cover
Contact Name
Zaid Sulaiman
Contact Email
Permadi@nusaputra.ac.id
Phone
+6287809608094
Journal Mail Official
permadi@nusaputra.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Cibatu Cisaat No.21, Cibolang Kaler, Kec. Cisaat, Sukabumi Regency, Jawa Barat 43155
Location
Kab. sukabumi,
Jawa barat
INDONESIA
JURNAL PERMADI: PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI
Published by Universitas Nusa Putra
ISSN : 27148084     EISSN : 27148092     DOI : 10.52005
Jurnal Perancangan, Manufaktur dan Energi ini diterbitkan oleh Program Studi Teknik Mesin Universitas Nusa Putra, sebagai jurnal yang terbit setiap empat bulanan yang fokus menyajikan tulisan-tulisan tentang keilmuan Teknik Mesin khusunya bidang Perancangan, Manufaktur dan Energi. Jurnal ini berisi artikel-artikel penelitian atau pengembangan konsep yang berkaitan dengan kajian perancangan, manufaktur dan energi seperti : Desain Mekanikal, Manufaktur dan Otomatisasi, Material dan Konversi Energi.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 5 No 2 (2023): JURNAL PERMADI : PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI" : 5 Documents clear
SINTESIS CAT EPOXY DENGAN VARIASI SUHU PENGERINGAN UNTUK BODI KENDARAAN Anggrainy, Rani; Ferry Budhi Susetyo; Teguh Wibowo; Ridwan Setianto; Dani Ramdani
Jurnal Permadi : Perancangan, Manufaktur, Material dan Energi Vol 5 No 2 (2023): JURNAL PERMADI : PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/permadi.v5i2.101

Abstract

Pengecatan adalah salah satu upaya untuk menjaga penampilan bodi kendaraan, dikarenakan pengecatan memiliki fungsi untuk melindungi material dari terjadinya karat. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian terkait sintesis cat epoxy dengan variasi suhu pengeringan agar diperoleh komposisi yang tepat untuk mendapatkan karakteristik yang baik. Penelitian yang sudah banyak dilakukan hanya berfokus pada temperatur oven pengeringan saja, namun pada penelitian ini waktu pengeringan oven menjadi salah satu hal yang juga diperhatikan. Hasil penelitian yang didapatkan pada penelitian ini adalah semakin tinggi temperatur pengeringan dengan waktu pengeringan yang sama dapat menurunkan nilai penampilan dan kemampuan daya kilap serta ketebalan lapisan cat. Berlawanan dengan hal tersebut, ternyata tingginya suhu pengeringan tidak memiliki pengaruh terhadap kemampuan daya lekat cat apabila dilakukan waktu pemanggangan yang sama, yaitu 20 menit.
The Effect Of Variations Blade Tilt Angle Of The Turbo Cyclone On The 4 Stroke Engine Type Fv115 On Torque, Power And Exhaust Emissions warso; Muhammad Soleh; Sutarno
Jurnal Permadi : Perancangan, Manufaktur, Material dan Energi Vol 5 No 2 (2023): JURNAL PERMADI : PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Turbo cyclone merupakan suatu alat yang membentuk lingkaran mirip baling-baling dengan beberapa sirip statis. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui pengaruh dari penambahan turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 50°, turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 60o dan turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 70o terhadap unjuk kerja motor bensin yaitu torsi, daya dan emisi gas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dimana metode yang digunakan untuk menguji suatu perlakuan atau desain baru dengan cara membandingkan hasil sebelum perlakuan dengan hasil sesudah perlakuan sebagai pengontrolnya. Hasil penelitian yang didapat menunjukan adanya perbedaan dari unjuk kerja yang dihasilkan yakni hasil pengujian torsi yang terbaik pada pengujian torsi menggunakan turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 50⁰ tanpa menggunakan fiter udara dengan nilai torsi rata-rata sebesar 9,38 N.m torsi maksimal sebesar 11,11 N.m pada putaran 3500 rpm dengan penurunan -5,76 %. Sedangkan hasil pengujian daya yang terbaik pada turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 50⁰ tanpa menggunakan filter udara dengan nilai daya rata-rata sebesar 6,08 HP dengan daya maksimal sebesar 7,59 HP pada putaran 5500 rpm dengan penurunan -7,12 %. Sedangkan hasil pengujian CO yang terbaik pada turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 70⁰ dengan menggunakan filter udara dengan nilai CO rata-rata sebesar 0,72 %, CO minimal 0,28 % dengan penurunan -63,6 %. Sedangkan hasil pengujian HC yang terbaik pada turbo cyclone sudu 5 dengan kemiringan 60⁰ tanpa menggunakan filter udara dengan nilai HC rata-rata sebesar 61,2 ppm, HC minimal 34 ppm dengan penurunan -38,8 %.
Pengaruh Parameter Pemotongan Pembubutan Konvensional Terhadap Kekasaran Permukaan Baja ST41 Ahmad Rifai; Syaripuddin; Anggrainy, Rani; Agung Premono; Ferry Budhi Susetyo
Jurnal Permadi : Perancangan, Manufaktur, Material dan Energi Vol 5 No 2 (2023): JURNAL PERMADI : PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/permadi.v5i2.109

Abstract

The turning process is essential in the manufacturing industry to produce a product. The quality of a product is greatly influenced by the turning process, which produces varying roughness characteristics of the product's surface. The selection of suitable cutting parameters greatly influences the surface roughness of the product from the turning process. Therefore, a study was carried out on the cutting parameter's effect on the workpiece's surface roughness. In this research, the material used was ST 41 steel with a diameter of 25.4 mm. The turning process uses a conventional lathe. Variation in this study is the cutting speed and feeding depth. The results showed that the higher the cutting speed, the smaller the surface roughness value. On the contrary, the greater the feeding depth, the greater the surface roughness value.
Studi Pengaruh Debit dan Jenis Runner Terhadap Efisiensi Turbin Vorteks PLTPH Haryadi; Ali Mahmudi; Sugianto; Dibyo Setiawan
Jurnal Permadi : Perancangan, Manufaktur, Material dan Energi Vol 5 No 2 (2023): JURNAL PERMADI : PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/permadi.v5i2.121

Abstract

Increased interest in the use of vortex turbines as a renewable energy source. more advantages compared to axial turbines in general. The aim of this applied research is expected to be able to increase the power and efficiency of vortex turbines, achieving the target efficiency output of >30% from the previous research output of 37% on the performance of single and two-stage turbines with an angle of 630. The research method is experimental based, the study being carried out at this time with variations in discharge and runner type 630 one stage and Savonius with exhaust channels cut off by 2cm, this was done to determine the response to increasing the efficiency of the vortex turbine. Experimental operational approach with SNI 8277:2016, discharge variation 11-13 l/s. The results of the experimental recording of the application of the runner 630 on one level, obtained that the highest efficiency was a flow rate of 11 l/s with an efficiency of 29%. The treatment of cutting the drain channel had an impact on reducing efficiency.
Simulasi Perbaikan Desain Proses Pembentukan Tempa Dingin (Cold Forming) Mur M14 Sumarno, Dodi Iwan; Zaid Sulaiman; Maman Suryaman
Jurnal Permadi : Perancangan, Manufaktur, Material dan Energi Vol 5 No 2 (2023): JURNAL PERMADI : PERANCANGAN, MANUFAKTUR, MATERIAL DAN ENERGI
Publisher : Universitas Nusa Putra

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52005/permadi.v5i2.122

Abstract

Nut and bolt components (fasteners) can be produced through various techniques, including through the forging process. However, in a cold forging process (cold forming) the production of nuts cannot be separated from failures, in the form of defects in cracks on the surface. This failure has an impact on productivity, besides that it can hamper other processes. In this study, the crack defects of SWCH45K carbon steel M14 nuts could be identified visually during inspection. In order to find out the cause of the failure, an analysis was carried out by simulating the cold forming process for the M14 nut according to the existing process variable data using the DEFORM 2D/3D V10.2 program. The simulation results show that the formation at stations 3 and 4 does not fully fill the mold (dies) and high damage to the bearing surface (flange) area, crack defects are caused by high concentrations of stress in the process of forming station 3 because the punch corner does not have a radius (rounding). With the design punch parameters proposed for process improvement, the simulation results for the formation of M14 station 3 and 4 nuts are fully filled, the potential for crack defects decreases.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2023 2023