Kronologi
Kehadiran Jurnal Kronologi sebagai bagian penting dari usaha untuk mengembangkan pengetahuan. Selama ini banyak penelitian hanya tersimpan pada perpustakaan, berdebu dan lapuk serta hilang begitu saja. Lebih lebih hasil penelitian mahasiswa, disamping kuantitasnya yang banyak juga cukup variatif dan menginspirasi. Jurnal Kronologi berusaha menjembatani hal ini. Hasil riset akhir mahasiswa baik yang berkaitan sejarah murni dan penelitian berhubungan dengan pendidikan sejarah. Semuanya dipandang layak untuk dipublikasikan. Jurnal kronologi sebagai wadahnya. Bukan saja hasil penelitian mahasiswa sejarah Universitas Negeri Padang akan tetapi secara luas hasil penelitian akhir mahasiswa dari seluruh universitas yang terdapat di Indonesia.
Articles
13 Documents
Search results for
, issue
"Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi"
:
13 Documents
clear
Dinamika Kehidupan Sosial Ekonomi Penjual Tanaman Hias Di Khatib Sulaiman Kota Padang (1997-2023)
Putra, Rizky;
Fitrisia, Azmi
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.770
Penulisan ini berkaitan dengan Kehidupan Sosial Ekonomi Pedagang Tanaman Hias Di Khatib Sulaiman Kota Padang (1997-2023). Penulisan ini dimulai dari adanya permasalahan yang berkaitan dengan muncul nya pedagang tanaman hias di daerah jalan khatib sulaiman yang dimulai pada tahun 2000an. Usaha tanaman hias ini sedang berkembang dengan sangat pesat. Rata-rata dari beberapa kalangan masyarakat yang berada di wilayah Kota Padang memiliki tanaman yang mempunyai berbagai macam bentuk serta warna yang membuat keindahan sebuah ruangan. Dalam hal ini penulis melakukan penelitian menggunakan metode sejarah, yang mana langkah-langkah yang digunakan untuk mengumpulkan sumber sejarah terdiri dari empat tahapan diantaranya. (1) Heuristik, penulis mencari sumber sumber serta mengumpulkan data dari sumber-sumber yang didapatkan. (2) kritik sumber, dalam hal ini kritik terbagi atas dua diantaranya kritik ekstren serta kritik intern untuk bisa menemukan keabsahan dari sumber yang akan diteliti. (3) interpretasi atau yang disebut juga dengan analisis data yang dimana data ini diperoleh melalui rumusan masalah dalam penelitian ini. (4) historiografis, dalam penelitian ini bisa di ambil kesimpulan jika bisnis tanaman hias cukup berkembang dengan sangat pesat ditahun 2015. Hal ini terlihat dari segi pemasukan masyarakat yang berkembang pesat, serta pendidikan yang mulai diperhatikan, serta kepemanfaatan lahan yang di manfaatkan dengan sangat baik. Kata Kunci : Dinamika, Kehidupan Sosial Ekonomi, Pedagang, Tanaman Hias
Wisata Minat Khusus : Objek Wisata Pendakian di Gunung Marapi (2016-2022)
Resandi, Mario;
Najmi, Najmi
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.786
This research is a historical study that discusses the management of the Mount Marapi climbing tourist attraction from 2016-2022. The aim of this research is to (1) Desribe the management of the climbing tourist attraction on the Koto Baru route in the Mount Marapi Nature Tourism Park by Pokdarwis Koto Baru from 2016-2022 (2) Describe the management of the climbing tourist attraction on the mount Marapi by the West Sumatra Natural Resources Conversation Center. This research uses a historical method with the following steps: Heuristics or data collection, after the data is obtained then the source is criticized using external criticism and internal criticism then continues with interpretation. The final stage is writing history or historiography so that this research can be completed. The result of this research show that there are differences in the management of tourist attractions by each management between the Koto Baru religious tourism awareness group and the West Sumatra Natural Resources Conservation Center, which greatly influences the condition of special interest tourist attractions in terms of mountain climbing.
Kehidupan Sosial Budaya Etnis Tionghoa di Kelurahan Batang Arau Kota Padang 2010-2022
Angelina, Renci Putri;
Erniwati, Erniwati
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.788
Penelitian ini membahas tentang kehidupan sosial budaya Etnis Tionghoa di Kelurahan Batang Arau Kota Padang Tahun 2010-2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana kehidupan sosial budaya Etnis Tionghoa dengan masyarakat sekitar yang ada di Kelurahan Batang Arau Kota Padang. Penelitian ini menggunakan metode sejarah dengan langkah-langkah heuristik, kritik sumber, interpretasi dan juga historiografi. Fokus dari penelitian ini adalah etnis Tionghoa yang ada di Kelurahan Batang Arau, bagaimana mereka menjalankan kehidupan sosial budaya di tengah masyarakat yang beragam etnis ini menjadi fokus artikel ini. Temuan dari penelitian ini adalah jumlah etnis Tionghoa yang ada di Kelurahan Batang Arau yakni sekitar 40% dari keberadaan seluruh warga yang ada di Kelurahan Batang Arau yang mana sisanya merupakan gabungan dari beberapa etnis lainnya seperti Nias, Minangkabau, Batak, Mentawai, dan Jawa. Etnis Tionghoa yang ada di kelurahan Batang Arau menjalani kehidupan sosial budaya dengan sangat baik, tidak ada konflik sosial yang terjadi, mereka hidup secara damai berdampingan dengan beberapa etnis lain seperti Nias, Minangkabau, Batak, Mentawai, dan Jawa yang mendiami wilayah Batang Arau. Begitu juga dengan kebudayaan yang cenderung sama dengan etnis Tionghoa lainnya yang tergabung dalam organisasi kegiatan kebudayaan di Kawasan Kampung Pondok.
Barongsai : Dari Budaya Komunitas Menjadi Tontonan Publik 2000-2022
Putri, Melisa Aprilia;
Erniwati, Erniwati
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.789
Penelitian ini membahas tentang bagaimana perubahan atraksi barongsai yang semula hanya dilakukan di lingkungan komunitas Tionghoa saja kemudian menjadi tontonan publik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana atraksi barongsai yang semulanya hanya dilakukan di komunitas Etnis Tionghoa saja dapat mengalami perubahan menjadi sebuah tontonan yang ditampilkan di hadapan umum bahkan menjadi sebuah event yang diperlombakan baik di tingkat lokal, nasional, maupun internasional. Penelitian ini menggunakan metode sejarah yang mencangkup heuristik, kritik sumber, interpretasi dan historiografi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara historis, barongsai di Kota Padang tetap beraktifitas sebelum tahun 2000, walaupun terbatas hanya di halaman klenteng, rumah masyarakat Tionghoa, dan daerah dengan mayoritas Etnis Tionghoa. Kebijakan politik GusDur dengan mencabut Inpres pada tahun 2000 menjadikan barongsai dapat kembali tampil tanpa adanya batasan, begitupun barongsai di Kota Padang. Terbukti dengan prestasi yang didapat oleh Barongsai HTT dan HBT dalam beberapa perlombaan yang diikuti seperti Indonesia Open pada tahun 2003 di GOR HBT, Kejurnas FOBI tahun 2018, serta Kejurnas di Yogyakarta tahun 2022, bahkan tampil pada event-event yang digelar oleh Pemerintah Kota Padang, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat, dan masyarakat umum.
Pengambangan Bahan Ajar E-Book Sejarah Lokal Awal Masuk dan Berkembangnya Islam di Sumatera Barat
Agustin, Vanny Noer;
Aisiah, Aisiah
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.790
This research was motivated by the difficulty of history teachers finding local history teaching materials, especially about the entry and development of Islam in Minangkabau. The research objectives are; 1) identify the steps for developing local history E-Book teaching materials on the beginning of the entry and development of Islam in Minangkabau, and 2) analyze the feasibility of local history E-Book teaching materials on the beginning of the entry and development of Islam in Minangkabau. This research is research and development (Research and Development R&D). The development model uses a 4D model (Define, Design, Development, Disseminate). The trial subjects for E-Book teaching materials involved history experts (lecturers at the FIS UNP history department) and teaching materials experts (lecturers at the FIS UNP history department). Data were collected using a validation sheet in the form of a 4 category Likert scale. Data analysis uses the average formula. The results of the material feasibility test were shown by an average score of 3.43 (very feasible) by two historical material experts, while the average score of the E-Book teaching material feasibility test was 3.63 (very feasible) by two material experts. Keywords: teaching materials, E-Books, history learning, local history, Islam in Minangkabau.
Perkembangan Pasar Inpres Painan Tahun 1976-2020
Zaid, Alrasid Azim;
Asri, Zul
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.791
Penelitian ini fokus pada Pasar Inpres Painan, sebuah pasar tradisional di Kabupaten Pesisir Selatan. Pembangunan pasar ini dimulai pada 1976 di lahan 7.500 meter persegi, menggantikan Pasar Salido sebagai pusat perdagangan. Kebakaran tahun 2007 memicu pembangunan kembali dan modernisasi pasar. Pembangunan difokuskan pada peningkatan infrastruktur, fasilitas, dan tata letak pasar. Pasar ini menampung pedagang dari berbagai latar belakang, memainkan peran penting dalam perekonomian lokal, dan dikelola oleh Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini mengidentifikasi tantangan dalam transformasi pasar tradisional menjadi pasar modern serta peran pemerintah dalam pengembangan pasar. Metode penelitian sejarah digunakan untuk menganalisis perkembangan pasar dari tahun 1976 hingga 2020, dengan memeriksa data primer dan sekunder serta menerapkan prinsip historiografi. Dalam mengelola pasar, pemerintah daerah memainkan peran sentral dalam penyediaan kebijakan teknis dan alokasi anggaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa Pasar Inpres Painan masih menjalani proses transformasi menjadi pasar modern, dengan tantangan dan peran pemerintah yang signifikan dalam proses tersebut.
Biografi Alvia Santoni : Dari Akademisi ke Politisi Tahun 1998 - 2023
Veronika, Mutiara Rejani;
Asri, Zul
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.792
This study aims to provide an overview of the life journey and contributions of Alvia Santoni, the Deputy Mayor of Sungai Penuh, from being an academician to becoming a politician, along with his influences and roles. The author is interested in selecting Alvia Santoni as the subject of this biography because throughout his career in academia and politics, he has made significant advancements in the field of education in Sungai Penuh, Kerinci. The method used in this research is the historical method, which consists of several stages including heuristic, source criticism, interpretation, and historiography. The results of this study indicate that Alvia Santoni is a figure from Pondok Tinggi District, Sungai Penuh City. Known as Antos, he began his career as an academician by teaching and working in the library at the Academy of Business Administration (A2N) Kerinci in 1998. Antos was actively involved in the establishment of the College of Economics (STIE) – SAK. For 21 years, Antos served as a lecturer at STIE – SAK and from 2017 to 2020, he served as the Chairman of STIE – SAK. Eventually, Antos assumed the position of Deputy Mayor of Sungai Penuh from 2021 to 2024. Throughout his career as an academician and politician, Antos played various roles for Sungai Penuh, Kerinci, particularly in the field of education.
Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Pembelajaran Sejarah Lokal Jalur Rempah di Minangkabau
Iskandar, Meisya Alifa;
Aisiah, Aisiah
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.794
Abstract : This research aims to map the needs for developing E-Modules for local history learning on the Spice Route in Minangkabau in history subjects in high school phase E (class X) from the aspect of analyzing curriculum needs, teacher needs and student needs. The research method uses a quantitative and qualitative descriptive approach (Mix Methods). The research data sources come from curriculum documents, teachers and students. The types of data collected are quantitative data and qualitative data related to the analysis of the needs for developing an E-Module on the local history of the spice route in Minangkabau. Data collection techniques were carried out using questionnaires (quantitative data) and by observation and interviews (qualitative data). Data analysis was carried out quantitatively using percentages (%) and descriptively qualitatively. The general research findings are that teachers and students need learning resources in the form of E-Modules about the local history of the spice route in Minangkabau. The specific research finding is that the E-Module on the local history of the Spice Route in Minangkabau is needed by high school teachers and students. History learning e-modules are needed to meet curriculum demands. The Independent Curriculum requires local history to be taught as stated in the History Learning Outcomes. History teachers need the Minangkabau Spice Route local history E-Module. Students also need a local history E-Module to support history learning in implementing the independent curriculum. It is hoped that the e-module that will be developed can help teachers and students understand the Spice Route in Minangkabau. Keywords: E-Module, Spice Route, History Learning, Minangkabau Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk memetakan kebutuhan pengembangan E-Modul pembelajaran sejarah lokal Jalur Rempah di Minangkabau pada mata pelajaran sejarah di SMA fase E (kelas X) dilihat dari aspek analisis kebutuhan kurikulum, kebutuhan guru dan kebutuhan peserta didik. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dan kualitatif (Mix Methods). Sumber data penelitian berasal dari dokumen kurikulum, guru dan siswa. Jenis data yang dikumpulkan yakni data kuantitatif dan data kualitatif terkait analisis kebutuhan pengembangan E-Modul sejarah lokal jalur rempah di Minangkabau. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner (data kuantitatif) dan dengan cara observasi maupun wawancara (data kualitatif). Analisis data dilakukan secara kuantitatif menggunakan persentase (%) dan secara deskripsif kualitatif. Temuan penelitian secara umum guru dan siswa membutuhkan sumber belajar dalam bentuk E-Modul tentang sejarah lokal jalur rempah di Minangkabau. Temuan khusus penelitian yakni E-Modul sejarah lokal Jalur Rempah di Minangkabau dibutuhkan oleh guru dan siswa SMA. E-Modul pembelajaran sejarah dibutuhkan untuk memenuhi tuntutan kurikulum. Kurikulum Merdeka mensyaratkan adanya sejarah lokal yang harus diajarkan seperti yang tertuang dalam Capaian Pembelajaran Sejarah. Guru sejarah membutuhkan E-Modul sejarah lokal Jalur Rempah Minangkabau. Siswa juga membutuhkan E-Modul sejarah lokal untuk menunjang pembelajaran sejarah dalam implementasi kurikulum merdeka. E-Modul yang akan dikebangkan diarapkan dapat membantu guru dan siswa dalam memahami Jalur Rempah di Minangkabau. Kata Kunci : E-Modul, Jalur Rempah, Pembelajaran Sejarah, Minangkabau
Pemetaan Pembelajaran Sejarah Bermuatan Lokal Materi Kerajaan Hindu-Budha di Sumatera Barat
Sauma, Syifa;
Aisiah, Aisiah
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.795
ABSTRACT This research aims to map history learning with local content on Hindu-Buddhist kingdom material in West Sumatra in history subjects in high school phase E (class X) in terms of curriculum needs and teacher needs. The research method uses a quantitative and qualitative descriptive approach (Mix Methods). The research data source came from a Google form filled in by 17 SMA/MA history teachers in West Sumatra and the results of interviews with history teachers at SMA Negeri 12 Padang. Data analysis was carried out quantitatively using percentages (%) and descriptively qualitatively. The findings of this research are, 1) the majority (72%) of high school/MA history teachers in West Sumatra have not carried out local content history lessons, 2) if we look at the availability of textbooks, the majority of teachers admit that textbooks are not yet available in schools, 3) most teachers use sources from the internet, 4) the models and methods used by teachers are problem based learning and group discussions. Keyword: Mapping, History Learning, Local Content.
Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Interaktif Sebagai Bahan Ajar Sejarah di SMA
Atthahira, Atthahira;
Hastuti, Hera
Jurnal Kronologi Vol 6 No 1 (2024): Jurnal Kronologi
Publisher : Jurusan Sejarah FIS UNP
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24036/jk.v6i1.797
Penelitian ini bertujuan untuk mengumpulkan berbagai informasi serta menganalisisnya untuk mengetahui kebutuhan pengembangan e-modul interaktif dalam proses pembelajaran sejarah. Penelitian berangkat dari permasalahan terkait minimnya pemanfaatan bahan ajar dan sumber belajar untuk meningkatkan pemahaman peserta didik akan materi sejarah yang dipelajari, peserta didik sulit untuk mengakses sumber belajar, dan buku paket sejarah berbentuk cetak kurang menumbuhkan minat baca peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan observasi dan wawancara sebagai teknik pengumpulan datanya. Data yang didapatkan dianalisis dengan teknik analisis data deskriptif kualitatif. Penelitian ini menghasilkan berbagai bentuk analisis, mulai dari analisis guru dan peserta didik, analisis kurikulum, analisis sarana dan prasarana serta analisis kebutuhan e-modul interaktif itu sendiri dalam proses pembelajaran sejarah. Pada analisis kurikulum dihasilkan bahwa materi yang akan disajikan di dalam e-modul interaktif ini adalah Asal Usul dan Persebaran Nenek Moyang Bangsa Indonesia. Materi sejarah tersebut dipelajari di fase E kelas X pada semester ganjil. Terdapat tiga tujuan pembelajaran yang harus dicapai oleh peserta didik, yaitu: 1) menganalisis hubungan keadaan alam pada masa Pra Aksara dengan migrasi dan persebaran manusia purba; 2) membandingkan teori-teori tentang asal usul nenek moyang bangsa Indonesia; dan 3) menganalisis persebaran nenek moyang bangsa Indonesia (Papua Melanesoid, Proto Melayu, dan Deutro Melayu). Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, E-Modul Interaktif, Bahan Ajar, Pembelajaran Sejarah