cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Psikologis Tokoh Utama dan Nilai Religius Novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburahman El-Shirazy Harti Harti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (192.511 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6660

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis psikologis tokoh utama dan nilai religius dalam novel Bidadari Bermata Bening Karya Habiburahman El-Shirazy untuk mengungkapkan psikologis tokoh utama dan nilai religius. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan cara menganalisis isi. Terdapat 291 informasi atau temuan dalam psikologis tokoh utama dan nilai religius. Informasi yang menunjukkan Id sebanyak 43 kutipan sebesar 39 %, unsur ego sebanyak 36 kutipan sebesar 33 %, dan unsur super ego sebanyak 30 kutipan sebesar 28 %. Sedangkan nilai religius yang paling tinggi adalah syariah. Informasi atau temuan yang menunjukkan unsur akidah sebanyak 57 kutipan sebesar 31 %, unsur akhlak sebanyak 61 kutipan sebesar 34%, dan unsur Syariah sebanyak 64 kutipan sebesar 35%.Kata Kunci: Psikologis Tokoh Utama, Nilai Religius, novel
Aspek Citraan dan Bahasa Figuratif pada Buku Antologi Puisi “Suluk Nang, Ning, Nung” Karya Handoko F. Zainsam Nadia Eka Fatmawati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (257.553 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6665

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui citraan dana bahasa figuratif yang terdapat dalam buku antologi puisi “Suluk, Nang, Ning, Nung” karya Handoko F. Zainsam. Metode yang digunakan adalah metode analisis isi berupa analisis deskriptif. Fokus penelitian adalah analisis seluruh jenis citraan dan bahasa figuratif pada antologi puisi “Suluk Nang, Ning, Nung” karya Handoko F. Zainsam. Objek dalam penelitian adalah 10 puisi yang dianalisis dari 48 puisi. Instrumen yang digunakan adalah dengan menggunakan pengumpulan data atau kartu data. Teknik analisis data adalah dengan membaca puisi tersebut, menganalisis puisi tersebut dan memasukan kedalam tabel rekapitulasi, setelah itu mendeskripsikanya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1). Berdasarkan analisis penggunaan seluruh jenis citraan pada buku kumpulan puisi “Suluk Nang, Ning, Nung” dapat disimpulkan bahwa citraan yang paling dominan digunakan adalah citraan penglihatan yang, sedangkan citraan yang paling sedikit digunakan adalah citraan pencecapan dan citraan perabaan sejumlah. 2). Dalam bahasa figuratif dapat disimpulkan bahwa yang paling dominan digunakan buku kumpulan puisi “Suluk Nang, Ning, Nung” adalah metafora, sedangkan yang paling sedikit digunakan adalah simile.Kata Kunci: Puisi, Jenis-jenis Citraan, Bahasa Figuratif.
Hegemoni Kekuasaan dan Ideologi dalam Novel Pulang Karya Tere Liye (Sebuah Kajian Sosiologi Sastra) Kuswatun Khasanah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (255.444 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6661

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mengetahui bagaimana kaitan antara hegemoni kekuasaan dengan ideologi, serta penyajiannya dalam novel Pulang karya Tere Liye. Penelitian dilakukan dengan metode penelitian kualitatif, menganalisis, dan mendeskripsikan hegemoni kekuasaan dan ideologi yang terdapat pada novel dengan pendekatan teori hegemoni Gramsci, kajian Sosiologi Sastra. Teknik yang digunakan adalah analisis isi berdasarkan urutan masalah yang telah dirumuskan, secara deskriptif kualitatif, yaitu dengan mengumpulkan, mengolah, menganalisis dan menyajikan data secara objektif. Hasil pembahasan diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terjadinya hegemoni kekuasaan dari kelas penguasa berkaitan erat dengan ideologi yang dianut tokoh sebagai wakil dari kelompok sosial tertentu; ideologi penguasa yang menempatkan kekuasaan di atas segalanya, menghalalkan segala cara, kekuasaan dapat diupayakan dengan uang, serta kekuasaan dan kejayaan dibangun dengan kerja sama, mengakibatkannya melakukan hegemoni kepada kelas sosial rendah yang berideologi setia dan patuh kepada penguasa. 2) Hegemoni kelas berkuasa kepada kelas sosial llain terjadi baik secara sukarela maupun terpaksa, yang digambarkan pada penokohan, latar ruang dan waktu, serta dalam setiap alur cerita, baik dalam penceritaan maupun sorot balik, pada kisah perjalanan Bujang dalam mendukung keluarga Tong dalam praktik tersebut.  3) Ideologi kelas berkuasa maupun kelas yang dikuasai, tergambar secara jelas pada setiap peristiwa yang terjalin dalam kesatuan alur yang menantang, keutuhan serta kesatuan isi dan makna yang dijalin secara runtut, yang mengakibatkan hegemoni kekuasaan dapat terjadi, sehingga pengarang mampu menyampaikan kritik sosialnya secara jelas dan lugas. Kata Kunci: hegemoni kekuasaan, ideologi, novel
Pengaruh Metode Pembelajaran dan Budaya Literasi terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi (Eksperimen pada Siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang) Siti Masturoh
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.395 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6666

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui; 1) Pengaruh Metode Pembelajaran terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang. 2) Pengaruh budaya literasi terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang. 3) Pengaruh interaktif metode pembelajaran dan budaya literasi terhadap keterampilan menulis eksposisi siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Sehati dan SMK PGRI Swasta di Kabupaten Karawang sebanyak 500 siswa. Sampel dalam peneitian ini adalah Dua kelas yang terpilih adalah kelas X-3 dengan jumlah siswa sebanyak 37 siswa dan kelas X-4 dengan jumlah siswa sebanyak 36 siswa, tidak semua siswa yang ada di masing-masing kelas tersebut akan dijadikan anggota sampel, dalam penelitian ini dari setiap kelas hanya akan dipilih 30 siswa sebagai anggota sampel Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat pengaruh yang signifikan Metode Pembelajaran Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig = 0,004 ? 0.05 dan Fhitung = 9,086. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan Budayaa Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang. Hal tersebut dibuktikan dengn nilai sig = 0, 000 ? 0,05 dan Fhitung = 81,774. 3) Terdapat pengaruh interaktif yang signifikan Metode Pembelajaran dan Budaya Literasi Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi siswa SMK Swasta di Kabupaten Karawang. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai sig = 0,025 ? 0,05 dan Fhitung = 5,391.Kata Kunci: status sosial-ekonomi orang tua, lingkungan belajar, prestasi belajar bahasa Indonesia
Implikatur dan Praanggapan pada Program Debat Terbuka Pasangan Pemimpin Jawa Barat Periode 2018-2023 dengan Tajuk “Debat Publik Kedua Cagub Jawa Barat” (Suatu Kajian Pragmatik) Mansyur Mansyur
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (212.328 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6662

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Bentuk implikatur dalam debat publik kedua cagub Jawa Barat.2) Bentuk Praanggapan pada debat publik kedua cagub Jawa Barat. 3) Makna implikatur dan Praangapan dalam debat publik kedua cagub Jawa Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan pragmatik. Sumber data yang digunakan adalah percakapan atau dialog alam tayangan “Debat Terbuka Cagub Jawa Barat 2018-2023 dari youtube.” Data dalam penelitian ini adalah tuturan yang mengandung implikatur dalam “Debat Terbuka Cagub Jawa Barat 2018-2023 dari youtube.” Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode simak bebas libas cakap (SBLC), teknik mendengarkan dan teknik catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis heuristik. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini adalah penyajian secara infornal dan formal. Berdasarkan analisis dapat disimpulkan beberapa hal: Pertama, ditemukan implikatur dalam debat terbuka pemimpin Jawa Barat periode 2018-2023 yaitu implikatur percakapan umum. Terdiri dari implikatur konvensional sebesar 62,162%, implikatur konversional sebesar 22,98% dan praanggapan 14,86%. Implikatur tersebut terdiri dari: Implikatur menyuruh, Implikatur mengusir,Implikatur tidak suka, Implikatur merayu, Implikatur mengeluh , Implikatur mengelak, Implikatur mengejek/ menghina.Kata Kunci: Implikatur, Praangapan, Debat
Konflik Tokoh dan Nilai-Nilai Sosial serta Keterkaitannya dalam Novel Azimah Karya Arum Faiza Uum Umiati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (151.094 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6667

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mendeskripsikan konflik tokoh dan nilai-nilai sosial serta keterkaitannya dalam novel Azimah karya Arum Faiza. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis isi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi nonpartisan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis id, ego dan superego pada konflik tokoh dan agama, tolong menolong, saling memaafkan dan kasih sayang, pada nilai-nilai sosial. Penulis dalam penelitian ini menggunakan instrumen penelitian peneliti sendiri (human instrument) yang dibantu dengan tabel analisis. Hasil penelitian sebagai berikut: 1) Wujud konflik yang dialami oleh tokoh meliputi pertentangan antara pilihan yang tidak sesuai dengan keinginan, kebimbangan dalam menghadapi permasalahan, dan harapan tidak sesuai dengan kenyataan. Dari hasil penelitian, menunjukkan bahwa secara keseluruhan permasalahan yang dialami oleh tokoh utama didominasi oleh id daripada ego. Faktor yang melatarbelakangi timbulnya konflik tokoh dalam novel Azimah karya Arum Faiza terbagi menjadi dua, yaitu faktor internal dan faktor eksternal. 2) Terdapat nilai-nilai sosial dalam novel Azimah karya Arum Faiza yaitu nilai agama, tolong menolong, saling memaafkan dan kasih sayang. 3) Keterkaitan antara konflik tokoh dan nilai-nilai sosial terjadi dalam menjalankan hidup bermasyarakat dan juga kehidupan sehari-hari. Semuanya baik jika setiap tokoh dapat mengendalikan emosi dan hawa nafsunya. Tetapi sebaliknya, semuanya akan buruk jika setiap tokoh tidak dapat mengendalikan emosinya. Kata Kunci: Novel Azimah, teori karya sastra, novel, konflik tokoh, dan nilai sosial
Keragaman Ironi dalam Cerpen “Doa Sang Perawan “ Karya Bondan Winarno (Sebuah Kajian Paratekstual) Eli Herlina
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (336.056 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6658

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memeroleh data empiris tentang (1) Ironi dalam alur cerpen “Doa Seorang Perawan” Karya Bondan Winarno, (2) Ironi dalam penokohan cerpen “Doa Seorang Perawan” Karya Bondan Winarno, (3) Ironi dalam parateks cerpen “Doa Seorang Perawan” Karya Bondan Winarno. Metode penelitian yang digunakan adalah adalah metode kualitatif dengan teknik analisis isi (content analiysis). Metode penelitian kualitatif adalah metode penelitian yang berlandaskan pada filsafat post positivisme, digunakan untuk meneliti pada kondisi obyek yang alamiah, (sebagai lawannya adalah eksperimen) dimana peneliti adalah sebagai instrumen kunci, teknik pengumpulan data dilakukan secara triangulasi (gabungan), analisis data bersifat induktif/kualitatif, dan hasil penelitian kualitatif lebih menekankan makna daripada generalisasi. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan September sampai bulan Januari 2019. Hasil penelitian menunjukkan ironi yang signifikan antara teks inti cerpen “Doa Seorang Perawan” karya Bondan Winarno dengan komposisi musik La Priere d’une Vierge gubahan Tekhla Badarzweska yaitu ironi pada alur, penokohan dan parateks cerpen “Doa Seorang Perawan” karya Bondan Winarno.Kata Kunci: Ironi, semiotik, parateks
Pengaruh Disiplin dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia (Survei pada SMP Negeri di Kabupaten Bogor) Maspupah Maspupah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (163.098 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6663

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh disiplin dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar Bahasa Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan menggunakan teknik regresi ganda. Dari hasil analisis data diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin dan motivasi belajar secara bersama-sama terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,001 < 0,05 dan Fh = 7,659. Sementara itu, persamaan garis regresi ganda dapat dinyatakan dengan  = 39,498 + 0,173 X1 + 0,298. Hal ini memiliki pengertian bahwa variabel disiplin dan motivasi belajar memberikan kontribusi positif terhadap variabel prestasi belajar Bahasa Indonesia. secara bersama-sama variable disiplin siswa dan motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 17 % terhadap variable prestasi belajar Bahasa Indonesia. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan disiplin terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,048 < 0,05 dan th = 2.007. variabel disiplin memberikan kontribusi sebesar 5,28 % terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia. 3) Terdapat pengaruh yang signifikan motivasi belajar terhadap prestasi belajar bahasa Indonesia siswa SMP Negeri di Kabupaten Bogor. Hal ini dibuktikan dengan perolehan nilai Sig. 0,003 < 0,05 dan th = 3.116. variabel motivasi belajar memberikan kontribusi sebesar 11,7 % terhadap peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia. Kata Kunci: Disiplin, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar Bahasa Indonesia.
Berbagai Aspek Firasat dalam Cerpen Firasat Karya Dewi Lestari: Sebuah Kajian Paratekstual Ferdiana Ferdiana
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (263.481 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6659

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mengungkapkan berbagai aspek firasat dalam cerpen ”Firasat” karya Dewi Lestari, 2) Mengungkapkan berbagai hal menyangkut firasat dalam cerpen “Firasat” karya Dewi Lestari 3) Mengungkapkan parateks yang mengiringi firasat dalam cerpen “Firasat” karya Dewi Lestari. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan menggunakan pendekatan analisis semiotika dan kajian paratekstual terhadap lirik lagu dan cerpen “Firasat” karya Dewi Lestari. Sumber data penelitian adalah kumpulan cerpen Rectoverso berjudul “Firasat” karya Dewi Lestari yang diterbitkan pertama kali pada tahun 2008 dan terbitan ketujuh pada tahun 2014 dengan tebal 170 halaman dengan penerbit PT. Bentang Pustaka, Yogyakarta Pengumpulan data dilakukan dengan teknik studi pustaka dan analisis data dilakukan dengan tehnik deskriptif, analisis di mana peneliti menguraikan sambil menganalisis. Hasil penelitian menyimpulkan : 1) Terdapat temuan aspek firasat dalam alur, 2) Terdapat hal yang menyangkut lirik lagu dan cerpen “Firasat”  3) Adanya parateks yang mengiringi cerpen “Firasat”.Kata Kunci: aspek firasat, cerpen
Aspek Psikologi dan Nilai Moral Tokoh Utama dalam Novel “Anak Rantau” Karya Ahmad Fuadi Maya Adi Wira Citra
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 2, No 01 (2019): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (213.972 KB) | DOI: 10.30998/diskursus.v2i01.6664

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek psikologi dan nilai moral tokoh utama dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskripsi kualitatif. Objek penelitian yang menjadi sumber data primer adalah dalam novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi. Analisis data yang dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif dengan mengidentifikasi data, menyeleksi data, mereduksi data, dan menginterpretasi data. Data yang terkumpul kemudian dianalisis halaman demi halaman dari aspek psikologi dan nilai moral tokoh utama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi mengandung aspek psikologi tokoh utama dengan unsur id 48,57% yaitu dengan 68 temuan, unsur ego 30,71% yaitu dengan 43 temuan, dan unsur superego 20,71% yaitu dengan 29 temuan. 2) novel Anak Rantau Karya Ahmad Fuadi mengandung aspek nilai moral tokoh utama dengan unsur moral individu 48,53% yaitu dengan 66 temuan, unsur moral sosial 34,56% yaitu dengan 47 temuan, dan unsur religi 16,91% yaitu 23 temuan.Kata Kunci: Aspek Psikologi, Nilai Moral, Novel Anak Rantau

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2019 2019