cover
Contact Name
Suwandi
Contact Email
lpkdgeneration2022@gmail.com
Phone
+6283108502368
Journal Mail Official
suwandi@print.or.id
Editorial Address
Jl. Majapahit No.605, Pedurungan Kidul, Kec. Pedurungan, Semarang, Provinsi Jawa Tengah
Location
Kota semarang,
Jawa tengah
INDONESIA
Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (JURRIMIPA)
ISSN : 28289382     EISSN : 28289390     DOI : https://doi.org/10.55606/jurrimipa.v1i1
Core Subject : Education,
Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam adalah jurnal yang ditujukan untuk publikasi artikel ilmiah yang diterbitkan oleh Pusat riset dan Inovasi Nasional, Universitas Sains dan Teknologi Komputer. Jurnal ini adalah jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam yang bersifat peer-review dan terbuka. Bidang kajian dalam jurnal ini termasuk sub rumpun Ilmu IPA, Ilmu Matematika, Ilmu Kebumian dan Angkasa. Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam menerima artikel dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dan diterbitkan 2 kali setahun: April dan Oktober.
Articles 22 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam" : 22 Documents clear
Upaya meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Metode Means Ends Analysis Pada Siswa Kelas XI IPA 3 SMAIT Wahdah Islamyah Makassar Nur Aisyah
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (997.623 KB) | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.352

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMAIT Wahdah Islamiyah Makassar yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika dengan menggunakan Metode Means Ends Analysis. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA 3dengan jumlah siswa 27 orang. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan lembar observasi aktivitas siswa dan tes hasil belajar. Data yang terkumpul dianalisis dengan menggunakan analisis kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata Skor rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I mencapai rata-rata 69,3703 dan pada siklus II mencapai rata-rata 87. Standar deviasi pada siklus I adalah sebesar 13,773 dan pada siklus II sebesar 8,884 . Berdasarkan kategori ketuntasan hasil belajar yang digunakan, perolehan skor hasil belajar matematika siswa yang dikategorikan tuntas pada siklus I adalah sebesar 81,48% dan pada siklus II bertambah menjadi 100%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar matematika dengan menggunakan metode Means Ends Analys.
Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Edugame Interaktif Nearpod Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Yeni Widiawati; Nurmaningsih Nurmaningsih; Rahman Haryadi
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1238.767 KB) | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.354

Abstract

Pendekatan penelitian ini adalah kuantitatif yang menggambarkan penerapan model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif nearpod terhadap kemempuan pemecahan masalah matematis siswa. Penelitian ini menggunakan bentuk pre-Eksprimental Designs. Alasan peneliti menggunakan bentuk penelitian ini karena peneliti menggunakan satu kelas sampel, dimana satu kelas tersebut akan dijadikan sebagai kelas eksperimen. Pada kelas sampel pertama akan diberikan tes awal (pre-test) kemudian siswa diberi perlakuan dengan menerapkan model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif nearpod pada materi SPLTV, setelah itu dilakukan pengukuran terhadap siswa dengan memberi tes akhir (pos-test). Penelitian ekperimen ini menggunakan rancangan One-Grup Pretest-Posttest Design. Pada rancangan ini terhadap Pretest sebelum diberikan perlakuan sehingga hasil perlakuan Posttest dapat diketahui lebih akurat, karena membandingkan dengan keadaan sebelum diberikan perlakuan. Berdasarkan hasil pengolahan data penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti, secara umum dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa melalui model pembelajaran problem based learning berbantuan edugame interaktif nearpod dalam materi SPLTV kelas X MAN Bengkayang berjalan dengan efektif sehingga meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Etnomatematika dalam Tradisi Upacara Adat Maruba di Kerajaan Hulu Ai’k Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang Rini Yanti; Muchtadi Muchtadi; Hartono Hartono
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (113.184 KB) | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.393

Abstract

Judul dari penelitian ini adalah Etnomatematika dalam Tradisi Upacara Adat Maruba di Kerajaan Hulu Ai’k Kecamatan Hulu Sungai Kabupaten Ketapang. Fokus penelitian ini adalah untuk menemukan 1) Apa saja alat-alat yang digunakan pada tradisi upacara adat maruba yang mengandung unsur matematika? 2) Apa saja aktivitas upacara adat maruba yang mengandung unsur matematika?. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode Deskriptif kualitatif! Bentuk penelitian ini merupakan studi kasus yang bertujuan untuk menghimpun atau menganalisis data berbagai fenomena-fenomena yang menjadi subjek penelitian di sini peneliti memberikan pertanyaan-peratanyaan dan tes yang terstruktur kemudian data dianalisis secara kualitatif deskriptif untuk mengetahui kebenaran yang terdapat pada lokasi penelitian. Data dan jenis data dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder. Alat yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah dengan menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara dan dokumen. Hasil penelitian menuajukan bahwa alat-alat tradisional tradisi upacara maruba dikerajaan hulu sungai etis Dayak krio yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika di sekolah yaitu ketawak/ gerantung, mangkok tanah, kain batik, tempayan, bosi/parang, ancak, piring keramik,pahar, tanduk kerbau, dan kain kuning, adapun materi matematika yang dapat mengunakan alat-alat tradisional tradisi upacara adat maruba di kerajaan hulu sungai etis Dayak krio tersebut adalah, namgun datar, bangun ruang, dan oprasi bilangan bulat. Selanjutnya, ada enam aktivitas yang terdapat didalam tradisi upacara adat maruba dikerajaan hulu aik suku Dayak krio yang mengandung unsur matematika antara lain aktivitas duduk gae, begamal betabuh menari maigal, beramu, pencucian benda pusaka, buang sial tolak bala, dan aktivitas timang tanduk sengiang holing rata-rata materi matematika yang termuat adalah materi membilang, mengukur, dan oprasi hitung, penjumlahan dan perkalian.
Pengembangan Mobile learning Untuk Meningkatkan Kemampuanpemahaman Matematis Siswa Pada Materi Himpunan Arif Wahyudinata; Syarifah Fadillah Al Hadad; Sandie Sandie
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1464.269 KB) | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.426

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan mobile learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi himpunan yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan rancangan 4-D yang dimodifikasi menjadi 3-D, yaitu: Define (pendefinisian), design (perancangan), dan development (pengembangan). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Raya sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk melihat kevalidan mobile learning, angket respon guru dan siswa untuk melihat kepraktisan mobile learning, dan hasil belajar pre-test dan post-test untuk melihat keefektifan mobile learning untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa. Berdasarkan validasi ketiga validator terhadap mobile learning dinyatakan sangat valid dengan presentase indeks rata-rata 86,53%. Tingkat kepraktisan mobile learning berdasarkan rata-rata angket respon guru dan siswa 82,65% dengan kriteria praktis. Dan mobile learning yang bernilai efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman matematis siswa pada materi himpunan berdasarkan uji statistik dimana t hitung = 18,76 > t tabel = 2,045.
Pengembangan Media Pembelajaran Ludo Statistika Pada Pembelajaran Matematika Untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif Siswa Tri Aniah; Dwi Oktaviana; Hartono, Hartono
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (914.538 KB) | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.441

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran ludo statistika pada pembelajaran matematika untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa yang valid, praktis dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dimana prosedur penelitian ini menggunakan rancangan 4D (Define, Design, Development Dan Disseminate) tetapi hanya sampai pada tahap development karena keterbatasan waktu, biaya, dan subjek penelitian. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Sungai Raya sebanyak 28 orang. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar validasi untuk melihat kevalidan media pembelajaran ludo statistika, angket respon untuk mellihat kepraktisan media pembelajaran ludo statistika dan tes uji coba untuk melihat kepraktisan media ludo statistika untuk meningkatkan keterampilan metakognitif siswa. Berdasarkan validasi ketiga validator terhadap pembelajaran media ludo statistika dapat dinyatakan valid dengan persesntase indeks rata-rata 87,00% dengan kriteria sangat valid. Validasi ahli materi dinyatakan sangat valid dengan persentase indeks rata-rata 85,83% dengan kriteria sangat valid, sedangkan validasi ahli media dinyatakan valid dengan persentase indeks rata-rata 94,54% dengan kriteria sangat valid. Tingkat kepraktisan dengan rata-rata persentase dari respon guru sebesar 92,94% dengan kriteria sangat praktis dan rata-rata persentase dari respon siswa 86,68% dengan kriteria sangat praktis. Dari hasil pengisian angket respon guru dan siswa tersebut maka media pembelajaran ludo statistika dapat dinyatakan sangat praktis bagi guru dan sangat praktis bagi siswa. Tingkat keefektifan siswa setelah menggunakan media pembelajaran ludo statistika sebesar 78,56% dengan kriteria efektif.
Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Dalam Membuat Pengajuan Masalah (Problem Posing) Pada Materi Trigonometri Kelas X Tutik Dwijayanti; Muchtadi Muchtadi; Yadi Ardiawan
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.498

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Bentuk penelitian yang akan diambil dalam penelitian ini adalah studi kasus. Adapun kasus yang ingin diteliti adalah kemampuan komunikasi matematis siswa dalam membuat pengajuan masalah (problem posing). Tempat penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 1 Meliau Kab. Sanggau. Dalam penelitian ini metode pemilihan subjek menggunakan purposive sampling berdasarkan perolehan hasil tes kemampuan komunikasi matematis dalam pengajuan masalah yang diberikan kepada siswa kelas X. Daru hasil tes telah diperoleh bahwa di kelas X SMA Negeri 1 Meliau terdapat siswa dengan kemampuan tinggi, sedang, dan rendah pada kemampuan komunikasi matematisnya dalam mengajukan masalah matematika. Dari hasil analisis diperoleh 4 siswa dengan kemampuan tinggi, 11 siswa dengan kemampuan sedang, dan 8 siswa dengan kemampuan rendah. Kemampuan komunikasi matematis siswa yang dimiliki masing-masing siswa termasuk kedalam tiga kategori yaitu tinggi, sedang, dan rendah. Dari hasil tersebut dapat diketahui kemampuan komunikasi matematis siswa didominasi pada kategori sedang yaitu dengan perolehan persentase sebesar 52.17%, sedangkan pada kategori diperoleh persentase sebesar 17.30%, dan pada kategori rendan perolehan persentase sebesar 30.43%.
KORELASI ANTARA KEMAMPUAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN HASIL BELAJAR FISIKA SECARA ONLINE SISWA SMUN 1 TAKENGON Richasanty Septima S; Yenni Tirtasari
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.509

Abstract

This study aims to see and find out whether there is a relationship between the ability to learn mathematics and the results of learning physics online. Physics is a branch of science that studies the behavior of nature through experimental observations and quantitative measurements. In studying nature, Physics uses the language of mathematics to model natural phenomena in mathematical equations. In studying Physics, it is necessary to be able to The research method used is descriptive correlation analysis. The sample of this study was 60 students for three different classes. The research instrument is a report on student learning outcomes or a list of odd semester report cards for the 2020/2021 school year. The results of data analysis show that there is a significant relationship between mathematics learning ability and online physics learning outcomes with a large correlation coefficient (r) of 0.787 For class X-1, the value of the correlation coefficient is r = 0.734 for class X-2 and r = 0.661 For class X-3. This shows that if the ability to learn mathematics is high, the learning outcomes of physics will be high as well.
Pengembangan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Tri Hendriani; Yadi Ardiawan; Dwi Oktaviana
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.519

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Filter Game Edukasi Berbasis Instagram untuk siswa kelas VII SMP Negeri 2 Ketapang yang mencapai tingkat kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan. Penelitian dengan model rancangan pengembangan ADDIE, yang terdiri atas lima tahapan pokok, yaitu analisys (analisis), design (perancangan), development (pengembangan), implementation (penerapan), dan evaluation (evaluasi). Subjek dalam penelitian ini terdiri dari ahli (validator) yaitu validator materi dan validator media. Serta subjek uji coba penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP sebanyak 16 orang.Cara pemilihan sampel menggunakan Sampling Purposive. Tingkat kevalidan filter game edukasi berbasis Instagram mencapai kriteria sangat valid dengan kevalidan materi mencapai 87,62% dan kevalidan media mencapai 86,11%. Tingkat kepraktisan filter game edukasi berbasis Instagram mencapai kriteria sangat praktis melalui angketrespon guru yang mecapai 85% dan angket respon siswa mencapai 86%. Selanjutnya tingkat keefektifan filter game edukasi berbasis Instagram melalui validasi empiris dengan kriteria tergolong tinggi dan sangat tinggi, indeks kesukaran dengan kriteria tergolong sedang, daya pembeda dengan kriteria tergolong baik dan sangat baik, dan reliabilitas mencapai 0,84 kriteria tergolong sangat tinggi.
Pengaruh Model Pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (Cups) Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X Sma Negeri 9 Kabupaten Luwu Timur Shofwatul Alfiyah; Erwing, Erwing; Muliana, Muliana
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.530

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada pengaruh model pembelajaran Conceptual Understanding Proscedures (CUPs) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Luwu Timur. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian pra-eksperimental dengan tipe One Group Pre-test Post-test. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu pre-test, post-test dan dokumentasi, jumlah populasi 3 kelas yaitu kelas X MIPA 1, kelas X MIPA 2, dan X MIPA 3, dengan menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu purposive sampling dengan sampel penelitian yaitu X MIPA 1 dengan jumlah sebanyak 36 siswa. Hasil anasisis deskriptif menggunakan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran memperoleh skor rata-rata tiap pertemuan yaitu 3,00 dimana skor tersebut berada pada interval 3,00 ≤ skor < 3,50 dan dikategorikan terlaksana. Hasil analisis inferensial menggunakan uji normalitas dan homogenitas diperoleh hasil data normal dan homogen. Uji hipotesis signifikansi menggunakan paired sample pretest posttest diperoleh nilai siginfikansi lebih kecil dari 0,05 yaitu sebesar 0,00 ( Sighitung < 0,05 ) menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara variable X dan variable Y. Kesimpulan penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh antara model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) dengan hasil belajar siswa. Dari hasil pengolahan data menggunakan aplikasi SPSS Versi 22 memperoleh hasil nilai siginifikansi kurang dari 0,05, maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Negeri 9 Luwu Timur.
Pengembangan E-Book Berjenis E-Flip PDF Dengan Belajar Mandiri Terbimbing Berbasis Problem Posing Menggunakan Ide Kreatif Scamper Rino, Rino; Reni Astuti; Muchtadi , Muchtadi
JURNAL RISET RUMPUN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM Vol. 1 No. 2 (2022): Oktober : Jurnal Riset Rumpun Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Publisher : Pusat riset dan Inovasi Nasional

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.55606/jurrimipa.v1i2.538

Abstract

The purpose of this study was to develop a valid, practical and effective E-Book learning media of E-Flip PDF with Guided Self-Learning on student learning outcomes on matrix material in class XI of SMA Negeri 1 Nanga Mahap. The method used is a 4D research method which is limited to Define, Design and Develo. The subjects in this study were 29 students of class XI SMA Negeri 1 Nanga Mahap, 3 material and media experts. The instruments used in this research are in the form of material expert validation sheets and media expert validation sheets, teacher response questionnaires, student response questionnaires and posttest questions based on the results of research that have been carried out, the results of the validation of the E-Book learning media are E-Flip PDF with Independent Learning. Supervised has a level of validity of 93.66% with very valid criteria, the level of practicality of learning media is 89.93% with very practical criteria and the effectiveness level of learning media is 82.75% with very effective criteria.

Page 1 of 3 | Total Record : 22