cover
Contact Name
Hilda Hilaliyah
Contact Email
diskursus.unindra@gmail.com
Phone
+6287878741498
Journal Mail Official
diskursus.unindra@gmail.com
Editorial Address
Kampus A Building 2, 3rd Floor | Jl. Nangka No. 58 C (TB. Simatupang), Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa, Jakarta Selatan 12530, Jakarta, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
ISSN : 26154935     EISSN : 26154943     DOI : http://dx.doi.org/10.30998/diskursus.v4i2
Core Subject : Education,
Diskursus: Jurnal Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia is a peer-reviewed scientific open access journal. The journal is dedicated to publishing original articles concerned with research, theory development, or program applications related to Indonesian Language teaching in across settings.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia" : 10 Documents clear
Analisis Omission serta Perubahannya dalam Bahasa Minangkabau (Kajian Studi di Pasar Cipadu) Nurul Sinta Dewi Mulyani
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.15036

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan bahasa Minangkabau yang mengalami penghilangan (omission) serta perubahannya. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa tuturan kata-kata dalam bahasa Minangkabau. Sumber data dalam penelitian ini adalah seorang penutur yang berasal serta menguasai bahasa Minangkabau di Cipadu. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan teknik pancing, wawancara, rekam, simak dan catat. Berdasarkan hasil analisis, ditemukan beberapa kata yang mengalami omission berupa fonem pada bahasa Minangkabau serta omission yang kemudian dimodifikasi dengan diganti/ ditambahkan dengan menggunakan fonem lain. Berdasarkan tuturan narasumber, omission banyak terjadi pada fonem /a/ pada bahasa Minangkabau yang digantikan dengan fonem /o/ dan omission fonem /e/ digantikan dengan fonem /a/.
Diskriminasi Gender dan Citra Wanita pada Novel Telembuk Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat Rusli Rusli; Dendy Sugono; Mamiek Suendarti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.14444

Abstract

Diskriminasi gender dan citra wanita pada novel ‘Telembuk Dangdut dan Kisah Cinta yang Keparat’ karya Kedung Darma Romansha. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menguraikan unsur intrinsik pada novel, bentuk diskriminasi gender dan citra wanita pada novel tersebut. Deskriptif kualitatif adalah bentuk penelitian ini. Dalam hal ini, penulis menguraikan informasi yang didapat dari hasil membaca novel, dengan metode simak dan catat. Data kemudian diidentifikasi dan dianalisis berdasarkan teori diskriminasi gender dan citra wanita. Sehingga penulis menemukan 79 data atau informasi dari novel. Data tersebut termasuk 53 pada bentuk diskriminasi gender yakni 15 bentuk marginalisasi, 1 bentuk subordinasi, 19 bentuk stereotip, 15 bentuk kekerasan, 3 bentuk beban kerja. Kemudian pada kategori citra wanita pada novel tersebut ditemukan 26 data yakni 3 data citra wanita dalam aspek fisik, 10 data citra wanita dalam aspek psikologis, 6 data mengenai citra wanita dalam aspek keluarga, 7 data tentang citra wanita dalam aspek masyarakat.
Substansi Paragraf Deskriptif dan Kalimat Majemuk dalam Novel Bocah Penghalau Kera Kis Andayani; Sumaryoto Sumaryoto; Masrin Masrin
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.14554

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh pemahaman mendalam tentang penggunaan dan manfaat paragraf deskriptif serta kalimat majemuk dalam penulisan novel Bocah Penghalau Kera karya Shintha Rosse Kamlet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi. Teknik pencatatan data menggunakan studi dokumentasi dengan teknik kepustakaan. Analisis data dilakukan dengan menguraikan isi berdasarkan manfaat paragraf deskriptif serta kalimat majemuk dalam novel. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan paragraf deskriptif dengan pendekatan realistis dan impresionistis sebanyak 72 paragraf. Penggunaan kalimat majemuk dalam paragraf deskriptif sebanyak 46 kalimat. Simpulan penelitian ini secara substansi meliputi empat bagian berikut.  (1) Paragraf deskriptif dalam penulisan novel Bocah Penghalau kera karya Shintha Rosse Kamlet menggunakan pendekatan realistis dan impresionistis. Kedua pendekatan itu dipilih agar pembaca mempunyai pengalaman realistis, rinci, dan asli seperti berhadapan langsung sehingga diperoleh kesan mendalam melalui interpretasi objek. (2) Paragraf deskriptif bermanfaat untuk menggambarkan tempat dan suasana cerita serta penggambaran tokoh. (3) Ada beberapa jenis kalimat majemuk yang digunakan dalam novel tersebut: setara, tidak setara, dan campuran. Penggunaan kalimat majemuk dimaksudkan agar pembaca memperoleh pemahaman tentang penggunaan jenis kalimat majemuk dalam penulisan novel. (4) Kalimat majemuk berperan untuk mengembangkan penulisan novel dan menjelaskan kalimat topik dalam paragraf sehingga terbangun paragraf yang utuh.
Perjuangan Tokoh Utama dalam Novel Mimpi Sejuta Dolar Karya Alberthine Endah Ni Luh Ayu Widiari
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.14614

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan perjuangan tokoh utama Merry Riana yang terlihat pada penggambaran alur dan penokohan dalam novel Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan objektif yaitu analisisnya diarahkan pada struktur ceritanya. Metode yang digunakan adalah penelitian strukturalisme semiotika milik Todorov yaitu aspek sintaktika dan semantika. Aspek sintaktika digunakan untuk menganalisis pengaluran dan alur sekuen, sedangkan aspek semantika digunakan untuk menganalisis tokoh pada novel Mimpi Sejuta Dolar karya Alberthiene Endah. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis, diketahui bahwa alur berpengaruh dalam membentuk perjuangan yang dialami tokoh Merry Riana. Alur tersebut menggunakan alur campuran, karena menceritakan masa lalu, yang baru terjadi, dan yang akan terjadi dalam cerita, selain itu Merry Riana memiliki karakter pemberani, religius, disiplin, kerja keras, dan mandiri.
Analisis Aspek Psikologis dan Religius dalam Novel Memancang Tiang Kalbu Karya Sintha Rosse Kamlet Oldwin Oldwin; E. Zaenal Arifin; Sumaryati Tjitro Sumarto
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.14611

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek psikologis dan aspek religius dalam novel Memancang Tiang Kalbu karya Sintha Rosse Kamlet. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe penelitiannya adalah deskriptif. Pengumpulan data atau informasi dilakukan dengan menggunakan metode baca-catat. Adapun metode analisis data menggunakan analisis isi. Data atau informasi yang diambil dalam penelitian ini adalah berbentuk potongan kalimat yang terindikasi mengandung aspek psikologis dan religius yang terdapat dalam novel Memancang Tiang Kalbu karya Sintha Rosse Kamlet. Sumber data penelitian ini adalah novel Memancang Tiang Kalbu karya Sintha Rosse Kamlet yang diterbitkan oleh Pustaka Mandiri, tahun 2021 di Tangerang, yang berjumlah 210 halaman. Hasil penelitian menunjukkan novel Memancang Tiang Kalbu terdapat aspek psikologis yaitu bagian id, bagian ego, dan bagian super ego berjumlah 54 kutipan. Bagian id berjumlah 8 kutipan, bagian ego berjumlah 36 kutipan dan bagian super ego berjumlah 10 kutipan. Dalam novel ini juga terdapat aspek religius yaitu nilai ibadah, iman dan akhlak berjumlah 99 kutipan. Nilai ibadah berjumlah 25 kutipan, nilai iman berjumlah 16 kutipan dan nilai akhlak berjumlah 58 kutipan.
Diskriminasi Gender pada Cerpen Perempuan dan Sebilah Pisau: Sebuah Kajian Feminisme Sastra Muyassaroh Muyassaroh; Adella Diva Rahmadian; Fais Afifa
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.15273

Abstract

Penelitian yang dilakukan memiliki substansi untuk menganalisis aspek feminisme yang terdapat dalam suatu karya sastra, yakni berupa kasus segregasi gender atau yang lebih akrab dikenal sebagai kasus diskriminasi. Kasus tersebut dialami yang dihadapi oleh seorang tokoh perempuan dalam cerpen "Perempuan dan Sebilah Pisau" karya Tati Y Adiwinata. Penelitian ini berorientasi pada teori feminisme. Teori feminisme merupakan teori yang mengkaji tentang kesetaraan gender feminis dengan laki-laki. Feminisme berfokus pada pemenuhan hak-kak kaum feminis serta menyelaraskan kedudukan kaum feminis sebagai bentuk penolakan terhadap perbedaan harkat dengan kaum laki-laki. Aspek yang dikaji dalam penelitian ini adalah bentuk-bentuk ketidakadilan yang dialami oleh tokoh perempuan dalam cerpen tersebut, di mana perbuat tersebut merupakan contoh dari diskriminasi gender. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis isi cerpen secara keseluruhan. Sumber data dalam penelitian ini ialah setiap kalimat dalam cerpen "Perempuan dan Sebilah Pisau" yang dimuat dalam surat kabar Republika, pada tanggal 13 Maret 2022
Pengembangan Media Monopoli Teks Fiksi (Montisi) untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas IV Putri Dwiriza Agesti; Kurniawati Kurniawati; Fully Rakhmayanti
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.15604

Abstract

Kehadiran media menjadi hal yang penting untuk terciptanya pembelajaran yang aktif dan menarik bagi siswa. Namun, hal ini masih menjadi tugas besar yang harus diselesaikan. Guru masih melakukan pembelajaran secara konvensional, tanpa ada variasi atau kehadiran media di kelas. Penelitian ini dilakukan sebagai bentuk penghadiran dan pengembangan media pembelajaran, khususnya dalam subjek pembelajaran bahasa Indonesia di kelas IV. Penelitian ini dirancang dengan metode Design and Development (D&D) dengan model ADDIE untuk mengembangkan media pembelajaran monopoli teks fiksi (Montisi). Partisipan penelitian terdiri dari ahli media, ahli materi dan bahasa, 14 siswa kelas IV, dan seorang guru kelas IV SD Negeri 42 Tanjungpandan, Belitung. Berdasarkan angket validasi, penilaian dari ahli media sejumlah 93% (Sangat Baik). Penilaian dari ahli materi dan bahasa didapatkan skor 96% (Sangat Baik). Penilaian atau respons dari guru kelas IV sejumlah 96% (Sangat Baik) dan dari siswa kelas IV mendapatkan respons rata-rata Sangat Baik. Hasil observasi juga menunjukkan selama media Montisi digunakan siswa menjadi aktif, tertarik, dan antusias. Dengan adanya data tersebut, media pembelajaran Montisi untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia materi teks fiksi layak digunakan bagi siswa kelas IV SD Negeri 42 Tanjungpandan, Belitung.
Kohesi Gramatikal pada Rubrik Pantura Line Edisi 5 November 2022 yang Terdapat dalam E-Paper Tribun Jateng Bela Hastya Pertiwi; Imam Baehaqie
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.15753

Abstract

Analisis wacana dapat diartikan sebagai analisis mengenai bagaimana teks yang bekerja dalam praktik sosial maupun budaya. Dari analisis yang telah dilakukan pada keempat judul dalam rubrik pantura line pada e-paper Tribun Jawa Tengah, memperoleh hasil unsur referensi sebanyak 26, lalu unsur konjungsi sebanyak 6, selanjutnya unsur substitusi sebanyak 13, dan unsur elipsis sebanyak 2. Penelitian ini dilaksanakan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa penggalan teks berita yang diduga mengandung kohesi gramatikal. Sumber data pada penelitian ini adalah teks berita dalam rubrik Pantura Line yang terdapat pada E-Paper Tribun Jawa Tengah edisi 5 November 2022 yang terdiri atas empat judul berita. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik catat. Metode penyajian hasil analisis data dilakukan secara informal.
Penerapan Metode Kunjung Karya dalam Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia Tyas Noor Rachma; Ika Septiana; Sudiyati Sudiyati
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.16936

Abstract

Penerapan metode pembelajaran yang tepat merupakan salah satu keberhasilan dalam kegiatan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia pada materi teks eksplanasi. Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskripsi. Jumlah partisipan dalam penelitian ini adalah 36 peserta didik. Pengumpulan data menggunakan kegiatan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kunjung karya dikatakan baik dikarenakan sesuai hasil nilai pembelajaran teks eksplanasi menggunakan metode kunjung karya peserta didik mendapatkan nilai antara rentang 81-100. Berdasarkan hasil pengamatan peneliti dapat disimpulkan bahwa aspek kreativitas dalam merancang teks eksplanasi memiliki persentase tertinggi yaitu 83.33% dengan 30 peserta didik yang melakukan. Selanjutnya aspek penilaian sikap terendah yaitu kerja sama dalam kelompok dengan persentase 55.56% yang hanya muncul pada 20 peserta didik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan metode kunjung karya dalam pembelajaran bahasa Indonesia teks eksplanasi menunjukkan hasil yang baik dan menunjukkan tingkat kreativitas yang tinggi.
PENGARUH PENGUASAAN BAHASA FIGURATIF DAN MINAT BACA TERHADAP KEMAMPUAN MERESEPSI CERITA PENDEK Winda Sofidiniawati; Sumaryoto Sumaryoto; Hasbullah Hasbullah
Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia Vol 5, No 3 (2022): Diskursus: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30998/diskursus.v5i3.14631

Abstract

AbstractThis study aims to find 1) The effects of mastery of figurative language and reading interest together on the ability to perceive short stories in private junior high school students in Bekasi Regency. 2) The effect of mastery of figurative language on the ability to perceive short stories in private junior high school students in Bekasi Regency. 3) The effect of reading interest on the ability to perceive short stories in private junior high school students in Bekasi Regency. The sample used in this study was 75 students with simple random sampling technique. The statistical model used is multiple linear regression. The results of the study concluded: 1) There are a significant effect of mastery of figurative language and reading interest together on the ability to perceive short stories in private junior high school students in Bekasi Regency.It is proved by sig. 0.000 < 0.05 and Fobserved= 88.739; 2) There is a significant effect of mastery of figurative language on the ability to perceive short stories in private junior high school students in Bekasi Regency. It is proved by Sig. = 0,000 <0.05 and tobserved= 6,184; 3) There is a significant effect of reading interest on the ability to perceive short stories in private junior high school students in Bekasi Regency. It is proved by Sig. = 0,021 <0.05 and tobserved= 2,367. Keywords:Mastery of Figurative Language, Interest in Reading, Ability to Perceive Short Stories

Page 1 of 1 | Total Record : 10


Filter by Year

2022 2022