Jurnal Pariwisata Indonesia
JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in Indonesia. JPI invites writings from various disciplines to contribute to literature on tourism science. JPI invites manuscripts in three main topics but is not limited to: Hospitality Each study focuses on the hospitality industry, including marketing management in the hospitality industry, restaurants, quality assurance, Policy and Regulation of Hospitality, Human Resources, and related topics in the hospitality industry (such as operational departments on hotel) Culinary Each study focuses on culinary development in tourism, innovation in the culinary business, Gastronomy, Herbs, Spices, Traditional Food, Cultural Food Studies, Food Product, Bakery and Pastry, Food Packaging and Product Development, Food Product Branding and Marketing, Education and Training, Nutrition of Food Product, Regulation and Policy Food and Product. Tourism Each study focuses on destination development, including Policy for Destination Planning, Tour Industry, accessibility, and Infrastruktur Destination, Ticketing on destination Policy, Destination marketing, tourist behavior, travel patterns, and related topics on destination development (such as Sustainable Tourism Development Low Carbon Destination, Halal tourism, Community-based Tourism, Nature-based Tourism, Creative Tourism, Social Media for Tourism Marketing, Smart Tourism)
Articles
6 Documents
Search results for
, issue
"Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia"
:
6 Documents
clear
APLIKASI SISTEM RESERVATION DAN TICKETING DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN PENERBANGAN DI PT GARUDA INDONESIA (PERSERO) Tbk KANTOR CABANG SOLO
Ade Putri Priliyan;
Sunyoto;
Suharto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Sistem Amadeus Altea merupakan sistem pelayanan reservation dan ticketing terbaru dilengkapi dengan tekhnologi canggih. Pembaruan sistem dilakukan seiring bergabungnya Garuda Indonesia menjadi penerbangan dalam aliansi global Skyteam. Sistem aplikasi Amadeus Altea dalam prosedur pengoperasiannya dapat terlihat lebih ringkas, cepat dan tepat. Sistem Amadeus Altea dapat memberi pengaruh yang baik dalam pelayanan proses reservation maupun ticketing kepada pelanggan/ calon penumpang, sehingga dapat terlihat kualitas pelayanan penerbangan di PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Solo semakin meningkat. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui prosedur aplikasi sistem Amadeus Altea dan pengaruh sistem Amadeus Altea dalam peningkatan kualitas pelayanan penerbangan di PT Garuda Indonesia (Persero) TbkKantor Cabang Solo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan tekhnik pengumpulan data dengan metodem observasi, wawancara, dan dokumen. Hasil penelitian ini adalah prosedur aplikasi sistem Amadeus Altea dipaparkan dan dapat dinilai prosedur tersebut lebih ringkas, mudah dan cepat. Pengaruh sistem Amadeus Altea dalam pelayanan reservation dan ticketing di kantor PT Garuda Indonesia(Persero) Tbk Kantor Cabang Solo dapat dinilai sangat berguna dan bermanfaat mulai dari dapat mempermudah proses input data penumpang pada saat pemesanan tiket pesawat karena lebih ringkas sehingga cepat dalam pelayanannya.
PERANAN RESEPSIONIS DALAM MENINGKATKAN KUALITAS PELAYANAN DI THE SUNAN HOTEL SOLO
Albertus Bayu Pinongo;
Budi Purnomo;
Sumarman
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan check-in di The Sunan Hotel Solo, peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan check-out di The Sunan Hotel Solo, peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan informasi di The Sunan Hotel Solo, peranan resepsionis dalam meningkatkan kualitas penanganan complaint di The Sunan Hotel Solo. Metode penelitian yang digunakan dalampenelitian ini adalah sebagai berikut :metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi atau kepustakaan dan kuesioner. Metode analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran dan uraian tentang peranan Resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan di The Sunan Hotel Solo. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh informasi bahwa peranan Resepsionis merupakan kegiatanmeningkatkan kualitas pelayanan melalui pelayanan check-in, check-out, informasi dan penanganan complaint. Dari hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa Resepsionis dalam meningkatkan kualitas pelayanan di The Sunan Hotel Solo berupa pemberian pelayanan kepada tamu yang check-in, check-out, pemberian informasi dan penanganan complaint.
USAHA PENGEMBANGAN GOA GONG SEBAGAI OBYEK DAYA TARIK WISATA (ODTW) TERHADAP TINGKAT KUNJUNGAN WISATAWAN DI KABUPATEN PACITAN
Ade Putri Priliyan;
Marimin;
Suharto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini mengkaji tentang potensi dan pengembangan obyek wisata Goa Gong yang merupakan tujuan wisata yang sangat menarik di wilayah Pacitan khususnya di Desa Bomo Kecamatan Punung Kabupaten Pacitan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab persoalan yang dipertanyakan dalam penelitian yaitu mengetahui potensi yang dapat di kembangkan,hambatan yang dihadapi oleh Pemerintah setempat dalam pengembangan obyek wisata Goa Gong, serta upaya pemerintah meningkatkan promosi dan publikasi mengenai obyek wisata Goa Gong. Penelitian ini disajikan secara deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran informasi yang berhubungan dengan potensi dan pengembangan Goa Gong. Metode yangdigunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan studidokumen, wawancara, observasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan disajikan deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Goa Gong mempunyai potensi besar untuk dijadikan sebagai salah satu tujuan wisata alam. Berbagai upaya telah diusahakan olehPemerintah Daerah maupun dari kalangan industri pariwisata untuk mengembangkan kegiatan pariwisata Goa Gong sehingga banyak wisatawan yang berkunjung di Goa Gong meskipun demikian masih ditemukan hambatan-hambatan.
PENGEMBANGAN POTENSI DESA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT DESA PONGGOK KABUPATEN KLATEN
Eko Nur Fatmawati;
Emmelia Nadira Satiti;
Hapsari Wahyuningsih
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Penelitian ini mengkaji tentang pengembangan potensi Desa Wisata Ponggok yang bertujuan untuk mengetahui atraksi wisata yang dimiliki oleh Desa Wisata Ponggok, pengaruh dalam mengembangkan potensi wisata Desa Wisata Ponggok untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat Desa Ponggok, serta kendala-kendala yang dihadapi dalam melakukan pengembangan Desa Wisata Ponggok. Metode analisis yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi langsung di Desa Wisata Ponggok serta wawancara dengan staff Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olahraga Kabupaten Klaten, staff pengelola Banyu Mili, staff Desa Ponggok, Tokoh Masyarakat serta Pemuda Desa Ponggok. serta menggunakan studi dokumen dan studi pustaka untuk mendapatkan data yang dibutuhkan kemudian dilakukan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa potensi yang dimiliki oleh Desa Wisata Ponggok masih dapat dikembangkan untuk menarik wisatawan berkunjung ke Desa Wisata Ponggok. Selain itu pemberdayaan masyarakat sangat penting dalam pengembangan Desa Wisata Ponggok. Dan masyarakat Desa Ponggok sudah berperan aktif sebagai pelaku maupun sebagai inisiator. Kerjasama dari pemerintah dan masyarakat sangatdiperlukan. Pemberdayaan masyarakat dalam mengembangkan Desa Wisata Ponggok sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Ponggok. Walaupun masih terdapat kendala-kendala seperti kurangnya pendanaan, akses jalan menuju obyek satu ke obyek yang lain serta kurangnya fasilitas. Hal itu dapat diminimalisir oleh pemerintah yang bekerjasama dengan masyarakat untuk membangun fasilitas yang masih dibutuhkan oleh wisatawan.
OPTIMALISASI PERAN KERJA WAITER TERHADAP KUALITAS PELAYANAN PADA FOOD AND BEVERAGE SERVICE DI HOTEL IBIS SURAKARTA Eko Nur
Feri Prasetyo;
MSU Adjie;
Agus Solikhin
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana dampak kecepatan, ketepatan dan ketelitian berpengaruh terhadap tingkat kualitas pelayanan pada Food and Beverage di Hotel Ibis Surakarta. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi,wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh antara kecepatan, ketepatan dan ketelitian terhadap tingkat kualitas pelayanan pada Food and Beverage. Hal ini berdasarkan rekapitulasi prosentase kecepatan yaitu kualitas pelayanan kerja dengan 90% responden yang menjawab iya. Berdasarkan rekapitulasi prosentase ketepatan yaitu kualitaspelayanan kerja dengan 90% responden yang menjawab iya. Dan berdasarkan rekapitulasi prosentase ketelitian yaitu kualitas pelayanan kerja dengan 90% responden yang menjawab iya. Kesimpulan yang dapat untuk menjaga kualitas pelayanan kerja maka waiter/waitress diharuskan selalu dapat memperhatikan complain guest, sehingga tidak ada complain pada saat bekerja.Karena dari data tersebut dapat dianalisa bahwa kecepatan, ketepatan dan ketelitian dapat mempengaruhi tingkat kualitas pelayanan kerja pada Food and Beverage.
TUGAS WAITER DAN WAITRESS TERHADAP TINGKAT PELAYANAN TAMUDI FOOD AND BEVERAGE SERVICE PADA SUMMER PALACE CHINESE RESTAURANT HOTEL TENTREM YOGYAKARTA
Tedi Safpria;
Sunyoto;
Denny Asmara
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 11 No 2 (2016): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini ialah untuk meneliti mengenai cara tugas waiter dan waitress berpengaruh terhadap tingkat pelayanan. Dalam penulisan Penelitian ini, digunakan metode observasi, studi pustaka, kuesioner dan dokumentasi dengan analisa deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini membuktikan adanya pengaruh dari penataan meja makan, penataan dekorasi,dan penyajian makanan terhadap tingkat kualitas pelayanan. Hal ini berdasarkan rekapitulasi prosentase penataan meja makan yaitu 22% responden menjawab Ya, berdasarkan rekapitulasi penataan dekorasi yaitu 44,5% responden menjawab Ya, berdasarkan rekapitulasi penyajian makanan yaitu 33% responden menjawab Ya. Kesimpulan yang dapat diambil efektivitas tugas waiter dan waitress berpengaruh terhadap kualitas pelayanan. Jadi, penataan meja makan, penataan dekorasi, dan penyajian makanan menjadi faktor kualitas pelayanan Summer Palace Chinese restaurant.