cover
Contact Name
-
Contact Email
jurnalcomserva@gmail.com
Phone
-
Journal Mail Official
jurnalcomserva@gmail.com
Editorial Address
Greenland Sendang Residence No. RG-04, Sendang, Kec. Sumber, Kabupaten Cirebon, Jawa Barat 45611
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Published by Publikasi Indonesia
ISSN : 27985652     EISSN : 27985210     DOI : 10.36418/comserva
The mission of COMSERVA : Indonesian Jurnal of Community Services and Devleopment as the result of community services activities. The activities are including the implementation of science development and applied technology to empower society and realize sustainable development. The journal highlights the existing issues that happened in various fields to empower the community. The issues including, but not limited to, increasing the community capacity, applying appropriate technology, applying research result in the community, improving the people knowledge, and also the innovation in the purpose to empower people.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 40 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat" : 40 Documents clear
Inovasi Sosial PT. Pertamina EP Pendopo Field dalam Konservasi Tanaman Anggrek untuk Mewujudkan Desa Wisata Anggrek di Desa Selangit, Kabupaten Musi Rawas Mohammad Nur Samudin W; Dwi Novanda Sari; Suharyadi; Renny Maulidda; Hengky Rosadi
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.967

Abstract

Tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan sumber daya alam dan kelestarian lingkungan akibat dampak perubahan iklim dapat diatasi dengan konservasi. Salah satu jenis tanaman yang perlu untuk dilakukan konservasi yaitu tanaman anggrek. Selain memiliki keunikan tersendiri, tanaman anggrek juga sangat populer di masyarkat dunia maupun Indonesia. PT. Pertamina EP Pendopo Field melakukan kegiatan konservasi tanaman anggrek bersama masyarakat dan berkolaborasi dengan BKSDA Sumatra Selatan sejak tahun 2020 hingga tahun 2023. Kegiatan yang dilakukan yaitu tahapan inisiasi, pengembangan, pemantapan dan penguatan. Berdasarkan observasi dan kegiatan yang dilakukan di Desa Selangit, dapat disimpulkan bahwa belum ada penggerak penyelamatan spesies tumbuhan langka akibat pembalakan liar. Maka dari itu kegiatan konservasi tanaman anggrek ini merupakan inovasi sosial yang penting untuk dilakukan dan dipertahankan juga dikembangkan untuk mewujudkan Desa Wisata Anggrek Selangit sebagai kegiatan penyelamatan lingkungan dan peningkatan ekonomi pendapatan masyarkat Desa Selangit.
Upaya Meningkatkan Profesional Guru Sdn 14 Mudiak Lolo Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (Ttw) Pada Pembelajaran Ipa Melalui Pembinaan Kkg Sekolah Syafrial Syafrial
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.1002

Abstract

Dalam merancang sebuah pembelajran yang menyenangkan dan inovatif tidaklah mudah, karena membutuhkan kemampuan, keahlian yang khusus dalam bidang keguruan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui pembinaan secara intensif di KKG dapat mengatasi permasalahan guru dalam menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW)pada mata pelajaran IPA. Hipotesa tindakan bahwa pembinaan yang diberikan secara intensif di KKG dapat meningkatkan kemampuan guru dalam menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) pada mata pelajaran IPA di sekolah binaan. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli sampai dengan bulan Desember 2022 khusus untuk guru SDN 14 Mudiak Lolo Kecamatan Sungai Pagu Kabupaten Solok Selatan dengan jumlah guru 10 orang. Jenis statistik yang digunakan adalah statistik deskriptif, seperti teknik presentase. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dapat meningkatkan kemampuan profesional guru dalam merancang dan melaksanakan pembelajaran, yang mana pada siklus pertama baru 40% guru yang paham tentang Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW), pada siklus II meningkat menjadi 60%  dan pada siklus III meningkat menjadi 90%, dengan meningkatnya pemahaman guru tentang pengggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) dalam pembelajaran IPA pada akhirnya suasana pembelajaran yang efektif, aktif, dan kreatif dan menyenangkan akan muncul dengan sendirinya, sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
Tinjauan Kriminologis Terhadap Tindak Pidana Pencurian Yang Dilakukan Oleh Anak (Studi Kasus Di Kepolisian Sabu Raijua) Adi Papa Putra; Deddy R. CH. Manafe; Adrianus Djara Dima
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.990

Abstract

Penanganan terhadap anak yang berkonflik dengan hukum adalah bagian dari kebijakan atau upaya penanggulangan kejahatan karena tujuan utamanya adalah perlindungan anak dan mensejahterakan anak dimana anak merupakan bagian dari masyarakat. Kebijakan atau upaya penanggulangan pada hakekatnya merupakan bagian integral dari upaya perlindungan masyarakat (social defence) dan upaya mencapai kesejahteraan masyarakat (social welfare). Penelitian ini dilaksanakan di Kabupaten Sabu Raijua yaitu Kepolisian Resort Sabu Raijua. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, yaitu dilakukan dengan melihat kenyataan yang ada dalam praktik lapangan. Pendekatan ini dikenal juga dengan pendekatan secara sosiologis yang dilakukan secara langsung ke lapangan. Data dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, diperoleh bahwa: (1) Faktor Yang Menyebabkan Seseorang Anak Melakukan Tindak Pidana Pencurian, yakni antara lain: (a) Faktor individu (b) Faktor lemahnya pengawasan orangtua (c) Faktor lingkungan (d) Faktor pendidikan (e) Faktor ekonomi (2) Faktor penghambat dalam upaya penanggulangan pelaku di Kabupaten Sabu Rajua, antara lain: (a) upaya menanggulangi pencurian oleh anak, (b) balai pelayanan sosial asuhan anak yang ditangani langsung oleh dinas sosial. Saran dari penulis ialah diperlukan kerjasama yang lebih intensif antara masyarakat terutama orang tua sebagai pihak pertama memberikan pendidikan pada anak dengan pemerintah untuk menangani serta memberantas tindak pidana kejahatan oleh anak demi tujuan masa depan anak lebih baik. Peran orang tua sangat besar dalam melihat setiap tingkah laku yang terjadi kepada anak. Pergaulan juga harus di awasi orang tua agar anak tidak terpengaruhi dengan teman yang mengajaknya membuat suatu tindak kejahatan.
Perlindungan Hukum Bagi Korban Perkawinan Siri Sesama Jenis Yang Terjadi Karena Pemalsuan Identitas Salah Satu Pihak Afifah Tasya Miladya; Djanuardi Djanuardi; Hazar Kusmayanti
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.991

Abstract

Pasal 1 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan (selanjutnya disebut UU Perkawinan) telah menyatakan bahwa Perkawinan adalah ikatan lahir batin antara seorang pria dengan seorang wanita sebagai suami istri dengan tujuan membentuk keluarga (rumah tangga) yang bahagia dan kekal berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa. Ketentuan hukum tersebut secara jelas telah mengatur bahwa unsur perkawinan adalah seorang pria dan seorang wanita sebagai pihak yang dapat melaksanakan perkawinan. Pada praktiknya, masih terdapat penyimpangan terhadap aturan hukum tersebut, yakni terjadinya suatu perkawinan sesama jenis karena pemalsuan identitas, terlebih perkawinan tersebut terjadi secara siri. Perkawinan siri merupakan suatu pelanggaran terhadap Pasal 2 ayat (2) UU Perkawinan. Tidak dilaksanakannya perkawinan tersebut sebagaimana ketentuan UU Perkawinan sehingga pihak yang dirugikan tidak dapat mengajukan tuntutan terhadap hak-hak keperdataannya terhadap terjadinya perkawinan tersebut. Penelitian ini mengkaji bagaimana perlindungan hukum bagi korban perkawinan siri sesama jenis yang terjadi karena pemalsuan identitas salah satu pihak menggunakan metode pendekatan yuridis normatif dengan menggunakan pengumpulan data informasi diperoleh dari penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan (wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 2 (dua) perlindungan hukum yang dapat dilakukan, yakni perlindungan hukum preventif dan represif.
Evaluasi Implementasi Program Uji Sertifikasi Kompetensi Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga Di Smk Yapimda Jakarta Elis Setyowati; Hery Muljono; Fetrimen Fetrimen; Satriyana Satriyana
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.992

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pelaksanaan Program Uji Sertifikasi Kompetensi dalam Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Yapimda Jakarta. Penelitian ini dilakukan dalam Program Studi Administrasi Pendidikan di Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Prof. DR. Hamka pada tahun 2023. Tujuannya adalah untuk mengukur efektivitas dan hasil dari Program Uji Sertifikasi Kompetensi tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah Metode Penelitian Evaluatif yang bersifat deskriptif dengan Model CIPP (Context, Input, Process, Product). Sampel penelitian terdiri dari berbagai pihak, seperti kepala sekolah, wakil kepala sekolah, pengawas, ketua LSP, ketua kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, guru produktif Akuntansi dan Keuangan Lembaga, asesor kompetensi Akuntansi dan Keuangan Lembaga, serta siswa jurusan Akuntansi dan Keuangan Lembaga. Data penelitian dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Evaluasi terhadap konteks (lingkungan) implementasi Program Uji Sertifikasi Kompetensi menunjukkan tingkat yang tinggi. 2) Evaluasi terhadap masukan (input) dalam Program Uji Sertifikasi Kompetensi juga menunjukkan tingkat yang sangat tinggi. Ini mencakup aspek seperti ketersediaan sarana dan prasarana, sumber daya manusia, perencanaan Program Uji Sertifikasi Kompetensi, dan panitia Program Uji Sertifikasi Kompetensi. 3) Evaluasi terhadap proses pelaksanaan Program Uji Sertifikasi Kompetensi menunjukkan tingkat yang tinggi.. 4) Aspek produk dari Program Uji Sertifikasi Kompetensi adalah pemberian Sertifikat Kompetensi kepada peserta yang berhasil menyelesaikan uji sertifikasi. Kesimpulannya bahwa Program Uji Sertifikasi Kompetensi pada Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Keuangan Lembaga di SMK Yapimda Jakarta telah berjalan dengan baik dan efektif, dengan dukungan lingkungan, masukan yang baik, pelaksanaan yang efisien, dan hasil berupa Sertifikat Kompetensi kepada peserta yang kompeten.
Kajian Yuridis Terhadap Tanggung Jawab Anggota Direksi Dan Dewan Komisaris Perusahaan Pembiayaan Pada Pemenuhan Syarat Keberlanjutan Rafika Annisa Sari; Ema Rahmawati; Deviana Yuanitasari
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.994

Abstract

Perusahaan Pembiayaan semakin berkembang di Indonesia dengan dukungan organ perusahaan seperti direksi, dewan komisaris, dan RUPS untuk meningkatan kinerja dan eksistensi perusahaan. Untuk menjadi anggota direksi dan dewan komisaris telah diatur syarat dan tata cara pengangkatannya melalui Undang-Undang Perseroan Terbatas. Kemudian, dalam POJK Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan ditentukan kembali syarat keberlanjutan yang bersifat wajib dipenuhi oleh para pemangku jabatan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa serta mengetahui bentuk tanggung jawab anggota direksi dan dewan komisaris Perusahaan Pembiayaan yang telah melanggar kewajiban untuk memenuhi syarat keberlanjutan berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku serta mengetahui dampak hukum dari perbuatan para pihak yang berdampak pada keberlangsungan perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan yuridis normative. Serta spesifikasi penelitian berupa deskriptif analitis. Kesimpulan dari penelitian ini anggota direksi dan dewan komisaris suatu Perusahaan Pembiayaan tidak hanya dituntut untuk melaksanakan tugas serta fungsinya sebagai organ dan sumber daya dalam keberlangsungan aktivitas Perseroan, melainkan juga wajib untuk memenuhi syarat keberlanjutan yang diatur oleh Pasal 66 POJK Nomor 7/POJK.05/2022 tentang Penyelenggaraan Usaha Perusahaan Pembiayaan.
Pengaruh Rasio Profitabilitas Dan Economic Value Added Untuk Menilai Kinerja Keuangan Pada Pt.Gudang Garam,Tbk Yang Tercatat Pada Bursa Efek Indonesian Tahun 2018-2019 Waleng Jessica Agnesia
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.995

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menilai kinerja keuangan PT.Gudang Garam,Tbk yang terdaftar di bursa efek Indonesia pada tahun 2018-2019 menggunakan analisis rasio profitabilitas dan economic value added(nilai tambah ekonomis).Variabel independen pada penelitian ini adalah rasio profitabilitas yang diukur menggunakan return on asset dan return on equity dan eco-nomic value added atau nilai tambah ekonomis.Untuk variabel dependen dalam penelitian ini adalah kinerja keuangan perusahaan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Keseluruhan rata-rata return on asset sebesar 17,6%, dikatakan sangat kurang baik, karena berada dibawah standar industri yang menjadi tolak ukur. (2) Keseluruhan rata-rata return on equity sebesar 19,3%, dikatakan kurang baik karena karena berada dibawah standa industri yang menjadi tolak ukur. (3) Total economic value added tahun 2018 sebesar Rp.11.009.942.359.000 dan tahun 2019 sebesar Rp.14.50.401.576.925 dan menghasilkan nilai > 0 artinya positif sehingga menambah nilai tambah ekonomis pada perusahaan.
Dampak Literasi Keuangan, Inklusi Keuangan, Dan Intermediasi Teknologi Finansial Terhadap Keputusan Investasi Mohamad Fidelio Omar Bestari; Nur Chasanah
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.996

Abstract

Investasi adalah salah satu upaya untuk menjaga nilai asset dari tekanan inflasi. Individu yang melakukan investasi pastinya berharap akan memperoleh keuntungan di masa yang akan dating. Tentunya agar dapat memperoleh keuntungan dalam berinvestasi maka diperlukan memiliki literasi keuangan yang baik. Seiring berjalannya waktu telah banyak teknologi keuangan dan inklusi keuangan yang hadir di tengah masyarakat. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui dampak literasi keuangan, inklusi keuangan, dan penggunaan teknologi finansial terhadap keputusan investasi. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data PLS. Dengan begitu, akan dilakukan evaluasi model persamaan struktural dan terdapat dua evaluasi dasar yaitu outer model dan inner model. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 346 responden dan pengambilan sampelnya secara random sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap inklusi keuangan, inklusi keuangan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap teknologi finansial, dan teknologi finansial memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan investasi dengan nilai R-Square 18.4%.
Systematic Literature Review: Penggunaan Dan Manfaat Sistem Gudang Data (Data Warehouse) Di Institusi Perguruan Tinggi Didi Andriawan; Abdul Hamid
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.998

Abstract

Sistem gudang data menjadi komponen krusial dalam sektor pendidikan tinggi yang berkembang pesat. Tujuan dari penelitian ini adalah melakukan tinjauan literatur sistematis mengenai keuntungan dan implementasi sistem gudang data di lembaga pendidikan tinggi. Penelitian ini menggunakan metode pencarian literatur yang sistematis untuk mengumpulkan dan mengevaluasi studi yang relevan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan sistem penyimpanan data memiliki potensi untuk memberikan manfaat bagi lembaga pendidikan tinggi terkemuka dengan menghasilkan kesimpulan yang lebih akurat dan berinformasi lebih baik. Selain itu, sistem ini juga dapat meningkatkan efisiensi manajemen data dan mempermudah akses dan analisis data. Namun, terdapat beberapa masalah yang harus diatasi, seperti biaya implementasi yang tinggi dan keterbatasan sumber daya. Oleh karena itu, penelitian ini menekankan perlunya evaluasi yang cermat sebelum merumuskan rekomendasi agar lembaga pendidikan tinggi dapat memanfaatkan potensi dan manfaat yang terkait dengan implementasi sistem gudang data secara efisien dan efektif. Dengan demikian, penelitian ini memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang signifikansi sistem gudang data dalam konteks lembaga pendidikan tinggi terkemuka.
Perkembangan Anak Usia Sekolah Dasar Untuk Siswa Kelas Rendah Sampai Kelas Tinggi Sdn Cimone 01 Kota Tangerang Ina Magdalena; Bagus Tri Sutrisno; Hanif Abdul Jabbar; M. Astari Romahi; Much. Muhaemin Al – Azis; Nodianus Darmadi
COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat
Publisher : Publikasi Indonesia

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.59141/comserva.v3i06.999

Abstract

Siswa kelas rendah dan tinggi merupakan siswa yang berada pada fase memulai proses pembelajaran formal. Pada fase ini sangat diperlukan pemahaman guru mengenai perkembangan kognitf siswa agar dapat mendesai pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa. Oleh sebab itu tujuan penulisan artikel ini adalah untuk mengkaji perkembangan kognitif siswa kelas rendah sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan desain studi literatur. Penelitian ini mengkaji yang berhubungan dengan perkembangan kognitif siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan dokumentasi dengan proses analisis data menggunakan sesi wawancara. Hasil temuan membuktikan bahwa setiap level kelas yang dialami oleh siswa mengalami perkembangan kognitif yang berbeda-bedaa. Pada siswa kelas 1 sudah mamasuki tingkat kognitf C1. Siswa kelas 2 memasuki tingkat kognitf C2 dan Siswa kelas 3 dan 6 memasuki tingkat kognitf C3. Oleh sebab itu guru diharapkan untuk dapat mendesain pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan kognitif siswa kelas rendah dan tinggi sekolah dasar.

Page 1 of 4 | Total Record : 40


Filter by Year

2023 2023


Filter By Issues
All Issue Vol. 4 No. 12 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 11 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 10 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 7 (2025): Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 6 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 5 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 4 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 3 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 2 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 5 No. 1 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 9 (2025): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 12 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 11 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 10 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 09 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 8 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 7 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 6 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 5 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 4 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 3 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 2 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 4 No. 1 (2024): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 08 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 07 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 06 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 03 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 02 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 12 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 11 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 10 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 09 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 5 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 4 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 3 No. 1 (2023): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 12 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 11 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 10 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 8 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 7 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 6 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 5 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 4 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 3 (2022): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 2 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 2 No. 1 (2022): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 9 (2022): COMSERVA : (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 8 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 7 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 6 (2021): COMSERVA: (Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) Vol. 1 No. 5 (2021): COMSERVA: Indonesian Journal of Community Services and Development Vol. 1 No. 4 (2021): COMSERVA: Indonesian Journal of Community Services and Development Vol. 1 No. 3 (2021): COMSERVA: Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 2 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Vol. 1 No. 1 (2021): Special Issue COMSERVA : Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat More Issue