cover
Contact Name
Erwinsyah Tuhuteru
Contact Email
clapeyron.unkhair@gmail.com
Phone
+6281244380182
Journal Mail Official
clapeyron.unkhair@gmail.com
Editorial Address
Jl. Yusuf Abdulrahman, Gambesi, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate
Location
Kota ternate,
Maluku utara
INDONESIA
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Published by Universitas Khairun
ISSN : -     EISSN : 2776463X     DOI : -
Core Subject : Engineering,
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil adalah merupakan wadah ilmiah untuk menyebarluaskan hasil-hasil penelitian dan kajian analisis yang berkaitan dengan bidang teknik dan Rekayasa yang diterbitkan oleh Program Studi Magister Teknik Sipil Program Pascasarjana Universitas Khairun. CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil terbit 2 (dua) kali dalam setahun pada bulan Juni dan Desember. Alamat Digital Object Identifier (DOI) yang diterbitkan dari Crossref DOI: http://doi.org/10.3387/clapeyron
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2023): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil" : 5 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN SERAT POLYETHYLENE TEREPHTHALATE TERHADAP KARAKTERISTIK MARSHALL CAMPURAN ASPAL BETON AC BASE Abdul Gaus; Nuramaiyasa Marsaoly; Kardiman Kardiman; Aris Abdul
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2023): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v4i1.6121

Abstract

Beberapa dekade terakhir, plastik telah membawa banyak kemudahan bagi kehidupan masyarakat, namun plastik juga telah menyebabkan banyak masalah bagi lingkungan. Untuk mengatasi masalah ini, daur ulang plastik merupakan salah satu alternatif, yang lain dengan menggantikan material alami yang ada sekarang dengan mengguakan plastik telah mendapatkan perhatian yang signifikan dari para peneliti. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh limbah plastik jenis PET pada campuran aspal beton AC Base berdasarkan karakteristik marshall campauran aspal. Berdasarkan pengujian marshall diketahui bahwa penambhan PET pada campuran aspal dapat meningkatkan nilai stabilitas pada campuran aspal beton. Penggunaan Serat PET memberikan dampak yang positif sehingga dapat dikembang untuk penelitian selanjutnya
PERSEPSI PENGGUNA TRANSPORTASI LAUT TERHADAP KINERJA PELABUHAN LAUT RUM DAN PELABUHAN LAUT SARIMALAHA Syamsuddin Do Taher; Raudha Hakim; Arbain Tata
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2023): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v4i1.6123

Abstract

Kebutuhan sarana transportasi penyeberangan laut di Kota Tidore Kepulauan mengalami peningkatan progresif akibat semakin banyaknya sejumlah kegiatan yang membutuhkan jasa transportasi terutama angkutan penyeberangan, sehingga bertambahnya insentitas pergerakan antara pulau di Kota Tidore Kepulauan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk tingkat kinerja pelayanan transportasi laut di pelabuhan laut Rum dan pelabuhan laut Sarimalaha. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Importance Performance Analysis (IPA) dan Customer Satisfaction Index (CSI).Berdasarkan hasil analisis data menggunakan metode Importance Performance Analysis atau IPA beberapa atribut yang menjadi prioritas utama dalam perbaikan Pelabuhan Rum diantaranya adalah toilet yang bersih dan wangi, Musholah yang bersih, tempat parkir aman, perlengkapan hyginies, petugas yang selalu menerapkan senyum, salam, sapa. Pada Pelabuhan Laut Sarimalaha yang perlu dilakukan perbaikan antara lain toilet bersih dan wangi, Musholah yang bersih, perlengkapan hyginies, petugas yang selalu menerapkan senyum, salam, sapa. Berdasarkan hasil metode Customer Satisfaction Index atau CSI tingkat kepuasan pengguna jasa Pelabuhan Rum secara keseluruhan 0,59 berdasarkan kriteria nilai Customer Satisfaction Index berada pada range 0,51 - 0,65 dengan kriteria cukup puas dan harus ditingkatkan. Sedangkan Pelabuhan Sarimalaha 0,50 berada pada range 0,35 - 0,50 dengan kriteria kurang puas berdasarkan3 kriteria nilai Customer Satisfaction Index atau CSI.
MODEL PERGERAKAN PENDUDUK PADA WILAYAH KEPULAUAN (STUDI KASUS PULAU TIDORE) Farah Nur Muhammad; Raudha Hakim; Abdul Gaus
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2023): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v4i1.6142

Abstract

Bangkitan pergerakan adalah tahapan pemodelan yang memperkirakan jumlah pergerakan yang berasal dari suatu zona yang tertarik ke suatu zona. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model bangkitan pergerakan dan mengestimasi besarnya pergerakan yang terjadi pada empat kecamatan di pulau Tidore. Metode pengumpulan data dilakukan dengan metode kuesioner dan wawancara sebagai alat ukur dengan satuan rumah tangga sebagai sampel yang dilakukan secara acak dengan metode purposive sampling. Analisis data akan dilakukan dengan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis regresi linier berganda dan matriks asal tujuan (MAT) dengan menggunakan uji asumsi klasik dan metode furness, Hasil analisis disimpulkan uji asumsi klasik bahwa model persamaan terbaik yang dihasilkan untuk pergerakan penduduk perhari pada empat kecamatan, yaitu Y = 2.501 + 0.115 (X1) + 0.281(X2) + 0.916 (X3) + 0. 379 (X4) + -0.223 (X5) + 0.220 (X6).
EVALUASI PENGENDALIAN WAKTU PADA PROYEK PEMBANGUNAN MASJID RAYA SOFIFI Sufiati Abdullah; Sabaruddin Sabaruddin; Raudha Hakim
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2023): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v4i1.6144

Abstract

Dalam Pelaksanaan Pembangunan Masjid Raya Sofifi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pengendalian waktu harus diperhatikan karena keterlambatan penyelesaian proyek akibat tidak tepatnya waktu yang direncanakan akan sangat berpengaruh terhadap aspek lainnya yaitu biaya dan mutu. Bila suatu proyek mengalami keterlambatan penyelesaian waktu tentu akan sangat berpengaruh pada bertambahnya biaya. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi pustaka. Kuesioner dibuat dengan menggunakan pertanyaan terbuka, yaitu terdiri dari pertanyaan-pertanyaan untuk menjelaskan identitas responden, dan pertanyaan tertutup, yaitu pertanyaan yang meminta responden untuk memilih salah satu jawaban yang tersedia dari setiap pertanyaan. berdasarkan hasil analisis dari data di atas dengan menggunakan analisa purposive sampling di dapatkan Pada fungsi manajemen pelaksanaan indicator waktu, Sering terjadinya keterlambatan pekerjaan, yang memiliki nilai rata – rata (mean) 2,67 dan termasuk antara 2,5 X 3,5 yang berarti faktor tersebut berpengaruh. Pada fungsi manajemen pelaksanaan indicator waktu, Sering terjadinya keterlambatan pekerjaan, yang memiliki nilai rata – rata (mean) 2,67 dan termasuk antara 2,5 X 3,5 yang berarti faktor tersebut berpengaruh.  Sedangkan yang menempati rangking terbawah waktu, Kinerja kontraktor kurang optimal, memiliki nilai rata – rata (mean) 2,36 dan termasuk antara 1,75 X 2,50, yang berarti factor tersebut kurang berpengaruh.
PENGARUH MASJID RAYA SOFIFI TERHADAP TARIKAN KENDARAAN Sutanto Sutanto; Sabaruddin Sabaruddin; Mustamin Rahim
CLAPEYRON: Jurnal Ilmiah Teknik Sipil Vol 4, No 1 (2023): Clapeyron : Jurnal Ilmiah Teknik Sipil
Publisher : Program Studi Teknik Sipil, Universitas Khairun

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.33387/clapeyron.v4i1.6145

Abstract

Masjid Raya Sofifi memiliki daya tarik tersendiri, disamping pelataran yang luas juga terletak di area yang strategis serta memiliki ciri khas fasad bangunan yang di dominasi oleh karawangan yang merupakan hal baru di Maluku Utara kususnya daratan Halmahera. Pelataran Masjid Raya Sofifi yang luas, juga didukung fasilitas sekitarnya yang juga dapat mendukung Masjid Raya Sofifi dalam menyelenggarakan event nasional seperti ruang terbuka hijau yang terdiri empat segmen dengan masing – masing fungsinya, kemudian area UMKM dimana area ini terdiri dari stan – stan jualan juga halaman yang luas, kedua tempat tersebut ada koneksi langsung dengan Masjid Raya Sofifi terutama untuk sirkulasi kendaraan. Penelitian dilakukan dengan melakukan survei langsung dilapangan untuk mendapatkan data primer dan sekunder, data sekunder didapat dari pihak Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Provinsi Maluku Utara. Selanjutnya dilakukan pengkajian terhadap standar-standar yang ada mengenai pengelolaan parkir kemudian dilakukan analisa data untuk mengetahui nilai bangkitan dan karakteristik parkir. Sehingga didapatkan tarikan perjalanan yang terjadi di Masjid Raya Sofifi Sofifi sebesar 125 smp/hari. Untuk tarikan perjalanan berbanding jumlah daya tampung jemaah masjid sebesar 0.0417 smp/daya tampung/hari, dan 2.       Dari luasan lahan parkir tersedia yaitu 3818.25 m2 dibagi menjadi 327 petak parkir untuk sepeda motor dengan luasan 490.50 m2 dan 58 petak parkir untuk mobil dengan luasan 725 m2 dimana jumlah petak parkir ini melebihi kebutuhan lahan parkir.

Page 1 of 1 | Total Record : 5