cover
Contact Name
Mister Gidion Maru
Contact Email
mrgidionmaru@unima.ac.id
Phone
+6281340075651
Journal Mail Official
mrgidionmaru@unima.ac.id
Editorial Address
Jl Kampus Tonsaru, Tondano
Location
Kab. minahasa,
Sulawesi utara
INDONESIA
Kompetensi: Jurnal Bahasa Dan Seni
ISSN : 23373504     EISSN : 27979970     DOI : 10.36582
The Scientific Journal of Language and Art is a scientific journal with a scope of language, culture, art and literature including its learning methods and theories that are published online every month. KOMPETENSI carries efforts to disseminate scientific ideas and the best learning practices in order to improve, the quality of science, and the dissemination of knowledge and technology for students, lecturers and observers of science in the scope of the fields of language and art as well as literature and culture. KOMPETENSI articles in the form of research results, or the results of studies and reflections on practices and learning methods related to language, literature, art, culture and teaching that have never been published before.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni" : 7 Documents clear
ANALISIS KESALAHAN PEMBENTUKAN KALIMAT PERFEKT PADA TULISAN MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JERMAN DI FAKULTAS BAHASA DAN SENI, UNIVERSITAS NEGERI MANADO (FBS UNIMA) Angelia, Ririn; Rimbing, Johanna; Kojongian, Prilimercy E.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.6738

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan pembentukan kalimat Perfekt serta mendeskripsikan faktor yang melatarbelakangi terjadinya kesalahan-kesalahan tersebut ditinjau melalui siasat Taksonomi permukaan. Metode deskriptif kualitatif merupakan metode yang digunakan untuk penelitian ini. Yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman FBS UNIMA semester VIII. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa, jenis kesalahan yang terdapat dalam pembentukan kalimat Perfekt ialah kesalahan penggunaan Hilfsverb haben dan sein serta kesalahan dalam meletakkan posisi Hilfsverb haben dan sein. Faktor-faktor yang melatarbelakangi kesalahan-kesalahan tersebut yaitu, Intralingual errors, Interlingual errors, dan ketidakcermatan mahasiswa. Penelitian ini mengimplikasikan bahwa dalam hal meminimalisir kesalahan pembentukan kalimat Perfekt bahasa Jerman, diperlukan suatu usaha untuk mengoptimalkan dan memaksimalkan kemampuan mahasiswa semester VIII Program Studi Pendidikan Bahasa Jerman. Oleh karena itu, pengajaran kaidah-kaidah bahasa Jerman haruslah disajikan dengan lebih variatif dan berulang-ulang, khususnya dalam pembelajaran bentuk Partizip Perfekt untuk regelmäβigen verben und unregelmäβigen verben. Selain itu, pengajar juga perlu memberikan penjelasan yang lebih mendetail mengenai penggunaan Hilfsverb haben und sein agar Mahasiswa tidak keliru dalam membentuk kalimat Perfekt bahasa Jerman. Mahasiswa harus lebih serius dan cermatdalam mempelajari kaidah-kaidah bahasa Jerman agar dapat lebih baik lagi dalam menguasainya.
ANALISIS TINDAK TUTUR DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA NEGERI 2 KOTAMOBAGU: SEBUAH KAJIAN PRAGMATIK Suhartono, Fila; Meruntu, Oldie S.; Polii, Intama J.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.8546

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan berbagai jenis dan fungsi tindak tutur yang dilakukan oleh guru dan siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotaomobagu dalam situasi formal. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, perekaman, dan pencatatan lapangan. Analisis data melibatkan klasifikasi jenis tindak tutur, serta analisis fungsi dari setiap tindak tutur. Subjek penelitian adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Kotamobagu dengan jumlah responden 25 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis tindak tutur yang dilakukan oleh siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu melibatkan penggunaan tindak tutur langsung literal. Tindak tutur ini digunakan baik oleh guru maupun siswa dalam situasi formal, terutama saat proses pembelajaran di kelas, siswa menggunakan tindak tutur langsung literal dalam bentuk memberitakan atau menyatakan (deklaratif). Fungsi tindak tutur pada siswa SMA Negeri 2 Kotamobagu adalah: tindak tutur langsung literasi tindak tutur langsung literal memerintah (imperatif), tindak tutur bertanya (interogatif) dan tindak tutur memberitakan atau menyatakan (deklaratif), sedangkan yang digunakan oleh siswa adalah tindak tutur langsung literal memberitaan atau menyatakan (deklaratif). Tindak tutur tindak langsung literal digunakan oleh guru ketika memerintah. Namun, perintah disampaikan dengan modus memberitakan atau menyatakan (deklaratif).
SAPAAN KEAKRABAN BAHASA BATAK KARO OLEH KALANGAN MAHASISWA ASAL BATAK KARO DI UNIMA: SEBUAH KAJIAN SOSIOLINGUISTIK Perangin-angin, Regristri Putri Br; Meruntu, Oldie S.; Monoarfa, Susan; Polii, Intama J.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.8547

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan bentuk, makna, dan fungsi kata sapaan keakraban bahasa Batak Karo yang di gunakan sebagai alat komunikasi oleh mahasiswa asal Batak Karo di Universitas Negeri Manado. Metode penelitian yang di gunakan adalah metode deskriptif-kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi dan wawancara. Sumber data peneliti diambil dari mahasiswa Batak Karo yang tergabung dalam rukun IKMBI (Ikatan kerukunan mahasiswa batak Indonesia) di Tondano dan Mahasiswa IMKA Taneh Perburu (Ikatan Mahasiswa Karo) yang ada di Tondano. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 20 Mahasiswa Batak yang memiliki kemampuan dalam penggunaan Bahasa Batak Karo. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini mengunakan teknik analisis deskriptif yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verivikasi data. Dari Hasil penelitian dalam bahasa Batak Karo terdapat 18 kata sapaan keakraban yang sering di gunakan oleh mahasiswa batak karo di UNIMA yaitu: Senina, Turang, Impal, Abang, Kakak, Agi, Silih, Eda, Bere-bere, Bapak, Nande, Bulang, Nini, Bengkila, Bibi, Mama, Mami, Permain. Faktor sosiolingusistik yang mempengaruhi sistem sapaan kekaraban pada mahasiswa batak karo di UNIMA adalah dari status sosial, usia, marga (tutur), dan jenis kelamin. Dalam praktiknya dalam komunikasi antar mahasiswa dalam IKMBI dan IMKA terlihat bahwa mahasiswa sudah mampu menggunakan sapaan kekraban dengan baik. Mesikpun demikian, masih ada beberapa mahasiswa yang masih salah dalam menggunakan sapaan keakraban dan melanggar adat istiadat.
ANALISIS TEKNIK VOKAL DAN PERANAN GENRE MUSIK POP: SEBUAH ANALISIS DESKRIPTIF Gam, Excel Aner; Dumais, Franklin; Kaunang, Meyny
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.8563

Abstract

Penelitian ini dususun dengan tujuan mengidentifikasi teknik vokal, peran dan fungsi genre musuk pop di SMA Negeri 6 Halmahera Utara. Penelitian deskriptif kualitatif ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Halmahera Utara pada bulan April – Juni 2023. Peneliti menggunakan sumber data primer dan sekunder dalam penelitian ini. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan teknik analisis data interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa musik pop benar-benar meresap ke dalam kehidupan remaja, terutama peserta didik di SMA Negeri 6 Halmahera Utara. Musik pop berfungsi sebagai saluran ekspresi untuk menyampaikan berbagai situasi dan kondisi, baik secara personal maupun dalam kelompok. Bagi para siswa sendiri, musik pop memiliki berbagai peranan seperti motivasi belajar, media hiburan, sarana komunikasi, pengungkapan emosional, dan berbagai fungsi lainnya. Temuan ini menegaskan bahwa musik pop tetap relevan dan diminati di setiap era. Meskipun memiliki struktur yang sederhana, musik pop menjadi genre musik mudah dicerna oleh berbagai kalangan.
KAJIAN DESKRIPTIF PEMERTAHANAN BAHASA TONTEMBOAN DI DESA SINSINGON KECAMATAN PASSI TIMUR KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW Supit, Vrenisa; Polii, Intama Jemy; Monoarfa, Susan
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.8587

Abstract

Tujuan penelitian ini ialah untuk mendeskripsikan pemertahanan bahasa Tontemboan dan faktor-faktor yang memengaruhi pemertahanan bahasa Tontemboan di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah, metode deskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah informan bahasa Tontemboan di Desa Sinsingon yang berusia 6 s/d 12 tahun (usia sekolah dasar), 12 s/d 15 tahun (usia sekolah menengah), 15 s/d 19 tahun (usia remaja), 19 s/d 25 tahun (usia dewasa), 25 s/d 50 tahun (usia dewasa lanjut), 50 s/d 100 tahun (Lansia). Penelitian ini dilaksanakan di Desa Sinsingon Kecamatan Passi Timur Kabupaten Bolaang Mongondow pada bulan Desember 2022 sampai dengan Juni 2023. Untuk mengumpulkan data, Teknik yang digunakan adalah Teknik Simak, Cakap Semuka dan Catat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahasa Tontemboan hanya mampu bertahan di kalangan orang tua saja. Pengetahuan Bahasa Tontemboan hanya dapat dilakukan oleh masyarakat berusia 50 tahun sampai dengan100 tahun terhadap lawan tutur berusia sebaya dan lebih tua. Sedangkan usia anak-anak dan usia remaja tidak menggunakannya lagi karena mereka hanya mengerti/memaknai arti dari Bahasa Tontemboan tersebut tapi tidak bisa menggunakannya untuk berkomunikasi. Sebagian dari mereka pula tidak mengerti sam sekali Bahasa Tontemboan sehingga tidak menggunakan bahasa tersebut saat berkomunikasi baik dalam lingkungan keluarga maupun di lingkungan Masyarakat. Bergesernya pemertahanan Bahasa Tontemboan di Desa Sinsingon ini disebabkan oleh faktor usia, faktor pendidikan dan faktor pernikahan. Ketiga faktor inilah yang menyebabkan Masyarakat di Desa Sinsingon tidak lagi menggunakan Bahasa Tontemboan untuk saling berkomunikasi.
OPTIMALISASI PENGEKSPRESIAN IDE BERDASAR PRINSIP-PRINSIP SKILL DAN PEMAHAMAN PERRY RUMENGAN DALAM MEMIMPIN PADUAN SUARA Montolalu, Debora; Rumengan, Perry; Kaunang, Meyny
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.8598

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ciri khas tentang optimalisasi pengekspresian ide berdasar prinsip-prinsip skill dan pemahaman Perry Rumengan dalam memimpin Paduan Suara. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan oleh peneliti adalah menggunakan metode kualitatif, sehingga data-data penyajian dalam karya tulis ini berasal dari naskah, wawancara, catatan lapangan, foto, dokumen pribadi, pengalaman pribadi, catatan atau memo, jurnal, artikel, buku, observasi lapangan, dokumentasi, perekaman serta studi pustaka. Adapun lokasi utama dalam penelitian ini adalah wilayah Tomohon, Matani, dirumah Perry Rumengan dengan waktu penelitian 3 bulan. Pendekatan yang digunakan peneliti adalah ilmu komunikasi dan psikologi musik. Dari hasil penelitian ternyata Perry Rumengan menerapkan sugesti tidak semata-mata dari sugesti fisik, tetapi juga dilandasi dengan pemahaman yang matang tentang analisa musik dan psikologi komunikasi. Teknik kondakting yang diterapkan Perry Rumengan juga memiliki makna dan dampak untuk menjadi seorang dirigen profesional yang mampu mempengaruhi setiap orang dalam Paduan Suara melalui ilmu komunikasi dan sugesti yang dimiliki. Disinilah dibutuhkan latihan. Latihan harus dilakukan secara berulang-ulang, dari sederhana secara bertahap dalam waktu yang lama, sampai mencapai tahap di mana antara ide, rasa, dan gerakan terjadi secara otomatis agar dirigen tidak hanya sekedar tampil dengan menggunakan teknik asal-asalan, tetapi menggunakan teknik seperti yang disugestikan.
PENERAPAN METODE PEER TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA JERMAN Tampemawa, Vena I.; Rimbing, Johanna; Bingku, Soflies M. E.
KOMPETENSI Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni
Publisher : Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Manado

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.53682/kompetensi.v4i3.8629

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan peningkatan keterampilan berbicara siswa dalam pembelajaran Bahasa Jerman di Kelas XII Akuntansi SMK Negeri I Amurang melalui metode tutor sebaya atau peer teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, dengan subjek penelitian siswa kelas XII Akuntansi dan Keuangan Semester 1 Tahun pelajaran 2023/2024. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari metode tutor sebaya dan keterampilan berbicara siswa. Penelitian dilakukan dalam dua siklus, di mana setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan dengan pendekatan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa pada siklus I, keterampilan berbicara siswa masih rendah dengan nilai rata-rata 67,1, atau masuk dalam kategori kurang. Namun, pada siklus II, setelah menerapkan metode tutor sebaya, keterampilan berbicara meningkat secara signifikan dengan nilai rata-rata mencapai 89,4, atau masuk dalam kategori sangat baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode tutor sebaya atau peer teaching efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa pada mata pelajaran Bahasa Jerman kelas XII Akuntansi.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2024 2024


Filter By Issues
All Issue Vol. 5 No. 2 (2025): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 6 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 5 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 4 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 3 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 2 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 4 No. 1 (2024): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 12 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 11 (2023): KOMPETENSI : Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 10 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 03 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 02 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 9 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 8 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 7 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 6 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 5 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 4 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 3 No. 1 (2023): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 12 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 11 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 10 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 07 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 06 (2022): KOMPETENSI: JURNAL BAHASA DAN SENI Vol. 2 No. 05 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 04 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 03 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 02 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 01 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 9 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 2 No. 8 (2022): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 12 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 11 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 10 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 09 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 07 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 06 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 05 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 04 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 03 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 02 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 01 (2021): KOMPETENSI: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Seni Vol. 1 No. 8 (2021): KOMPETENSI : Jurnal Imiah Bahasa dan Seni More Issue