cover
Contact Name
Muhardi
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+6285294008040
Journal Mail Official
jrmb@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah lantai 4, Rektorat Unisba, Jln Tamansari No.20, 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 28083032     EISSN : 27986608     DOI : https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian manajemen. JRMB ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6608 yang diterbitkan oleh UPT Publikasi, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini ter-indeks di Google Scholar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)" : 10 Documents clear
Pengaruh Kepribadian Introvert Terhadap Stres Kerja Erwin Munawar; Rusman Frendika; Firman Shakti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (176.584 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.371

Abstract

Abstract. This study was conducted based on the phenomenon that occurs that there are problems related to the Influence of Introvert Personality on Employee Work Stress, so this study aims to find out the Influence of Introvert Personality On Work Stress On Employees, as well as analyze how much influence Introvert Personality (independent variable) on Work Stress (dependent variables) in PT. Madani Mekaar National Capital. Sampling in this study using sampling techniques and Saturated Sample Techniques. This study uses a method or type of Casual Associative research that uses a Descriptive Verificative approach with the number of respondents as many as 36 employees of PT. Madani Mekaar National Capital, using field research data collection techniques and literature. The statistical test used is simple Linear Regression Test. Then the results of this study can be concluded that Introvert Personality does not have a positive and significant effect on Work Stress on employees of PT Permodalan Nasional Madani Mekaar. Abstrak. Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang terjadi bahwa terdapat masalah yang berkenaan dengan Pengaruh Kepribadian Introvert terhadap Stres Kerja Karyawan, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kepribadian Introvert Terhadap Stres Kerja Pada Karyawan, serta menganalisis seberapa besar pengaruh Kepribadian Introvert (variabel independen) terhadap Stres Kerja (variabel dependen) di PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar. Pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling dan Teknik Sampel Jenuh. Penelitian ini menggunakan metode atau jenis penelitian Asosiatif Kasual yang menggunakan pendekatan Deskriptif Verifikatif dengan jumlah responden sebanyak 36 orang karyawan PT. Permodalan Nasional Madani Mekaar, menggunakan teknik pengumpulan data penelitian lapangan dan penelitian kepustakaan. Uji statistik yang digunakan yaitu Uji Regresi Linear Sederhana. Kemudian hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Kepribadian Introvert tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Stres Kerja pada karyawan PT Permodalan Nasional Madani Mekaar.
Pengaruh E-Service Quality dan E–Recovery Service Quality Terhadap E-Loyalty Pada Pelanggan PT. X Fitur PT. X Zenda Eka Brilian; Ratih Tresnati; Nina Maharani
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (293.363 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.384

Abstract

Abstract. This study aims to determine how much influence E-Service Quality and E-Recovery Service Quality have on E-Loyalty on PT. X customers with PT. X features. This researcher uses a survey method. With the sampling method, namely the purposive sampling technique aimed at PT. X Features PT. X customers in Bandung City by distributing questionnaires to 100 respondents. The results of this study partially and simultaneously found that E-Service Quality and E-Recovery Service Quality have a significant positive effect on E-Loyalty on PT. X customers with PT. X features. E-Recovery Service Quality terhadap E-Loyalty pada pelanggan PT. X dengan fitur PT. X . Peneliti ini menggunakan metode survey. Dengan metode pengambilan sampel yaitu dengan teknik purposive sampling yang ditujukan kepada pelanggan PT. X Fitur PT. X di Kota Bandung dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 responden. Hasil penelitian ini secara parsial dan simultan menemukan bahwa E-Service Quality dan E-Recovery Service Quality berpengaruh positif signifikan terhadap E-Loyalty pada pelanggan PT. X dengan fitur PT. X
Pengaruh Struktur Modal, Profitabilitas, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Indeks BUMN20 yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Tahun 2018-2019 Siti Fatimah
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (245.1 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.456

Abstract

Abstract. This study aims to determine the effect of capital structure, profitability, and firm size on firm value in BUMN20 index companies listed on the Indonesia Stock Exchange in 2018-2020. Based on the criteria using the purposive sampling method, a sample of 16 SOEs 20 index companies listed on the Indonesia Stock Exchange was obtained. Panel data regression analysis was used as an analytical method assisted by the Eviews 10 program. The results of this study indicate that there is a simultaneous influence between capital structure, profitability, and firm size on firm value (Tobin's Q). Partially, the capital structure calculated through DER (Debt Equity Ratio) and firm size have no significant effect on firm value. Profitability calculated through ROA (Return On Assets) has a positive and significant effect on firm value. While profitability calculated through ROE (Return On Equity) has a negative and significant effect on firm value. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan pada perusahaan indeks BUMN20 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2018-2020. Berdasarkan kriteria dengan menggunakan metode purposive sampling, diperoleh sample sebanyak 16 perusahaan indeks BUMN20 yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Analisis regresi regresi data panel digunakan sebagai metode analisis dibantu oleh program Eviews 10. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara struktur modal, profitabilitas, dan ukuran perusahaan terhadap nilai perusahaan (Tobin’s Q) secara stimultan. Secara parsial, struktur modal yang dihitung melalui DER (Debt Equity Ratio) dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan. Profitabilitas yang dihitung melalui ROA (Return On Asset) berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai perusahaan. Sedangkan profitabilitas yang dihitung melalui ROE (Return On Equity) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap nilai perusahaan
Analisis Pemilihan Pemasok dengan Menggunakan Metode Analityical Hierarchy Process (AHP) pada Diyang Kinjut Sasirangan Banjarbaru Kalimantan Selatan Maqhfira Ridha Maulani; Tasya Aspiranti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (116.364 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.457

Abstract

Abstract. In an industry the selection of raw material suppliers is one of the most important things in the running of the company's operational activities. Supplier selection is a multi-criteria problem that includes both quantitative and qualitative factors. This research was conducted at a company engaged in the textile sector, namely Diyang Kinjut Sasirangan. The purpose of this study is to evaluate fabric suppliers with criteria based on VPI (Vendor Performance Indicator), which consists of Quality, Cost, Delivery, Flexibility, Responsiveness (QCDFR). One method that can be used for supplier selection is the AHP (Analytical Hierarchy Process) method. Using the AHP method will produce a pairwise comparison matrix based on a priority value scale of 1 to 9 for each criterion. Performing pairwise comparisons produces the Eigen Vector and Eigen Value values so as to get the Consistency Ratio value. Each criterion produces the following weights: Quality (0.316), Cost (0.298), Delivery (0.163), Flexibility (0.122), and Responsiveness (0.101). From the calculation results show the performance of suppliers CV. Liarie Radha Kayana is the highest, both PT. Sinar Pekalongan Galaxi Textile and the three PT. Lodji Textile Industry. Based on the results of the analysis, if the company wants to increase the purchasing power of sasirangan fabrics and obtain high quality raw materials, the company must improve the performance of suppliers based on the VPI criteria, especially the Responsiveness criteria because performance is still low. The results of the supplier performance evaluation can be used by the company as consideration in the selection of suppliers so as to facilitate the company's operational activities. Abstrak. Dalam suatu industri pemilihan pemasok bahan baku merupakan salah satu hal yang sangat penting dalam berjalannya kegiatan operasional perusahaan. Pemilihan pemasok merupakan masalah multi kriteria yang meliputi faktor-faktor kuantitatif dan kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada suatu perusahaan yang bergerak di bidang textile, yaitu Diyang Kinjut Sasirangan. Tujuan penelitian ini adalah mengevaluasi pemasok kain dengan kriteria-kriteria yang berdasarkan pada VPI (Vendor Performance Indicator) yaitu terdiri dari Quality, Cost, Delivery, Flexibility, Responsiveness (QCDFR). Salah satu metode yang bisa digunakan untuk pemilihan pemasok adalah metode AHP (Analytical Hierarchy Process). Dengan menggunakan metode AHP akan menghasilkan matriks perbandingan berpasangan berdasarkan skala nilai prioritas 1 sampai 9 untuk setiap kriteria. Melakukan perbandingan berpasangan menghasilkan nilai Eigen Vector dan Eigen Value sehingga mendapatkan nilai Consistency Ratio. Masing-masing kriteria menghasilkan bobot sebagai berikut: Quality (0,316), Cost (0,298), Delivery (0,163), Flexibility (0,122), dan Responsiveness (0,101). Dari hasil perhitungan menunjukan kinerja pemasok CV. Liarie Radha Kayana paling tinggi, kedua PT. Sinar Pekalongan Galaxi Textile dan ketiga PT. Lodji Textile Industry . Berdasarkan hasil analisis apabila perusahaan ingin meningkatkan daya beli kain sasirangan serta memperoleh kualitas bahan baku yang tinggi perusahaan harus meningkatkan kinerja pemasok yang berdasarkan kriteria VPI, terutama kriteria Responsiveness karena kinerja masih rendah. Hasil evaluasi kinerja pemasok dapat digunakan perusahaan sebagai bahan pertimbangan dalam pemilihan pemasok sehingga mempermudah kegiatan operasional perusahaan.
Analisis Perbandingan Prediksi Bankruptcy Terdampak Covid-19 Menggunakan Metode Altman Z-score dan Metode Grover Merchita Restia Rukmana; Lasmanah; Susilo Setiyawan
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (233.921 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.463

Abstract

Abstract. The study aimed at determining: (1) how to predict bankruptcy using the Altman and Grover method, (2) whether there is a comparison between the Altman and Grover methods in predicting bankruptcy in companies trade, services & investment in LQ45 for the March-September 2020 period. This research is a comparative descriptive with a quantitative approach, namely research using numbers. The data used is the company’s financial statement published on the IDX website. The sampling technique is purposive sampling so that there are 8 companies to be used as research samples. The data analysis technique used Microsoft Excel and SPSS programs, namely the paired sample t-test technique test. Based on the results of research oncompanies trade, services & investment for the Altman method, 1 (one) company is predicted to be a grey area and in the Grover method there is 1 (one) company predicted to go bankrupt. And there is a significant difference between the Altman & Grover methods in predicting bankruptcy. Abstrak. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) bagaimana prediksi kebangkrutan menggunakan metode Altman dan Grover, (2) apakah ada perbedaan antara metode Altman dan Grover dalam memprediksi kebangkrutan pada perusahaan trade, services & investment di LQ45 periode Maret-September 2020. Jenis penelitian ini adalah deskriptif komparatif dengan pendekatan kuantitatif yaitu penelitian menggunakan angka. Data yang digunakan yaitu laporan keuangan perusahaan yang di publikasikan di website BEI. Teknik pengambilan sampel purposive sampling sehingga terdapat 8 perusahaan untuk dijadikan sampel penelitian. Teknik analisis data menggunakan program Microsoft excel dan SPSS yaitu uji teknik paired sample t-test. Berdasarkan hasil penelitian pada perusahaan trade, services & investment untuk metode Altman menunjukkan 1 (satu) perusahaan diprediksi grey area dan pada metode Grover terdapat 1 (satu) perusahaan diprediksi bangkrut. Dan terdapat perbedaan signifikan antara metode Altman & Grover dalam memprediksi kebangkrutan.
Pengaruh Kontrol Diri Pengetahuan Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Generasi Milenial Mellysah; Nurdin
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.714 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.541

Abstract

Abstract. This study aims to determine the effect of self-control, knowledge and financial attitudes on financial management behavior in the millennial generation (Case Study on Community in Tanjung Batu Itam Village, Simpang Pesak District, East Belitung Regen cy, Bangka Belitung Province). The research method used in this research is quantitative associative. The data collection technique was using a closed questionnaire and a Likert scale. In this study, the population of the millennial generation in Tanjung Batu Itam Village was 1058 people and the samples obtained after meeting the sample selection criteria were 92 people. The sampling technique used in this research is purposive sampling. In this study, the analytical technique used is the classical assumption test, multiple linear regression, t test, F test, and the coefficient of determination. The results of data analysis in this study indicate that self-control, financial knowledge and financial attitudes partially on financial management behavior. Simultaneously self-control, financial knowledge, and financial attitudes affect the financial management behavior of the Millennial Generation in Tanjung Batu Itam Village, Simpang Pesak District, East Belitung Regency, Bangka Belitung Province. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kontrol diri, pengetahuan keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku manajemen keuangan pada generasi milenial (Studi Kasus Pada Masyarakat Di Desa Tanjung Batu Itam, Kec Simpang Pesak, Kab Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data adalah dengan menggunakan kuesioner tertutup dan skala likert. Dalam penelitian ini jumlah populasi dari generasi milenial di Desa Tanjung Batu Itam adalah sebanyak 1058 orang dan sampel yang didapatkan setelah memenuhi kriteria pemilihan sampel adalah sebanyak 92 orang. Teknik sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Dalam penelitian ini teknik analisis yang digunakan adalah dengan menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji F, dan koefisien determinasi. Hasil analisis data dalam penelitian ini menunjukan bahwa kontrol diri, pengetahuan keuangan dan sikap keuangan secara parsial berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan. Secara simultan kontrol diri, pengetahuan keuangan, dan sikap keuangan berpengaruh terhadap perilaku manajemen keuangan pada Generasi Milenial di Desa Tanjung Batu Itam, Kec Simpang Pesak, Kab Belitung Timur, Provinsi Bangka Belitung.
Pengaruh Pengetahuan Keuangan, Pendapatan dan Gaya Hidup terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Keluarga Lisna Sri Uswatun Hasanah; Nurdin
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (115.614 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.542

Abstract

Abstract. The purpose of this study was to determine the effect of financial knowledge, income and lifestyle on the behavior of family financial management in Sukalaksana Village, Cianjur Regency. The type of research method used is descriptive verification method with a quantitative approach. Where the population in this study is the people of Sukalaksana Village, Cianjur Regency who are married with a total of 1,568 heads of families. In this study using probability sampling technique with random sampling method and then using the Slovin formula with an error rate of 10%, then the sample obtained is 94 heads of families. Data collection techniques using a questionnaire. The data analysis technique used classical assumption test, multiple linear regression, t test, f test and hypothesis testing. The results of the study show that financial knowledge, income and lifestyle have a significant effect either partially or simultaneously on the behavior of family financial management in Sukalaksana Village, Cianjur Regency. Abstrak. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui pengaruh pengetahuan keuangan, pendapatan dan gaya hidup terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga di Desa Sukalaksana Kabupaten Cianjur. Jenis metode penelitian yang digunakan yaitu metode deskriptif verifikatif dengan pendekatan kuantitatif. Dimana populasi dalam penelitian ini merupakan masyarakat Desa Sukalaksana Kabupaten Cianjur yang Sudah berkeluarga dengan jumlah 1.568 Kepala Keluarga. Dalam penelitian ini menggunakan teknik probability sampling dengan metode random sampling kemudian menggunakan rumus slovin dengan tingkat kesalahan 10%, maka sampel yang didapat sebanyak 94 Kepala Keluarga. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji asumsi klasik, regresi linier berganda, uji t, uji f dan uji hipotesis. Hasil dari penelitian menunjukkan pengetahuan keuangan, pendapatan dan gaya hidup berpengaruh secara signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap perilaku pengelolaan keuangan keluarga di Desa Sukalaksana Kabupaten Cianjur.
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Disiplin Kerja terhadap Komitmen Karyawan pada PT. X Vini Tri Susanti; Rusman Frendika
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (412.438 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.543

Abstract

Abstract. Emotional intelligence is a person's ability to know feelings and regulate their emotions in relation to other people, with emotional intelligence in employees, these employees will have a good work discipline attitude, where they will think and control their emotions before doing something, while up to Currently, it cannot be said that employees have good emotional management so that it will be difficult to create self-fitness for work or organization. Based on this phenomenon, the problems in this study are formulated as follows: (1) How is emotional intelligence at PT. X? (2) How is the work discipline at PT. X? (3) How is the commitment of employees at PT. X? (4) How is emotional intelligence on employee commitment at PT. X? (5) How is work discipline towards employee commitment at PT. X?. In this study, the method used is descriptive and verification methods, using a quantitative research approach. Data collection techniques used in this study were questionnaires, interviews, observation, and literature study. The population selected in this study were all employees at PT. Shoetown Kasokandel with 4,000 employees. The sampling technique was simple random sampling so that the number of samples obtained was 89 people. The results of this study are: There is an influence between emotional intelligence and work discipline on employee commitment at PT. X. Abstrak. Kecerdasan emosional merupakan kemampuan seseorang dalam mengatahui perasaan dan mengatur emosinya dalam hubungannya dengan orang lain, dengan adanya kecerdasan emosional didalam diri karyawan maka karyawan tersebut akan memiliki sikap disiplin kerja yang baik, dimana mereka akan lebih berfikir dan melakukan kontrol emosinya sebelum melakukan sesuatu, sedangkan hingga saat ini belum dapat dikatakan karyawannya memiliki pengelolaan emosi yang baik sehingga akan sulit tercipta kesesuaian diri terhadap pekerjaan ataupun organisasi. Berdasarkan fenomena tersebut, maka permasalahan dalam penelitian ini dirumuskan sebagai berikut: (1) Bagaimana kecerdasan emosional di PT. X? (2) Bagaimana disiplin Kerja di PT. X? (3) Bagaimana komitmen karyawan di PT. X? (4) Bagaimana kecerdasan emosional terhadap komitmen karyawan pada PT. X? (5) Bagaimana disiplin kerja terhadap komitmen karyawan di PT. X?. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah menggunakan metode deskriptif dan verifikatif, dengan menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner, wawancara, observasi, dan studi pustaka. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini yaitu seluruh karyawan di PT. Shoetown Kasokandel yang berjumlah 4.000 karyawan. Teknik penarikan sampel yaitu simpel random sampling sehingga diperoleh jumlah sampel sebesar 89 orang. Hasil penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh antara kecerdasan emosional dan disiplin kerja terhadap komitmen karyawan di PT. X.
Pengaruh Content Marketing dan Dukungan Influencer terhadap Minat Beli Konsumen pada Produk Fashion Rachmi Oktora Citra Rahayu; Hendrati Dwi Mulyaningsih
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (321.653 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.544

Abstract

Abstract. This research focuses on the application of Content Marketing and Influencers to Consumer Purchase Interest in Fashion Products. The purpose of this study is to determine how much influence Content Marketing and Influencers have on Puru Kambera's consumer buying interest. This research is included in the type of quantitative research using a correlation approach. The data collection technique in this study was carried out through the distribution of questionnaires. The object of this research is the permanent consumers of Puru Kambera as many as 250 people and narrowed down in the number of samples as many as 155 consumers. The sampling technique used in this research is simple random sampling, where the researcher determines the sample randomly. The data analysis used is descriptive and statistical analysis using multiple linear regression analysis, F test and T test. The results of this study indicate that the Content Marketing variable partially has a significant effect on Purchase Interest and the Influencer variable partially has a significant effect on Purchase Interest. And simultaneously the variables of Content Marketing and Influencer have a significant effect on consumer buying interest at Puru Kambera. Abstrak. Penelitian ini berfokus pada penerapan Content Marketing dan Influencer terhadap Minat Beli konsumen pada Produk Fashion. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Content Marketing dan Influencer terhadap Minat Beli konsumen Puru Kambera. Penelitian ini termasuk kedalam jenis penelitian kuantitatif dengan menggunakan pendekatan korelasi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui penyebaran angket. Objek penelitian ini adalah konsumen tetap Puru Kambera sebanyak 250 orang dan dikerucutkan dalam jumlah sampel sebanyak 155 orang konsumen. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling, dimana peneliti menentukan sampel secara acak. Analisis data yang digunakan adalah analisis deksriptif dan statistik yaitu dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, uji F dan uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Content Marketing secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli dan variabel Influencer secara parsial berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli. Dan secara simultan variabel Content Marketing dan Influencer berpengaruh signifikan terhadap Minat Beli konsumen pada Puru Kambera.
Analisis Anomali Pasar “January Effect dan The Day of The Week Effect” pada Return Saham Perusahaan IDX30 yang Terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) Periode Januari 2020 – Februari 2021 Ismi Nurul Izza Rahmawati; Susilo Setiyawan
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 1, No. 2, Desember 2021 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (261.565 KB) | DOI: 10.29313/jrmb.v1i2.545

Abstract

Abstract. This study aims to test whether there are differences in stock returns so as to determine the occurrence of the January Effect and The Day of The Week Effect phenomena on the IDX30 index listed on the IDX (Indonesian Stock Exchange) during January 2020 - February 2021. The sampling technique used is purposive sampling method. The sample used is 22 companies that are consistently listed on the IDX30 index during the study period. The data used are monthly and daily stock returns derived from closing price data. The data analysis technique of this study used the Mann Whitney U Test and Kruskal Wallis methods. The results showed that there were differences in monthly stock returns during the study period, but there was no evidence of the January Effect phenomenon because the average return in January was negative. In addition, it shows that there are differences in daily stock returns during the study period, the average positive and highest daily stock returns occur on Fridays and the average negative daily stock returns and the lowest occurs on Mondays so that the phenomenon of The Day of The Week Effects is proven. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah terdapat perbedaan return saham sehingga mengetahui terjadinya fenomena January Effect dan The Day of The Week Effect pada indeks IDX30 yang terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia) selama Januari 2020 – Februari 2021. Teknik pengambilan sempel yang digunakan yaitu metode purposive sampling. Sempel yang digunakan yaitu 22 perusahaan yang konsisten terdaftar di indeks IDX30 selama periode penelitian. Data yang digunakan adalah return saham bulanan dan harian yang berasal dari data closing price. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan metode Mann Whitney U Test dan Kruskal Wallis. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan return saham bulanan selama periode penelitian, namun tidak terbukti adanya fenomena January Effect karena rata-rata return pada bulan Januari negatif. Selain itu, menunjukan bahwa terdapat perbedaan return saham harian selama periode penelitian, rata-rata return saham harian positif dan tertinggi terjadi pada hari Jumat dan rata-rata return saham harian negatif dan terendah terjadi pada hari Senin sehingga terbukti adanya fenomena The Day of The Week Effect.

Page 1 of 1 | Total Record : 10