cover
Contact Name
Debby Fifiyanti
Contact Email
jurnal@stpsahidsurakarta.ac.id
Phone
+6282241538874
Journal Mail Official
jurnal@stpsahidsurakarta.ac.id
Editorial Address
Jalan Adisucipto No 154, Surakarta, Jawa Tengah
Location
Kota surakarta,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Pariwisata Indonesia
ISSN : 19072457     EISSN : 25812688     DOI : https://doi.org/10.53691/jpi.v17i1
JPI (Jurnal Pariwisata Indonesia) is an open access, peer-reviewed, multidisciplinary journal dedicated to publication in tourism research, with a focus on the application of tourism science to the Indonesian tourism industry. JPI maintains its contribution to scholarships in tourism science in Indonesia. JPI invites writings from various disciplines to contribute to literature on tourism science. JPI invites manuscripts in three main topics but is not limited to: Hospitality Each study focuses on the hospitality industry, including marketing management in the hospitality industry, restaurants, quality assurance, Policy and Regulation of Hospitality, Human Resources, and related topics in the hospitality industry (such as operational departments on hotel) Culinary Each study focuses on culinary development in tourism, innovation in the culinary business, Gastronomy, Herbs, Spices, Traditional Food, Cultural Food Studies, Food Product, Bakery and Pastry, Food Packaging and Product Development, Food Product Branding and Marketing, Education and Training, Nutrition of Food Product, Regulation and Policy Food and Product. Tourism Each study focuses on destination development, including Policy for Destination Planning, Tour Industry, accessibility, and Infrastruktur Destination, Ticketing on destination Policy, Destination marketing, tourist behavior, travel patterns, and related topics on destination development (such as Sustainable Tourism Development Low Carbon Destination, Halal tourism, Community-based Tourism, Nature-based Tourism, Creative Tourism, Social Media for Tourism Marketing, Smart Tourism)
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia" : 6 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI JUMLAH WISATAWAN DI CANDI SUKUH KABUPATEN KARANGANYAR Joko Wahyu Haryanto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Candi Sukuh di Kabupaten Karanganyar ini merupakan salah satu candi paling menarik di AsiaTenggara. Candi ini penuh dengan ornamen erotis, yang tidak kalah unik, bangunannya miripdengan piramid Suku Maya. Jumlah kunjungan wisatawan setiap bulannya mengalami perubahan,oleh karena itu memerlukan pengembangan disekitar obyek wisata agar tingkat kunjunganwisatawan di Kabupaten Karanganyar semakin meningkat. Tujuan dari penulisan ini untukmengetahui faktor-faktor yang mengetahui jumlah wisatawan yang berkunjung. Sesuai dengantujuan penulis diatas. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif.Dilakukan juga penghitungan prosentase pendapat responden dan analisis SWOT, yang diperolehdengan menggunakan konsep 4A (Atraksi, Aksesibilitas, Amenitas dan Aktivitas) gunameningkatkan jumlah pengunjung. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis dapatmenyimpulkan bahwa aksesibilitas yang meliputi jalan dan transportasi, amenitas yang berupasarana akomodasi dan restoran, serta atraksi dan aktifitas yang ada di Candi Sukuh memberikanpengaruh yang besar terhadap tingkat kepuasan wisatawan yang datang. Serta dengan analisisSWOT diharapkan dapat pula dijadikan dasar dalam merumuskan upaya apa yang akan dilakukandalam pengembangkan obyek Candi Sukuh agar meningkatkan kunjungan wisatawan diKabupaten Karanganyar.
STUDI ANALISIS TENTANG PENGARUH STANDARD OPERATING PROCEDUREPENGGUNAAN CHEMICAL TERHADAP TINGKAT KESEHATAN KERJA ROOMBOY DI HOUSEKEEPING DEPARTMENT BINTAN LAGOON RESORT Rendi Armawan
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis sejauh mana S.O.P Penggunaan Chemical berpengaruh terhadap tingkat kesehatan kerja bagi room boy di Bintan Lagoon Resort. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif.Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh antara S.O.P Chemical terhadap tingkat kesehatan kerja room boy di Bintan Lagoon Resort. Hal ini berdasarkan rekapitulasi prosentase memilih jenis bahan, mengolah jenis bahan, kandungan jenis bahan, danmenggunakan jenis bahan dengan 100% responden yang menjawab iya. Kesimpulan yang dapat diambil penulis adalah bahwa untuk menjaga serta meningkatkan kesehatan kerja, sangatlah penting halnya penguasaan, ketaatan, dan pengetahuan bagi room boy akan S.O.P yang semata – mata dibuat untuk memeperlancar operasional dan bukan untuk menghambatnya.
STRATEGI PROMOSI DALAM MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATAWAN DI AGROWISATA SONDOKORO KABUPATEN KARANGANYAR Diana Dwi Hapsari
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Agrowisata Sondokoro tergolong agrowisata yang baru di Kabupaten Karanganyar sehingga perlu adanya strategi promosi yang tepat dan harus dilakukan oleh pihak manajemen atau pengelola dalam upaya meningkatkan kunjungan wisatawan. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi promosi dalam meningkatkan kunjungan Wisatawan di Agrowisata Sondokoro, serta untuk mengetahui strategi promosi yang paling banyak menghasilkan Wisatawan di AgrowisataSondokoro Kabupaten Karanganyar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara, dokumentasi atau kepustakaan. Metode analisa data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif yaitu memberikan gambaran dan uraian tentang Objek Wisata Sondokoro Kabupaten Karanganyar besertastrategi promosi yang dilakukan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan. Berdasarkan hasil penelitian dan bahwa dalam usaha meningkatkan kunjungan wisatawan, diperlukan strategi pemasaran yang tepat, meliputi empat unsur pokok kegiatan pemasaran yaitu, pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan promosi barang (promotion). Strategi promosi yang telah dilaksanakan dalam meningkatkan kunjungan wisatawan di Agrowisata Sondokoro Karanganyar adalah Advertising (Periklanan), Sales Promotion (Promosi Penjualan), Personal Selling (Penjualan Perorangan), dan Public Relation and Publicity (Kehumasan dan Publisitas), dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dari bulan Juni 2011sampai Juni tahun 2013 yaitu mencapai rata-rata 249.917 orang atau sebesar 33,33%. Dari hasil penelitian dapat ditarik kesimpulan bahwa strategi promosi yang paling banyak menghasilkan Wisatawan di Agrowisata Sondokoro Kabupaten Karanganyar adalah Personal Selling (Penjualan Perorangan), dari tahun 2011 sampai tahun 2013 peningkatan jumlah wisatawan rata-rata 34,24%.
STUDI PENELITIAN TENTANG PERAN RESEPSIONIS TERHADAP TINGKAT KUALITAS PELAYANAN INFORMASI DI FRONT OFFICE DEPARTMENT HOTEL AGAS INTERNASIONAL SOLO Wahyu Putri Ningrum
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Hotel Agas Internasional merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri keramah tamahan,berada di lokasi yang strategis di tengah kota Solo. Hotel Agas termasuk hotel Bisnis,dimana setiap tamu yang datang baik group maupun individu memiliki tujuan masingmasing,baik mengadakan pertemuan maupun liburan keluarga.Begitu beragam tujuan tamu,maka resepsionis yang akan menjadi pusat atau duta dari hotel trsebut,harus cekatan dan tanggap dalam mengkondisikan situasi untuk menyesuaikan kebutuhan tamu agar informasi yang mereka perlukan cepat,tepat dan sesuai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran resepsionis terhadap tingkat kualitas pelayanan informasi di front office department Hotel Agas Internasionl.Metode penelitian yang digunakan adalah metode analis kualitatif yaitu metode yangmenggunakan data-data yang diperoleh dalam observasi untuk dianalisa dengan menggunakan bantuan formulasi guna mempermudah penarikan kesimpulan,kemudian dipaparkan untuk mengetahui gambaran secara sistematis,aktual,dan akurat. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa resepsionis Hotel Agas Internasional memiliki kemampuan berkomunikasi cukup baik,dengan prosentase trtinngi 57%,sementara dalam penguasaan bahasa asing lebih baik denganprosentase 60%,sedangkan faktor tanggung jawab menyatakan 57% sebagai nilai tertinggi dari pertanyaan yang diajukan. Nilai yang cukup baik namun disarankan perlu diadakan program pengoptimalan kinerja agar resepsionis lebih maksimal dalam menyampaikan informasi pada tamu.
PENGARUH PENGELOLAAN OPERASIONAL TERHADAP TINGKAT KELANCARAN KERJA BARTENDER DI BAR BINTAN LAGOON RESORT Adinta Yuliana Pratiwi
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkaji sejauh mana pengelolaan operasional berdampak pada tingkat kelancaran kerja di bar Bintan Lagoon Resort. Jenis penelitian yang digunakan oleh penulis dengan menggunakan metode deskriptif, dengan pendekatan studi kasus yang menggunakan bentuk dan strategi deskriptif analisis kualitatif. Adapun tekhnik pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, studi pustaka dan kuesioner. Hasil penelitian ini membuktikan adanya dampak antara pengelolaan operasional pada tingkat kelancara kerja di bar Bintan Lagoon Resort. Hal ini berdasarkan rekapitulasi prosentase Perencanaan Operasional, Pelaksanaan Operasional, Pengawasan Operasional dengan 54% responden yang menjawab ya. Kesimpulan yang dapat diambil, untuk menjaga tingkat kelancran kerja maka diharapkanbartender mampu memahami dengan baik tentang pengelolaan operasional sehingga dalam pelaksanaannya tidak terjadi duatu hal yang dapat menghambat jalannya operasional.
PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP TINGKAT KEPUASAN KONSUMEN DI MIKI TOUR AND TRAVEL CABANG KOTA SOLO Yudhi Susanto
Jurnal Pariwisata Indonesia Vol 9 No 1 (2013): Jurnal Pariwisata Indonesia
Publisher : Sekolah Tinggi Pariwisata Sahid Surakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dimensi kualitas layanan terhadap tingkat kepuasan yang dirasakan oleh konsumen yang menggunakan produk atau jasa di Miki Tour and Travel Cabang Kota Solo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode observasi, wawancara, kuesioner, dan studi kepustakaan dengan menggunakanskala Likert dan populasi dalam penelitian ini adalah semua konsumen yang pernah menggunakan jasa di Miki Tour and Travel Cabang Kota Solo. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode accidental sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah metode regresi linear berganda (multi linearregression). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri atas tangible (�!), empathy (�"), responsiveness (�#), reliability (�$), dan assurance (�%) secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif. Dimana persamaan regresi Y= 4,721 + 0,207�! + (-0,394)�" + 0,182�# + 0,222�$ + 0,350�%. Selain itu, dengan uji simultan (F) dilihat bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 atau 0%. Namun berdasarkan uji parsial (T), semua variabel memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat kepuasan konsumen dengan tingkat signifikansi untuk tangible sebesar 0,001 atau 0,1%; empathy sebesar 0,000 atau 0%;responsiveness 0,049 atau 0,49%; reliability sebesar 0,003 atau 0,3%; assurance sebesar 0,000 atau 0%. Dari hasil perhitungan ini dapat diambil suatu kesimpulan menunjukan bahwa dimensi kualitas layanan yang terdiri dari tangible, responsiveness, reliability dan assurance berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen di Miki Tour and Travel Cabang Kota Solokecuali variabel empathy dengan hasil uji T sebesar -7,259. Dari hasil perhitungan variabel assurance merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan konsumen di Miki Tour and Travel Cabang Kota Solo dengan hasil uji T sebesar 6,576.

Page 1 of 1 | Total Record : 6