cover
Contact Name
Ahmad Zaelani
Contact Email
jurnalimpresiindonesia@gmail.com
Phone
+62895613976252
Journal Mail Official
jurnalimpresiindonesia@gmail.com
Editorial Address
Perumahan Palm Asri Pasalakan Blok C Nomor 5 Kelurahan Pasalakan Kecamatan Sumber Kabupaten Cirebon
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Impresi Indonesia
Published by Riviera Publishing
ISSN : 28281284     EISSN : 2810062X     DOI : https://doi.org/10.58344/jii.v2i12
The Jurnal Impresi Indonesia provides a means for sustained discussion of relevant issues that fall within the focus and scopes of the journal which can be examined empirically. The journal publishes research articles covering all aspects of social sciences, ranging from management, economics, Education, law, Social Health and religion that belong to the social context. Published articles are articles from critical and comprehensive research, studies or scientific studies on important and current issues, or reviews of scientific books
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia" : 10 Documents clear
PERAN PONDOK TAHFIDZ MILENIAL ASHQAF & MARYAM COLLEGE DALAM MEMPROMOSIKAN PEMBELAJARAN AL-QUR'AN DI ERA DIGITAL Arief Luthfan, Muhammad; wahab, Wahab
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3184

Abstract

Pondok Tahfidz merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki peran penting dalam pembelajaran Al-Quran dan hafalan serta mempertahankan warisan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peran Pondok Tahfidz Milenial Ashqaf & Maryam College dalam mempromosikan pembelajaran Al-Quran di era milenial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan studi kepustakaan. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis menggunakan tiga tahapan yakni reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pondok Tahfidz Milenial Ashqaf & Maryam College memiliki peran yang signifikan dalam mempromosikan pembelajaran Al-Qur'an di era digital. Pondok Tahfidz Ashqaf & Maryam College memanfaatkan teknologi digital sebagai sarana untuk menyebarkan dan mengakses Al-Qur'an secara lebih luas dengan menggunakan platform online, dan media sosial, pondok Tahfidz ini mampu mencapai audiens yang lebih besar dan memungkinkan para siswa dan pengajar Al-Qur'an untuk terhubung secara virtual.
ADAPTASI PERILAKU BERBELANJA DARING GENERASI X DI MASA PANDEMI Paramitha, Fransisca; Editha Adrijanto, Patricia
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3185

Abstract

Adanya pandemi mempengaruhi seluruh lapisan generasi dan menciptakan banyak perubahan dari berbagai sisi kehidupan, khususnya pada aktivitas berbelanja. Generasi X yang terdiri dari individu yang lahir antara tahun 1965 hingga 1980 merupakan salah satu kelompok konsumen yang penting dalam konteks ini. Salah satu perubahan utama yang terjadi adalah adanya peningkatan yang signifikan dalam melakukan aktivitas berbelanja secara daring atau e-commerce sebagai metode utama berbelanja. Masalah ini merupakan fenomena menarik untuk diteliti, khususnya terkait dengan perilaku generasi ini. Tujuan penelitian untuk mengidentifikasi perilaku Generasi X dalam proses berbelanja secara daring selama pandemi. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data melalui wawancara mendalam dengan sejumlah informan Generasi X. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan baru serta membantu para praktisi atau marketer dalam menyusun program pemasaran yang tepat bagi Generasi X.
STRATEGI GURU DALAM MENINGKATKAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PESERTA DIDIK Ma’rifah, Faidatul
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3189

Abstract

Sejak Indonesia merdeka kurikulum pendidikan di Indonesia telah berulang kali diubah. perubahan-perubahan tersebut hanya bertujuan ingin memperbaiki sistim pendidikan agar peserta didik bisa lebih baik, untuk memperbaiki sistim pendidikan tersebut, mari kita alihkan pandangan pada sejarah pendidikan Islam yang sudah terlewatkan, telah menunjukkan dan membuktikan bahwa umat Islam dapat mencapai zaman kegemilangan dengan menerapkan dan mengikuti metode pendidkan Salafu Shalih. Dengan begitu nilai-nilai pemdidikam Islam yang terkandung dalam sirah Nabawiyah yaitu sistim pendidikan yang sesuai dengan teladan Rasulullah dan sesuai dengan Al-Qur’an sangat diperlukan dalam upaya menghasilkan generasi penerus yang tangguh dan berkualitas. penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research), Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif, salah satu sekolah yang menerapkan sistim pendidikan berbasis sirah Nabawiyah dijaman ini yaitu Kuttab Al-Fatih Tarang Selatan, dengan mempelajari materi iman dan materi Al-Qur’an,sehingga Nilai aqidah (keimanan), nilai ibadah, nilai akhlak, serta nilai sosial peserta didik meningkat, itu semua bisa dicapai dengan berbagai strategi atau metode yang dilakukan oleh para guru seperti metode keteladanan, metode ceramah, pembiasaan dan pendekatan, metode tanya jawab, dan metode berkisah.
PERBANDINGAN RIGID PAVEMENT DAN FLEXIBLE PAVEMENT DENGAN SUBGRID MENGGUNAKAN METODE BINA MARGA 2017 Dewi, Kemmala
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3202

Abstract

Jalan Kawasan Industri Terpadu (KIT) Batang merupakan jalan utama dan jalan penghubung antara Kawasan Industri Terpadu Batang dengan Jalan Arteri Nasional (Pantai Utara Jawa/PANTURA) di wilayah Kabupaten Batang Provinsi Jawa Tengah. Demi meningkatkan dan mempercepat perekonomian dan perkembangan di Kabupaten Batang dan daerah sekitarnya terutama kawasan yang belum berkembang di Kabupaten Batang maka dilakukan Pembangunan Kawasan Industri Batang yang termasuk pembangunan infrastruktur jalan. Dari uraian di atas, dilakukan analisa perbandingan perencanaan perkerasan jalan dengan dua metode perkerasan yaitu perkerasan lentur metode Bina Marga 2017 dan perkerasan kaku metode Bina Marga 2017 sepanjang 2,6 km. Perencanaan tersebut meliputi perencanaan kelas jalan dengan menghitung kapasitas jalan untuk umur rencana 20 tahun dengan data LHR tahun 2016–2020. Dari hasil perhitungan didapatkan hasil RAB lapis perkerasan lentur metode Bina Marga 2017 adalah Rp20.698.633.000,00 dan untuk perkerasan kaku metode Bina Marga 2017 adalah Rp 19.572.000.000,00. Maka dapat disimpulkan dari segi rencana anggaran biaya, biaya lapis perkerasan lentur dengan metode Bina Marga 2017 memiliki harga lebih murah dari perkerasan kaku metode Bina Marga 2017 dengan selisih harga Rp. 1.126.633.000.
STUDI PERBANDINGAN FLEXIBEL PAVEMENT ANTARA METODE AASHTO DENGAN METODE BINA MARGA 2017 Krisdiyanto, Aris
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3205

Abstract

Jalan Bts. Kab. Magelang – Kaliangkrik Bts. Kab Wonosobo (DAK) adalah jalan provinsi dengan konstruksi perkerasan lentur yang menghubungkan dua Kabupaten, yaitu Kabupaten Magelang dan Kabupaten Wonosobo, dengan panjang jalan 5.040 meter, lebar badan jalan 7 meter dan bahu jalan 1 meter dengan 2/2 UD. Dari uraian diatas, maka ruas jalan Bts. Kab. Magelang – Kaliangkrik Bts. Kab Wonosobo (DAK) dilakukan analisa perbandingan perencanaan dengan dua metode perkerasan lentur yaitu dengan metode Bina Marga 2017 dan AASHTO 1993 sepanjang 5.040 km, perencanaan tersebut meliputi perbandingan perhitungan tebal lapisan perkerasan lentur dan rencana anggaran biaya. Setelah melakukan analisa perbandingan perencanaan, diharapkan dapat menjadi solusi dalam penggunaan metode perhitungan.
REPRESENTASI KASIH SAYANG ANAK KEPADA ORANG TUA BERDASARKAN FILM PERTARUHAN Aldatya Prakoso, Geraldo; Krisnawati, Ester; Herwandito, Seto
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3291

Abstract

Keluarga adalah beberapa orang yang bertempat tinggal di tempat yang sama dan juga hidup bersama yang didalamnya dapat merasakan adanya kasih sayang yang juga memperhatikan, memperdulikan dan mempengaruhi satu sama lain. Kasih sayang pertama kali muncul dari sebuah keluarga yang berasal dari kasih orang tua kepada anaknya. Namun, sebagian besar dari kita tidak melihat dari sudut pandang sebaliknya yaitu kasih sayang anak kepada orang tuanya. Berdasarkan dari paparan film Pertaruhan yang menceritakan bentuk kasih sayang anak kepada orang tua maka, penelitian ini dibuat dengan tujuan untuk melihat representasi kasih sayang anak kepada orang tua pada Film yang berjudul Pertaruhan. Jenis penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan metode semiotika televisi John Fiske yang terdiri dari tiga level, yaitu level realitas, level representasi dan level ideologi. Dengan menggunakan metode semiotika televisi John Fiske, peneliti menemukan hasil penelitian bahwa kasih sayang anak memilki dua bentuk didalamnya yaitu kasih yang berbentuk prososial dan empati. Prososial bagaimana seorang anak memiliki tingkah laku yang menguntungkan atau membuat kondisi fisik atau psikis orang lain lebih baik dan hal ini dilakukan atas dasar sukarela tanpa mengharapkan imbalan. Sedangkan empati membuat anak menjadi lebih peka terhadap keadaan sehingga dapat memunculkan perasaan serta kepeduliannya atas suatu permasalahan yang terjadi
TEKNIK KOMUNIKASI PERSUASIF HOST LIVE STREAMING TERHADAP PENONTON DI APLIKASI WISH LIVE Agustin, Anggi; Sampoerno, Sampoerno
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3292

Abstract

Komunikasi persuasif adalah komunikasi yang digunakan untuk mengajak orang lain agar mempercayai sesuatu atau mengerjakan sesuatu. Dalam aplikasi live streaming para host memiliki strategi atau teknik supaya menarik para viewers. Wish Live adalah aplikasi live streaming yang mana para pengguna (host/broadcaster) membagikan aktifitas mereka kepada para penonton. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui host wish live dalam menarik penonton melalui teknik komunikasi persuasif. Jenis penelitian ini termasuk penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi dengan jumlah informan 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Host Wish Live menerapkan 6 teknik komunikasi persuasif berdasarkan Buku Onong Uchhana Effendi yang berjudul Ilmu, Komunikasi Teori dan Praktek Komunikasi, diantaranya yaitu, Teknik Ganjaran,Teknik Asosiasi, Teknik Tataan, Teknik Integrasi, Teknik Red-herring serta Teknik Pembangkitan Rasa Takut.
PEMANFAATAN MEDIA SOSIAL INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA PROMOSI DESA WISATA BANJAREJO Wira Perdana, Wisnu; Krisnawati, Ester; Abraham, Rendy Hermanto
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3293

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemanfaatan akun Instagram @desawisatabanjarejo untuk tujuan pemasaran Desa Wisata Banjarejo. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana Desa Wisata Banjarejo mempromosikan dirinya melalui Instagram dan tantangan yang terkait dengan pengelolaan media sosial Instagram. Jenis penelitian ini merupakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini menggunakan akun Instagram @desawisatabanjarejo sebagai unit observasi. Sedangkan pemanfaatan akun @desawisatabanjarejo sebagai sarana promosi menjadi fokus unit analisis penelitian. Teknik pengumpulan data yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Transkrip wawancara, reduksi data, dan analisis data digunakan sebagai metode analisis data. Metode triangulasi sumber digunakan dalam metode validasi data. Berdasarkan temuan penelitian ini, Desa Wisata Banjarejo telah berhasil dan berhasil mempromosikan dirinya melalui Instagram. Informasi dan kegiatan tentang Desa Wisata Banjarejo menjadi konten yang dipromosikan. Kurangnya sumber daya manusia yang kompeten di bidang desain grafis untuk mengoptimalkan kegiatan promosi terkait dengan kendala yang dihadapi Desa Wisata Banjarejo dalam memanfaatkan media sosial Instagram sebagai sarana promosi.
PENGUATAN NILAI KEMANDIRIAN DALAM PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS KELUARGA PADA SAAT PANDEMI COVID-19 Wulandari, Putri; Soleh Hapudin, Muhammad
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3308

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Bagaimana peran orang tua dalam penguatan nilai kemandirian anak sekolah dasar di tengah pandemi Covid-19 yang dilakukan di jalan permata dalam RT.006/RW.015. Subjek dalam penelitian ini adalah orang tua siswa sekolah dasar. Objek dalam penelitian ini adalah peran orang tua dalam penguatan nilai kemandirian anak sekolah dasar di wilayah permata dalam RT.006/RW.015. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian kualitatif. Sedangkan bentuk penelitian yang digunakan yaitu studi kasus (case study) dan analisis secara deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara (interview), observasi, dan dokumentasi. Data yang dianalisis menggunakan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Alat pengumpulan data menggunakan dokumentasi dan lembar wawancara. Berdasarkan hasil wawancara dengan orang tua siswa sekolah dasar menunjukkan bahwa orang tua yang masih belum membiasakan anaknya untuk belajar mandiri dan menyadari perannya dalam mendidik anak termasuk dengan motivasi anak belajar. Orang tua yang tidak tahu peran mereka dalam membantu anaknya sehingga terkadang orang tua hanya mengetahui dan bertanggung jawab sekedar menyekolahkan anaknya tetapi mengabaikan. Hal itu menjadi bagian yang penting sebagai tanggung jawab orang tua kepada anaknya, seperti saat melaksanakan pembelajaran daring dari rumah dimana anak sangat membutuhkan semangat yang besar, dan dukungan dari keluarga terutama kedua orang tuannya. Hal tersebut dapat menjadikan orang tua berperan sebagai guru anaknya di rumah.
KOMODIFIKASI DI INDUSTRI MEDIA ONLINE DALAM NEGERI STUDI PADA KOMPASIANER OLEH KOMPASIANA.COM Lumoindong, Cendanawangi; Prahmana, Hilman; Paramitha, Olivia
Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia
Publisher : Riviera Publishing

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58344/jii.v2i7.3402

Abstract

Kompasiana.com adalah salah satu media daring dalam negeri yang berdiri sejak tahun 2008 dengan platform web blog yang memberikan kesempatan pada kompasianers untuk membuat serta mempublikasi sebuah artikel. K-rewards adalah bentuk imbalan yang akan diterima oleh kompasianers atas apresiasi karya jika telah memenuhi syarat yang ditentukan. Hingga tahun 2022 tercatat bahwa kompasiana.com memiliki anggota sebanyak 8.2 juta anggota. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang mana akan mendeskripsikan atau deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data dilakukan dengan data primer dan sekunder. Hasil dari penelitian yang telah didapatkan yaitu menunjukan bahwa pihak kompasiana.com melakukan praktik komodifikasi dalam penerapan bisnisnya, komodifikasi pekerja dilakukan kompasiana.com dengan memanfaatkan kompasianers, dengan pemanfaatan tersebut didapati peningkatan jumlah pembaca yang mecapai jumlah 20 juta pengunjung selama tahun 2022 yang lalu dan dengan pemanfaatan kompasianers maka kompasiana.com tidak perlu merekrut jurnalis resmi yang harus diberikan upah atas kinerjanya.

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 11 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 10 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 9 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 8 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 7 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 6 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 5 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 4 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 3 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 2 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 4 No. 1 (2025): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 3 No. 12 (2024): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 3 No. 11 (2024): Indonesian Impression Journal (JII) Vol. 3 No. 10 (2024) Vol. 3 No. 9 (2024) Vol. 3 No. 8 (2024) Vol. 3 No. 7 (2024) Vol. 3 No. 6 (2024) Vol. 3 No. 5 (2024) Vol. 3 No. 4 (2024) Vol. 3 No. 3 (2024) Vol. 3 No. 2 (2024) Vol. 3 No. 1 (2024) Vol. 2 No. 12 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 11 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 10 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 9 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 8 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 7 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 6 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 5 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 4 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 3 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 2 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 12 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 11 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 10 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 9 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 8 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 7 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 6 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 5 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 4 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 3 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 2 (2022): Jurnal Impresi Indonesia Vol. 1 No. 1 (2022): Jurnal Impresi Indonesia More Issue