cover
Contact Name
Muhardi
Contact Email
uptpublikasi@unisba.ac.id
Phone
+6285294008040
Journal Mail Official
jrmb@unisba.ac.id
Editorial Address
UPT Publikasi Ilmiah lantai 4, Rektorat Unisba, Jln Tamansari No.20, 40116
Location
Kota bandung,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis
ISSN : 28083032     EISSN : 27986608     DOI : https://doi.org/10.29313/jrmb.v1i2
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB) adalah jurnal peer review dan dilakukan dengan double blind review yang mempublikasikan kajian teoritik dan hasil riset terhadap isu-isu empirik dalam sub kajian manajemen. JRMB ini dipublikasikan pertamanya 2021 dengan eISSN 2798-6608 yang diterbitkan oleh UPT Publikasi, Universitas Islam Bandung. Semua artikel diperiksa plagiasinya dengan perangkat lunak anti plagiarisme. Jurnal ini ter-indeks di Google Scholar, Garuda, Crossref, dan DOAJ. Terbit setiap Juli dan Desember.
Articles 20 Documents
Search results for , issue "Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)" : 20 Documents clear
Pengaruh Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Komitmen Karyawan Bagian Twisting dan Inspecting pada PT. X Nisha Aulia; Sri Suwarsi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1311

Abstract

Abstract. The achievement of organizational goals through the participation of human resources is a form of commitment given by employees to the organization. Employees who are highly committed to the company are certainly willing to give their best work to have a positive effect on the success of the organization. In this research, the method used is the quantitative method, using descriptive and verification research analysis and using the SPSS program in operating the calculations. The data listed were obtained through questionnaires, interviews, and literature studies. The population selected in this study were all employees of the twisting and inspecting division at PT. X as many as 55 people. Meanwhile, for taking the sample, the researcher used a total sampling technique so that the sample in this study was 55 respondents. The results of this study indicate that: 1) Work Discipline partially has a positive and significant effect on Employee Commitment by 27.8%. 2) Job Satisfaction partially has a positive and significant effect on Commitment by 19.2%. 3) Work Discipline and Job Satisfaction simultaneously have a positive and significant effect on Employee Commitment by 33.1%. This study concludes that there is an influence between Work Discipline and Job Satisfaction on Employee Commitment in the Twisting and Inspecting Section at PT. X. Abstrak. Pencapaian tujuan organisasi melalui peran serta sumber daya manusia merupakan salah satu bentuk dari komitmen yang diberikan oleh karyawan kepada organisasi. Karyawan yang berkomitmen tinggi terhadap perusahaan tentu bersedia untuk memberikan hasil kerja terbaiknya guna memberikan efek positif bagi keberhasilan organisasi. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode kuantitatif, dengan menggunakan analisis penelitian deskriptif dan verifikatif serta menggunakan program SPSS dalam menggoperasikan perhitungannya. Adapun data yang tertera diperoleh melalui kuesioner, wawancara, dan studi pustaka. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah seluruh karyawan bagian twisting dan inspecting pada PT. X sebanyak 55 orang. Sedangkan untuk pengambilan sampelnya peneliti menggunakan teknik sampling jenuh sehingga diperoleh sampel dalam penelitian ini sejumlah 55 responden. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) Disiplin Kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Karyawan sebesar 27,8%. 2) Kepuasan Kerja secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen sebesar 19,2%. 3) Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Komitmen Karyawan sebesar 33,1%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh antara Disiplin Kerja dan Kepuasan Kerja terhadap Komitmen Karyawan Bagian Twisting dan Inspecting pada PT. X.
Pengaruh Personal Values dan Budaya Organisasi Islam terhadap Kinerja Pegawai pada PT. X Area Bandung Hofifah Ida Fauziah; Aminuddin Irfani
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1316

Abstract

Abstract. study aims 1) To determine the effect of personal values and Islamic organizational culture on employee performance at PT. X Bandung area, 2) To determine the effect of personal values on employee performance at PT. X Bandung area, 3 ) To determine the influence of Islamic organizational culture on employee performance at PT. X Bandung area. Data collection techniques used in this study were interviews and distributing questionnaires. The object of this research is the employees of PT. X in the Bandung area as many as 1,200 people and the number of samples is 93 employees. The sampling technique used in this study is probability sampling by random sampling, where the researcher determines the sample at random. Analysis of the data used is descriptive and statistical analysis by using multiple linear regression analysis, F test and T test. The results of this study indicate that the personal values variable partially has a significant effect on employee performance and the Islamic organizational culture variable partially has a significant effect on employee performance. Simultaneously the variables of personal values and Islamic organizational culture have a significant effect on employee performance at PT. X Bandung area. Abstrak. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui pengaruh personal values dan budaya organisasi islam terhadap kinerja pegawai pada PT. X area Bandung, 2) Untuk mengetahui pengaruh personal values terhadap kinerja pegawai pada PT. X area Bandung, 3) Untuk mengetahui pengaruh budaya organisasi islam terhadap kinerja pegawai pada PT. X area Bandung. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah wawancara dan menyebarkan kuesioner. Objek penelitian ini yaitu pegawai PT. X area Bandung sebanyak 1.200 orang dan dikerucutkan dalam jumlah sampel sebanyak 93 orang pegawai. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini yaitu probability sampling secara random sampling, dimana peneliti menentukan sampel secara acak. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan statistik yaitu dengan menggunakan analisis uji regresi linear berganda, uji F dan uji T. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel personal values secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai dan variabel budaya organisasi islam secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai. Secara simultan variabel personal values dan budaya organisasi islam berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai pada PT. X area Bandung.
Analisis Pengukuran Kualitas Pelayanan Hotel dengan Menggunakan Metode Kano Shafira Raudya Putri; Tasya Aspiranti
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1321

Abstract

Abstract. During the current COVID-19 pandemic, service providers, particularly those in the tourism industry, must provide service facilities which support security from the COVID-19 virus, with the emergence of a vaccine program for the community representing a new opportunity for the tourism business to be able to rise. The tourism industry must begin to improve the quality of its services; thus, to continue to exist. One of the most well-known tourist businesses in Purwakarta is the Grand Situ Buleud Hotel; however, this hotel should also prepare for service enhancements since it has received numerous consumer complaints. This research was conducted to analyse and categorise the quality of hotel services provided by the Grand Situ Buleud Hotel to determine the improvement priorities, and the analysis calculation utilised a quantitative descriptive type with the canoe method. In this study, the canoe method analysis yielded the following results: 0 attractive category attributes, 10 must-be attributes that must always be present, 6 one-dimensional attributes that must be improved, and 5 indifferent attributes, indicating that these were less attention. Abstrak. Dimasa pandemi COVID-19 seperti ini penyedia pelayanan jasa khususnya pariwisata harus menyediakan fasilitas layanan yang mendukung keamanan dari virus COVID-19, dengan munculnya program vaksin bagi masyarakat menjadi titik terang baru untuk bisnis pariwisata untuk bisa bangkit. Agar tetap eksis, bisnis pariwisata harus mulai memperbaiki kualitas layanannya. Salah satunya bisnis pariwisata yang cukup terkenal di kota Purwakarta adalah Hotel Grand Situ Buleud, mereka juga harus mempersiapkan perbaikan layanan, karena masih banyaknya ulasan negatif yang mereka dapatkan dari konsumennya. Penelitian ini dilakukan oleh peneliti dengan tujuan untuk menganalisis dan mengelompokan kualitas pelayanan Hotel yang dilakukan oleh Hotel Grand Situ Buleud agar diketahui prioritas perbaikannya, perhitungan analisis menggunakan jenis deskriptif kuantitatif dengan metode kano. Hasil analisis dengan metode kano pada penelitian ini terdapat 0 atribut kategori attractive, 10 atribut must be yang harus selalu ada, 6 atribut one dimensional yang harus ditingkatkan, 5 atribut indifferent yang menyatakan atribut tersebut kurang diperhatikan.
Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan Yinyin Haqqun Bayyinah; Affandi Iss
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1423

Abstract

Abstract. This study aims to determine the effect of emotional intelligence and motivation on employee performance at PT. This research is motivated by the unstable performance of employees of PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? How is the work motivation of employees at PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? How is the performance of employees at PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? How big is the influence of emotional intelligence on employee performance at PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? How much influence does motivation have on employee performance at PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? How big is the influence of emotional intelligence and motivation on employee performance at PT. The population selected in this study were employees of PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran with a total of 183 employees. With the sampling technique, namely non-probability sampling, the number of research samples was obtained as many as 65 employees. Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kecerdasan Emosional dan Motivasi terhadap Kinerja Karyawan PT. Penelitian ini dilatarbelakangi dengan ketidakstabilan kinerja karyawan PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? Bagaimana motivasi kerja karyawan di PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? Bagaimana kinerja karyawan di PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional terhadap kinerja karyawan di PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? Seberapa besar pengaruh motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran? Seberapa besar pengaruh kecerdasan emosional dan motivasi terhadap kinerja karyawan di PT. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah karyawan PT. Kimia Farma Tbk Plant Banjaran yang berjumlah 183 karyawan. Dengan teknik pengambilan sampel yaitu non probability sampling diperoleh jumlah sampel penelitian sebanyak 65 karyawan.
Pengaruh Literasi Keuangan dan Sikap Keuangan terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Alif Ardias Sudrajat; Susilo Setiyawan
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1435

Abstract

Abstract. In achieving good financial management behavior from a person, of course, it can be carried out when they have high enough financial knowledge and are supported by a wise and effective financial attitude. An adequate level of financial literacy will make it easier for someone to manage their finances. This study aims to examine the effect of financial literacy and financial attitudes on financial management behavior in people of productive age in Ciwaruga Village. The method used in this research is descriptive verification method with data analysis techniques using quantitative methods. The population in this study were 3536 people while the number of samples obtained was 97 respondents. The data collection technique used is by distributing questionnaires in the form of questionnaires to people of productive age in the Ciwaruga Village area. The results of this study indicate that financial literacy has a significant effect on financial management behavior and financial attitudes significantly affect financial management behavior and simultaneously financial literacy and financial attitudes have an effect on productive age people in Ciwaruga Village. Abstrak. Dalam mencapai perilaku pengelolaan keuangan yang baik dari seseorang tentunya dapat dijalankan ketika mereka memiliki pengetahuan keuangan yang cukup tinggi dan didukung dengan sikap keuangan yang bijak dan efektif. Tingkat literasi keuangan yang memadai akan mempermudah seseorang untuk mengelola keuangannya. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh literasi keuangan dan sikap keuangan terhadap perilaku pengelolaan keuangan pada masyarakat usia produktif di Desa Ciwaruga. Metode yang digunakan didalam penelitian ini yaitu metode deskriptif verifikatif dengan teknik analisis data dengan menggunakan metode kuantitatif. Populasi didalam penelitian ini yaitu sebanyak 3536 orang sedangkan jumlah sampel yang diperoleh yaitu sebesar 97 responden. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan menyebar angket berupa kuesioner kepada masyarakat usia productid di wilayah Desa Ciwaruga. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa literasi keuangan berpengaruh signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan dan sikap keuangan berpengaruh secara signifikan terhadap perilaku pengelolaan keuangan serta secara simultan literasi keuangan dan sikap keuangan berepengaruh terhadap masyarakat usia produktif di Desa Ciwaruga.
Pengaruh Locus of Control dan Experience Regret Terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018 Universitas Islam Bandung Nadira Rizky Ridiananda; Lasmanah
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1436

Abstract

Abstract. The changing times make people look for ways to maintain an asset they have, ranging from ordinary savings to investments in goods and letters. Now people want to maintain assets that can increase every year, unlike ordinary savings whose amount is always fixed, so they make an investment that has many types and easy ways. As data revealed by the Indonesia Stock Exchange (IDX), the number of investors every year increases in terms of capital market investors until January 21, 2022, the number of investors increases by 7.75 investors, which means an increase of 260 thousand from December 2021. From this composition, there are 81% of the millennial generation. dominating. This research aims to find out whether or not there is an influence of Locus of Control and Experience Regret on the Investment Decisions of Management Students at the Islamic University of Bandung Batch 2018 consisting of 75 respondents. Data collection was carried out by distributing online questionnaires to Management students at the Bandung Islamic University Class of 2018. Then the data was processed in the SPSS for windows application version 26.00. The results of the study show that Locus of Control (X1) has an effect on Investment Decisions (Y) and Experience Regret (X2) has no effect on Investment Decisions (Y) for Management students at the Islamic University of Bandung, Class of 2018. Abstrak. Perkembangan zaman yang terus berubah membuat manusia mencari cara bagaimana mempertahankan suatu asset yang dimiliki, mulai dari tabungan biasa hingga investasi dalam bentuk barang dan surat. Sekarang manusia ingin mempertahankan asset yang setiap tahunnya dapat bertambah,tidak seperti tabungan biasa yang jumlahnya selalu tetap, sehingga mereka melakukan sebuah investasi yang memiliki banyak jenis dan cara yang mudah. Seperti data yang diungkapkan Bursa Efek Indonesia (BEI), jumlah investor setiap tahunnya meningkat dari sisi investor pasar modal hingga 21 Januari 2022 jumlah investor meningkat sebesar 7,75 investor yang berarti bertambah 260 ribu dari Desember 2021. Dari komposisi tersebut terdapat 81% Generasi millennial dan Gen Z yang mendominasi. Penelitian kali ini penulis memiliki tujuan ingin mengetahui ada atau tidak pengaruh Locus of Control dan Experience Regret terhadap Keputusan Investasi Mahasiswa Manajemen Angkatan 2018 Universitas Islam Bandung yang terdiri dari 75 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner secara online kepada mahasiswa Manajemen Universitas Islam Bandung Angkatan 2018. Kemudian data tersebut diolah pada aplikasi SPSS for windows versi 26.00. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Locus of Control (X1) berpengaruh terhadap Keputusan Investasi (Y) dan Experience Regret (X2) tidak berpengaruh terhadap Keputusan Investasi (Y) mahasiswa Manajemen Universitas Islam Bandung Angkatan 2018.
Pengaruh Work Life Balance dan Beban Kerja Terhadap Kepuasan Kerja Syifa Fadilla
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1523

Abstract

Kepuasan kerja merupakan suatu kondisi menyenangkan atau tidak menyenangkan yang dirasakan oleh karyawan terhadap pekerjaannya. Kepuasan kerja menjadi suatu hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan. Dengan membuat karyawan merasa dihargai sehingga dapat membuat karyawan betah bekerja di perusahaan. Faktor yang mempengaruhi kepuasan kerja dapat dibagi menjadi dua kelompok, yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik, contoh faktor ekstrinsik adalah work life balance dan beban kerja (Mangkunegara, 2019). Para karyawan mengalami kesulitan dalam mengatur waktu antara kehidupan pribadi dan kehidupan pekerjaannya. Selain itu, para karyawan kesulitan menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu dikarenakan waktu diberikan terlalu pendek. Penelitian ini menggunakan metode survey. Jenis penelitian ini deskriptif dan verifikatif dengan pendekatan kuantitatif dan pengolahan datanya menggunakan bantuan program SPSS 25. Teknik sampel yang digunakan menggunakan metode Slovin dengan jumlah sampel 70 orang. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian in menunjukkan bahwa 1) Work life balance termasuk kedalam kategori tinggi yang berarti berpengaruh besar terhadap karyawan. 2) Beban kerja termasuk kedalam kategori cukup yang berarti cukup berpengaruh terhadap karyawan. 3) Kepuasan kerja termasuk kedalam kategori tinggi yang berarti berpengaruh besar terhadap karyawan. 4) Terdapat pengaruh positif dan signifikan work life balance terhadap kepuasan kerja sebesar 16%. 5) Terdapat pengaruh positif dan signifikan beban kerja terhadap kepuasan kerja sebesar 13,7%. 6) Terdapat pengaruh positif dan signifikan work life balance dan beban kerja terhadap kepuasan kerja karyawan bagian department project di PT. Pesona Mitra Kembar Mas Bandung berdasarkan data yang diolah sebesar 22,4%.
Pengaruh Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Etos Kerja Islami Terhadap Kinerja Karyawan Gina Octaviani Gina Octaviani; Muhardi Muhardi
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1524

Abstract

ABSTRAK Gaya kepemimpinan, kedisiplinan pegawai dan etos kerja yang sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam merupakan variabel yang dapat mendorong adanya perubahan perilaku para pegawai dalam menjalankan aktivitas kerjanya. Oleh karena itu, untuk mengukur sejauh mana tingkat kinerja para pegawai yang berada di lingkungan PAD I BPPD Kota Bandung, hal ini diukur melalui variabel gaya kepemimpinan, kedisiplinan dan etos kerja Islami karena sebagian besar para pegawai di BPPD Kota Bandung beragama Islam. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh gaya kepemimpinan, displin kerja dan etos kerja Islami terhadap kinerja para pegawai di lingkungan PAD I di BPPD Balai Kota Bandung. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif verifikatif dengan menggunakan rumus regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gaya Kepemimpinan tidak berpengaruh terhadap kinerja, disiplin kerja berpengaruh terhadap kinerja dan etos kerja Islami berpengaruh. Serta Gaya Kepemimpinan, Disiplin Kerja dan Etos Kerja Islami secara bersama-sama berpengaruh terhadap Kinerja Pegawai di PAD I di BPPD Kota Bandung. Kata Kunci : Kepemimpinan, Disiplin, Etos Kerja, dan Kinerja.
Hubungan antara Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dengan Burnout Perawat bagian Rawat Inap RSAU dr. M. Salamun Bandung di Masa Pandemi Covid 19 Ayu Dwi Cahyaningsih
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1632

Abstract

Abstract. Burnout is a major problem in the health care sector, especially during the Covid 19 pandemic. Nurses who are prone to experiencing stress who have the potential to experience burnout are nurses who have high work demands, namely nurses who work in the Inpatient section. One of the things that affect the occurrence of burnout is the personality characteristics of introverts and extroverts. This study aims to determine and analyze the relationship between Introvert and Extrovert Personality Types with Burnout Nurses in the Inpatient section of RSAU dr. M. Salamun Bandung during the Covid 19 Pandemic. This type of research is correlational research. The population in this study were 90 nurses in the inpatient department of RSAU dr. M. Salamun Bandung. This study uses the entire population to be used as a sample with a saturated sample technique. Collecting data using questionnaires and interviews. Data analysis in this study used the Spearman rank test with the help of SPSS 25.0 software. The results showed that the dominant personality type in the inpatient nurse at RSAU dr. M. Salamun Bandung is an extrovert personality type as many as 85 nurses or 94.4% and an introverted personality type 5 nurses or 5.6%. Meanwhile, the burnout variable shows that the burnout level is in the low category of 61.1%, the medium category is 33.3% and the high category is 5.6%. The results of data analysis showed that there was no relationship between Introvert and Extrovert Personality Types with Burnout Nurses in the Inpatient Department of RSAU dr. M. Salamun Bandung with Spearman rank correlation value -0.063. Abstrak. Burnout menjadi masalah utama pada sektor tenaga kesehatan, terutama di masa pandemi Covid 19. Perawat yang rentan mengalami stres yang berpotensi mengalami burnout adalah perawat yang memiliki tuntutan kerja tinggi, yaitu perawat yang bertugas di bagian Rawat Inap. Salah satu hal yang mempengaruhi terjadinya burnout adalah karakteristik kepribadian introvert dan ekstrovert. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Hubungan antara Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dengan Burnout Perawat bagian Rawat Inap RSAU dr. M. Salamun Bandung di Masa Pandemi Covid 19. Jenis penelitian ini adalah penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah sebanyak 90 perawat bagian rawat inap RSAU dr. M. Salamun Bandung. Penelitian ini menggunakan seluruh populasi untuk dijadikan sampel dengan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dan wawancara. Analisis data pada penelitian ini menggunakan uji rank spearman dengan bantuan software SPSS 25.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tipe kepribadian yang dominan pada perawat bagian rawat inap RSAU dr. M. Salamun Bandung adalah tipe kepribadian ekstrovert sebanyak 85 perawat atau 94,4% dan tipe kepribadian introvert 5 perawat atau 5,6%. Sedangkan pada variabel burnout diperoleh hasil bahwa tingkat burnout berada dalam kategori rendah sebesar 61,1%, kategori sedang 33,3% dan kategori tinggi sebesar 5,6%. Pada hasil analisis data menunjukkan bahwa Tidak ada hubungan antara Tipe Kepribadian Introvert dan Ekstrovert dengan Burnout Perawat Bagian Rawat Inap RSAU dr. M. Salamun Bandung dengan nilai korelasi rank spearman -0,063.
Analisis Sistem Antrian Layanan Teller Dengan Menggunakan Metode Multi Channel-Single Phase (M/M/S) Untuk Mengoptimalkan Pelayanan Delfi Wiranda
Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis Volume 2, No. 2, Desember 2022 Jurnal Riset Manajemen dan Bisnis (JRMB)
Publisher : UPT Publikasi Ilmiah Unisba

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.29313/jrmb.v2i2.1633

Abstract

Abstrak : Bank Sumsel Babel Cabang Tanjung Pandan Belitung saat ini terdapat 2 orang teller yang melayani nasabah setiap harinya dimana dalam 1 transaksinya dalam 30 menit teller harus menyelesaikan sebanyak 6 transaksi. Namun fakta dilapangan sistem antrian bisa mencapai lebih dari 15 menit, karena hal tersebut dikarenakan kurangnya fasilitas teller dan kurang optimalnya pelayanan yang diberikan oleh teller kepada nasabahnya. Sehingga mengakibatkan turunnya tingkat kepuasan nasabah terhadap Bank Sumsel Babel Cabang Tanjung Pandan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui kinerja sistem antrian dan mengetahui cara pengoptimalan pelayanan nasabah dengan menggunakan metode Multi Channel-Single Phase (MMs). Metode yang digunakan menggunakan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur, wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan yang diberikan dengan menggunakan fasilitas 2 teller masih belum optimal dan tingkat utilitas tellerpun masih sangat rendah ,maka dari itu berdasarkan hasil analisis harus adanya sistem alternatif yang dilakukan oleh bank dengan melakukan penambahan 3 teller dan pengurangan1 teller jumlah teller pada jam dan hari tertentu sehingga dapat membuat penurunan biaya expected cost dari Rp. 3.167.720 menjadi Rp. 2.959.326 dengan tingkat efisiensinya sebesar 6,57%. Abstract: Bank Sumsel Babel Tanjung Pandan Belitung Branch currently has 2 tellers who serve customers every day where in 1 transaction in 30 minutes the teller must complete as many as 6 transactions. However, the fact in the field of the queuing system can reach more than 15 minutes, because this is due to the lack of teller facilities and the suboptimal service provided by the teller to its customers. Thus resulting in a decrease in the level of customer satisfaction with Bank Sumsel Babel Tanjung Pandan Branch. The purpose of this study is to find out the performance of the queuing system and find out how to optimize customer service using the Multi Channel-Single Phase (MMs) method. The method used uses quantitative descriptive with data collection techniques in the form of literature studies, interviews, observations and documentation. The results showed that the services provided using the 2 teller facilities were still not optimal and the level of teller utility was still very low, therefore based on the results of the analysis, there must be an alternative system carried out by the bank by adding 3 tellers and reducing the number of tellers at certain hours and days so as to reduce the expected cost from Rp. 3,167,720 to Rp. 2,959,326 with an efficiency level of Rp. 2,959,326 with an efficiency level of 6,57%.

Page 1 of 2 | Total Record : 20