Jurnal Pariwisata Indonesia
JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in Indonesia. JPI invites writings from various disciplines to contribute to literature on tourism science. JPI invites manuscripts in three main topics but is not limited to: Hospitality Each study focuses on the hospitality industry, including marketing management in the hospitality industry, restaurants, quality assurance, Policy and Regulation of Hospitality, Human Resources, and related topics in the hospitality industry (such as operational departments on hotel) Culinary Each study focuses on culinary development in tourism, innovation in the culinary business, Gastronomy, Herbs, Spices, Traditional Food, Cultural Food Studies, Food Product, Bakery and Pastry, Food Packaging and Product Development, Food Product Branding and Marketing, Education and Training, Nutrition of Food Product, Regulation and Policy Food and Product. Tourism Each study focuses on destination development, including Policy for Destination Planning, Tour Industry, accessibility, and Infrastruktur Destination, Ticketing on destination Policy, Destination marketing, tourist behavior, travel patterns, and related topics on destination development (such as Sustainable Tourism Development Low Carbon Destination, Halal tourism, Community-based Tourism, Nature-based Tourism, Creative Tourism, Social Media for Tourism Marketing, Smart Tourism)
Articles
6 Documents
Search results for
, issue
"Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia"
:
6 Documents
clear
PENGARUH PENANGANAN BAHAN BAKU TERHADAP KUALITAS PASTRY DAN BAKERY : STUDI KASUS DI HOTEL BINTAN LAGOON RESORT KEPULAUAN RIAU
Denny Reza Prabowo
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh penanganan bahan baku, sejauh mana tentang kelengkapan peralatan terhadap tingkat kualitas pastry dan bakery sehingga menghasilkan kualitas produk yang bermutu tinggi untuk dikonsumsi oleh publik. Jenis penelitian yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini merupakan jenis penelitiankualitatif yang di deskripsikan sebagai salah satu prosedure penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa ucapan atau tulisan dan prilaku orang-orang yang diamati. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian dari hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan kemudianmembanding dengan teori yang ada, penulis menyata bahwa adanya hubungan erat antar variable. Hal ini berdasarkan responden tentang kelengkapan peralatan, kelengkapan bahan baku, cara penyimpanan bahan baku, dan cara pembuatan bahan baku yaitu kualitas pastry dan bakery dengan 73,75% responden yang menjawab iya, 25,00% menyatakan kadang-kadang, dan 1,25 % tidak. Dari data tersebut dapat dianalisa bahwa faktor Penanganan Bahan Baku dapat mempengaruhi terhadap Kualitas Pastry dan Bakery yang dihasilkan.Kesimpulan berdasarkan hasil penelitian yang di ambil, untuk menjaga kualitas pastry dan bakery maka chef dan cook di pastry dan bakery di haruskan selalu menjaga cara penyimpanan bahan bakudan cara pembuatan bahan baku. karena dari data tersebut dapat dianalisa bahwa kelengkapan peralatan dan kelengkapan bahan baku dapat mempengaruhi tingkat kualitas pastry dan bakery dan produk yang dihasilkan.
UPAYA PENGEMBANGAN AGROWISATA LEMBAH HIJAU MULTIFARM SEBAGAI OBJEK WISATA DI KEBUPATEN SUKOHARJO
Fajar Suryo Nugroho
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Latar belakang penulisan ini untuk mengetahui (1) Bagaimana perkembangan Agrowisata Lembah Hijau Multifarm sebagai objek wisata. (2) Bagaimana pemasaran Agrowisata lembah hijau Multifarm sebagai objek wisata. (3) Apa saja kendala-kendala yang dihadapi Agrowisata Lembah Hijau Multifarm sebagai objek wisata. Penelitian ini mengambil lokasi di Desa Joho, Triyagan, Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Penulisan laporan ini di sajikan dengan cara metode deskriptif kualitatif untuk memperoleh gambaran berbagai informasi yang berhubungan dengan pengembangan strategi, potensi dan hambatan Agrowisata Lembah Hijau Multifarm. Penulis menggunakan analisis 3A+N dan SWOT sebagai alat analisis sedangkan teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, interview, dokumentasi dan studi pustaka. Dari pembahasan tersebuthasil penelitian ini adalah (1) Perkembangan Agro wisata Lembah Hijau Multifarm dalam pengelolaan mengutamakan pelanggan, promosi, serta menjalin kerjasama dengan pihak-pihak yang terkait. (2) Pemasaran dari Agrowisata Lembah Hijau Multifarm mengandalkan promosi dari media massa dan merchandise di Lembah Hijau. (3) Agrowisata Lembah Hijau Multifarm juga memiliki kendala-kendala dalam perkembangan yang harus di atasi, yang penulis temukan pada Kelemahan terbesar di sumber daya manusianya. Melalui hasil analisis data yang diolah dalam pembahasan dapat disimpulan bahwa Agrowisata Lembah Hijau Multifarm memiliki potensi yang besar untuk dijadikan sebagai objek wisata yang maju dan mampu bersaing dengan Agrowisata yang lain. Peningkatan pengunjung yang cukup memuaskan karena fasilitasfasilitas yang mendukung dan pihak pengelola akan terus mengali pengembangan potensi yang ada di AgrowisataLembah Hijau Multifarm.
KEPUASAN KARYAWAN DITINJAU DARI KOMPENSASI DAN PENGHAGAAN DI FOOD AND BEVERAGE DEPARTMENT PADA HARPER HOTEL MANGKUBUMI, YOGYAKARTA BY ASTON
Dewi Hermawati Wahyuningsih
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kompensasi dan penghargaansecara bersama maupun secara parsial terhadap kepuasan karyawan di di Food and Beverage Department pada Harper Hotel Mangkubumi Yogyakarta by Aston. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel 30 karyawan. Penelitian ini menggunakan metode kuesioner. Secaraspesifik, teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Teknik analisis yang digunakan dengan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, model analisis regresi linier berganda dan uji hipotesis. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kompensasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan karyawan dan penghargaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan karyawan. Dari hasil perhitungan didapatkan bahwa kompensasi dan penghargaan secara bersama mempengaruhi kepuasan karyawan di Harper Hotel Mangkubumi, Yogyakarta by Aston sebesar 34,2%.
UPAYA MENINGKATKAN PROFESIONALISME ROOM ATTENDANT UNTUK MENUNJANG KEBERSIHAN DAN KERAPIAN KAMAR DI HOTEL HYATT REGENCY YOGYAKARTA
Sokhma Hidayat Tuloh
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya meningkatkan profesionalisme room attendant, meliputi pengabdian pada profesi, tanggung jawab, disiplin kerja, keyakinan terhadap profesi, dan kerjasama sesama room attendant di hotel Hyatt Regency Yogyakarta, serta untuk mengetahui pengaruh dari upaya meningkatkan profesionalisme room attendantterhadap kebersihan dan kerapian kamar. Jenis penelitian ini dilakukan dengan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi observasi, kuesioner, dan wawancara. Kemudian untuk teknik analisis data yang digunakan adalah triangulasi yang meliputi pengumpulan data, pemilihan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah variabel bebas (X) yaitu profesionalisme room attendant dan variabel terikat (Y) yaitu kebersihan dan kerapian. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diperoleh informasi bahwa upaya meningkatkan profesionalisme room attendant meliputi pengabdian pada profesi, tanggungjawab, disiplin kerja, keyakinan terhdap profesi, dan kerjasama sesama room attendant merupakan kegiatan untuk menunjang kebersihan dan kerapian kamar, serta pengaruh terhadap kebersihan dan kerapian kamar yang memberikan kepuasan pelayanan bagi tamu.
PENGARUH KEGIATAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS TERHADAP PENINGKATAN CITRA PERUSAHAAN PADA HOTEL ALILA JAKARTA
Unggul Putra Jaya;
Sunyoto;
Febri Hapsari Dipokusumo
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menyediakan jasa penginapan, pelayanan makanan dan minuman serta fasilitas-fasilitas lain untuk umum yang dikelola secara professional dan komersial. Kegiatan eksternal Public Relations membantumemunculkan citra positif tentang amanat kegiatan eksternal Public Ralations perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh program Kegiatan Eksternal Public Relations dalam mempertahankan citra Hotel Alila Jakarta.(2) Untuk mengetahui pengaruh peran serta karyawan dalam Kegiatan Eksternal PublicRelations terhadap peningkatan Citra Hotel Alila Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif artinya data yang dipeoleh melaluipenelitian kemudian dilaporkan apa adanya, kemudia dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian penulis ini dapat disimpulkan bahwa: Kegiatan eksternal Public Relations tampak berpengaruh kepada peningkatan citra pada Hotel Alila Jakarta, pernyataan tersebut didukung oleh responden yang menjawab ya sebanyak (80%) karena peningkatan citra hotel Alila Jakarta dipengaruhi salah satunya dari kegiatan eksternal public relations dan peranan karyawan sebagai bagian dari internal public relations. Peningkatan Citra Positif Hotelberpengaruh kepada citra perusahaan pada hotel Alila Jakarta, pernyataan tersebut didukung oleh responden yang menjawab ya sebanayak (82,7%), karena peningkatan citra hotel Alila Jakarta bisa dilihat dari meningkatnya tingkat hunian kamar, dikenaloleh masyarakat, review tamu dan banyaknya pelanggan atau tamu hotel.
PENGARUH KEGIATAN EKSTERNAL PUBLIC RELATIONS TERHADAP PENINGKATAN CITRA PERUSAHAAN PADA HOTEL ALILA JAKARTA
Unggul Putra Jaya;
Sunyoto;
Febri Hapsari Dipokusumo
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 16 No 2 (2021): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
Hotel adalah suatu jenis akomodasi yang menyediakan jasa penginapan, pelayanan makanan dan minuman serta fasilitas-fasilitas lain untuk umum yang dikelola secara professional dan komersial. Kegiatan eksternal Public Relations membantumemunculkan citra positif tentang amanat kegiatan eksternal Public Ralations perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui pengaruh program Kegiatan Eksternal Public Relations dalam mempertahankan citra Hotel Alila Jakarta.(2) Untuk mengetahui pengaruh peran serta karyawan dalam Kegiatan Eksternal Public Relations terhadap peningkatan Citra Hotel Alila Jakarta. Penelitian ini merupakan penelitian dengan teknik deskriptif kualitatif artinya data yang dipeoleh melaluipenelitian kemudian dilaporkan apa adanya, kemudia dianalisis secara deskriptif untuk mendapatkan gambaran mengenai fakta yang ada di lapangan. Hasil penelitian penulis ini dapat disimpulkan bahwa: Kegiatan eksternal Public Relations tampak berpengaruh kepada peningkatan citra pada Hotel Alila Jakarta, pernyataan tersebut didukung oleh responden yang menjawab ya sebanyak (80%) karena peningkatan citra hotel Alila Jakarta dipengaruhi salah satunya dari kegiatan eksternal public relations dan peranan karyawan sebagai bagian dari internal public relations. Peningkatan Citra Positif Hotelberpengaruh kepada citra perusahaan pada hotel Alila Jakarta, pernyataan tersebut didukung oleh responden yang menjawab ya sebanayak (82,7%), karena peningkatan citra hotel Alila Jakarta bisa dilihat dari meningkatnya tingkat hunian kamar, dikenaloleh masyarakat, review tamu dan banyaknya pelanggan atau tamu hotel.