cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalcomserva@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcomserva@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence No. RG-04, Sendang, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Published by Publikasi Indonesia
ISSN : 27985652     EISSN : 27985210     DOI : 10.36418/comserva
The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal highlights the existing issues that happened in various fields to empower the community. The issues including, but not limited to, increasing the community capacity, applying appropriate technology, applying research result in the community, improving the people knowledge, and also the innovation in the purpose to empower people.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat" : 20 Documents clear
Perkembangan Dakwah Muhammadiyah di Desa Pamijen, Sokaraja Febi Listiyani Sunarto Putri; Muhammad Rafi Rakananda; Isti Zulaefah Romadhoni; Astika Nurul Hidayah
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (329.79 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.71

Abstract

Maksud dari kajian ini yaitu agar para pembaca mengetahui bagaimana perkembangan dakwah Muhammadiyah, khususnya yang terletak di Desa Pamijen, Sokaraja. Dengan adanya tulisan ini, tentunya mampu membuat terang bagaimana kekurangan dan kelebihan dalam perkembangan dakwah Muhammadiyah. Metode kajian yang dipakai adalah metode kualitatif secara historical (sejarah), wawancara terpusat dan studi dokumen berdasarkan jurnal-jurnal dan tulisan lain yang terkait dengan topik pada tulisan ini. Dengan membandingkan bagaimana perkembangan dakwah di masa lalu dengan masa sekarang, disertai dengan perkembangan zaman yang dirasa mampu mempermudah namun sekaligus juga menjadi hambatan untuk berdakwah disertai dengan kebiasaan dan adat masyarakat sekitar, diharapkan dapat memajukan program dakwah Muhammadiyah yang sesuai dengan prinsip awalnya, yaitu amar ma’ruf nahi munkar.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Pedagang Ikan Segar di Pasar Bina Usaha Desa Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat Doni Aldian; Devi Agustia
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (304.635 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.111

Abstract

Kajian ini bertujuan guna mengidentifikasi dan menjabarkan sejauh mana pengaruh usia, pengalaman, jumlah ikan, modal, harga, variasi ikan dan lama waktu penjualan terhadap keuntungan pedagang ikan di pasar Bina Usaha Desa Ujong Baroh Kecamatan Johan Pahlawan Kabupaten Aceh Barat. Penelitian ini mengambil 31 sampel dari total 43 populasi dengan pertimbangan pedagang yang masih aktif. Teknik pengumpulan data yang dipakai pada kajian ini adalah pengamatan dan interview. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif, analisis kuantitatif menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil kajian secara simultan memperlihatkan bahwa variabel umur, pengalaman, jumlah ikan, modal, harga, jenis ikan, dan lama penjualan sangat berdampak terhadap keuntungan pedagang. Meskipun secara parsial hanya variabel jumlah ikan dan harga yang berpengaruh signifikan terhadap keuntungan pedagang ikan.
Persepsi Petani Terhadap Penggunaan Pupuk Organik Dalam Peningkatan Produksi Tanaman Bayam di Desa Babul Makmur Devita Sari; Amda Resdiar
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (260.928 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.112

Abstract

Upaya peningkatan produksi bayam melalui perbaikan kualitas tanah tetap dilaksanakan dengan penerapan inovasi teknologi pertanian, antara lain sosialisasi teknik budidaya dan pemakaian pupuk organik. Namun, inovasi teknologi pertanian organik belum seluruhnya diterima oleh petani. Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara corporate communication dan support behavior dengan persepsi petani atas pemakaian pupuk organik pada tanaman bayam. Metode penelitian yang digunakan adalah survei eksploratif, di Desa Babul Makmur yang sengaja dipilih sebagai sentra produksi mendong di Simeulue. Penelitian dilakukan pada bulan November 2021 dengan menggunakan metode Survei. Informan dalam penelitian ini meliputi petani di Banyam, hingga 8 informan di desa Babul Makmur Kabupaten Simeulue. Hasil kajian memperlihatkan bahwa karakteristik internal petani dan lingkungan usaha yang mendukung merupakan subjek yang tepat dan perilaku komunikasi petani tepat sasaran. Kesadaran petani atas ciri-ciri inovasi pupuk organik pada usahatani bayam tergolong sangat baik. Pedoman bagi petani, baik individu maupun kelembagaan, butuh perbaikan lebih lanjut guna memotivasi petani memakai pupuk organik untuk menanam bayam
Pemberdayaan Kader Posyandu dalam Program “Toss Tb” di Desa Trieng Pantang Kecamatan Lhoksukon Cut Khairunnisa; Yuziani Yuziani
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (891.405 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.129

Abstract

Temuan kasus tuberkulosis setiap tahun terus mengalami peningkatan di Kabupaten Aceh Utara. Data Dinas kesehatan (Dinkes) Kabupaten Aceh Utara, mencatat kasus tuberkulosis pada tahun 2019 sebanyak 901 kasus dan tahun 2020 mencapai 986 kasus, terjadi peningkatan jumlah kasus sekitar 9,1%. Berdasarkan distribusi kasus tuberkulosis di Kabupaten Aceh Utara, Kecamatan Lhoksukon merupakan wilayah dengan temuan kasus tertinggi dan Desa Trieng Pantang merupakan salah satu desa dengan suspect kasus tuberkulosis terbanyak. Masyarakat Desa Trieng Pantang sebagian besar dengan kondisi sosial ekonomi yang rendah, tingkat pengetahuan dan perilaku hidup bersih sehat (PHBS) yang buruk. Sehingga dapat memicu tinggi angka kejadian TB dan rendahnya angka keberhasilan pengobatan. Oleh karena itu, pada kegiatan pengabdian ini akan dilakukan pembinaan terhadap kader posyandu sebagai mitra yang akan dididik untuk membantu tenaga kesehatan dalam upaya penanggulangan TB melalui program TOSS TB. Mekanisme pelaksanaan berupa mempersiapkan kader dengan memberikan edukasi tentang program tuberkulosis, penyamaan persepsi, pembentukan komitmen, pengaturan peran, komunikasi intensif, melakukan aksi, monitoring dan evaluasi untuk menjalin dan mengetahui perkembangan kemitraan dalam melaksanakan program tuberkulosis. Hasil yang diperoleh dalam kegiatan pengabdian ini adalah terbentuknya kader yang terlibat dalam program TOSS TB, adanya peningkatan pengetahuan Kader Posyandu tentang tuberkulosis setalah diberikan edukasi. Pada evaluasi akhir didapatkan bahwa kader sudah mulai melaksanakan perannya secara aktif dalam program TOSS TB dengan berdampak terhadap temuan kasus baru TB, meningkatnya angka keberhasilan pengobatan di Desa Trieng Pantang. Adanya kegiatan ini diharapkan dalam jangka panjang mampu mengeliminasi TB di tingkat Desa.
Gambaran Kualitas Tidur Pada Lansia Dengan Hipertensi: Literature Review Iksan Nurul Anbiya; Roro Lintang Suryani; Danang Tri Yudono
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (361.49 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.131

Abstract

Populasi orang berusia di atas 65 tahun di dunia sekarang sekitar 617 juta orang. Angka tersebut setara dengan 8,5 persen dari jumlah seluruh penduduk. Peneliti memilih literature review sebagai metode penelitian dalam tulisan ini. Database yang digunakan dalam literature review ini antara lain Google Scholar dan PubMed. Dari 5 artikel menggambarkan bahwa lansia dengan hipertensi lebih banyak ditemukan pada usia ?60 tahun dan berjenis kelamin perempuan. Mayoritas responden dari kelima jurnal memiliki tekanan darah pada derajat satu (140-159/90- 99 mmHg). Lansia dengan hipertensi memiliki kualitas tidur yang buruk. Banyak faktor yang dapat mempengaruhi kualitas tidur itu buruk, yaitu seperti durasi tidur dan latensi tidur yang kurang.
Kebiasaan Baru Masyarakat Urban di Tengah Pandemi COVID-19 Febri Rakhmawati A.R.S.J
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (311.542 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.132

Abstract

Covid-19 telah mengubah perilaku konsumen khususnya masyarakat perkotaan dalam berperilaku, gaya hidup maupun kebiasaannya. Masyarakat perkotaan khususnya kaum milenial yakni mahasiswa Perbanas yang tinggal di Jakarta banyak melakukan berbagai kegiatan untuk menghilangkan kejenuhan dan kebosanan di masa wabah Covid-19 yang menuntut kita diam di rumah. Hal tersebut sangat bertentangan dengan kepribadiannya dimana jiwa masa muda mahasiswa ingin sekali eksistensi yang banyak ingin mengetahui dunia luar lebih banyak. Metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan induktif digunakan dalam penelitian ini. Penelitian ini menghasilkan, mahasiswa Perbanas Jakarta memiliki kebiasaan baru yang sebelumnya tidak atau jarang dilakukan sebelum pandemi Covid-19 terjadi. Kebiasaan baru ini bisa menjadi semangat untuk meningkatkan hidup lebih sehat serta daya imun tubuh yang stabil di saat pandemi. Aktivitas yang dilakukan mahasiswa yakni bored homebody. Mahasiswa memiliki banyak waktu berkumpul bersama keluarganya dan dapat menyalurkan hobi yang dimiliki yang mana sebelumnya tidak dapat atau jarang dilakukan. Hobi tersebut seperti bersepeda, berjalan dan bercocok tanam di pekarangan rumah. Serta memunculkan jiwa entrepreneur yakni berjualan masker kain serta konektor masker.
Sosialisasi Hukum Keluarga Bidang Perceraian di Gampong Paloh Lada Kecamatan Dewantara Jumadiah Jumadiah; Jamaluddin Jamaluddin; Sutriani Sutriani; Hamdani Hamdani
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (530.757 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.133

Abstract

Perkawinan merupakan ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita dengan maksud guna membina sebuah keluarga atas ridho dari Allah SWT. Dalam hukum positif di Indonesia sebagaimana tercantum dalam Undang-Undang Nomor.1 Tahun 1974 tentang perkawinan, dimana dalam undang-undang tersebut telah diatur yang secara detail tentang perkawinan, namun realitanya masih banyak yang melanggar peraturan undang-undang, undang-undang tersebut menganut prinsip untuk mempersulit perkawinan. Karena masih ada perkawinan usia di bawah umur tertentu, maka kecenderungan perceraian mudah terjadi, bahkan jika perceraian merupakan upaya terakhir untuk menjaga keutuhan keluarga. Pertanyaannya adalah bagaimana mengurangi perceraian keluarga di masyarakat Gampong Paloh Lada, maka tujuan sosialisasi untuk memberi pemahaman agar perkawinannya dapat dipertahankan agar terwujudnya keluarga yang sakinah mawaddah dan warahmah, Metode pelaksanaan yang dipakai adalah ceramah dan tanya jawab. Hasil dari kajian ini masyarakat Gampong Paloh Lada memiliki pengetahuan tentang hukum keluarga dan mampu menerapkan dalam keluarga.
Tinjauan Faktor Penyebab Klaim BPJS Kesehatan Rawat Inap Tertunda di RSUD Tarakan Sonaria Tambunan; Daniel Happy Putra; Laela Indawati; Puteri Fannya
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (247.977 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.134

Abstract

Kegiatan pembiayaan di RSUD Tarakan didominasi oleh Peserta BPJS Kesehatan, pada pengajuan klaim pasien peserta BPJS Kesehatan masih ditemukan adanya keterlambatan pada pengajuan klaim dampaknya kegiatan operasional rumah sakit akan terhambat yang berhubungan mengenai ketersediaan obat, pengadaan alat medis serta pembayaran insentif kinerja pegawai bisa terhambat. Maksud kajian ini dilaksanakan guna mengetahui faktor klaim tertunda karena dikembalikan oleh BPJS Kesehatan di RSUD Tarakan. Kajian ini bersifat deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Data yang dipakai adalah berkas klaim yang bersumber dari rawat inap tertunda dengan status sudah dikembalikan oleh BPJS Kesehatan pada bulan Mei-November 2021. Variabel yang dipakai pada kajian adalah jumlah berkas klaim tertunda, alasan faktor pemicu klaim BPJS Kesehatan tertunda tersebut. Hasil kajian ini mendapati sejumlah 532 berkas klaim rawat inap yang dikembalikan. Didapatkan alasan faktor yang tertunda sebab tidak lolos verifikasi administrasi pelayanan dan verifikasi pelayanan kesehatan lainnya. Faktor utama pemicu tidak lolos verifikasi adalah sebab ketidakjelian dari petugas pemberkasan dan adanya perbedaan sudut pandang mengenai kode diagnosa antara RSUD Tarakan dengan BPJS Kesehatan. Hasil kajian ini bisa dijadikan bahan acuan bagi RSUD Tarakan untuk membenahi pelaksanaan sistem pemberkasan klaim pasien BPJS Kesehatan agar meminimalisirkan jumlah berkas klaim yang dikembalikan oleh pihak BPJS Kesehatan.
Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk dan Harga Terhadap Minat Beli Yehuda
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (380.312 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.135

Abstract

Maksud dari kajian in yaitu guna melihat dampak mutu pelayanan, mutu produk, dan harga atas minat beli pada Ayam Setia di Tenggarong. Jenis kajian ini adalah kajian kuantitatif. Populasi pada kajian ini adalah semua klien Ayam Setia, namun sampel yang dipakai sejumlah 100 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel memakai teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yaitu menggunakan kuesioner. Analisis data memakai regresi linier berganda. Hasil kajian memperlihatkan bahwasanya mutu produk dan harga berdampak baik dan besar secara parsial atas minat beli, sedangkan kualitas pelayanan berdampak baik tidak besar atas minat beli. Secara simultan mutu pelayanan, mutu produk, dan harga berdampak atas minat beli pada Ayam Setia di Tenggarong. Dengan demikian sebaiknya Ayam Setia terus meningkatkan mutu pelayanan, mutu produk, dan harga akan mampu memikat minat beli klien
Perubahan Perilaku Organisasi dalam Pelaksanaan Pelayanan Pengaduan Publik di Tengah COVID-19 di Ombudsman Republik Indonesia Andi Setiawan; Fery Hadi Saputra
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (613.728 KB) | DOI: 10.59141/comserva.v1i10.136

Abstract

Perubahan perilaku organisasi dalam pelaksanaan pelayanan pengaduan publik di tengah covid-19 yang dilaksanakan lembaga negara Ombudsman Republik Indonesia merupakan hal yang penting. Sebagai sebuah Lembaga negara yang bertugas bukan hanya mengawasi tapi juga memberikan pelayanan publik saat pandemi covid-19, bertujuan untuk bisa membantu masalah publik terkait isu-isu yang muncul saat covid-19. Perubahan perilaku organisasi dalam pelaksanaan pelayanan disaat kondisi covid-19 ini mengalami perubahan. Perubahan ini bukan hanya pada bagaimana pelaksanaan pelayanan pengaduan tapi juga berdampak terhadap alam bawah sadar dalam memberikan pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana perubahan organisasi dalam pelaksanaan pelayanan publik saat pandemi covid-19. Teori yang digunakan adalah teori dari Schein. Teori tersebut membantu melihat bagaimana perubahan eksternal berpengaruh terhadap perilaku organisasi di dalamnya yang terdiri dari 3 variabel yaitu artefak, nilai-nilai, dan asumsi dasar. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahawa perilaku organisasi dalam pelayanan pengaduan publik saat pandemi covid-19 memiliki pengaruh terhadap pelaksanaan pelayanan publik. Bisa dilihat dari variabel artefak Ombudsman RI, yaitu terjadi perubahan pelayanan pengaduan publik secara penuh melalui digital dari awal pelayanan hingga akhir. Pada variabel nilai-nilai, pelaksanaan dalam prinsip pelayanan juga melakukan perubahan secara digital seperti dibentuknya tim siber internal yang bertugas menjaga data-data pelapor dan variabel terakhir yaitu asumsi dasar yang berdampak terhadap mudah serta cepatnya informasi yang didapatkan karena semua tidak lagi berbentuk fisik tapi di sisi lain karena Covid-19 situasi dalam proses pelayanan tidak memiliki pola waktu yang jelas. Sehingga demikian mereka harus dituntut secara tidak sadar untuk bisa lebih cepat, responsif dan juga cepat beradaptasi dari keadaan yang ada

Page 1 of 2 | Total Record : 20


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 12 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 11 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 10 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 7 (2025): Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 6 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 5 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 4 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 3 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 9 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 11 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 10 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 09 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 8 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 6 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 5 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 4 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 3 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 08 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 07 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 03 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 02 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 12 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 10 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 09 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 4 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 12 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 11 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 8 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 7 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 6 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 5 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 4 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 9 (2022): COMSERVA : (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 8 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 7 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 6 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 5 (2021): COMSERVA: Indonesian Journal of Community Services and Development Vol. 1 No. 4 (2021): COMSERVA: Indonesian Journal of Community Services and Development Vol. 1 No. 3 (2021): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Special Issue COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat More Issue