cover
Contact Name
Deni Darmawan
Contact Email
dendar@untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
labkom@fisip.untan.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara
ISSN : 2442546X     EISSN : 2442546X     DOI : http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i2
Core Subject : Social,
Publika adalah jurnal akses terbuka, dan peer-review. Tujuan utama kami adalah untuk menyebarluaskan artikel terkini dan asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah sosial dan politik kontemporer: kebijakan publik, administrasi pembangunan, manajemen publik.
Articles 77 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018" : 77 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN ELECTRONIC GOVERNMENT DI KANTOR BADAN PERENCANAAN PEMBANGUNAN DAERAH (BAPPEDA) KOTA PONTIANAK. TAUFIK ISMAIL NIM. E01111037
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2010

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman mengenai pelaksanaan program  kebijakan  electronic  government  yang  telah  dilakukan  di  BAPPEDA Kota  Pontianak.  Permasalahan  mengenai  program  kebijakan  electronic government   yang   terjadi   di   Kota   Pontianak   cukup   menarik   untuk   diteliti mengingat    masih    banyak    masyarakat    ataupun    implementor    yang   belum mengetahiu  bagaimana  cara  menggunakan  atau  mengimplementasikan program kebijakan electronic government  yang ada di Kantor BAPPEDA  Kota Pontianak. Jenis penilitian  deskriptif dengan menggunakan  pendekatan  kualitatif, teknik pengumpulan  data pada penelitian ini menggunakan  tiga cara yang diantaranya: observasi, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menyatakan  bahwa pelaksanaan  kebijakan electronic government mencakup  tiga hal yaitu tingkat  kesulitanyang  disebabkan  minimnya kerja sama implementor terhadap sasaran kebijakan, kurangnya pengetahuan  dan pemahamao pelaku kebijakan  terhadap  hal-hal yang berkaitao  dengan pelaksanaan  kebijakan, komitmen  serta konsistensi  implementor-implementor dalam  implementasi kebijakan  electronic government  masih sedikit  lambat dan belum berjalan secara maksimal  dalam  memperbaharui  berita-berita aatau data di situs website  hal ini dikarenakan membutuhkan  waktu yang cukup lama, serta dukungan  publik tidak berjalan  secara efektif dikarenakan  sepinya pengunjung  situs website masyarakat Kota  Pontianak  lebih memilih  mengakses  media  sosial facebook,  whatsapp  dan lain-lainnya. Dalam hal ini BAPPEDA perlu membuat SOP clan para implementor membuat tampilan profil yang lebih menarik agar masyarakat tertarik untuk mengakses situs website serta menjalin kerukunan tali persaudaraan dengan baik.Kata-katra kunci:      electronic government,  kebijakan electronic government,  kantor BAPPEDA.
PERENCANAAN PEMERINTAH DESA DALAM PENGGUNAAN ANGGARAN DANA DESA DI DESA SEPONTI JAYA KECAMATAN SEPONTI KABUPATEN KAYONG URARA DEWI IFTITAH NIM. E1011131017
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2047

Abstract

Hasil   penelitian  ini  menunjukan bahwa  dalam  menentukan tujuan RPJMD dan RKPD Desa  Seponti  Jaya terruang dalam Visi dan Misi    Desa    Seponti    Jaya    untuk  6   (enam)  tahun   kedepan,    merumuskan  keadaan   dengan mempertimbangkan kebutuhan desa  dan  masyarakat, dalam  mengidentifikasi segala  kemudahan dan  hambatan untuk penyusunan RPJMD dan RKPD,   pemerintab desa  Seponti  Jaya   meninjau kondisi  demografi desa utamanya pada  jumlah penduduk yang  mengalami  pertumbuhan secara  dinamis   dan    meninjau    keunggulan   desa    dari   sektor-sektor    profesi    masyarakat,   dalam mengembangkan rencana atau  serangkaian kegiatan untuk pencapaian tujuan penyusunan RPJMD dan  RKPD,  pemerintah  desa   mendorong  dan  melaksanakan  program  yang  berorientasi  pada  partisipasi masyarakat. Rencana Kegiatan dan Jumlah  Perkiraan Anggaran Tahun  2016-2022 pada bidang  penyelenggaraan pemerintahan dirincikan anggaran sebesar Rp  585.882.100,-, pada bidang  pelaksanaan  pembangunan  dirincikan anggaran sebesar Rp  1.369.900.000,-,  bidang  pembi.naan masyarakat  dirincikan  anggaran  sebesar  Rp  129.500.000,-,  sedangkan   rencana  kegiatan  Desa  Sepontl   Jaya  dibidang  pemberdayaan  masyarakat  belum  mempunyai  rencana  anggaran   secara khusus  namun  sudah  mempunyai  rencana  kegiatan yang  jelas.  Pemerintah Desa  Seponti   Jaya sebaiknya mempunyai media publikasi  mengenai  penggunaan anggaran dana desa  baik  melalui media  cetak  seperti  spanduk dan papan  pengumuman maupun  media sosial  seperti  laman website desa atau  media sosial Jainnya.Kata-kata Kunci: Perencanaan, Pemerintahan Desa dan Penggunaan Anggaran
KUALITAS PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KABUPATEN MEMPAWAH WANI ANJELI NIM. E1011141080
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2063

Abstract

Tujuan penyusunan skripsi ini dimaksudkan untuk mendeskripsikan kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah, yang difokuskan kepada pembuatan Akta kelahiran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan publik dilihat dari: (1) dimensi kehandalan pegawai dalam menangani setiap keluhan  pelayanan belum sesuai dengan harapan dan keinginan masyarakat. (2) dimensi ketanggapan pegawai sudah menunjukkan sikap tanggap membantu masyarakat ketika mengalami kesulitan pada proses pelayanan pembuatan Akta Kelahiran. (3) dimensi jaminan, ketepatan jaminan tepat waktu pelayanan, terlihat masih adanya keluhan dari masyarakat terkait dengan ketepatan waktu Akta kelahiran. (4) dimensi emphati Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah sudah menunjukkan upaya meningkatkan kualitas pelayanan yaitu dengan memberikan kesan menyenangkan dalam proses pelayanan pelaksanaan pelayanan. (5) dimensi  bukti fisik belum memenuhi fasilitas pelayanan yang memadai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Rekomendasi yang dapat peneliti sampaikan yaitu Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Mempawah perlu meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat dengan prosedur yang jelas, mudah dan sederhana dalam proses pembuatan Akta Kelahiran, meningkatkan kompetensi sumber daya pegawai serta perlu menambah sarana prasarana guna meningkatkan kualitas pelayanan. Kat-kata Kunci : Kualitas Pelayanan, Pelayanan Publik
KINERJA APARATUR SIPIL NEGARA (ASN) PADA SEKRETARIAT DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH (DPRD) KABUPATEN BENGKAYANG FLORIANUS TEMI NIM. E1013141031
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2120

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menggambarkan kinerja Aparatur Sipil Negara (ASN) pada Bagian Organisasi Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang dalam kaitannya dengan pelaksanaan tugas dan fungsinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif, yaitu menggambarkan kondisi sosial yang diuraikan apa adanya sesuai dengan kondisi yang ada di lapangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, kinerja ASN pada Sekretariat DPRD Kabupaten Bengkayang dalam pelaksanaan tugas dan fungsinya sudah cukup baik namun belum sepenuhnya optimal, hal tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator kinerja diantaranya : 1) Produktivitas  kerja, hasil kerja yang kurang sebanding dengan input yaitu jumlah surat yang dikelola tidak sebanding dengan surat masuk dan juga waktu untuk memproses surat masih memerlukan waktu yang lama. 2) Responsivitas, berbagai surat dan dokumen penting yang harus dikelola Bagian Umum guna menunjang pelaksanaan tugas Bupati belum dapat diselesaikan dalam waktu cepat. 3) Responsibilitas, dalam pengelolaan surat-menyurat belum tertata dengan rapi. Terutama dalam proses penyimpanan belum terlaksana dengan baik, sehingga proses penemuan kembali memerlukan waktu yang lama.   Kata-kata Kunci:  Kinerja, ASN,  Pegawai,  DPRD.
PELAKSANAAN STRATEGI DINAS PEMUDA OLAH RAGA DAN PARIWISATA DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA AIR TERJUN RIAM DAIT DI KABUPATEN LANDAK AGUSTINUS. M NIM. E1012131007
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.1969

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman mengenai pelaksanaan Strategi Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Landak. Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman mengenai Strategi Dinas Pemuda Olahraga, Pariwisata dalam Pengembangan Pariwisata di Kabupaten Landak. Permasalahan mengenai pengembangan potensi objek wisata yang terdapat di Kabupaten Landak, belum dapat sepenuhnya mengoptimalkan potensi objek wisata alam air terjun riam dait tersebut sebagai primadona tujuan wisata. Metode yang digunakan jenis penelitian deskritif dengan pendekatan kualitatif. Hasil Penelitian menujukkan antara lain: 1) Tujuan pengembangan  objek wisata alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak tujuan belum tercapai sesaui dengan yang diinginkan. Hal tersebut terlihat dari beberapa aspek seperti Visi dan misi pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait yang ada di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak belum mempertimbangkan karakteristik objek wisata dan Sasaran pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak belum keseluruhan tercapai; 2) Strategi pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar adalah melalui analisis SWOT, yaitu dengan menganalisis data sekunder maupun data primer berdasarkan lingkungan internal dan lingkungan eksternal dan 3) Kebijakan Pemerintah Kabupaten Landak terhadap program pengembangan Objek Wisata Alam Air Terjun Riam Dait di Kecamatan Air Besar masih lemah. Hal tersebut terlihat dari aspek Program, prosedur dan aspek anggaran yaitu terbatasnya anggaran pariwisata dalam upaya promosi wisata daerah, kususnya objek wisata alam yang ada di Kecamatan Air Besar Kabupaten Landak. Kata-kata kunci: Strategi, Disporapar, Pengembangan, Pariwisata.
KINERJA AUDITOR PADA INSPEKTORAT KABUPATEN BENGKAYANG AKIUS NIM. E1013141030
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.1999

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan pengertian dan pemahaman mengenai mengenai kinerja auditor pada Inspektorat Kabupaten Bengkayang. Permasalahannya bersumber pada rendahnya peningkatan kinerja pengawasan, baik dilihat dari aspek kualitas kerja, kuantitas kerja maupun ketepatan waktu menyelasaikan tugas di bidang pengawasan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan dan menganalisis kinerja pegawai Inspektorat Kabupaten Bengkayang dalam pelaksanaan tugas dan fungsi di bidang pengawasan, dilihat dari indikator kualitas, kuantitas dan waktu penyelesaian pekerjaan. Subjek penelitian yang diperoleh melalui wawancara kepada Inspektur, Sekretaris, Inspektur pembantu Bidang Pengawasan dan  Staf Bidang Pengawasan. Penelitian ini menggunakan metode deskritif dengan pendekatan kualitatif yakni proses penyederhanaan data ke dalam bentuk yang lebih mudah dibaca dan diinterpretasikan, melalui pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Kinerja dari Inspektorat daerah dalam melakukan fungsi pengawasan di Kabupaten Bengkayang belum berjalan efektif. Hal ini diindikasikan dengan pembuktian secara kualitas, kuantitas ketepatan waktu Sumber Daya Manusia Aparatur auditor yang belum mempunyai latar belakang pendidikan sebagai auditor, terbatasnya jumlah auditor serta ketersediaan sarana dan prasarana pendukung yang belum memadai. Kata-kata Kunci:  Kinerja, Auditor, Kualitas, Kuantitas, Ketepatan Waktu
EVALUASI PERATURAN DAERAH KOTA PONTIANAK NOMOR 3 TAHUN 2004 TENTANG KETERTIBAN UMUM (Studi Tentang Pedagang Kaki Lima di Kelurahan Bansir Laut Kecamatan Pontianak Tenggara) AULIA RIZKY WASIANA DEWI NIM. EI012141003
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2042

Abstract

Penelitian  ini   bertujuan    untuk   menganalisis    aspek-aspek    yang   mempengaruhi implementasi   kebijakan   pedagang   kaki   lima   (PKL)   di  Kelurahan   Bansir   Laut Kecamatan  Pontianak  Tenggara.  Permasalahan   PKL  di  daerah  ini  sangat  menarik untuk  diteliti  mengingat  masih  banyaknya  jumlah  PKL.  Melalui  metode  penelitian kualitatif  dengan  analisis  deskriptif.  Teori  yang  digunakan  adalah  teori  dari Ripley yang  mengatakan   bahwa  terdapat   dua  aspek  penting   dalam  melakukan   evaluasi implementasi   kebijakan   yaitu   aspek   compliance   (kepatuhan)   dan   aspek   what's happening  (hasil  sementara  yang  dicapai  dan  apa saja faktor  yang mempengaruhi). Hasil  penelitian  menunjukan   bahwa  tingkat  kepatuhan  masyarakat  rendah,  adanya kesalahan    mekanisme    razia   lapangan    oleh   Satpol   PP,   kurangnya    sosialisasi, minimnya  sumber  daya aparatur  dan tidak  adanya  Perda tentang  penataan  PKL dan pemberdayaan  PKL di Kota Pontianak  sehingga masih ban yak terdapat PKL. Adapun saran   yang   dapat   peneliti    sampaikan   terkait   penelitian    ini   adalah   sebaiknya pemerintah    lebih   memperhatikan    masyarakat    kecil    dalam    menetapkan    suatu kebijakan. Kemudian  perlunya penambahan jumlah  pegawai  Satpol PP dan sebaiknya mekanisme  jadwal   razia  dilakukan   saat  PKL  beroperasi.   Serta  untuk  masyarakat sebaiknya meningkatkan  kesadaran untuk patuh terhadap peraturan  yang berlaku. Kata-kata Kunci : Evaluasi Implementasi,  PKL, Tingkat Kepatuhan
STRATEGI POLITIK PASANGAN H. HILDI HAMID DAN IDRUS PADA PILKADA DI KECAMA TAN SIMP ANG HILIR KABUPATEN KA YONG UTARA TAHUN 2013 SUKADRI NIM. E02112014
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2058

Abstract

Penelitian   ini  dimaksudkan   untuk    memberikan   pemahaman   tentang   "Strategi Politik  Pasangan  H. Hildi  Hamid  dan Idrus  pada Pilkada  di Kecamatan   Simpang Hilir  Kabupaten  Kayong  Utara  Tahun  2013",  Tujuan  Penelitian  ini adalah  untuk mendeskripsikan    dan  menganalisis   strategi  politik  yang  digunakan   pasangan  H. Hildi  Hamid  dan  Idrus  pada  Pilkada   Kabupaten   Kayong  Utara  tahun  2013  di Kecamatan    Simpang   Hilir.   Ada  2  (dua)   konsep   teori   yang  digunakan   dalam penelitian    ini   yaitu   konsep    strategi   of ens if   dan   konsep   strategi    defensive. Penelitian    ini   didasarkan    pada   penelitian    kualitatif,    dengan   tipe   penelitian deskriptif  analisis.  Data  primer  dikumpulkan   melalui  wawancara  yang  dilakukan dengan    informan.    Data    sekunder    dikumpulkan    melalui   studi   pustaka    dan dokumentasi.    Penelitian    ini   dilakukan    di  Kabupaten    Kayong    Utara.   Hasil penelitian   menunjukkan   bahwa  Strategi  Politik  Pasangan   H.  Hildi  Hamid   dan Idrus  pada Pilkada  di Kecamatan   Simpang  Hilir  Kabupaten  Kayong  Utara  Tahun 2013 menggunakan  strategi  ofens if (menyerang)  dan strategi  defensive (bertahan).Hal  ini  mengantarkan   pasangan   H.  Hildi  Hamid   dan  Idrus  untuk memperoleh suara  di Kecamatan   Simpang  Hilir  yakni  5.594  suara  atau 36.93  persen  dan di 6 (enam)  Kecamatan  memperoleh  suara sebesar 21.355 suara atau 41 persen. Kata-kata Kunci    :   Strategi    Politik,    Pilkada,    Kabupaten    Kayong Utara,    2013
PENGELOLAAN ARSIP DINAMIS DALAM MENDUKUNG TERTIB ADMINISTRASI DI DINAS SOSIAL PROVINSI KALIMANTAN BARAT ASTERIA HILDA FITRI NIM. E1012151048
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.1996

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengelolaan arsip dinamis dan hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu mendeskripsikan sejumlah data-data yang diperoleh dari Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat yang kemudian diolah sehingga dapat ditarik kesimpulan dari pengamatan ini. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat diperoleh bahwa pengelolaan arsip di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat telah dilaksanakan sesuai dengan prosedur, tetapi terdapat hambatan-hambatan yang menyebabkan pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat kurang optimal, hal ini disebabkan oleh beberapa faktor penghambat antara lain adalah pengorganisasian dalam pelaksanaan kearsipan di kantor di kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat dalam mengorganisir kearsipan perlu adanya pemisahan tugas dan tanggung jawab secara tegas dan jelas. Seorang petugas kearsipan dituntut harus sesuai dengan persyaratan tertentu, karena arsip merupakan sebagai bahan-bahan informasi yang berkaitan dengan keputusan-keputusan yang harus diambil oleh pimpinan.Kurangnya sumber daya manusia, sarana dan prasarana, peralatan dan perlengkapan untuk perawatan arsip, serta penemuan kembali arsip yang kurang efektif. Hal ini yang menghambat terselenggaranya optimalisasi pengelolaan arsip di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat Kesimpulan dari pengamatan ini adalah bahwa pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat telah di lakukan dengan benar dan sesuai dengan prosedur yang telah ditentukan, tetapi proses pengelolaannya belum optimal karena adanya faktor-faktor penghambat yang menyebabkan pengelolaan arsip dinamis di Kantor Dinas Sosial Provinsi Kalimantan Barat belum berjalan secara efektif. Kata-kata Kunci: Pengelolaan Arsip Dinamis, Kantor Dinas Sosial Kalimantan Barat
MOTIVASI KERJA PEGAWAI DINAS PERHUBUNGAN KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROVINSI KALIMANTAN BARAT FERRY RAMDHANIE NIM. E21110126
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v7i3.2037

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui motivasi kerja internal pegawai di Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika Provinsi Kalimantan Barat. Permasalahan dalam penelitian ini adalah masih ada sebagian kecil pegawai yang tidak masuk kerja tanpa keterangan, meninggalkan kantor saat jam  kerja, datang dan pulang tidak sesuai jam kerja, kurangnya kesadaran pegawai untuk meningkatkan pelayanan yang optimal. Metode yang digunakan berjenis deskriptif  dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian bahwa mengenai motivasi internal kerja pegawai bahwa informan menganggap persepsi seseorang mengenai diri sendiri,  harga diri,  harapan pribadi, kebutuhan,  keinginan,  kepuasan kerja dan prestasi kerja yang dihasilkan selama ini di kantor belum dieksplorasi secara maksimal dan hal ini masih belum mendapatkan perhatian dan belum diakomodir oleh pimpinan secara baik. Saran dari penulis  sendiri, sebaiknya  pimpinan mau memperhatikan beberapa pegawai yang memiliki potensi dan dedikasi kinerja yang baik untuk siap di promosikan, pengakuan, penghargaan,  pemberian karier dan  jabatan sesuai, pemberian diklat yang sesuai dan bermanfaat yang sehingga taraf hidup lebih baik dan tentukan pemberian kesempatan-kesempatan ini bukan hanya pada faktor kedekatan atau pertemanan saja kepada orang-orang tertentu, memperhatikan pemberian  insentif/tunjangan yang cukup dan wajar sehingga tingkat fokus mereka bekerja lebih baik.  Kata-kata Kunci: Motivasi Kerja Internal

Filter by Year

2018 2018


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): PUBLIKA EDISI MARET 2023 Vol 11, No 4 (2022): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2022 Vol 11, No 3 (2022): PUBLIKA, EDISI SEPTEMBER 2022 Vol 11, No 2 (2022): PUBLIKA, EDISI JUNI 2022 Vol 11, No 1 (2022): PUBLIKA, EDISI MARET 2022 Vol 10, No 4 (2021): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2021 Vol 10, No 3 (2021): PUBLIKA, EDISI SEPTEMBER 2021 Vol 10, No 2 (2021): PUBLIKA, EDISI JUNI 2021 Vol 10, No 1 (2021): PUBLIKA, EDISI MARET 2021 Vol 9, No 4 (2020): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2020 Vol 9, No 3 (2020): PUBLIKA, EDISI SEPTEMBER 2020 Vol 9, No 2 (2020): PUBLIKA, EDISI JUNI 2020 Vol 9, No 1 (2020): PUBLIKA, EDISI MARET 2020 Vol 8, No 4 (2019): PublikA, Edisi Desember 2019 Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019 Vol 8, No 2 (2019): PublikA, Edisi Juni 2019 Vol 8, No 1 (2019): PublikA, Edisi Maret 2019 Vol 7, No 4 (2018): PublikA, Edisi Desember 2018 Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018 Vol 7, No 2 (2018): PublikA, Edisi Juni 2018 Vol 7, No 1 (2018): PublikA, Edisi Maret 2018 Vol 6, No 4 (2017): PublikA, Edisi Desember 2017 Vol 6, No 3 (2017): PublikA, Edisi September 2017 Vol 6, No 2 (2017): PublikA, Edisi Juni 2017 Vol 6, No 1 (2017): PublikA, Edisi Maret 2017 Vol 5, No 4 (2016): PublikA, Volume 5 Nomor 4 Edisi Desember 2016 Vol 5, No 3 (2016): PublikA, Volume 5 Nomor 3 Edisi September 2016 Vol 5, No 2 (2016): PublikA, Volume 5 Nomor 2 Edisi Juni 2016 Vol 5, No 1 (2016): PublikA, Edisi Maret 2016 Vol 4, No 4 (2015): Publika, Edisi Desember 2015 Vol 4, No 3 (2015): Publika, Edisi September 2015 Vol 4, No 2 (2015): Publika, Edisi Juni 2015 Vol 4, No 1 (2015): PublikA, edisi Maret 2015 Vol 3, No 4 (2014): Publika, Edisi Desember 2014 Vol 3, No 3 (2014): Publika, Edisi September 2014 Vol 3, No 2 (2014): Publika, Edisi Juni 2014 Vol 3, No 1 (2014): PublikA, Edisi Maret 2014 Vol 2, No 3 (2013): PublikA, Edisi Desember 2013 Vol 2, No 2 (2013): PublikA, Edisi Agustus 2013 Vol 2, No 2 (2013): PublikA, Edisi September 2013 Vol 2, No 1 (2013): PublikA, Edisi April 2013 Vol 1, No 1 (2012): PublikA, Edisi Perdana 2012 More Issue