PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara
Publika adalah jurnal akses terbuka, dan peer-review. Tujuan utama kami adalah untuk menyebarluaskan artikel terkini dan asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah sosial dan politik kontemporer: kebijakan publik, administrasi pembangunan, manajemen publik.
Articles
77 Documents
Search results for
, issue
"Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018"
:
77 Documents
clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ELECTRONIC GOVERNMENT DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA PONTIANAK.
TAUFIK ISMAIL NIM. E01111037
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2010
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai pelaksanaan program kebijakan electronic government yang telah dilakukan di BAPPEDA Kota Pontianak. Permasalahan mengenai program kebijakan electronic government yang terjadi di Kota Pontianak cukup menarik untuk diteliti mengingat masih banyak masyarakat ataupun implementor yang belum mengetahiu bagaimana cara menggunakan atau mengimplementasikan program kebijakan electronic government yang ada di Kantor BAPPEDA Kota Pontianak. Jenis penilitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan tiga cara yang diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menyatakan bahwa pelaksanaan kebijakan electronic government mencakup tiga hal yaitu tingkat kesulitanyang disebabkan minimnya kerja sama implementor terhadap sasaran kebijakan, kurangnya pengetahuan dan pemahamao pelaku kebijakan terhadap hal-hal yang berkaitao dengan pelaksanaan kebijakan, komitmen serta konsistensi implementor-implementor dalam implementasi kebijakan electronic government masih sedikit lambat dan belum berjalan secara maksimal dalam memperbaharui berita-berita aatau data di situs website hal ini dikarenakan membutuhkan waktu yang cukup lama, serta dukungan publik tidak berjalan secara efektif dikarenakan sepinya pengunjung situs website masyarakat Kota Pontianak lebih memilih mengakses media sosial facebook, whatsapp dan lain-lainnya. Dalam hal ini BAPPEDA perlu membuat SOP clan para implementor membuat tampilan profil yang lebih menarik agar masyarakat tertarik untuk mengakses situs website serta menjalin kerukunan tali persaudaraan dengan baik.Kata-katra kunci: electronic government, kebijakan electronic government, kantor BAPPEDA.
PERENCANAAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGGUNAAN ANGGARAN DANA DESA DI DESA SEPONTI JAYA KECAMATAN SEPONTI KABUPATEN KAYONG URARA
DEWI IFTITAH NIM. E1011131017
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2047
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam menentukan tujuan RPJMD dan RKPD Desa Seponti Jaya terruang dalam Visi dan Misi Desa Seponti Jaya untuk 6 (enam) tahun kedepan, merumuskan keadaan dengan mempertimbangkan kebutuhan desa dan masyarakat, dalam mengidentifikasi segala kemudahan dan hambatan untuk penyusunan RPJMD dan RKPD, pemerintab desa Seponti Jaya meninjau kondisi demografi desa utamanya pada jumlah penduduk yang mengalami pertumbuhan secara dinamis dan meninjau keunggulan desa dari sektor-sektor profesi masyarakat, dalam mengembangkan rencana atau serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan penyusunan RPJMD dan RKPD, pemerintah desa mendorong dan melaksanakan program yang berorientasi pada partisipasi masyarakat. Rencana Kegiatan dan Jumlah Perkiraan Anggaran Tahun 2016-2022 pada bidang penyelenggaraan pemerintahan dirincikan anggaran sebesar Rp 585.882.100,-, pada bidang pelaksanaan pembangunan dirincikan anggaran sebesar Rp 1.369.900.000,-, bidang pembi.naan masyarakat dirincikan anggaran sebesar Rp 129.500.000,-, sedangkan rencana kegiatan Desa Sepontl Jaya dibidang pemberdayaan masyarakat belum mempunyai rencana anggaran secara khusus namun sudah mempunyai rencana kegiatan yang jelas. Pemerintah Desa Seponti Jaya sebaiknya mempunyai media publikasi mengenai penggunaan anggaran dana desa baik melalui media cetak seperti spanduk dan papan pengumuman maupun media sosial seperti laman website desa atau media sosial Jainnya.Kata-kata Kunci: Perencanaan, Pemerintahan Desa dan Penggunaan Anggaran
KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MEMPAWAH
WANI ANJELI NIM. E1011141080
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2063
Tujuan penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah, yang difokuskan kepada pembuatan Akta kelahiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dilihat dari: (1) dimensi kehandalan pegawai dalam menangani setiap keluhan pelayanan belum sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. (2) dimensi ketanggapan pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap membantu masyarakat ketika mengalami kesulitan pada proses pelayanan pembuatan Akta Kelahiran. (3) dimensi jaminan, ketepatan jaminan tepat waktu pelayanan, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan ketepatan waktu Akta kelahiran. (4) dimensi emphati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah sudah menunjukkan upaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan pelaksanaan pelayanan. (5) dimensi bukti fisik belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rekomendasi yang dapat peneliti sampaikan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan prosedur yang jelas, mudah dan sederhana dalam proses pembuatan Akta Kelahiran, meningkatkan kompetensi sumber daya pegawai serta perlu menambah sarana prasarana guna meningkatkan kualitas pelayanan. Kat-kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN BENGKAYANG
FLORIANUS TEMI NIM. E1013141031
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2120
Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Bagian Organisasi Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu menggambarkan kondisi sosial yang diuraikan apa adanya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kinerja ASN pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sudah cukup baik namun belum sepenuhnya optimal, hal tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator kinerja diantaranya : 1) Produktivitas kerja, hasil kerja yang kurang sebanding dengan input yaitu jumlah surat yang dikelola tidak sebanding dengan surat masuk dan juga waktu untuk memproses surat masih memerlukan waktu yang lama. 2) Responsivitas, berbagai surat dan dokumen penting yang harus dikelola Bagian Umum guna menunjang pelaksanaan tugas Bupati belum dapat diselesaikan dalam waktu cepat. 3) Responsibilitas, dalam pengelolaan surat-menyurat belum tertata dengan rapi. Terutama dalam proses penyimpanan belum terlaksana dengan baik, sehingga proses penemuan kembali memerlukan waktu yang lama. Kata-kata Kunci: Kinerja, ASN, Pegawai, DPRD.
PELAKSANAAN STRATEGI DINAS PEMUDA OLAH RAGA DAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA AIR TERJUN RIAM DAIT DI KABUPATEN LANDAK
AGUSTINUS. M NIM. E1012131007
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.1969
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman mengenai pelaksanaan Strategi Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Landak. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman mengenai Strategi Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Landak. Permasalahan mengenai pengembangan potensi objek wisata yang terdapat di Kabupaten Landak, belum dapat sepenuhnya mengoptimalkan potensi objek wisata alam air terjun riam dait tersebut sebagai primadona tujuan wisata. Metode yang digunakan jenis penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menujukkan antara lain: 1) Tujuan pengembangan objek wisata alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak tujuan belum tercapai sesaui dengan yang diinginkan. Hal tersebut terlihat dari beberapa aspek seperti Visi dan misi pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait yang ada di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak belum mempertimbangkan karakteristik objek wisata dan Sasaran pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak belum keseluruhan tercapai; 2) Strategi pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar adalah melalui analisis SWOT, yaitu dengan menganalisis data sekunder maupun data primer berdasarkan lingkungan internal dan lingkungan eksternal dan 3) Kebijakan Pemerintah Kabupaten Landak terhadap program pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar masih lemah. Hal tersebut terlihat dari aspek Program, prosedur dan aspek anggaran yaitu terbatasnya anggaran pariwisata dalam upaya promosi wisata daerah, kususnya objek wisata alam yang ada di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Kata-kata kunci: Strategi, Disporapar, Pengembangan, Pariwisata.
KINERJA AUDITOR PADA INSPEKTORAT KABUPATEN BENGKAYANG
AKIUS NIM. E1013141030
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.1999
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman mengenai mengenai kinerja auditor pada Inspektorat Kabupaten Bengkayang. Permasalahannya bersumber pada rendahnya peningkatan kinerja pengawasan, baik dilihat dari aspek kualitas kerja, kuantitas kerja maupun ketepatan waktu menyelasaikan tugas di bidang pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis kinerja pegawai Inspektorat Kabupaten Bengkayang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengawasan, dilihat dari indikator kualitas, kuantitas dan waktu penyelesaian pekerjaan. Subjek penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada Inspektur, Sekretaris, Inspektur pembantu Bidang Pengawasan dan Staf Bidang Pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskritif dengan pendekatan kualitatif yakni proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan, melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja dari Inspektorat daerah dalam melakukan fungsi pengawasan di Kabupaten Bengkayang belum berjalan efektif. Hal ini diindikasikan dengan pembuktian secara kualitas, kuantitas ketepatan waktu Sumber Daya Manusia Aparatur auditor yang belum mempunyai latar belakang pendidikan sebagai auditor, terbatasnya jumlah auditor serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung yang belum memadai. Kata-kata Kunci: Kinerja, Auditor, Kualitas, Kuantitas, Ketepatan Waktu
EVALUASI PERATURAN DAERAH KOTA PONTIANAK NOMOR 3 TAHUN 2004 TENTANG KETERTIBAN UMUM (Studi Tentang Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara)
AULIA RIZKY WASIANA DEWI NIM. EI012141003
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2042
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis aspek-aspek yang mempengaruhi implementasi kebijakan pedagang kaki lima (PKL) di Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara. Permasalahan PKL di daerah ini sangat menarik untuk diteliti mengingat masih banyaknya jumlah PKL. Melalui metode penelitian kualitatif dengan analisis deskriptif. Teori yang digunakan adalah teori dari Ripley yang mengatakan bahwa terdapat dua aspek penting dalam melakukan evaluasi implementasi kebijakan yaitu aspek compliance (kepatuhan) dan aspek what's happening (hasil sementara yang dicapai dan apa saja faktor yang mempengaruhi). Hasil penelitian menunjukan bahwa tingkat kepatuhan masyarakat rendah, adanya kesalahan mekanisme razia lapangan oleh Satpol PP, kurangnya sosialisasi, minimnya sumber daya aparatur dan tidak adanya Perda tentang penataan PKL dan pemberdayaan PKL di Kota Pontianak sehingga masih ban yak terdapat PKL. Adapun saran yang dapat peneliti sampaikan terkait penelitian ini adalah sebaiknya pemerintah lebih memperhatikan masyarakat kecil dalam menetapkan suatu kebijakan. Kemudian perlunya penambahan jumlah pegawai Satpol PP dan sebaiknya mekanisme jadwal razia dilakukan saat PKL beroperasi. Serta untuk masyarakat sebaiknya meningkatkan kesadaran untuk patuh terhadap peraturan yang berlaku. Kata-kata Kunci : Evaluasi Implementasi, PKL, Tingkat Kepatuhan
STRATEGI POLITIK PASANGAN H. HILDI HAMID DAN IDRUS PADA PILKADA DI KECAMA TAN SIMP ANG HILIR KABUPATEN KA YONG UTARA TAHUN 2013
SUKADRI NIM. E02112014
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2058
Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman tentang "Strategi Politik Pasangan H. Hildi Hamid dan Idrus pada Pilkada di Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Tahun 2013", Tujuan Penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi politik yang digunakan pasangan H. Hildi Hamid dan Idrus pada Pilkada Kabupaten Kayong Utara tahun 2013 di Kecamatan Simpang Hilir. Ada 2 (dua) konsep teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu konsep strategi of ens if dan konsep strategi defensive. Penelitian ini didasarkan pada penelitian kualitatif, dengan tipe penelitian deskriptif analisis. Data primer dikumpulkan melalui wawancara yang dilakukan dengan informan. Data sekunder dikumpulkan melalui studi pustaka dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan di Kabupaten Kayong Utara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Strategi Politik Pasangan H. Hildi Hamid dan Idrus pada Pilkada di Kecamatan Simpang Hilir Kabupaten Kayong Utara Tahun 2013 menggunakan strategi ofens if (menyerang) dan strategi defensive (bertahan).Hal ini mengantarkan pasangan H. Hildi Hamid dan Idrus untuk memperoleh suara di Kecamatan Simpang Hilir yakni 5.594 suara atau 36.93 persen dan di 6 (enam) Kecamatan memperoleh suara sebesar 21.355 suara atau 41 persen. Kata-kata Kunci : Strategi Politik, Pilkada, Kabupaten Kayong Utara, 2013
PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DALAM MENDUKUNG TERTIB ADMINISTRASI DI DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN BARAT
ASTERIA HILDA FITRI NIM. E1012151048
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.1996
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip dinamis dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan sejumlah data-data yang diperoleh dari Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat yang kemudian diolah sehingga dapat ditarik kesimpulan dari pengamatan ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat diperoleh bahwa pengelolaan arsip di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur, tetapi terdapat hambatan-hambatan yang menyebabkan pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat kurang optimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat antara lain adalah pengorganisasian dalam pelaksanaan kearsipan di kantor di kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat dalam mengorganisir kearsipan perlu adanya pemisahan tugas dan tanggung jawab secara tegas dan jelas. Seorang petugas kearsipan dituntut harus sesuai dengan persyaratan tertentu, karena arsip merupakan sebagai bahan-bahan informasi yang berkaitan dengan keputusan-keputusan yang harus diambil oleh pimpinan.Kurangnya sumber daya manusia, sarana dan prasarana, peralatan dan perlengkapan untuk perawatan arsip, serta penemuan kembali arsip yang kurang efektif. Hal ini yang menghambat terselenggaranya optimalisasi pengelolaan arsip di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat Kesimpulan dari pengamatan ini adalah bahwa pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat telah di lakukan dengan benar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, tetapi proses pengelolaannya belum optimal karena adanya faktor-faktor penghambat yang menyebabkan pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat belum berjalan secara efektif. Kata-kata Kunci: Pengelolaan Arsip Dinamis, Kantor Dinas Sosial Kalimantan Barat
MOTIVASI KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI KALIMANTAN BARAT
FERRY RAMDHANIE NIM. E21110126
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.26418/publika.v7i3.2037
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja internal pegawai di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih ada sebagian kecil pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan, meninggalkan kantor saat jam kerja, datang dan pulang tidak sesuai jam kerja, kurangnya kesadaran pegawai untuk meningkatkan pelayanan yang optimal. Metode yang digunakan berjenis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian bahwa mengenai motivasi internal kerja pegawai bahwa informan menganggap persepsi seseorang mengenai diri sendiri, harga diri, harapan pribadi, kebutuhan, keinginan, kepuasan kerja dan prestasi kerja yang dihasilkan selama ini di kantor belum dieksplorasi secara maksimal dan hal ini masih belum mendapatkan perhatian dan belum diakomodir oleh pimpinan secara baik. Saran dari penulis sendiri, sebaiknya pimpinan mau memperhatikan beberapa pegawai yang memiliki potensi dan dedikasi kinerja yang baik untuk siap di promosikan, pengakuan, penghargaan, pemberian karier dan jabatan sesuai, pemberian diklat yang sesuai dan bermanfaat yang sehingga taraf hidup lebih baik dan tentukan pemberian kesempatan-kesempatan ini bukan hanya pada faktor kedekatan atau pertemanan saja kepada orang-orang tertentu, memperhatikan pemberian insentif/tunjangan yang cukup dan wajar sehingga tingkat fokus mereka bekerja lebih baik. Kata-kata Kunci: Motivasi Kerja Internal