cover
Contact Name
Danang
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6285726173515
Journal Mail Official
danang@stekom.ac.id
Editorial Address
Jl. Gatot Subroto No. 20, Kab. Semarang, Provinsi Jawa Tengah, 50226
Location
Kab. semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
ISSN : 28278143     EISSN : 28277961     DOI : https://doi.org/10.55606/jurimbik.v2i2
Core Subject : Economy, Education,
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan merupakan Jurnal yang diterbitkan oleh Barenlitbangda Kabupaten Semarang. Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan adalah untuk menyebarluaskan, mengembangkan dan menfasilitasi hasil penelitian mengenai Ilmu bidang Manajemen dan Bisnis, sebagai media bagi para dosen, guru, peneliti dan para praktisi dalam bidang Manajemen dan Bisnis dari seluruh Indonesia, dalam melakukan pertukaran informasi tentang hasil-hasil penelitian terbaru yang telah dilakukan. Jurnal ini terbit 3 kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, Juni dan Oktober
Articles 26 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan" : 26 Documents clear
ANALISIS KINERJA KARYAWAN PT. ETOS NASIONAL KOTA SEMARANG Iskandar, Muhammad Nur; Indiworo, Hawik Ervina; Indriasari , Ika
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.413

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konflik peran ganda, kesempatan pengembangan karir, dan penempatan kerja terhadap kinerja karyawan PT. Etos Nasional Semarang. Jenis penelitian ini yaitu kuantitatif, populasi dari penelitian ini yaitu seluruh karyawan PT. Etos Nasional Semarang yang berjumlah 240 orang. Penelitian ini menggunakan teknik Non Probability Sampling dengan jumlah sampel 240 orang. Pengukuran pada penelitian ini menggunakan skala likert yang kemudian diolah dengan alat analisis IBM SPSS Statistics Version 22 menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh antara konflik peran ganda terhadap kinerja, tidak terdapat pengaruh antara kesempatan pengembangan karir terhadap kinerja, terdapat pengaruh antara penempatan kerja terhadap kinerja. Dapat dilihat pada tabel Summary dengan nilai Adjusted R square 0,061 X 100% = 6,1%.
PERBANDINGAN KINERJA KEUANGAN PT. TELKOM INDONESIA (Persero) Tbk. DAN PT. XL AXIATA Tbk. PERIODE TAHUN 2020-2021 Hartono, M. Edhie; Hermuningsih, Sri
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.433

Abstract

The research conducted aims to analyze the comparison of financial performance at PT. Telkom Indonesia Tbk. With PT. XL Axiata in 2020 and 2021. In this study the method used is quantitative with manual calculations. The results of the study show that there are several financial performances that show differences between PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. And PT. XL Axiata Tbk. Asset Management Ratio (Asset Ratio) PT. Telkom Indonesia (Persero) Tbk. Shows a fairly good ratio, this is due to the increase from year to year and the company is able to maximize its assets and is different from PT. XL Axiata Tbk. Which shows a decline during 2020 and 2021 so that the company has not been able to make maximum use of its assets.
ANALISIS KETAHANAN UKM SEPATU DAN SANDAL DI KOTA MEDAN Tobing, Fitriani; Amelia, Wan Rizca; Purike, Era; Suryani, Wan; Azizah, Nur; Kesumah, Priatna
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.439

Abstract

Usaha kecil dan menengah merupakan kelompok pelaku ekonomi yang mempunyai peranan penting bagi pertumbuhan ekonomi di Indonesia, karena dapat mengurangi pengangguran dan kemiskinan, memajukan perekonomian di suatu wilayah serta mampu bertahan ketika terjadi goncangan krisis ekonomi karena skala usahanya yang kecil sehingga lebih mudah dalam melakukan penyesuaian terhadap lingkungan yang terjadi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengaruh karakteristik manajerial, teknologi informasi, modal, integrasi rantai pasokan dan pemasaran terhadap ketahanan organisasi pada UKM Sepatu dan sandal di Kota Medan. Populasi penelitian ini adalah pengrajin sepatu dan sandal di Kota Medan. Metode penentuan sampel dengan menggunakan metode probably sampling. Data penelitian menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner dan data sekunder yang diperoleh dari studi pustaka dan jurnal. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis SEM. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 50 orang pengrajin. Hasil temuan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh karakteristik manajerial, teknologi informasi, modal, integrasi rantai pasokan dan pemasaran terhadap ketahanan organisasi pada UKM sepatu dan sandal di Kota Medan.
PUPUK BUBUK KOPI (PUBUK) IDE BISNIS SOSIAL DAUR ULANG AMPAS KOPI Putra, Edy Yulianto; Putri, Inda Meyllya; Sibagariang, Michael Iken Bonar Anju; Mey, Nabila Arinov; Kusumo, Pradino; Hutagalung, Rince Monica; Mahendra, Rizky Adi
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.448

Abstract

Kegiatan ini dilaksanakan untuk merancang bisnis yang berbasil sosial. Tren konsumsi minuman kopi yang semakin meningkat diberbagai kalangan mendorong peluang bisnis usaha coffee shop. Maraknya bisnis coffee shop membuat persaingan yang tinggi antar kompetitor. Limbah yang dihasilkan oleh coffee shop adalah ampas kopi dari hasil penyeduhan. Ampas kopi ini pada umumnya akan dibuang setelah proses esktraksi produk. Ampas kopi diketahui memiliki manfaat sebagai penyubur tanaman. Hal ini menjadi ide bisnis pemanfaatan ampas kopi sebagai pupuk. Bisnis ini bertujuan untuk memanfaatkan limbah hasil olahan coffee shop menjadi sebuah pupuk organik. Hasil rancangan ide bisnis ini adalah produk yang dinamai PUBUK (Pupuk Bubuk Kopi). Pupuk Bubuk Kopi (PUBUK) merupakan ide bisnis yang dirancang berbasis sosial. Ide bisnis ini muncul karena tren minuman kopi di Kota Batam yang meningkat yang menargetkan kalangan dari usia muda sampai usia dewasa yang membuat peluang yang besar bagi pebisnis untuk membuka coffee shop di Kota Batam.
PENGARUH GOOD CORPORATE GOVERNANCE, SALES GROWTH DAN FIRM SIZE TERHADAP KINERJA KEUANGAN Laksmanta, Ananda Mitsa Ghalizha; Rachmawati, Titiek
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.453

Abstract

This study aims to analyze the effect of good corporate governance, sales growth and firm size on financial performance. The population of this study is Heavy Construction and Civil Engineering companies listed on IDX in 2018-2021 totaling 25 companies. The way of collecting data is using document study and the sampling is using purposive sampling.  Based on the result of hypothesis testing on good corporate governance, the original sample value (O) is 0.022 with a t-statistic value of 0.148 < 1.96 and p-values of 0.882 > 0.05. These result indicate that H1 is rejected because good corporate governance has no significant effect on financial performance. The result of the sales growth test show that the original sample value (O) is 0.525 with a t-statistic value of 3.123 > 1.96 and a p-value of 0.002 < 0.05. These result indicate that H2 is accepted because sales growth has a significant positive effect on financial performance. Meanwhile, for firm size, the original sample value (O) is -0.442 with a t-statistic value of 3.867 > 1.96 and p-value of 0.000 < 0.05. These result indicate that H3 is accepted because firm size has a significant negative effect on financial performance.
KONSEP JUAL BELI BERBASIS ONLINE DALAM TINJAUAN EKONOMI ISLAM Nabbila, Faricha Lita; Yuliani, Yuliani
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.454

Abstract

Buying and selling online has become a craze of the community and is done by almost everyone in selling or buying goods. The concept of buying and selling online is also not difficult, it can be done at home and you only need to prepare data and Wi-Fi and then have online stores such as Tokopedia, Shopee, Open Stalls, Lazada, Bli Bli or other types of stores on other application platforms. The process of selecting goods, making payments, until the goods arrive, all systems are carried out online without face-to-face meetings between sellers and buyers. This research was conducted to find out whether the concept of buying and selling online is permissible in Islam. This study uses a descriptive analysis method with data obtained from related literary sources. Data was collected through literature study from journals, books, reports and other sources related to the Online Buying and Selling Concept. Given the rapid development of online business, the authors are interested in examining more about the concept of buying and selling online and how buying and selling online does not come out of the corridors of Islamic law.
PENGARUH PERPUTARAN KAS TERHADAP PROFITABILITAS PADA PABRIK ROTIBEGAWAN BAKERY KOTA SIBOLGA Pasaribu, Chairunnisa; Tambunan , Yenni Sofiana; Sihite , Tiurlina Hasmawati
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.455

Abstract

The purpose of this study was to determine and analyze the effect of cash turnover on profitability at the Bengawan Bakery bakery, Sibolga City. The population in this study are all financial reports. The sample in this study is financial report data for the last 5 years, namely 2017 to 2021 in quarters. The research results revealed that the highest increase in cash turnover was in the 4th quarter of 2020 of 7.38 times. And the lowest was in the fourth quarter of 2018 at 2.99 times. It can be analyzed that the Profitability of Bengawan Bakery in Sibolga City shows that the Operating Profit Margin data has fluctuated between 46.9% to 52.9%. R square is also called the coefficient of determination, it can be seen that R square (r2) is 0.339 or 33.9%, which means that the effect of cash turnover on profitability is 33.9%. It is known that the tcount value is greater than ttable 3.041 > 2.101, then Ho is rejected and Haha accepted. This means that the proposed research hypothesis can be accepted
PENGARUH CITRA MEREK DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA SEHAT BAKERY SIBULUAN INDAH Waruwu, Otomosi; Ambarita, Rosmita; Hasibuan, Nur’ainun
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.456

Abstract

The formulation of the problem in this study is whether brand image and promotion influence consumer purchasing decisions at Sehat Bakery Sibuluan Indah? The purpose of this study was to find out and analyze the influence of brand image and promotion on consumer purchasing decisions at Sehat Bakery Sibuluan Indah. The hypothesis in this study is brand image and promotion have a positive effect on consumer purchasing decisions at Sehat Bakery Sibuluan Indah. population of 250 people. The sample is 63 people. Data sources come from primary and secondary data. The research results show that the coefficient of determination R Square is 56.4%. Simultaneous testing obtained Fcount (38.829) greater than Ftable (3.15) or (38.829 > 3.15) meaning that brand image and promotion together have a positive effect on consumer purchasing decisions. Brand image variable has a positive and significant effect on purchasing decisions consumers where the t-count value is 2.738 > the t-table value is 1.999. Partially the promotion variable has the most dominant influence on consumer purchasing decisions, where the t-count value is 5.703 > ttable 1.999
IMPLIKASI ETIKA BISNIS DALAM PERDAGANGAN INTERNASIONAL: TINJAUAN TERHADAP KEGIATAN EKSPOR DAN IMPOR Putri, Dewi Fatmala; Yuliani, Yuliani
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.457

Abstract

International trade has become an increasingly important activity in the global economy. The implications of these business ethics include work standards and human rights, the environment, corruption, legal bankruptcy, transparency, and accountability, as well as sustainable social and environmental principles. This study aims to review the implications of business ethics in international trade. This study used a descriptive analytical method and data were obtained from related literature sources. The results of the study show that companies are involved in export and import activities in the country. The business ethics implications must be fulfilled to encourage responsible, sustainable, and beneficial international trade for all parties involved in international trade activities
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYERAPAN TENAGA KERJA DI PROVINSI SUMATERA BARAT Doni, Amsah Hendri
Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan Vol. 3 No. 2 (2023): Juni: Jurnal Ilmiah Manajemen, Bisnis dan Kewirausahaan
Publisher : Lembaga Pengembangan Kinerja Dosen

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurimbik.v3i2.466

Abstract

Secara teori apabila pertumbuhan ekonomi meningkat maka meningkat pula penyerapan tenaga kerja, namun dari data yang dianalisa selama 30 tahun terakhir di Provinsi Sumatera Barat berdasarkan data dari (Badan Pusat Statistik) BPS, meningkatnya pertumbuhan ekonomi tidak menyerap tenaga kerja dengan baik sehingga tidak sesuai dengan teori. Penelitian ini bermaksud untuk mengetahui dan menganalisis seberapa besar pengaruh pertumbuhan ekonomi dan tingkat pendidikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Sumatera Barat. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dengan memakai data sekunder dari (Badan Pusat Statistik) BPS Provinsi Sumatera Barat Tahun 1992-2021. Data dikumpulkan menggunakan teknik dokumentasi dan studi pustaka. Selanjutnya data dianalisis dengan Uji Asumsi Klasik yang meliputi Uji Autokorelasi, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Heteroskedastisitas, Uji Analisis Regresi Linear Berganda, Uji Koefisien Determinasi (R-Square), Uji Hipotesis t dan Uji Hipotesis f. Hasil penelitian menyatakan bahwa 1) variabel pertumbuhan ekonomi tidak berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Sumatera Barat. 2) variabel tingkat pendidikan berpengaruh signifikan terhadap penyerapan tenaga kerja di Provinsi Sumatera Barat. Nilai R-Square sejumlah 0,926 atau 92,6% sedangkan sisanya sejumlah 0,074 atau 7,4% disebabkan oleh variabel independen berbeda yang tidak dimasukkan pada penelitian ini, seperti tingkat upah, pertumbuhan penduduk, dan investasi. Tidak berpengaruhnya pertumbuhan ekonomi pada penyerapan tenaga kerja diakibatkan meningkatnya migran masuk ke Provinsi Sumatera Barat dan adanya budaya atau kebisaan masyarakat Sumatera Barat untuk pergi merantau ke luar daerah asalnya untuk mencari kerja.

Page 1 of 3 | Total Record : 26