cover
Contact Name
Flesia Welly Ferianti
Contact Email
flesiawellyferianti@gmail.com
Phone
+6282251430097
Journal Mail Official
jurnalalkhawarizmi2@gmail.com
Editorial Address
STKIP Melawi JL. RSUD KM4 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi, Kalimantan Barat
Location
Kab. melawi,
Kalimantan barat
INDONESIA
Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika
ISSN : -     EISSN : 27762270     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Pendidikan Matematika publishes original research papers, case reports, and review articles. The publication include the topic abaut Mathematics education
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1" : 14 Documents clear
Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori John Dewey Ditinjau Dari Self Efficacy Syahri, Andi Alim; Hikmah, Suci Nurul; Rara, Kristiawati
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1674

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemecahan masalah berdasarkan teori John Dewey Ditinjau dari self efficacy pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 24 Bulukumba. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Indikator pemecahan masalah yang digunakan berfokus pada teori John Dewey yang terdiri atas 5 tahapan yaitu 1) menyajikan masalah, 2) mendefinisikan masalah, 3) merumuskan hipotesis, 4) pengujian hipotesis, dan 5) merumuskan rekomendasi pemecahan masalah.  Dalam penelitian ini, subjek berjumlah 3 orang siswa yang mewakili masing-masing tingkat kategori self efficacy. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket self efficacy, soal tes kemampuan pemecahan masalah dan pedoman wawancara. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi metode. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa   1) subjek dengan kategori self efficacy tinggi mampu memenuhi 5 indikator pemecahan masalah yaitu pada tahapan mengenali masalah, mendefinisikan masalah, merumuskan hipotesis, pengujian hipotesis dan merumuskan rekomendasi pemecahan masalah. 2) subjek dengan kategoriself efficacy sedang mampu menyelesaikan soal dengan baik, akan tetapi hanya mampu memenuhi 2 indikator pemecahan masalahyaitu pada tahap mengenali/menyajikan masalah dan mendefinisikan masalah. Sedangkan 3) subjek dengan kategori self efficacy rendah mampu menyelesaiakan soal nomor 1 dengan benar akan tetapi hanya mampu memenuhi 2 indikator pemecahan masalah yaitu pada tahap mengenali/menyajikan masalah dan mendefinisikan masalah.
Pengaruh Metode Pembelajaran Hybrid Terhadap Self-Efficacy Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Lubis, Ulfa Annisa; Diva, Dian Fatma
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.2313

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh metode pembelajaran hybrid terhadap self-efficacy siswa dalam pembelajaran matematika di Indonesia. Metode pembelajaran hybrid menggabungkan pembelajaran tatap muka dengan pembelajaran online, yang memungkinkan siswa untuk berinteraksi langsung dengan guru dan teman sebaya serta belajar secara mandiri sesuai dengan kecepatan mereka sendiri. Penelitian ini menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pretest-posttest control group design. Partisipan penelitian ini  dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen yang mengikuti metode pembelajaran hybrid dan kelompok kontrol yang mengikuti metode pembelajaran konvensional.Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran hybrid memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap self-efficacy siswa dalam matematika. Rata-rata skor self-efficacy siswa pada kelompok eksperimen meningkat dari 3.2 menjadi 4.0, sementara pada kelompok kontrol hanya meningkat dari 3.1 menjadi 3.2. Analisis paired samples test menunjukkan perbedaan yang signifikan antara kedua kelompok (p 0.05). Selain itu, prestasi matematika siswa pada kelompok eksperimen juga meningkat lebih signifikan dibandingkan dengan kelompok kontrol. Temuan ini mendukung penerapan metode pembelajaran hybrid sebagai strategi efektif untuk meningkatkan self-efficacy dan prestasi siswa dalam matematika.
Mengatasi Kurangnya Minat Belajar Dalam Pelajaran Matematika Strategi Efektif Untuk Mendorong Semangat Siswa fahrulita, Erina rina; Sudiansyah, Sudiansyah
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1824

Abstract

Abstrak : Penelitian ini mengeksplorasi minat belajar Matematika siswa di Sekolah Menengah Kejuruan dengan sampel 64 siswa kelas XI SMKN 2 Kabupaten Ketapang. Hasil menunjukkan bahwa 77,20% siswa menunjukkan sikap positif terhadap Matematika, memberikan dasar kuat untuk meningkatkan minat belajar. Meskipun 69,63% siswa menganggap Matematika sulit, pendekatan praktis dengan menggunakan contoh kasus dunia nyata mendapat respons positif dari 87,10% siswa, menunjukkan keberhasilan strategi tersebut. Guru berperan penting, dengan 61,29% siswa yakin bahwa dukungan guru dapat meningkatkan minat belajar. Kesadaran siswa terhadap strategi peningkatan minat belajar mencapai 91,29%, terutama terkait penyesuaian jadwal dan istirahat. Kegiatan kelompok mendukung minat belajar, ditunjukkan oleh 87,10% siswa yang berkolaborasi, dan 83,87% mendukung kegiatan kelompok. Penggunaan alat pembelajaran khusus dan sumber interaktif diakui positif oleh 93,55% dan 90,32% siswa. Dukungan lingkungan belajar yang disiplin mendapat penerimaan tinggi (77,42%). Temuan ini memberikan masukkan untuk implementasi strategi-strategi tersebut guna meningkatkan efektivitas pembelajaran dan minat belajar siswa. Kata Kunci: Minat Belajar, Strategi Efektif, Semangat Siswa  Abstract : This research explores the interest of vocational high school students in Mathematics, involving 64 participants. Findings reveal that 77.20% of students exhibit a positive attitude towards Mathematics, providing a robust foundation for enhancing learning interest. Despite 69.63% considering Mathematics difficult, a practical approach using real-world examples received a positive response from 87.10% of students, indicating the success of this strategy. Teachers play a crucial role, with 61.29% of students believing that teacher support can boost learning interest. Student awareness of learning interest improvement strategies reaches 91.29%, particularly regarding schedule adjustments and breaks. Group activities support learning interest, demonstrated by 87.10% of collaborating students, and 83.87% supporting group activities. The use of specialized learning tools and interactive resources is positively acknowledged by 93.55% and 90.32% of students, respectively. Disciplined learning environment support receives high acceptance (77.42%). These findings guide the implementation of these strategies to enhance learning effectiveness and student interest. Keywords: Learning Interest, Effective Strategies, Student Enthusiasm
Analisis Kesulitan Siswa dalam Proses Pemecahan Masalah Matematis pada Materi SPLDV Berdasarkan Langkah Polya Taqiyudin, Muhammad Afif; Fasya, Robby Ismail; Sholahuddin, Dzaki Fadhillah; Herman, Tatang; Hasanah, Aan
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1767

Abstract

Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kesulitan siswa dalam proses pemecahan masalah matematis pada materi sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan langkah-langkah Polya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian siswa pada salah satu SMA Swasta di Bekasi. Pemilihan subjek dilakukan dengan wawancara kepada guru yang mengajar dan didapatkan satu subjek dengan tingkat pemecahan masalah sedang dan dua subjek dengan tingkat pemecahan masalah rendah. Selanjutnya, siswa diberikan tugas pemecahan masalah Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Dalam pemecahan masalah, digunakan langkah-langkah pemecahan masalah menurut Polya, yaitu memahami masalah, menyusun rencana pemecahan masalah, melaksanakan rencana pemecahan, dan memeriksa kembali hasil pemecahan. Dari analisis data, siswa dengan kemampuan sedang mampu melakukan perencanaan pemecahan masalah serta mampu menyelesaikan pemecahan masalah secara tepat. Namun siswa tidak melakukan tahap pemeriksaan kembali. Siswa dengan kemampuan penalaran rendah tidak mampu dalam memahami masalah serta melakukan perencanaan pemecahan masalah. Penyelesaian masalah yang diberikan oleh siswa dengan kemampuan penalaran rendah juga tidak tepat dan tidak melakukan pemeriksaan kembali. Disarankan kepada guru untuk mengecek kembali pemahaman siswa mengenai materi prasyarat danmemanfaatkan teknologi dengan tujuan mengurangi kesulitan siswa dalam memahami materi.
PENERAPAN TEORI POLYA PADA MATERI SIMETRI LIPAT DI MI/SD Putri, Alliyah; Antika, Defi
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1727

Abstract

Abstrak: Penggunaan teori polya dalam proses pemebelajaran masih menjadi hal yang jarang digunkan, dikarenakan butuh pemahaman dan ketelitian yang tinggi. Tujuan penellitian ini adalaah untuk menegetahui keberhasilan penerapan teori polya pada materi simetri lipat secara optimal. Penelitian ini menggunakan Teknik pengumpulan data menggunakan data kuantitatif yang relevan dan data terkumpul menggunakan wawancara dan observasi yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif yang termasuk dalam kategori data kualitatif. Objek kajiannya adalah siswa SD/MI. Analisis data di lakukan dengan mengkaji subtansi dan materi penerapan teori polya pada materi simetri lipat. Hasil penelitian menyatakan bahwa penerapan teori polya pada materi simetri lipat ini sudah berljalan dengan baik.Kata Kunci: Teori, Polya, Simetri Lipat    Abstract: The use of polya theory in the learning process is still something that is rarely used, because it requires high understanding and precision. The aim of this research is to find out the success of optimally applying polya theory to fold symmetry materials. This research uses data collection techniques using relevant quantitative data and data collected using interviews and observations which are analyzed using qualitative analysis which is included in the qualitative data category. The object of study is elementary/MI students. Data analysis was carried out by examining the substance and material of applying polya theory to fold symmetry materials. The results of the research state that the application of polya theory to fold symmetric materials has gone well.Keywords:Theory, Linear Symmetry, PolyaPENERAPAN TEORI POLYA PADA MATERI SIMETRI LIPAT DI MI/SD
IMPLIKASI KURANGNYA PRASARANA PENDIDIKAN TERHADAP PENDIDIKAN MATEMATIKA: MENYADARI PENTINGNYA FASILITAS YANG MEMADAI permatasari, eviani dwi; Sudiansyah, Sudiansyah
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1825

Abstract

Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi implikasi kurangnya prasarana pendidikan terhadap pembelajaran matematika di SMKN 1 Matan Hilir Utara, Kalimantan Barat, dengan fokus pada guru dan siswa kelas X dengan jumlah responden 60 orang. Melalui pengumpulan data melalui angket, wawancara, dan observasi, hasil penelitian menunjukkan bahwa 64,52% responden menyatakan dampak signifikan kurangnya fasilitas pendidikan terhadap motivasi belajar matematika. Mayoritas responden (54,84%) juga mengakui dampak yang cukup besar terhadap kualitas hasil belajar matematika. Analisis data menyoroti kesadaran tinggi (78,06%) akan dampak kurangnya fasilitas pendidikan dalam menghambat proses belajar siswa. Rekomendasi peningkatan fasilitas pendidikan diharapkan dapat meningkatkan motivasi, hasil belajar, serta pemahaman konsep matematika siswa, sesuai dengan perkembangan teknologi. Studi ini membentuk dasar bagi advokasi perbaikan fasilitas pendidikan dan investasi dalam lingkungan pembelajaran yang kondusif, dengan tujuan meningkatkan efektivitas pembelajaran matematika di SMKN 1 Matan Hilir Utara. Kata Kunci: implikasi, prasarana, pembelajaran matematika  Abstract: This study employs a qualitative descriptive method to explore the implications of the lack of educational infrastructure on mathematics learning at SMKN 1 Matan Hilir Utara, West Kalimantan, with a focus on teachers and X-grade students, totaling 60 respondents. Through data collection via questionnaires, interviews, and observations, the research findings indicate that 64.52% of respondents acknowledge a significant impact of inadequate educational facilities on the motivation for learning mathematics. Moreover, the majority of respondents (54.84%) also recognize a considerable impact on the quality of mathematics learning outcomes. Data analysis highlights a high awareness (78.06%) of the impact of insufficient educational facilities in hindering the learning process of students. Recommendations for improving educational facilities are expected to enhance motivation, learning outcomes, and the understanding of mathematical concepts among students, in line with technological advancements. This study serves as a foundation for advocating improvements in educational facilities and investments in a conducive learning environment, with the aim of enhancing the effectiveness of mathematics learning at SMKN 1 Matan Hilir Utara.Keywords: implications, infrastructure, mathematics learning.  
BARISAN BILANGAN TERKAIT DENGAN AL-QUR’AN SURAH AS-SHAF 4 Khairunnisa, Khairunnisa; Damayanti, Linda
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1720

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Barisan Bilangan terkait dengan Al-qur’an Surah As-Shaf ayat 4. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kulitatif dengan metode studi kepustakaan. Penelitian deskriptif kualitatif adalah penelitian yang mendeskripsikan data apa adanya, menjelaskan data atau kejadian dengan kalimat-kalimat penjelas dengan cara kualitatif, Sementara studi kepustakaan merupakan pengumpulan data dengan mengadakan studi penelaaahan buku-buku, literature-literatur, catatan-catatan, dan laporan-laporan yang berhubungan dengan masalah yang akan dipecahkan. Kitab suci Al-Quran telah menjelaskan mengenai ilmu-ilmu pengetahuan salah satunya yakni matematika terkait materi deret barisan bilangan. Hasil penelitian ini berupa: (1) Q.s As-shaf ayat 4 berkaitan dengan materi deret barisan, (2) Deret ialah susunan bilangan real yang dibentuk mengikuti aturan tertentu, secara umum barisan terbagi 2 yakni barisan aritematika dan barisan geometri.Kata Kunci: Al-Qur’an, Barisan Bilangan, Matematika Abstract : This research aims to describe the Number Sequence related to the Al-Qur'an Surah As-Shaf verse 4. This research uses qualitative descriptive research with a library study method. Qualitative descriptive research is research that describes data as it is, explaining data or events with explanatory sentences in a qualitative way. Meanwhile, library research is collecting data by conducting studies reviewing books, literature, notes and reports. related to the problem to be solved. The holy book Al-Quran has explained the sciences, one of which is mathematics related to the material of number series. The results of this research are; (1) Q.s As-shaf verse 4 relates to the material of sequences, (2) Series are arrangements of real numbers which are formed following certain rules, in general sequences are divided into 2, namely arithmetic sequences and geometric sequences.Keywords: Al-Qur’an, Number Sequences, Mathematics
DAMPAK KURANGNYA PRAKTIK DALAM PELAJARAN MATEMATIKA: PENTINGNYA LATIHAN TERSTRUKTUR BAGI PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA Apriani, Feny; Sudiansyah, Sudiansyah
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1856

Abstract

Abstrak: Penelitian ini mengeksplorasi dampak kurangnya praktik dalam pembelajaran matematika terhadap siswa tingkat menengah. Dari hasil kuisioner, 54,84% responden mengalami dampak signifikan dari kurangnya waktu praktik, memengaruhi keterlibatan dalam aktivitas matematika di luar jam pelajaran. Sementara 32,26% merasakan dampak pada kualitas praktik matematika, menunjukkan kesulitan dalam mendalami konsep. Dalam aspek kritis, 66,94% responden menyatakan kurangnya praktik mempengaruhi pemahaman dan tindakan kritis mereka. Lebih lanjut, 46,24% merasa dampak pada pemahaman konsep, dan 39,78% mengaitkannya dengan penurunan minat dan motivasi. Meskipun sebagian kecil (12,90%) berupaya mengatasi keterbatasan waktu, hasil menyoroti perlunya peningkatan praktik matematika. Kesimpulannya, kurangnya praktik dalam pembelajaran matematika berdampak pada keterlibatan, pemahaman konsep, tindakan kritis, dan motivasi siswa. Perbaikan dalam alokasi waktu, program latihan, dan kualitas praktik matematika diperlukan untuk meningkatkan pembelajaran matematika di tingkat menengah. Kata Kunci: Praktik, Latihan Terstruktur, Konsep Matematika.   Abstract : This research explores the impact of insufficient practice in mathematics learning on middle school students. The questionnaire results reveal that 54.84% of respondents experience a significant impact of insufficient time for practice, affecting their engagement in mathematical activities beyond regular class hours. Additionally, 32.26% feel the impact on the quality of their mathematical practice, indicating difficulties in delving into concepts. Concerning critical thinking, 66.94% of respondents state that the lack of practice affects their understanding and critical thinking abilities. Furthermore, 46.24% perceive an impact on their understanding of mathematical concepts, and 39.78% associate it with a decline in interest and motivation. While a small portion (12.90%) makes efforts to overcome time constraints, the findings underscore the need for improving mathematical practice. In conclusion, insufficient practice in mathematics learning affects student engagement, conceptual understanding, critical thinking, and motivation. Improvements in time allocation, practice programs, and the quality of mathematical practice are necessary to enhance mathematics learning in middle school..Keywords: Practice, structured exercises, mathematical concepts'.  
PENGARUH IMPLEMENTASI MATA KULIAH STATISTIK TERHADAP PEMAHAMAN MAHASISWA DALAM ANALISIS DATA PENELITIAN Septiadi, Wahyu; Ferianti, Flesia Welly
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.2488

Abstract

Abstract: The solution to the problem of students' lack of knowledge and understanding in research data analysis is to carry out research entitled "The Effect of Implementation of Statistics Courses on Student Understanding in Research Data Analysis". This research is research that aims to improve students' ability to understand the flow and analysis of research data using quantitative methods. It is known that the number of samples in this research was 25 students from all study programs involved in the research. The results of the normality test were known from 25 students, so the residual value of the x variable (Implementation of Statistics Courses) and the y variable (Student understanding in research data analysis) was found to be 0.83 0.05, so it can be stated that the data is normally distributed. The results of the homogeneity test were found that based on mean it had a value of 0.852 0.05 and the data could be said to be homogeneous. Based on the results of the T test using simple regression in concluding this research, the results of the T test were found, namely the significance value was 0.000 0.05. Apart from that, compared with the T table value, the calculated T result was found to be 4.813 2.069, based on the results of the T test it can be It was concluded that there was an influence of the implementation of statistics courses on students' understanding of research data analysis. Keywords: Implementation of Statistics Courses, student understanding in statistical data analysisAbstrak: Solusi permasalahan kurangnya pengetahuan dan pemahaman mahasiswa dalam analisis data penelitian adalah dengan dilaksanakannya Penelitian yang berjudul “Pengaruh Implementasi Mata Kuliah Statistik Terhadap Pemahaman Mahasiswa Dalam Analisis Data Penelitian”. Penelitian ini adalah suatu penelitian yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memahami tentang alur dan analisis data penelitian yang menggunaka metode kuantitatif. Diketahui bahwa jumlah sampel pada penelitian ini adalah sebanyak 25 orang mahasiswa dari seluruh prodi yang terlibat dalam penelitian. Adapun hasil uji normalitas adalah diketahui dari 25 mahasiswa maka ditemukan nilai residual dari varibael x (Implementasi Mata Kuliah Statistik) dan variabel y (Pemahaman mahasiswa dalam analisis data penelitian) adalah sebesar 0,83 0,05 maka dapat dinyatakan bahwa data berdistribusi Normal. Adapun hasil uji homogenitas adalah ditemukan bahwa pada based on mean memiliki nilai sebesar 0,852 dari 0,05 dan data dapat dikatan Homogen. Berdasarkan hasil uji T menggunakan regresi sederhana dalam penyimpulan penelitian ini maka ditemukan hasil uji T yaitu nilai signifikansi adalah sebesar 0,000 0,05 selain itu juga dibandingkan dengan nilai T tabel maka ditemukan hasil T hitung sebesar 4,813 2,069, berdasarkan hasil uji T maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh implementasi mata kuliah statistik terhadap pemahaman mahasiswa dalam analisis data penelitian.Kata kunci: Implementasi Mata Kuliah Statistik, Pemahaman mahasiswa dalam analisis data statistik
ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI NILAI MATA UANG KELAS II SD IT TAHFIZUL QUR’AN MEDAN Saragih, Salsabila; Irfani, Syahrani Yumna
AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): VOL 4 NO 1
Publisher : Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Melawi

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.46368/kjpm.v4i1.1742

Abstract

Abstrak: Minat memiliki peranan penting bagi siswa dalam menentukan pola berpikirnya untuk melakukan suatu aktivitas atau tindakan. Oleh sebab itu minat merupakan salah satu faktor yang menentukan keberhasilan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui minat siswa pada pembelajaran matematika materi nilai mata uang kelas II SDIT Tahfizul Quran Medan. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang bertujuan untuk mendeskripsikan suatu objek, fenomena, atau permasalahan terhadap fakta yang sedang diteliti. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan bahwa minat belajar siswa dalam pembelajaran matematika pada materi nilai uang pecahan, sudah cukup baik, karena dilihat dari indikator minatnya yang terpenuhi, seperti perasaan senang siswa, ketertarikan siswa, perhatian saat belajar siswa dan keterlibatan siswa yang cukup baik, dan materi tersebut dianggap mudah oleh siswa.Kata Kunci: Minat belajar, matematika, siswa   Abstract : Interest has an important role for students in determining their thinking patterns to carry out an activity or action. Therefore, interest is one of the factors that determines student success in learning. This research aims to determine students' interest in learning mathematics material on currency values for class II SDIT Tahfizul Quran Medan. The type of research used is qualitative research with a descriptive approach which aims to describe an object, phenomenon or problem regarding the facts being researched. Based on the results of research that has been carried out, students' interest in learning mathematics in the material of the value of fractions of money is quite good, because it can be seen from the indicators that their interest is fulfilled, such as students' feelings of happiness, student interest, attention when studying and student involvement is quite good, and the material is considered easy by students.Keywords: Learning Interest, mathematics, student

Page 1 of 2 | Total Record : 14