignoselulosa, gugus fungsi dan menganalisis pola spektrum X-Ray Diffraksi limbah ampas sagu. Penelitian ini dilakukan dengan metode eksperimen di laboratorium. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, limbah ampas sagu asal Kabupaten Jayapura memiliki kadar air sebesar 10,57 %, kadar abu sebesar 11,50 %, 11,22 % hemiselulosa 58,67 % selulosa dan 8,44 % lignin. Spektrum FTIR sampel menunjukkan adanya serapan Panjang gelombang yang merupakan gugus- gugus fungsi O-H, C-H, C-H2, C-C, C-O dan C-OH, dimana gugus-gugus fungsi tersebut adalah pembentuk senyawa lignoselulosa Pola spektrum XRD sampel memiliki pola yang mirip dengan pola XRD mikrokristalin selulosa standar dengan puncak 2( pada sudut 14,96 (; 17,01(; 18,19 (dan 22,91(. Oleh karena itu, limbah ampas sagu asal Kabupaten Jayapura berpotensi sebagai sumber selulosa partikel.
HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF DENGAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA PESERTA DIDIK Jumriana L; Nursakinah Annisa Lutfin; Mutmainna Mutmainna
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2213

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui hubungan antara kemampuan berpikir kreatif dengan kemampuan pemecahan masalah fisika peserta didik. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 8 Enrekang dengan jumlah peserta didik 34 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan tes dan angket. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis korelasi yang terdiri dari analisis uji prasyarat dan uji hipotesis. Hasil penelitian di SMAN 8 Enrekang menunjukkan bahwa t hitung (13,194) > t tabel (2,037) dan nilai sig. (0,000) < (0,05) pada hasil data angket dan juga t hitung (5,615) > t tabel (2,037) dan nilai sig. (0,000) < (0,05) pada hasil data tes. Nilai korelasi pada data angket sebesar 0,919 dan nilai korelasi pada data tes sebesar 0,704. Kemampuan berpikir kreatif memberikan kontribusi sebesar 84,5% terhadap kemampuan pemecahan masalah pada peserta didik pada data angket dan 49,6% pada data tes. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hubungan antara kemampuan berpikir kreatif terhadap kemampuan pemecahan masalah peserta didik bersifat positif dan signifikan dengan hubungan yang sangat kuat pada data angket dan hubungan yang kuat pada data tes.
PENGEMBANGAN MEDIA FLIPBOOK DALAM PEMBELAJARAN FISIKA Mutmainna Mutmainna; Musdar M; Muh. Rif'a Kadir
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.1730

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kriteria pengembangan media pembelajaran Flipbook Fisika yang dikatakan valid, praktis, dan efektif. Metode penelitian menggunakan Research and Development dengan mengacu pada model ADDIE. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMAN 2 Campalagian berjumlah 26 siswa. Instrumen yang digunakan lembar validasi, angket respon siswa, dan tes hasil belajar siswa. Hasil validasi dari ahli materi dan ahli media yang dilakukan dalam 2 tahap diperoleh kriteria valid sebesar 0,7. Perolehan hasil praktis materi sebesar 86,9% sangat praktis, praktis 4,3% dan cukup praktis 8,6% untuk respon siswa terhadap media pembelajaran flipbook, dan hasil efektif rata-rata nilai 80,21.
PANDANGAN MAHASISWA FISIKA TERHADAP NATURE OF SCIENCE (NOS) Aulia Rahmadhani; Rasydah Nur Tuada
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 5 No 1 (2022): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : Universitas Sulawesi Barat

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v5i1.2281

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pandangan mahasiswa fisika terhadap Nature Of Science (NOS). Subjek penelitian ini yaitu 29 mahasiswa program studi pendidikan fisika tahun pertama di Universitas Sulawesi Barat, yang memprogramkan mata kuliah IPA Terpadu. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa adaptasi kuesioner SUSSI (Student Understanding of Science and Scientific Inquiry) yang terdiri dari 28 butir pernyataan dengan skala Likert. Data kuantitatif dianalisis menggunakan statistik deskriptif, dan data kualitatif dianalisis dan dikategorikan ke dalam pandangan naif, pandangan transisi, dan pandangan terinformasi. Hasil menunjukkan bahwa sebagian besar mahasiswa memiliki pandangan naif terhadap NOS pada aspek kreativitas dan imajinasi, aspek keterikatan sosial dan budaya, dan aspek hukum dan teori ilmiah. Pendekatan eksplisit dibutuhkan sebagai alternatif untuk mengembangkan pandangan mahasiswa tentang NOS. Pendidik harus mampu mengintegrasikan NOS dalam pembelajaran dengan menggunakan pendekatan, strategi, model, dan media pembelajaran yang tepat

Page 1 of 2 | Total Record : 12