cover
Contact Name
Dana Aswadi
Contact Email
ernisusilawati@stkipbjm.ac.id
Phone
+6285349985800
Journal Mail Official
dadan899@yahoo.co.id
Editorial Address
Jl. Sultan Adam, Komplek H. Iyus No. 18 RT 23, Sungai Jingah, Banjarmasin Utara, 70121 Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Indonesia Telp./Fax: (0511) 4315443
Location
Kota banjarmasin,
Kalimantan selatan
INDONESIA
STLISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
ISSN : -     EISSN : eISSN252     DOI : https://doi.org/10.33654/sti.v6i2
STILISTIKA merupakan jurnal yang memuat tulisan/artikel hasil penelitian dan kajian/telaah setara penelitian yang mengkaji tentang bahasa, sastra, dan pembelajarannya. Jurnal ini terbit dua kali setahun, yaitu pada bulan April dan Oktober. Jurnal ini diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Banjarmasin.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya" : 11 Documents clear
PENGGUNAAN MEDIA ANIMASI DALAM PEMBELAJARAN MENULIS NARASI Dana Aswadi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.1918

Abstract

Media animasi merupakan sarana yang mendukung dalam proses belajar mengajar. Penggunaan media animasi menjadi inovasi baru yang dikolaborasikan dengan pembelajaran menulis narasi. Siswa diperlihatkan animasi, kemudian diipersilahkan untuk menulis narasi. Tujuan penggunaan media animasi dalam pembelajaran menulis narasi adalah agar mendapatkan gambaran bagaimana penggunaan media animasi dalam proses belajar mengajar. Makalah ini diharapkan bisa memberikan manfaat bagi para guru dan siswa. Metode yang digunakan dalam setiap penggunaan media animasi dalam pembelajaran menulis narasi ini adalah metode deskriptif, yaitu media animasi dijelaskan dengan baik, kemudian diceritakan kembali dengan tulisan yang dibuat oleh siswa. Siswa lebih aktif dan menguasai penulisan narasi yang sesuai dengan materi pembelajaran. Simpulannya adalah model animasi ini sangat baik digunakan dalam materi menulis narasi, karena sangat efektif serta mempermudah siswa untuk mengingat dan mempraktikkan menulis narasi.
ANALISIS KEMAMPUAN GURU MENERAPKAN KETERAMPILAN BERTANYA DALAM MATA PELAJARAN IPS PADA SISWA KELAS IV SDN ANTAR BARU 2 KECAMATAN MARABAHAN KABUPATEN BARITO KUALA Irni Cahyani; Suryani
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2032

Abstract

Berdasarkan hasil menulis kegiatan Simple present Tense yang ditugaskan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Rantau ternyata masih jauh dari harapan.Fokus Penelitian Tindakan Kelas ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks Simple Present Tense dengan model pembelajaran proyek photo story. Penelitian ini mendeskripsikan mengenai kemampuan guru menerapkan keterampilan bertanya dalam mata pelajaran IPS pada siswa kelas IV SDN Antar Baru 2 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Keterampilan bertanya tidak hanya bertujuan untuk memperoleh informasi, namun juga meningkatkan terjadinya interaksi antara guru dengan siswa. Adapun keterampilan bertanya meliputi keterampilan bertanya dasar dan keterampilan bertanya lanjut. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru kelas IV di SDN Antar Baru 2 SDN Antar Baru 2 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala. Subjek penelitian ini adalah, guru kelas IV, siswa kelas IV. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan wawancara. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, data condensation, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini mengenai penelitian tentang kemampuan guru menerapkan keterampilan bertanya pada siswa kelas IV SDN Antar Baru 2 Kecamatan Marabahan Kabupaten Barito Kuala ini dapat ditarik sebuah kesimpulan yaitu, guru menerapkan keterampilan bertanya saat ini kurang optimal hal ini karena masih ada beberapa komponen keterampilan bertanya yang belum terlaksana dan keterbatasan proses pembelajaran, pembelajaran yang dilaksanakan secara tatap muka, serta saat pembelajaran berlangsung hanya sebagian siswa yang dapat berinteraksi dan merespon pada saat guru melakukan pembelajaran.
PENINGKATAN KINERJA GURU DALAM PEMBELAJARAN DI KELAS MELALUI SUPERVISI EDUKATIF KOLABORATIF SECARA PERIODIK DI SMP NEGERI 1 BINUANG Masrukiah
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2036

Abstract

Supervisi edukatif merupakan supervisi yang diarahkan pada kurikulum pembelajaran, proses belajar mengajar, pelaksanaan bimbingan dan konseling. Tujuan untuk mendeskripsikan langkah-langkah supervisi edukatif kolaboratif secara periodik guru dalam menyusun rencana pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan melaksanakan tindak lanjut penilaian prestasi belajar siswa di SMP Negeri 1 Binuang tahun pelajaran 2022/2023. Subjek pada penelitian ini adalah guru SMP Negeri 1 Binuang, yang terdiri dari 12 orang guru yang dipilih secara random untuk tiap bidang studi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Sekolah. Pelaksanaan penelitian tindakan dilakukan dengan dua siklus dan dalam setiap siklus ada empat kegiatan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini terdiri atas empat kegiatan pokok yakni pengumpulan data awal, data hasil analisis setiap akhir siklus, serta tanggapan lain dari guru terhadap pelaksanaan supervisi edukatif model kolaboratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelaksanaan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam menyusun rencana pembelajaran. Pelaksanaan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam menilai prestasi belajar siswa. Pelaksanaan supervisi edukatif kolaboratif secara periodik dapat meningkatkan kinerja guru dalam melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar siswa.
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENYUSUN TEKS SIMPLE PRESENT TENSE MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROYEK PHOTO STORY PADA SISWA KELAS VIII A SMP NEGERI 1 RANTAU TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Meta Kartini
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2037

Abstract

Berdasarkan hasil menulis kegiatan Simple present Tense yang ditugaskan di kelas VIII A SMP Negeri 1 Rantau ternyata masih jauh dari harapan.Fokus Penelitian Tindakan Kelas ini mendeskripsikan peningkatan keterampilan menyusun teks Simple Present Tense dengan model pembelajaran proyek photo story. Penelitian dilaksanakan di SMP Negeri 1 Rantau pada VIII A dengan jumlah peserta didik sebanyak 29 orang pada semester 2 tahun pelajaran 2021/2022. Kriteria kesuksesan dalam penelitian ini adalah bahwa penelitian dianggap berhasil jika setiap kelompok mendapat skor ≥71 untuk proyek menyusun teks Simple Present Tense dengan integrasi teknologi photo story dan 80% kelompok sudah mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Hasil penelitian pada siklus 1 terjadi peningkatan yang cukup signifikan.Dari 6 kelompok ada 4 kelompok mencapai KKM ≥71,sedangkan 2 kelompok belum mencapai standar yang ditetapkan.Pada siklus ini aspek menyusun teks grammar dan puctuation and mechanic perlu ditingkatkan lagi.Dapat disimpulkan bahwa 66,67% kelompok sudah berhasil mencapai KKM.Nilai rata-rata menyusun teks adalah 76,19.Namun hasil PTK pada siklus 1 belum mencapai target kesuksesan sehingga penelitian dilanjutkan kesiklus 2. Hasil siklus 2 semua kelompok di kelas VIII A yang terdiri dari 6 kelompok sudah berhasil mencapai KKM ≥71,Dapat disimpulkan bahwa 100% kelompok sudah berhasil mencapai KKM.Nilai rata-rata kelompok menyusun teks Simple Present Tense tentang kegiatan rutin dengan tema “happy Sunday” adalah 93,45.Pada siklus 2 ini target kesuksesan sudah tercapai.
IMPLEMENTASI DALAM MENGUBAH SIKAP KONSERVATIF GURU MELALUI SUPERVISI AKADEMIK MODEL COOPERATIF PROFESIONAL DEVELOPMENT DI SD NEGERI SAWANG Tamberan
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2038

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah ini berjudul “Implementasi Dalam Mengubah Sikap Konservatif Guru Melalui Supervisi Akademik Model Cooperatif Profesional Development Di SD Negeri Sawang”. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Mengubah sikap konservatif guru menjadi guru yang progresif futuristik melalui supervisi akademik. 2). Meningkatkan kemampuan dan keterampilan guru dalam menyusun perencanaan pembelajaran dan mengelola kegiatan proses pembelajaran. 3). Meningkatnya kemampuan Guru dalam memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam menunjang proses belajar mengajarnya di kelas. 4). Menumbuhkan persesi positif guru terhadap pelaksanaan supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah dan pengawas sebagai layanan bantuan proses pembelajaran dalam meningkatkan mutu pendidikan. 4). Meningkatkan partisipasi siswa dalam belajar sehingga berdampak pada hasil belajar siswa yang optimal. 5) Meningkatnya kerja sama antar guru sebagai anggota organisasi lembaga SD Negeri Sawang. PTS ini dilaksanakan dalam dua siklus pada sekolah yang sama. Perubahan sikap konservatif menjadi sikap yang progresif futuristic mampu meningkatkan kemampuan guru dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran yang lebih berkualitas. Hal ini dibuktikan dengan hasil pelaksanaan penelitian tindakan Sekolah yang dilaksanakan di SD Negeri Sawang. Sebelum dilakukan penelitian sikap guru menunjukkan skala sikap yang sangat rendah yaitu: 54,5% dengan rata-rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata- rata 51,5%. Pada Siklus I Skala Likert mencapai 72,38% dengan rata- rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran memperoleh nilai rata- rata 63,50% dan tingkat ketercapaian 70,50%. Pada Siklus II Skala sikap memperoleh nilai 77,88% dengan rata- rata pemenuhan perencanaan dan pelaksanaan pembelajaranmemperoleh nilai rata – rata 79% sedangkan tingkat ketercapaian rata – rata 84%.
ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA KAJIAN LEKSIKAL DALAM LIRIK LAGU TULUS Nur Yulia Gusmi Lia
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2046

Abstract

Penelitian Ini Membahas Tentang Penggunaan Gaya Bahasa dan makna yang terkandung pada lirik lagu Tulus berjudul “Sepatu dan Hati-Hati di Jalan”. Jenis Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan bersifat deskriptif kualitatif. Data diperoleh dalam penelitian ini berupagayabahasa yang terkandung pada lirik lagu Tulus berjudul “Sepatu dan Hati-Hati di Jalan”. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik pustaka, simak dan catat. Berdasarkan hasil penelitian dapat Disimpulkan pada lirik lagu Tulus berjudul “Sepatu dan Hati-Hati di Jalan” ditemukanbeberapagayabahasayaitu: (a) majas perbandingan yang terdiri dari hiperbola, personifikasi, dan metafora; (b) majas penegasan yang terdiri dari pleonasme, repetisi, ellipsis, dan retoris; (c) majas sindiran yang terdiri dari sarkasme, ironi, dan sinisme.
ANALISIS WACANA KRITIS TEUN VAN DIJK DALAM CERPEN “KELUARGA HADI ” KARYA HUMAM S.CHUDORI Muhammad Yunus
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2093

Abstract

Dalam analisis wacana kritis, wacana tidak hanya dipahami sebagai studi bahasa. Bahasa dianalisis tidak hanya dari aspek kebahasaan saja, tetapi juga menghubungkannya dengan konteks. Penelitian ini mengkaji teks sastra, khususnya cerpen karangan Humam S.Chudori "Keluarga Hadi". Wacana dalam hal ini berupa pesan yang ingin disampaikan penulis kepada pembaca. Makna suatu pesan tidak bisa hanya ditafsirkan sebagai apa yang tampak nyata dalam teks, namun harus dianalisis dari makna yang tersembunyi, sehingga dibutuhkan kajian yang kritis. Salah satu konsep Analisis Wacana Kritis yang dapat digunakan dalam mengkaji sastra yakni konsep yang dikembangkan oleh Van Dijk. Teun Van Dijk melihat suatu teks terdiri dari beberapa struktur/tingkatan yang masing-masing bagian saling mendukung yakni dimensi teks, kognisi sosial, dan konteks sosial.
Komunikasi seni teater tradisional dalam upaya pelestarian kearifan lokal budaya banjar Edi Sutardi
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2099

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang Komunikasi seni teater tradisional Mamanda dalam upaya pelestarian kearifan lokal budaya Banjar. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan model komunikasi Harold Lasswell. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil analisis dan pembahasan penelitian, peniliti menyimpulkan dalam komunikasi tradisional Mamanda terdapat sembilan unsur yang harus diperhatikan. Dalam penyajian kisah Mamanda harus memilih komunikator yang memenuhi persyaratan sebagai pembawa pesan. Isi pesan dalam Mamanda berisi tentang nasihat, petuah dan nilai-nilai kearifan lokal dan budaya masyarakat Banjar yang harus dilestarikan.
KAJIAN SOSIOLOGI SASTRA PADA PENERAPAN NILAI KEAGAMAAN DALAM NOVEL ADA SURGA DI RUMAHMU KARYA OKA AURORA Hidayati Desy
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2090

Abstract

Sastra merupakan hasil cipta atau karya manusia yang dapat dituangkan melalui ekspresi yang berupa tulisan yang menggunakan bahasa sebagai mediumnya. Namun, pada karya sastra jua memiliki nilai kehidipan pada kisahnya seperti pada nilai keagamaan pada novel, seperti pada Novel yang terinspirasi kisah Ustadz Ahmad Al-Habsyi penulisnya ini menceritakan tentang potret kehidupan dalam kehidupan di rumah yang penuh kekeluargaan, yang membuat ketakwaan dan keimanan dalam keagamaan bagaikan surga, Ramadhan adalah tokoh utama dari novel Ada Surga di Rumahmu yang akan meneruskan dakwah sesuai wasiat terakhir Buya Athar ulama besar di Palembang, sehingga bago Ramadhan, Umi dan Abuya serta keenam saudaranya adalah surga hati yang penting dari cinta dan kariernya dengan tujuan untuk Mendeskripsikan Keagamaan Tokoh dalam novel Ada Surga di Rumahmu Karya Oka Aurora. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian berjudul Kajian Psikologi Sastradalam novel Pudarnya Pesona Cleopatra karya Habiburrahman El Shirazy.inimenggunakan pendekatanKonflik Religi.Pendekatan psikologis adalah pendekatan yang bertolak dari asumsi bahwa karya sastra selalu saja membahas tentang peristiwa kehidupan manusia. Ratna (2006:61) pendekatan psikologi pada dasarnya berhubungan dengan tiga gejala utama, yaitu: pengarang, karya sastra, dan pembaca, dengan pertimbangan bahwa pendekatan psikologi lebih banyak. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif analisis yang dilakukan dengan mendeskripsikan fakta-fakta yang kemudian disusul dengan analisis. Hasil pembahasan pada kajian sosiologi sastra pada penerapan nilai keagamaan dalam novel ada surga di rumahmu karya oka aurora seperti ikhlas, tawakal, sabar, syukur, doa dan zikir. Dengan demikian, pada hasil yang didapatkan pada cerita novel tersebut, menjadi gambaran pada kehidupan bahwa apapun yang dijalani dan semua didasarkan pada prinsip agama, karena agama mengajarkan dan membimbing pada jalan kehidupan baik dari konflik ataupun rasa syukur.
PENGGUNAAN METODE SUKU KATA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN PADA SISWA KELAS 1 SDN SEMANGAT DALAM 5 Alimuddin A. Djawad; Isna Kasmilawati; Muhammad Ridho Ginting
STILISTIKA: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya Vol 7 No 2 (2022): Stilistika: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya
Publisher : STKIP PGRI Banjarmasin

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33654/sti.v7i2.2117

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan membaca permulaan di SDN Semangat Dalam 5 bertujuan untuk memaparkan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelas 1 melalui metode suku kata. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang bersifat deskriptif kuantitatif dan kualitatif dengan mengambil subjek penelitian pada siswa kelas 1 dengan jumlah 20 siswa yang berlokasi di SDN Semangat Dalam 5. Model yang digunakan adalah model Kurt Lewin (1946). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahapan. Empat tahap utama yang ada pada setiap siklus terdiri dari: 1) perencanaan, 2) pelaksanaan, 3) pengamatan, dan 4) refleksi. Hasil penelitian menunjukan ketuntasan peningkatan kemampuan membaca permulaan pada siklus I mencapai 35% kategori “mulai berkembang”, 55% kategori “berkembang sesuai harapan”, dan 10% kategori “berkembang sangat baik”. Kemudian pada siklus II 85% kategori “berkembang sangat baik”, 15% kategori “berkembang sesuai harapan”.

Page 1 of 2 | Total Record : 11