cover
Contact Name
Haryati
Contact Email
lppm.wit@gmail.com
Phone
+62231-207847
Journal Mail Official
lppm.wit@gmail.com
Editorial Address
Jl. Ariodinoto No.14, Lemahwungkuk, Kec. Lemahwungkuk, Kota Cirebon, Jawa Barat 45111
Location
Kab. cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Web Informatika Teknologi [J-WIT]
Published by STMIK WIT
ISSN : 25030299     EISSN : -     DOI : -
Jurnal Web Informatika Teknologi [ J-WIT ] merupakan jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) STMIK WIT. Jurnal ini berisi tentang karya ilmiah hasil penelitian yang bertemakan : Teknik Informatika, Sistem Informasi, Manajemen, Pendidikan dan Komputerisasi.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)" : 5 Documents clear
Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Data Pelanggan (Studi Kasus : PT. Pinus Merah Abadi) Hesti Astuti
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (340.261 KB)

Abstract

Penelitian data mining ini menggunakan metode K-Means Clustering untuk mengelompokkan data pelanggan yang menghasilkan jumlahcluster dan karasteristik pelanggan dari masing-masing cluster. Serta menggunakan analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary) yangmempresentasikan jumlah pelanggan disetiap cluster.Data yang digunakan dalam proses pengelompokkan pelanggan adalah data transaksipenjualan Januari sampai September 2017. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan tiga cluster pelanggan dengan karakteristikpelanggan dari tiap-tiap cluster. Cluster 1 berjumlah 679 dengan kriteria recency rendah  frequency rendah  monetary rendah termasuk kedalam pelanggan baru, cluster 2 berjumlah 17 dengan kriteria recency tinggi  frequency tinggi  monetary tinggi  termasukke dalam pelanggan yang loyal dan cluster 3 berjumlah 334 dengan kriteria recency tinggi  frequency rendah  monetary rendah termasuk kedalam pelanggan tidak loyal yang berpotensi tidak aktif . Hasil dari clustering ini dapat membantu PT. Pinus Merah Abadi untukmengambil kebijakan dan strategi dalam meningkatkan atau mempertahankan pelanggan yang sesuai dengan cluster pelanggan tersebut.
Sistem Informasi Pengolahan Data Laporan Polisi Pada Unit Perlindungan Perempuan dan Anak LM. Fajar Israwan; Dian Paramita Putri
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (181.789 KB)

Abstract

Unit Perlindungan Perempuan dan Anak Polres Kota Baubau (Unit PPA), merupakan unit terpenting dalam institusikepolisian. Unit PPA menjadi bagian yang menangani berbagai masalah hukum untuk perempuan dan anak yang sering menjadiobjek tindak kriminal dan memerlukan penanganan khusus. Polres Baubau melalui unit perlindungan perempuan dan anak,pengolahan data pada unit PPA belum menerapkan sistem informasi. Proses pencatatan data setiap laporan yang masuk masihdilakukan secara manual dikerjakan menggunakan Microsoft Office Word dan Microsoft Office Excel dan prosesnya belummaksimal. Hal ini menyebabkan kurang efektif dan efisien utamanya jika diperlukan percarian berkas. Penelitian ini bertujuanuntuk merancang bangun sistem informasi pengolahan data laporan polisi pada Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (UnitPPA). Sistem informasi dibuat menggunakan pendekatan System Development Life Cycle berbasis web. Hasil penelitian berupaaplikasi pengolahan data laporan polisi pada Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (Unit PPA) Polres Kota Baubau yang dapatmelakukan pengolahan data secara efektif dan efesie, dengan kemampuan pencarian data yang lebih cepat dan akurat.
Perancangan Website E-Commerce Produk Merek Tong Tji (Studi kasus: CV. Cahaya Kemilau Intan Cirebon) Haryati Haryati; Bernardus Aditya Widjaja
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (284.795 KB)

Abstract

Saat ini perkembangan teknologi menjadi sangat pesat, perusahaan semakin di tuntut untuk menggunakan sistem danteknologi sebagai media untuk menjalankan bisnisnya. CV Cahaya Kemilau Intan (CKI) merupakan perusahaan distributor tehdengan merek dagang Tong Tji yang sudah berdiri sejak tahun 1938 dengan resep pencampuran teh tradisional, dan saat iniberusaha menjadi brand global di industri teh dengan kualitas terbaik. Tujuan penelitian ini untuk merancang website ecommerce sebagai media promosi yang diharapkan dapat meningkatkan pelayanan kepada pelanggan dan menaikkan omzetpenjualan CV. CKI. Metode pengembangan sistem yang digunakan pada penelitian ini menggunakan model waterfall, denganUML (Unified Modeling Language) sebagai pemodelannya. Hasil penelitian berupa website e-commerce, yang dibangun denganbahasa pemrograman PHP dan database My SQL. Proses pengujian menggunakan black box testing dimana aplikasi diuji dengancara dijalankan, input data, edit data dan hapus data, serta pengujian terhadap fungsi tombol yang terdapat pada masing-masing halaman web.
Penerapan Data Mining Menggunakan Metode K-Means Clustering Untuk Pengelompokkan Data Pelanggan (Studi Kasus : PT. Pinus Merah Abadi) Astuti , Hesti
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian data mining ini menggunakan metode K-Means Clustering untuk mengelompokkan data pelanggan yang menghasilkan jumlahcluster dan karasteristik pelanggan dari masing-masing cluster. Serta menggunakan analisis RFM (Recency, Frequency, Monetary) yangmempresentasikan jumlah pelanggan disetiap cluster.Data yang digunakan dalam proses pengelompokkan pelanggan adalah data transaksipenjualan Januari sampai September 2017. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan tiga cluster pelanggan dengan karakteristikpelanggan dari tiap-tiap cluster. Cluster 1 berjumlah 679 dengan kriteria recency rendah  frequency rendah  monetary rendah termasuk kedalam pelanggan baru, cluster 2 berjumlah 17 dengan kriteria recency tinggi  frequency tinggi  monetary tinggi  termasukke dalam pelanggan yang loyal dan cluster 3 berjumlah 334 dengan kriteria recency tinggi  frequency rendah  monetary rendah termasuk kedalam pelanggan tidak loyal yang berpotensi tidak aktif . Hasil dari clustering ini dapat membantu PT. Pinus Merah Abadi untukmengambil kebijakan dan strategi dalam meningkatkan atau mempertahankan pelanggan yang sesuai dengan cluster pelanggan tersebut.
Strategi Pemanfaatan Media Sosial sebagai Sarana Pemasaran Digital Produk Studio Kode Kautsar , Imam
Jurnal Web Informatika Teknologi Vol. 6 No. 1 (2021): Jurnal Web Informatika Teknologi (J-WIT)
Publisher : LPPM STMIK WIT

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini membahas tentang penggunaan media sosial sebagai sarana pemasaran digital produk Studio Kode. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Wawancara dilakukan kepada pengelola dan konsumen/siswa Studio Kode. Hasil penelitian adalah Strategi pemasaran digital produk Studio Kode dengan memanfaatkan media sosial menggunakan 3 jenis media sosial yaitu: Facebook, Instagram, dan LinkedIn. Penggunaan media sosial tersebut bertujuan membangun kredibilitas, menarik pelanggan potensial, membangun relasi, membagi konten yang informatif, dan berpartisipasi dalam kelompok dan komunitas online. Adapun kendala yang dihadapi oleh Studio Kode dalam pemanfaatan media sosial sebagai sarana pemasaran online adalah: Adanya penipuan, harapan yang tidak sesuai calon konsumen, pelayanan yang kurang maksimal, gangguan layanan karena jaringan internet yang kurang baik.

Page 1 of 1 | Total Record : 5