cover
Contact Name
Suhaimi
Contact Email
journalrekatekft@gmail.com
Phone
+6285260489941
Journal Mail Official
journalrekatekft@gmail.com
Editorial Address
Fakultas Timur Universitas Almuslim Jl. Kampus Timur, Paya Cut, Peusangan, Kabupaten Bireuen, Aceh 24261 e-mail : journalrekatekft@gmail.com www.ft.umuslim.ac.id
Location
Kab. bireuen,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Rekayasa Teknik dan Teknologi
Published by Universitas Almuslim
ISSN : 24078123     EISSN : 28286979     DOI : -
Core Subject : Engineering,
Rekatek: Jurnal Rekayasa Teknik dan Teknologi merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh Fakultas Teknik Universitas Almuslim Bireuen Aceh dengan nomor p-ISSN 2407-8123 dan e-ISSN 2828-6979, Rekatek merupakan sarana publikasi dari hasil penelitian dosen, penelitian mahasiswa maupun kajian ilmiah yang memberikontribusi pada pengembangan teori, serta aplikasinya terhadap bidang rekayasa dan teknologi. Jurnal yang dimuat berupa artikel yang belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Jurnal Rekatek menerbitkan dua edisi setiap tahun yaitu pada bulan Januari dan Juli setiap tahunnya. Mengenai informasi pedoman penulisan artikel termuat pada templet dan prosedur pengiriman ada pada setiap terbitan jurnal. Semua artikel yang masuk akan melalui peer-review process setelah memenuhi persyaratan sesuai pedoman penulisan artikel.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol 3 No 1: Jurnal Rekayasa Teknik dan Teknologi (Rekatek), Januari 2019" : 1 Documents clear
STUDI VARIASI PENAMBAHAN SERAT KARET BAN BEKAS TERHADAP KUAT TEKAN DAN KUAT TARIK BELAH BETON DENGAN FAKTOR AIR SEMEN 0,5 R. Dedi Iman Kurnia; Iskandar Aziz; Faisal Faizal
Jurnal Rekayasa Teknik dan Teknologi Vol 3 No 1: Jurnal Rekayasa Teknik dan Teknologi (Rekatek), Januari 2019
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Al Muslim Bireuen Aceh

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (569.829 KB)

Abstract

Karet dikenal sebagai bahan yang ringan dan mempunyai daktalitas tinggi yang serta tahan terhadap deformasi. Limbah karet ban bekas memiliki daya tahan yang baik sehingga sulit untuk didaur ulang. Alasan utama penggunaan limbah karet ban bekas pada campuran beton adalah untuk meningkatkan ketangguhan tarik. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kelayakan penggunaan serat karet ban bekas sebagai bahan tambah dalam campuran beton serta untuk mengetahui nilai kuat tekan dan kuat tarik belah beton dengan penambahan serat ban bekas berdasarkan variasi persentase penggunaan serat. Penelitian dilakukan terhadap beton normal dengan nilai FAS 0.5. Benda uji yang digunakan berbentuk silinder ΓΈ15 x 30 cm. Variasi persentase serat yang digunakan adalah 0 % (BN), 0,5% (BSBB1), 0,75% (BSBB2) dan 1% (BSBB3) dari volume campuran beton. Besarnya nilai slump untuk BN, BSBB1, BSBB2 dan BSBB3 adalah 8.50 cm, 3.70 cm, 3.50 cm, 1.50 cm. Semakin besar persentase penambahan serat karet ban bekas yang digunakan mengakibatkan penurunan nilai slump yang semakin besar. Hasil pengujian kuat tekan yang diperoleh untuk BN, BSBB1, BSBB2 dan BSBB3 masing - masing adalah 31.33 MPa, 30.79 MPa, 30.51 MPa, dan 29.65 MPa. Hasil pengujian kuat tarik belah BN adalah sebesar 2.81 MPa. Untuk BNS 1, BNS 2 dan BNS 3 adalah 3.10 MPa, 3.38 MPa dan 3.17 MPa. Berdasarkan hasil penelitian terjadi peningkatan nilai kuat tarik belah beton untuk setiap variasi persentase penambahan serat karet ban bekas. Peningkatan yang paling optimal terjadi pada variasi penambahan 0,75% (BSBB2) dengan persentase peningkatan sebesar 16.94 % dari nilai kuat tarik belah benda uji BN. Penambahan serat karet ban bekas menyebabkan beban maksimum yang diterima oleh benda uji tidak hanya diterima oleh matrik beton, akan tetapi juga ikut dibantu oleh serat.

Page 1 of 1 | Total Record : 1