cover
Contact Name
Hardi Hamzah
Contact Email
hardi@unsulbar.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
pend.fisika@unsulbar.ac.id
Editorial Address
-
Location
Kab. majene,
Sulawesi barat
INDONESIA
Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
ISSN : -     EISSN : 26542641     DOI : 10.31605/phy
Core Subject : Science, Education,
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya diterbitkan oleh Universitas Sulawesi Barat. Terbit setiap 6 bulan (Oktobor dan April)
Articles 12 Documents
Search results for , issue "Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya" : 12 Documents clear
ANALISIS PENGARUH PENAMBAHAN MARGARIN TERHADAP KONSTANTA DIELEKTRIK PADA MINYAK JELANTAH Papilaya, Eva; Bunga, Martina; Bungasalu, Benny Abraham
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3051

Abstract

Minyak jelantah adalah minyak yang terbentuk dari proses pemanasan minyak goreng dan bahan makanan. Minyak ini merupakan limbah hasil penggorengan yang dapat berasal dari minyak sayur, minyak samin, dan lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk melihat sifat fisis minyak jelantah jika dilakukan penambahan margarin. Sifat fisik yang diamati adalah nilai konstanta dielektrik. Metode penelitian dengan meletakkan minyak jelantah dalam wadah yang berisi pelat sejajar dan dihubungkan dengan sound generator dan osilator. Margarin ditambahkan kedalam minyak jelantah kemudian diamati konstanta dielektrik akibat penambahan tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan margarin pada minyak jelantah akan merubah nilai konstanta dielektrik minyak jelantah.
ANALISIS METODE PENGOLAHAN LIMBAH PABRIK GULA GUNA MENGURANGI PENCEMARAN AIR DI LINGKUNGAN SEKITAR Nafisah, Nisrina; Sudarti, Sudarti; Yushardi, Yushardi
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3097

Abstract

Air merupakan suatu sumber daya alam kategori lingkungan yang tidak dapat diperbaharui. Salah satu penyebab terjadinya pencemaran lingkungan adalah akibat adanya industri pabrik gula. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis metode pengolohan limbah pabrik gula guna menjaga lingkungan. Penelitian ini menggunakan metode study literature untuk mengolah limbah cair pabrik gula. Adapun beberapa metode yang digunakan dalam pengolahan limbah pada industri pabrik gula yaitu: metode pengolahan adsorpsi, metode penyerapan menggunakan zeolit, dan metode pengendapan menggunakan tawas. Penelitian menunjukkan bahwa penggunaan adsorben dari kotoran sapi dan ampas tebu dapat efektif dalam mengurangi polusi lingkungan udara. Zeolit digunakan untuk menyerap zat-zat pencemar dalam limbah cair. Tawas digunakan untuk mengendapkan zat-zat pencemar dalam limbah cair Metode ini digunakan untuk mengurangi kandungan bahan-bahan organik pada limbah cair.
ANALISIS PENGELOLAAN STANDAR ORGANISASI DAN PERSONALIA LABORATORIUM DI SMAN 1 GENTENG BANYUWANGI Nafisah, Nisrina; Putri, Miftahul Gea Alivia; Nafilla, Vina Zulviana; Cahayati, Era; Indriyani, Amalia Rosyida; Nuraini, Lailatul; Harijanto, Alex
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3104

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui standarisasi dan pengelolaan laboratorium fisika di SMA Negeri 1 Genteng. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilakukan secara langsung dengan wawancara serta observasi di SMA Negeri 1 Genteng. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket berisi pertanyaan tentang standar fasilitas labortorum dan mekanisme praktikum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa standarisasi laboratorium fisika di SMA Negeri 1 Genteng yang berkaitan dengan ruang laboratorium fisika, struktur organisasi dan administrasi, pengelolaan, peralatan keselamatan kerja, serta mekanisme pelaksanaan praktikum memiliki klasifikasi baik. Untuk standarisasi tempat penyimpanan, perlatan, dan bahan praktikum memiliki klasifikasi sangat baik. Sehingga dapat dikatakan bahwa laboratorium fisika SMA Negeri 1 Genteng temasuk kategori standarisasi yang baik.
ANALISIS STANDAR DAN PEMANFAATAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM FISIKA TERHADAP PEMBELAJARAN PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 4 JEMBER Novianti , Rina Dian; Farhana, Siti Silfi; Saragih, Devi Fionita; Mauladhani, Anisa Eka; Maula, Adinda Nikmatul; Amindri, Mariska Yudha; Nuraini, Lailatul; Harijanto, Alex
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3113

Abstract

Laboratorium merupakan tempat dilakukannya percobaan, penyelidikan atau kegiatan ilmiah. Kelengkapan sarana dan prasarana laboratorium merupakan hal pokok yang harus dimiliki oleh sebiah laboratium untuk menunjang proses pembelajaran di Sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dan menganalisis standar dan pemanfaatan laboratorium terhadap pengalaman belajar siswa di SMAN 4 Jember. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan analisis standar, fungsi dan pemanfaatan laboratorium di SMAN 4 Jember belum memeuhi standar, dikarenakan masih banyak hal yang masih perlu perhatian seperti perlengkapan praktikum dan penjadwalan praktikum agar kegiatan praktikum dapat berjalan lancar. Penelitian ini juga mengidentifikasi beberapa tantangan. Salah satunya adalah keterbatasan sumber daya dan fasilitas laboratorium di beberapa sekolah.
ANALISIS STANDARISASI LABORATORIUM FISIKA PADA ASPEK SARANA PRASARANA, DAN PENGAWASAN DI SMAN AMBULU Putri, Fidia Alhikmah; Solehah, Mufidatus; Agustin, Aulia Wulansari; Adelia, Yesica Listian; Malihah, Berlian Marsha; Almaidah, Almaidah; Nuraini, Lailatul
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3115

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui standarisasi laboratorium fisika pada aspek sarana praarana serta pengawasan yang ada di SMAN Ambulu. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subyek yang menjadi sasaran penelitian ini adalah kepala laboratorium fisika, pengelola laboratorium fisika, guru mata pelajaran fisika, dan sarana prasarana laboratorium fisika di SMAN Ambulu. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi yang dilakukan secara langsung ke tempat, wawancara secara langsung kepada pihak sasaran penelitian, dan mengambil dokumentasi. Hasil penelitian yang didapatkan melalui data yaitu perabotan dengan presentase 100% dikategorikan sangat baik, peralatan dengan presentase 84,2% dikategorikan sangat baik, alat percobaan 64,6% dikategorikan cukup baik, media pendidikan 100% dikategorikan sangat baik, dan perlengkapan lain 86,9% dikategorikan sangat baik, sehingga diperoleh rata-rata 87,2% yang artinya sangat baik.
ANALISIS KETERAMPILAN PROSES SAINS PESERTA DIDIK PADA MATERI SUHU DAN KALOR Logo, Novita; Akbar, Muhammad; Boy, Bonefasius Y.; Silaban, Adeline; Hajar, Siti
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3121

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi keterampilan proses sains peserta didik pada aspek melakukan pengamatan (observasi), merencanakan percobaan,membuat kesimpulan, dan berkomunikasi, serta mengidentifikasi faktor dan dampak yang mempengaruhi keterampilan proses sains peserta didik pada materi suhu dan kalor. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI-IPA 2. Instrumen yang digunakan yaitu observasi,wawancara dan dokumentasi. Berdasarkan hasil observasi keterampilan proses sains setiap kelompok menunjukan bahwa dari 4 keterampilan proses sains didapatkan presentase tertinggi yaitu membuat kesimpulan 85% kriteria sangat baik, berkomunikasi 82 % dan melakukan pengamatan (observasi) 80% yang merupakan kriteria baik sedangkan merencanakan percobaan 55% kurang baik. Berdasarkan hasil wawancara dapat disimpulkan bahwa peserta didik mampu dalam melakukan pengamatan, membuat kesimpulan dan berkomunikasi sedangkan peserta didik masih belum paham dalam merencanakan percobaan baik dalam mengidentifikasi ciri-ciri maupun fungsi termometer dan kalorimeter. Dengan ini dapat disimpulkan bahwa keterampilan proses sains peserta didik dalam merencanakan percobaan masih minim adapun faktor-fakor yang mempengaruhi keterampilan proses sains dari proses pembelajaran fisika materi suhu dan kalor tidak terlepas dari adanya pendukung maupun keterbatasan dalam implementasi keterampilan proses sains walaupun keterampilan proses sains sangatlah penting untuk peserta didik dan guru dan memberikan dampak positif dalam kehidupan sehari-hari.
RANCANG BANGUN SISTEM TURBIN PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA MIKROHIDRO PADA DAERAH IRIGASI SAWAH ALIRAN RENDAH Abimanyu, Yanuar; Sudarti, Sudarti; Yushardi, Yushardi
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3135

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui potensi dari sumber energi terbarukan yang ada di indonesia. Sumber energi terbarukan di indonesia salah satunya adalah energi air, pemanfaatan energi air banyak sekali diterapkan pada konsep pembangkit listrik tenaga air (PLTA) atau pembangkit listrik tenaga mikrohidro ( PLTMH ). Selain untuk mengetahui potensi sumber energi terbarukan, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai karakteristik pada rancangan sistem turbin. Rancangan sistem turbin yang digunakan pada PLTMH memiliki karakteristik tertentu tergantung daerah aliran yang dijadikan pembangunan pembangkit listrik tenaga mikrohidro. Bentuk turbin sangat berpengaruh pada penghasilan energi listrik tenaga air, dikarenakan bentuk turbin akan menentukan hasil putaran pada sebuah generator. Karakteristik turbin yang cocok pada aliran irigasi sawah aliran rendah adalah turbin dengan jenis Crossflow, turbin crossflow merupakan turbin yang memiliki efisiensi yang baik untuk diterapkan pada aliran rendah seperti aliran irigasi sawah. Dalam penelitian ini digunakan metode kajian literatur sebagai komponen utama, dengan membandingkan literatur yang berkaitan dengan penelitian yang dilakukan. Setelah dilakukan kajian literatur akan dilakukan desain sederhana menggunakan sistem software untuk mengatur rancangan turbin yang sesuai. Dengan adanya rancang bangun sistem turbin diharapkan bisa memaksimalkan pemanfaatan terhadap sumber energi air sebagai energi terbarukan daerah kecil pada kawasan pertanian dan sungai.
ANALISIS KELAYAKAN SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM FISIKA DI SMAN 1 GENTENG Rindiani, Friska; Putri, Anindia; Dwisari, Verina; Ningrum, Andini Septya; Putri, Najihah Meilani; Jannah, Nur Azizatul; Nuraini, Lailatul; Harijanto, Alex
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3136

Abstract

Laboratorium adalah salah satu komponen penting untuk mendukung pengajaran dan pembelajaran di sekolah, khususnya dalam ilmu alam (fisika, biologi, dan kimia), yang membutuhkan konfirmasi antara teori yang diperoleh dan realitas aktual. Dengan penerapan Kurikulum 2013, siswa tidak hanya diperlukan untuk mendemonstrasikan, tetapi juga untuk menemukan konsep. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui beberapa informasi terkait sarana dan prasarana laboratorium fisika yang baik dan layak digunakan untuk kegiatan praktikum. Metode dalam penelitian ini dengan metode kualitatif adalah fokus terhadap deskripsi dan pemahaman, Sasaran dalam penelitian ini adalah guru fisika, dan laboran SMAN 1 Genteng. Hasil penelitian yaitu untuk 81,5% pada tahap perencanaan dinilai baik, untuk 29,5% pengadministrasian mengenai alat dan bahan dinilai baik, untuk 33,3% penataan dan penyimpanan dinilai baik, untuk 72,5% keselamatan kerja juga dinilai baik, serta 65% keseluruhan bangunan terhitung baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah kegiatan observasi sangat diperlukan oleh guru dan laboran untuk mengetahui kompetensi laboratorium tersebut.
ANALISIS METODE PENGOLAHAN SAMPAH PLASTIK SEBAGAI ENERGI ALTERNATIF Putri, Miftahul Gea Alivia; Sudarti, Sudarti; Yushardi, Yushardi
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3137

Abstract

Sampah merupakan permasalahan terbesar yang dihadapi oleh masyarakat Indonesia. Seiring berjalannya waktu jumlah sampah akan semakin menumpuk dan terjadi penimbunan sampah. Sampah memiliki dampak yang buruk bagi lingkungan maupun kesehatan. Sampah dibagi menjadi beberapa kelompok, salah satu jenis sampah adalah sampah an organik da yang paling banyak adalah sampah plastik. Sampah plastik merupakan jenis sampah yang berbahaya karena sulit terurai. Sampah plastik bisa terurai hingga berjuta juta tahun. Sampah plastik sangat berbahaya bagi kesehatan ketika dibakar, karena dapat mengganggu kesehatan manusia. Meminimalisir penimbunan dan pencemaran dari sampah plastik ini salah satunya dengan mengolah sampah plastik menjadi sumber energi alternatif. Sampah plastik bisa diolah dengan beberapa metode, diantaranya metode pirolisis, Proses Hydrotreating dan Hidro-isomerisasi, selain itu untuk mengurangi sampah plastik biasanya dengan mengolah kembali menjadi barang yang bermanfaat. Dengan melakukan pengolahan sampah plastik melalui metode – metode tersebut, Diharapkan sampah plastik yang selama ini menjadi permasalahan Masyarakat bisa di ubah menjadi energi alternative. Penelitian ini bertujuan untuk menganilis pengolahan sampah plastik sebagai sumber energi alternatif. Metode yang digunakan adalah study literatur yaitu dengan mengolah dan menganalisis data dari peneliti sebelumnya.
ANALISIS PENGGUNAAN KINCIR ANGIN SEBAGAI SUMBER ENERGI ALTERNATIF CADANGAN YANG TERBARUKAN Novit, Andariani; Sudarti, Sudarti; Yushardi, Yushardi
PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya Vol 6 No 1 (2023): Phydagogic : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya
Publisher : PHYDAGOGIC : Jurnal Fisika dan Pembelajarannya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.31605/phy.v6i1.3138

Abstract

Angin adalah salah satu dari banyak sumber energi alternatif yang bisa dimanfaatkan. Pemanfaatan sumber energi alternatif juga dinilai lebih ramah lingkungan dan tidak akan membuat kita takut akan ketersediannya. Keberadaan angin tidak mungkin habis, namun mungkin kualitasnya yang dapat menurun. Lain halnya dengan bahan bakar fosil yang mungkin saja bisa habis. Saat ini sudah banyak manusia yang sadar akan lingkungan. Sehingga mulai banyak inovasi beralih pada bahan bakar ramah lingkungan. Kincir angin berfungsi untuk mengubah energi angin menjadi energi listrik menggunakan bantuan Motor DC. Kincir angin terdapat dua jenis, yaitu kincir angin sumbu vertikal dan kincir angin sumbu horizontal. Alasan pemilihan Kincir angin disebabkan karena ramah lingkungan serta dapat memanfaatkan tenaga angin sebagai sumber energinya. Akhir-akhir ini semakin banyak orang yang sadar akan lingkungan. Sehingga sudah banyak juga orang yang sadar akan kondisi lingkungan. Dengan sadar akan lingkungan, manusia sudah menciptakan banyak inovasi penggunaan energi alternatif. Salah satu contoh penggunaan Pembangkit Tistrik Tenaga Bayu (angin) adalah PLTB Jeneponto yang terletak di Kabupaten Jeneponto provinsi Sulawesi Selatan dan PLTB Tanah Laut di Kabupaten Tanah Laut provinsi Kalimantan Selatan.

Page 1 of 2 | Total Record : 12