cover
Contact Name
Deni Darmawan
Contact Email
dendar@untan.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
labkom@fisip.untan.ac.id
Editorial Address
Jl. Prof. Dr. H. Hadari Nawawi, Pontianak 78124
Location
Kota pontianak,
Kalimantan barat
INDONESIA
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara
ISSN : 2442546X     EISSN : 2442546X     DOI : http://dx.doi.org/10.26418%2Fpublika.v10i2
Core Subject : Social,
Publika adalah jurnal akses terbuka, dan peer-review. Tujuan utama kami adalah untuk menyebarluaskan artikel terkini dan asli dari para peneliti dan praktisi tentang berbagai masalah sosial dan politik kontemporer: kebijakan publik, administrasi pembangunan, manajemen publik.
Articles 34 Documents
Search results for , issue "Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019" : 34 Documents clear
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN NO. 51/M-DAG/PER/7/2015 TAHUN 2015 TENTANG LARANGAN IMPOR PAKAIAN BEKAS DI KABUPATEN SAMBAS Nurdiansyah NIM. E.1012141099; Isdairi *; Deni Darmawan *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1221.923 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2472

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor yang mempengaruhi Implementasi Kebijakan Larangan Impor Pakaian Bekas di Kabupaten Sambas. Penulisan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian Deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini dipastikan mengetahui dan berperan terhadap Implementasi Kebijakan Larangan Impor Pakaian Bekas di Kabupaten Sambas. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan subjek penelitian ini adalah Kepala Bidang Perdagangan Kabupaten Sambas, Kasubsi PSO KPPBC TMP C Sintete , dan KA SPKI RU I POLSEK Semparuk. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam struktur birokrasi yang terjadi di bidang perdagangan masih kurangnya pelaksana dimana masih belum ada PPNS sehingga menghambat jalannya kebijakan. Pada dasarnya yang melakukan pengawasan adalah petugas pengawas di bidang Perdagangan untuk kemudian dilaporkan kepada penyidik. Akan tetapi pada praktiknya instansi yang terkait maupun aparat bea cukai juga melakukan pengawasan jika terdapat kapal mencurigakan yang membawa barang ilegal, salah satunya pakaian bekas. Namun karena adanya barang yang lepas dari pengawasan sehingga pakaian bekas masih dapat masuk ke Indonesia, karena pelaku yang semakin banyak sehingga dapat mengelabui petugas pengawasan. Saran dari hasil penelitian ini adalah pemerintah juga harus melihat bagaimana dampak yang diberikan dari impor pakaian bekas. Masyarakat Indonesia tidak semua berasal dari ekonomi yang cukup sehingga pakaian bekas atau “lelong” bisa menjadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. Sehingga, pemerintah perlu melihat pula apakah memang diperlukan larangan terhadap hal ini atau tidak. Kata Kunci: Implementasi Kebijakan, Larangan Impor Pakaian Bekas, Faktor Yang Mempengaruhi Implementasi.
KUALITAS PELAYANAN BADAN PENYELENGGARA JAMINAN SOSIAL KESEHATAN PADA BADAN USAHA PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE,TBK AYANI PONTIANAK NIM. E01112037, Dewi Mariani; *, Pudjianto; *, Sitorus
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (422.725 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2488

Abstract

Penulisan skripsi ini dimaksudkan untuk memberikan pemahaman dan informasi mengenai kualitas pelayanan BPJS Kesehatan pada badan usaha PT. Matahari Departemnet Store,Tbk Ayani Pontianak. Permasalahan yang umumnya terjadi di hampir pelayanan BPJS Kesehatan, dan permasalahan itu terjadi di badan usaha PT. Matahari Departement Store,Tbk Ayani Pontianak, sangat menarik untuk diteliti mengingat begitu banyaknya peserta karyawan yang komplen tentang pelayanan BPJS Kesehatan yang belum optimal dan dari pihak badan usaha juga masih mengatakan bahwa pelayanan BPJS Kesehatan dalam sistem administrasinya belum begitu maksimal. Melalui metode pendekatan kualitatif deskriftif, penelitian ini juga dimaksudkan, agar proses pelayanan BPJS Kesehatan terus membaik. Dengan menggunakan analisis Kualitas Pelayanan menurut Zeithaml-Parasurman-Berry dalam Harbani Pasolong (2010), Tangibles (Bukti Langsung), Reliability (Keandalan), Responsiveness (Ketanggapan), Assurance (Jaminan), dan Empathy (Empati) dalam meningkatkan kualitas pelayanan BPJS Kesehatan pada badan usaha PT. Matahari Departement Store,Tbk Ayani Pontianak. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kualitas pelayanan BPJS Kesehatan pada badan usaha PT. Matahari Departement Store,Tbk Ayani Pontianak masih ada kekurangan dan belum optimal, diantaranya tetang pendaftaran peserta, fasilitas dan iuran yang masih perlu di tingkatkan secara lebih optimal. Dari permasalahan yang ada saran untuk BPJS Kesehatan dalam memberikan pelayanan dapat di ukur dari kualitas pelayanan yang ada. Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, BPJS Kesehatan, Peserta QUALITY OF SERVICES OF ORGANIZING HEALTH SOCIAL GUARANTEE IN BUSINESS AGENCIES PT. MATAHARI DEPARTEMENT STORE,TBK AYANI PONTIANAK
PENGARUH KEPUASAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYWAN DI PT. PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) CABANG PONTIANAK Duwanty Rahayu NIM. E101114111; Dedi Kusnadi *; Pardi *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (676.909 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2496

Abstract

Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui pengaruh kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak. Metode penelitian ini adalah penelitian eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif yang bertujuan untuk menjelaskan hubungan antara dua atau lebih gejala atau variabel. Adapun sampel dari penelitian ini sejumlah 88 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah pengumpulan data primer yaitu pengumpulan data secara langsung pada lokasi penelitian yang diperoleh dari para responden melalui kuesioner dan observasi dan pengumpulan data sekunder yaitu pengumpulan dokumen yang melalui dokumentasi bahan-bahan tertulis yang terdiri dari arsip-arsip serta data-data. Penelitian ini menggunakan teknik pengolahan data yang terdiri dari penyuntingan (editing), pengkodean (coding), pemberian skor (scoring) dan tabulasi (tabulation). Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan analisis statistic. Dalam menganalisis penulis menggunakan aplikasi IMB SPSS for windows versi 24. Untuk menganalisis data interval digunakan statistic parametris dengan korelasi product moment dan untuk menganalisis pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan rumus regresi linier sederhana. Dan untuk mengetahui besarnya hubungan variabel bebas terhadap variabel terikat menggunakan rumus Koefisien Determinasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kepuasan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak, ini dibuktikan dari hasil uji regresi dengan nilai signifikan yang diperoleh yaitu sebesar 0,000 < 0,05 sehingga diperoleh keputusan Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya adalah terdapat pengaruh signifikan antara variabel X yaitu kepuasan kerja terhadap variabel Y yaitu kinerja karyawan di PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Cabang Pontianak. Hasil dari pengujian hipotesis melalui analisis korelasi sederhana yaitu bahwa variabel X (kepuasan kerja) dan variabel Y (kinerja) memiliki hubungan sebesar 0,582 menurut pedoman derajat hubungan mengatakan bahwa tingkat hubungannya sedang. Dari hasil uji statistic kepuasan kerja memiliki pengaruh sebesar 33,8% terhadap kinerja dan sisanya yaitu sebesar 66,2% yang dipengaruhi oleh factor-faktor lain yang tidak diteliti oleh peneliti. Kata Kunci : Kepuasan Kerja, Kinerja Karyawan THE EFFECTS OF EMPLOYEE SATISFACTION ON EMPLOYEE PERFORMANCE IN PT. PELABUHAN INDONESIA II (PERSERO) PONTIANAK BRANCH By DUWANTY RAHAYU NIM. E1011141111 Dr. Dedi Kusnadi, M.Si, Dr. Pardi, M.AB Email: Duwantyrahayu96@gmail.com 1. Student of Public Administration Program Study of Social and Political Sciences Faculty of Tanjungpura University Pontianak. 2. Lecturer of Public Administrasi Program Study of Social and Political Sciences Faculty of Tanjungpura University Pontianak. ABSTRACT This study aimed at determining how the employee satisfaction affects the employee performance of PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) at Pontianak branch. This explanatory quantitative study aimed to describe the correlation between two or more symptoms or variables. The sample of this study consisted of 88 respondents. The data was primary data collected directly using a questionnaire distributed to the research site, as well as observations. Where as secondary data were documents that were collected through written material documentation such as archives and other data. This research went through several stages of data processing such as editing, coding, scoring, and tabulation. Data analysis technique used in this study was to statistical analysis using the application of IMB SPSS for Window version 24. While to analyze the internal data the researcher used parametric statistics with Product Moment Correlation. To analyze the effect of independent variables on the dependent variable, the researcher used the Coefficient of Determination formula. The result of this study indicate that employee satisfaction has a significant effect on employee performance at PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pontianak branch. This is proven from the result of the regression test with a significant value of 0,000 < 0,05, so that Ho is rejected while Ha accepted. In other words, there is a significant influence of variable X, employee satisfaction, on variable Y, employee performance at PT. Pelabuhan Indonesia II (Persero) Pontianak branch. The result of testing the hypothesis through a simple correlation analysis show that the variable X (employee satisfaction) and variable Y (employee performance) have a relationship of 0,582. So it can be interpreted based on the guidelines of the degree of relationship that the level of relationship is moderate. Likewise, the result of the statistical tests of employee satisfaction have an effect of 33,8% on employee performance. While the test of 66,2% is influenced by other factors which were not examined by researcher in this study. Keyword: Employee Satisfaction, Employee Performance
MARKETING POLITIK BAMBANG PADA PEMILIHAN KEPALA DESA DI DESA TELAGA ARUM KECAMATAN SEPONTI KABUPATEN KAYONG UTARA 2018. NIM. E1051151006, Riyan Tri Wahyudi; *, Burhanuddin Harris; *, Erdi
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (616.712 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2491

Abstract

Riyan Tri Wahyudi: Marketing Politik Bambang Pada Pemilihan Kepala Desa Di Desa Telaga Arum Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara 2018. SKRIPSI. Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Tanjungpura Pontianak 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses yang dilakukan Tim Sukses dalam menjalankan serta mensukseskan “Marketing Politik Bambang pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Telaga Arum Kecamatan Seponti Kabupaten Kayong Utara 2018”. Metode yang digunakan oleh peneliti ialah deskripstif kualitatif yaitu prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata - kata tertulis atau tulisan dari orang - orang dan perilaku yang diamati. Adapun Teori yang digunakan ialah tentang “Marketing Politik” Hafied Cangara, ia mengemukakan dalam sebuah marketing politik harus terdapat empat aspek penting dalam pelaksanaanya yaitu produk, tempat, harga dan promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari empat aspek tersebut Kegiatan atau Promosi merupakan aspek yang paling dominan Karena berkaitan dengan pengenalan Figur Bambang sebagai kandidat nomor urut 1 kepada Masyarakat itu sendiri dan bukan berarti mengabaikan aspek lain tetapi dalam pelaksanaanya Promosi memang sangat berpengaruh, dengan semakin seringanya tim sukses melakukan promosi serta dilakukan sesuai mekanisme tentunya akan sangat berpengaruh terhadap hasil perolehan suara. Kata Kunci: Marketing Politik, Tim Sukses, Promosi Bambang.
IMPLEMENTASI PROGRAM PEMBANGUNAN DAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DESA DI DESA TELUK KAPUAS KECAMATAN SUNGAI RAYA KABUPATEN KUBU RAYA TAHUN 2017 Hafit NIM E1012141005; Burhanuddin Harris *; Dra Chainar *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (830.065 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2484

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi program pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa (P3MD) unit pelaksana kegiatan simpan pinjam perempuan di Desa Teluk Kapuas. Adapun metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa diketahui bahwa sosialisasi mengenai simpan pinjam Perempuan belum terlaksana secara maksimal, dalam sosialisasi implementasi kebijakan simpan pinjam perempuan, dilakukan melalui dua cara, yaitu secara langsung dan tidak langsung. Tahap berikutnya adalah penyaluran pinjaman SPP. Total jumlah dana unit pelaksana kegiatan simpan pinjam perempuan yang telah disalurkan di Desa Teluk Kapuas adalah Rp 101.000.000,00 dimulai pada tahun 2016 hingga sekarang masih bergulir. Berdasarkan data yang diperolah, diketahui bahwa Kelompok usaha di Desa Teluk Kapuas hanya mengembalikan Rp 58.500.500, 00. Pada tahap pemanfaatan simpan pinjam perempuan di Desa Teluk Kapuas dapat dianalisis bahwa terjadi penyimpangan oleh anggota kelompok usaha, karena pemanfaatan dana simpan pinjam belum dimanfaatkan sebagaimana mestinya, ada kelompok usaha yang salah dengan penggunaan dana tersebut. Saran yang dapat dijadikan pertimbangan, yaitu kegiatan monitoring dan pendampingan program simpan pinjam khusus Perempuan (SPP) perlu dilaksanakan secara intensif, agar kelompok usaha dapat memahami mengenai prosedur peminjaman dan pengembalian dana, kemudian diharapkan Kegiatan penyaluran simpan pinjam khusus Perempuan (SPP) dapat lebih diintensifkan dengan memberikan tindakan yang tegas dalam menggunakan dana simpan pinjam (SPP) supaya untuk memudahkan dan melancarkan bagi masyarakat yang meminjam selanjutnya. Kata kunci : Implementasi, Program, Pembangunan Dan Pemberdayaan Masyarakat Desa. 
PENGELOLAAN SAMPAH OLEH DINAS LINGKUNGAN HIDUP PERUMAHAN RAKYAT DAN KAWASAN PERMUKIMAN DALAM MEWUJUDKAN LINGKUNGAN BERSIH DI KOTA PUTUSSIBAU KABUPATEN KAPUAS HULU Istiqamah S NIM. E1012151012; H Martoyo *; Pardi *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.826 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2500

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis Pengelolaan Sampah Oleh Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman Dalam Mewujudkan Lingkungan Bersih Di Kota Putussibau. Permasalahan mengenai pengelolaan sampah yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman di Kota Putussibau cukup menarik untuk diteliti mengingat sarana dan prasarana banyak yang rusak, masih terdapatnya sampah yang tidak terangkut serta masih banyak masyarakat yang membuang sampah tidak pada tempatnya dan tidak pada waktunya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dekriptif dengan menggunakan analisis kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Perumahan Rakyat Dan Kawasan Permukiman, Kepala Bidang Pengendalian dan Pemeliharaan Lingkungan Hidup, Kepala Seksi Pengelolaan Sampah dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun, petugas pengangkut sampah, dan 2 orang masyarakat. Dari hasil penelitian ini adalah proses pengelolaan sampah dalam menangani sampah belum optimal dan dapat dilihat dari aspek pengumpulan sampah, pengangkutan sampah,pemrosesan akhir sampah diantaranya: (1) dikarenakan kurangnya jumlah personil pengumpul sampah , sarana dan prasarana masih belum memadai. (2) banyaknya sampah yang tidak terangkut dikarenakan kekurangan armada pengangkut sampah. (3) jumlah tumpukan sampah di TPA (Tempat Pembuangan Akhir) sudah meningkat sehingga menyebabkan sampah sampai memasuki poros jalan negara dan kurang kesadaran masyarakat dalam menjaga lingkungan. Saran peneliti adalah lebih memperbaiki sarana dan prasarana alat pengangkutan atau pengumpulan sampah supaya kedepannya setiap sampah di tiap TPS (Tempat Pembuangan Sampah) terkumpul semua dan lingkungan di sekitar pun bersih dan yang pastinya terhindar dari penyakit. Kata Kunci : Pengelolaan Sampah, Mewujudkan Lingkungan Bersih, Sampah WASTE MANAGEMENT BY ENVIRONMENTAL DEPARTMENT OF COMMUNITY HOUSING AND SETTLEMENT AREAS IN REALIZING CLEAN ENVIRONMENTS IN PUTUSSIBAU CITY KAPUAS HULU DISTRICT Abstract This descriptive qualitative study aimed to determine and analyze Waste Management by the Department of Environment, Community Housing and Settlement Areas in realizing a clean environment in the city of Puttusibau. The problems regarding waste management carried out by the Environment Management Agency of the People and Settlement Areas in the city of Putussibau are quite interesting to study. Considering that many facilities and infrastuctures are still damaged. There is still garbage that is not transported and there are still many people who dispose of waste in inappropriate place and not according to the scheduled time. This research was a type of descriptive research using a qualitative analysis. The subjects of this study were the head of the Department of Environment, Community Housing and Settlement Areas, the head of environmental control and maintenance, the head of the section on waste management and hazardous and toxic material waste, the garbage transport officer and two 2 residents. The results of this study indicate that the waste management process in terms of handling waste is not optimal which can be seen from the matter of garbage collection, garbage transportation, and final processing of waste. These are caused by problems such as (1) lack of garbage collection personnel, as well as inadequate facilities and infrastructure; (2) the amount of garbage that is not transported due to the lack of a garbage transport fleet; (3) the number of rubbish heaps in the final landfills (or TPA) has increased causing garbage to enter the national road axis. Additional lack of public awareness in protecting the environment. Suggestions from the researcher is that there should be more serious efforts to improve in terms of facilities and infrastucture for transportation or garbage collection, so that in the future garbage collections in a landfill can be collected. Thus, the surrounding environment is clean and certainly avoiding diseases. Keywords: Waste management, Realizing clean environment, Waste
IMPLEMENTASI PROGRAM KELUARGA BERENCANA (KB) BAGI PRIA DI DESA SUNGAI NIPAH KECAMATAN SIANTAN KABUPATEN MEMPAWAH Reginawati NIM. E1011151122; Sukamto *; Ida Rochmawati *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (551.397 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2479

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi Implementasi Program Keluarga Berencana Bagi Pria di Desa Sungai Nipah Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah. Dilihat dari identifikasinya adalah masih rendahnya kesertaan pria dalam penggunaan kontrasepsi vasektomi. Penelitian ini memfokuskan pada fakor-faktor yang mempengaruhi. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Mengapa Implementasi Program Keluarga Berencana Bagi Pria Di Desa Sungai Nipah Kecamatan Siantan Kabupaten Mempawah belum berjalan secara maksimal. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yakni eksploratif. Subjek penelitian dalam penelitian ini terdiri dari : Kantor Desa Sungai Nipah khususnya Kepala Desa dan Sekretaris Desa sungai nipah, Dinas kesehatan,Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana khususnya Kabid Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana, Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kecamatan Siantan dan masyarakat yang ada di Desa Sungai Nipah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara menggunakan wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat kendala dalam implementasi program KB pria terdiri dari 4 aspek yaitu komunikasi, sumberdaya, disposisi, dan struktur birokrasi. Sarannya sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah diharapkan bagi implementor untuk meningkatkan kualitas kerja agar apa yang menjadi tujuan dapat tercapai. Kata Kunci : Implementasi Program Keluarga Berencana Bagi Pria di Desa Sungai Nipah, Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, Struktur Birokrasi. This study aims to describe and analyze the factors that influence the Implementation of the Family Planning Program for Men in Sungai Nipah Village, Siantan District, Mempawah Regency. Judging from its identification is the low participation of men in the use of vasectomy contraception. This research focuses on the influencing factors. The formulation of the problem in this study is why the Implementation of the Family Planning Program for Men in Sungai Nipah Village, Siantan District, Mempawah Regency has not been running optimally. This study uses a qualitative approach to the type of research that is exploratory. The research subjects in this study consisted of: Sungai Nipah Village Office especially the Village Head and Sungai Nipah Village Secretary, the Health Office, Population Control, and Family Planning in particular the Head of Population and Family Planning Control, Family Planning Field Officer (PLKB) in Siantan District and the community is in Sungai Nipah Village. Data collection techniques carried out by using in-depth interviews, observation and documentation. The results showed that there were still obstacles in the implementation of male family planning programs consisting of 4 aspects, namely communication, resources, disposition, and bureaucratic structure. His suggestion in connection with the results of this study is expected for the implementor to improve the quality of work so that what is the goal can be achieved. Keywords: Implementation of Family Planning Programs for Men in Sungai Nipah Village, Communication, Resources, Disposition, Bureaucratic Structure.
PELAKSANAAN REKRUTMEN PEGAWAI NEGERI SIPIL DENGAN SISTEM COMPUTER ASSISTED TEST TAHUN 2018 PADA BADAN KEPEGAWAIAN DAERAH PEMERINTAH KOTA PONTIANAK Ayatullah M. imamudin NIM E21112108; Zulkarnaen *; H. Agus Eka *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (767.182 KB) | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2495

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberikan penjelasan tentang proses pelaksanaan rekrutmen Pegawai Negeri Sipil dengan sistem CAT tahun 2018 pada Badan Kepegawaian Daerah Pemerintah Kota Pontianak. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif adalah penelitian yang dilakukan dengan menjelaskan atau menggambarkan variabel masa lalu dan sekarang. Permasalahan yang ada dalam pelaksanaan penerimaan CPNS dengan menggunakan sistem online cukup menarik untuk diteliti mengingat masih ada beberapa syarat yang bisa membuat tes CPNS di lapangan menjadi baik diantaranya keandalan, Praktibilitas, Kegunaan. Hasil Penelitian ini keandalan sistem CAT ini memberi penilaian dan soal kepada peserta tes dan kemampuan sistem ini bekerja dalam kondisi apapun, Praktibilitas dimana struktur dan operasinya dapat mudah dimengerti dan prosedurnya mudah diiikuti, Kegunaan Suatu sistem informasi harus menghasilkan informasi yang tepat waktu dan relevan bagi pengambilan keputusan manajemen dan personil operasi didalam suatu organisasi. Peneliti memberikan saran perlunya perencanaan yang matang terhadap pelaksanaan penerimaan CPNS melalui sistem CAT, agar memberikan pelatihan dalam pengenalan tes secara online kepada para peserta tes CPNS yang mengikuti penerimaan  kedepannya. Kata Kunci (Key Word):  Rekrutmen, tes, Calon Pegawai Negeri Sipil, Syarat.  Abstract This research is intended to provide an explanation of the process of implementing the recruitment of Civil Servants with the 2018 CAT system at the Regional Civil Service Agency of Pontianak City Government. The research method used in this research is to use a qualitative descriptive method. Descriptive method is research conducted by explaining or describing the past and present variables. The problems that exist in the implementation of acceptance of CPNS by using an online system are quite interesting to study considering there are still some conditions that can make CPNS tests in the field to be good including reliability, reliability, usefulness. The results of this study the reliability of this CAT system provides assessment and questions to test takers and the ability of this system to work in any condition, the prerequisite where the structure and operation can be easily understood and the procedure is easy to follow, the usefulness of an information system must produce information that is timely and relevant for retrieval management decisions and operating personnel within an organization. Researchers suggest the need for careful planning for the implementation of the acceptance of CPNS through the CAT system, in order to provide training in the introduction of online tests to CPNS test participants who take the future admissions.Keywords (Key Word): Recruitment, tests, Prospective Civil Servants, Requirements.
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHANI ISLAM DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KOTA PONTIANAK RIZKY WAHYUDI NIM : E01112108; Pabali Musa *; H Arifin *
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2468

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk memberi gambaran dan pemahaman mengenai efektivitas pelaksanaan kegiatan Rohis di SMA Negeri 6 Pontianak dan SMK Mandiri Pontianak. Jenis penelitian ini yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Permasalahannya adalah mengenai sumber daya manusia yang mengalami turun naik tiap tahunnya. Kemudian pemahaman pengurus Rohis terhadap pelaksanaan kegiatan Rohis masih kurang. Selain itu program yang dilaksanakan kurang mendapatkan minat dari siswa dikedua sekolah tersebut. Disamping itu pula sarana dan prasarana Rohis belum maksimal terpenuhi untuk menunjang kegiatannya serta kejelasan dari pengawasan dan pendampingan kegiatan dari pihak alumni dan pihak sekolah. Penelitian ini menggunakan teori efektivitas organisasi manajemen publik menurut Gibson dalam Tangkilisan (2005 :141) mengemukakan terdapat 7 indikator yang menentukan tercapainya efektivitas organisasi yaitu kejelasan tujuan yang hendak dicapai, kejelasan strategi pencapaian tujuan, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, perencanaan yang matang, penyusunan program yang tepat, tersedianya sarana prasarana dan sistem pengawasan serta pengendalian yang bersifat mendidik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas pelaksanaan kegiatan ekstrakurikuler Rohani Islam di Sekolah menengah atas kota Pontianak yang berfokus di SMA Negeri 6 Pontianak dan SMK Mandiri Pontianak dilihat dari aspek - aspek kejelasan strategi pencapaian tujuan, proses analisis dan perumusan kebijakan yang mantap, penyusunan program yang tepat, tersedianya sarana dan prasarana serta sistem pengawasan dan pengendalian yang bersifat mendidik yaitu : (1) Ketersediaan sumber daya manusia mengalami turun naik. (2) Kejelasan pemahaman pengurus Rohis terhadap pelaksanaan kegiatan Rohis. (3) Kejelasan penyusunan program kegiatan yang membuat minat siswa kurang. (4) kelengkapan sarana dan prasarana Rohis yang belum maksimal terpenuhi. (5) Pengawasan dan pendampingan kegiatan dari pihak alumni dan pihak sekolah. Saran dalam penelitian ini yaitu pihak yang mengelola Rohis dapat memberikan pelatihan manajemen Rohis bagi seluruh anggota Rohis dan mengatur pengelolaan keuangan Rohis dengan tepat guna. Kata kunci : Efektivitas, Kegiatan, Program EFFECTIVENESS OF THE IMPLEMENTATION OF ISLAMIC SPIRITUAL EXTRACURRICULAR ACTIVITIES IN THE MIDDLE SCHOOL PONTIANAK CITY byRIZKY WAHYUDI, NIM E01112108 Prodi Ilmu Administrasi Publik FISIP UNTAN RIZKY WAHYUDl 1 NIM: E01112108 Dr. Pabali Musa M. Ag 2, Dr. H.Arifin, M.AB 2 1. Student of Public Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Tanjungpura University, Pontianak 2. Lecturer of Public Administration Study Program, Faculty of Social and Political Sciences, Tanjungpura University, Pontianak Email:wrizky31@yahoo.com ABSTRACT The writing this undergraduate thesis gives an overview and understanding concerning the effectiveness of the implementation of Islamic Spiritual activities at SMA Negeri 6 Pontianak and SMK Mandiri Pontianak. This type of research used is descriptive with quantitative approach. The problem is related to human resources experiencing ups and downs every year. Islamic Spiritual administrators' understanding of the implementation of Islamic Spiritual activities is still lacking. Besides that the program that was carried out lacked the interest of students in both schools. In addition, the Islamic Spiritual facilities and infrastructure have not been maximally fulfilled to support its activities as well as clarity from the supervision and assistance of activities from the alumni and school staff. This study uses the theory of effectiveness of public management organizations according to Gibson in Tangkilisan (2005: 141) which states that there are 7 indicators that determine the achievement of organizational effectiveness, namely the clarity of objectives to be achieved, the clarity of strategies to achieve the objectives, the analysis process and formulation of good policies, careful planning, preparation of appropriate programs, the availability of infrastructure facilities and systems of supervision and control that are educational in nature. The results showed that the effectiveness of the implementation of Islamic Spiritual extracurricular activities in Pontianak City high schools focusing on SMA Negeri 6 Pontianak and SMK Mandiri Pontianak seen from the aspects of the clarity of strategies to achieve goals, the process of analysis and formulation of sound policies, the preparation of appropriate programs, the availability of facilities and infrastructure as well as educational and supervisory and control systems namely; (1) The availability of human resources is experiencing ups and downs. (2) The clarity of Islamic Spiritual management's understanding of the implementation of Islamic Spiritual activities. (3) Clarity in the preparation of activity programs that make students less interested. (4) the Islamic Spiritual facilities and infrastructure of that have not been maximally met. (5) Supervision and assistance of activities from the alumni and the school. The suggestion in this study is that those who administer Rohis can provide Rohis management training for all Rohis members and properly manage Rohis finances. Keywords: Effectiveness, Activity, Program
IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMBERIAN SANTUNAN PT. JASA RAHARJA (PERSERO) TERHADAP KORBAN KECELAKAAN LALU-LINTAS JALAN KABUPATEN KAPUAS HULU NIM: E1011141113, RONI OKTAVIANUS; *, Lina Sunyata; *, Abdul Rahim
PublikA, Jurnal Ilmu Administrasi Negara Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019
Publisher : FISIP Universitas Tanjungpura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.26418/publika.v8i3.2474

Abstract

Penelitian ini didasarkan atas adanya fenomena masih kurang efektifnya didalam pelakasanaan pemberian santunan PT. Jasa Raharja (Persero) terhadap korban kecelakaan lalu-lintas jalan dimana masyarakat masih kebingungan bagaimana cara dalam pengajuan klaim korban kecelakaan lalu-lintas dan jumlah korban kecelakaan yang tidak sebanding dengan jumlah penerima santunan kecelakaan lalu-lintas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan pemberian santunan PT. Jasa Raharja (Pesero). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Sedangkan informan penelitian Pelaksana Administrasi dan Penanggung Jawab SAMSAT unit pelayanan PT. Jasa Raharja (Persero) Di Kantor SAMSAT Kabupaten Kapuas Hulu sebagai informan kunci dan Anggota Kepolisian Resort Unit Pelayanan Kepala Satuan Lalu-Lintas Kabupaten Kapuas Hulu, Korban kecelakaan kecelakaan lalu-lintas jalan dan keluarga korban kecelakaan lalu-lintas atau ahli waris di Kabupaten Kapuas Hulu. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil dari penelitian mencakup 4 hal yang mempengaruhi implementasi kebijakan pemberian santunan yaitu komunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Komunikasi dengan dimensi transmisi, dimensi kejelasan, dan dimensi konsistensi. Dalam hal ini menunjukkan kurangnya penyampaian informasi dan kurangnya kejelasan informasi oleh jasa raharja mengenai prosedur pemberian santunan dan sumber daya yang terdiri dari sumber daya manusia, sumber daya informasi, sumber daya wewenang, dan sumber daya fasilitas. Sumber daya manusia yang kurang sehingga petugas merangkap pekerjaan yang lain, sumber daya fasilitas yang kurang memadai sehingga menghambat dalam menyelesaikan pemberian santunan. Selanjutnya dari segi disposisi dan struktur birokrasi tidak menemui hambatan sesuai dengan prosedur pelaksanaan. Kata kunci : implementasi, pemberian santunan, komunikasi, sumber daya.  

Page 1 of 4 | Total Record : 34


Filter by Year

2019 2019


Filter By Issues
All Issue Vol 12, No 1 (2023): PUBLIKA EDISI MARET 2023 Vol 11, No 4 (2022): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2022 Vol 11, No 3 (2022): PUBLIKA, EDISI SEPTEMBER 2022 Vol 11, No 2 (2022): PUBLIKA, EDISI JUNI 2022 Vol 11, No 1 (2022): PUBLIKA, EDISI MARET 2022 Vol 10, No 4 (2021): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2021 Vol 10, No 3 (2021): PUBLIKA, EDISI SEPTEMBER 2021 Vol 10, No 2 (2021): PUBLIKA, EDISI JUNI 2021 Vol 10, No 1 (2021): PUBLIKA, EDISI MARET 2021 Vol 9, No 4 (2020): PUBLIKA, EDISI DESEMBER 2020 Vol 9, No 3 (2020): PUBLIKA, EDISI SEPTEMBER 2020 Vol 9, No 2 (2020): PUBLIKA, EDISI JUNI 2020 Vol 9, No 1 (2020): PUBLIKA, EDISI MARET 2020 Vol 8, No 4 (2019): PublikA, Edisi Desember 2019 Vol 8, No 3 (2019): PublikA, Edisi September 2019 Vol 8, No 2 (2019): PublikA, Edisi Juni 2019 Vol 8, No 1 (2019): PublikA, Edisi Maret 2019 Vol 7, No 4 (2018): PublikA, Edisi Desember 2018 Vol 7, No 3 (2018): PublikA, Edisi September 2018 Vol 7, No 2 (2018): PublikA, Edisi Juni 2018 Vol 7, No 1 (2018): PublikA, Edisi Maret 2018 Vol 6, No 4 (2017): PublikA, Edisi Desember 2017 Vol 6, No 3 (2017): PublikA, Edisi September 2017 Vol 6, No 2 (2017): PublikA, Edisi Juni 2017 Vol 6, No 1 (2017): PublikA, Edisi Maret 2017 Vol 5, No 4 (2016): PublikA, Volume 5 Nomor 4 Edisi Desember 2016 Vol 5, No 3 (2016): PublikA, Volume 5 Nomor 3 Edisi September 2016 Vol 5, No 2 (2016): PublikA, Volume 5 Nomor 2 Edisi Juni 2016 Vol 5, No 1 (2016): PublikA, Edisi Maret 2016 Vol 4, No 4 (2015): Publika, Edisi Desember 2015 Vol 4, No 3 (2015): Publika, Edisi September 2015 Vol 4, No 2 (2015): Publika, Edisi Juni 2015 Vol 4, No 1 (2015): PublikA, edisi Maret 2015 Vol 3, No 4 (2014): Publika, Edisi Desember 2014 Vol 3, No 3 (2014): Publika, Edisi September 2014 Vol 3, No 2 (2014): Publika, Edisi Juni 2014 Vol 3, No 1 (2014): PublikA, Edisi Maret 2014 Vol 2, No 3 (2013): PublikA, Edisi Desember 2013 Vol 2, No 2 (2013): PublikA, Edisi Agustus 2013 Vol 2, No 2 (2013): PublikA, Edisi September 2013 Vol 2, No 1 (2013): PublikA, Edisi April 2013 Vol 1, No 1 (2012): PublikA, Edisi Perdana 2012 More Issue