Jurnal Manajemen, Organisasi, Dan Bisnis
Jurnal Manajemen, Organisasi, dan Bisnis (JMOB) mempublikasikan artikel dari hasil penelitian yang belum diterbitkan dimanapun dalam bentuk apapun. JMOB fokus pada bidang keilmuan seperti: Manajemen, Organisasi, Bisnis, dan kajian lainnya yang relevan. Terbit 4 nomor dalam setahun, yaitu bulan Maret, Juni, September dan Desember
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)"
:
15 Documents
clear
PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, MOTIVASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA PEGAWAI
Sri Langgeng Ratnasari;
Gandhi Sutjahjo
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (264.319 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3783
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan tujuan untuk menganalisis pengaruh Gaya Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Motivasi dan Lingkungan Kerja terhadap Kinerja Pegawai. Populasi penelitian adalah 87 pegawai BMG Kota Batam. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode sensus, dimana responden sebanyak 87 pegawai. Analisis yang pada penelitian ini menggunakan metode analisis regresi linier berganda. Berdasarkan hasil pengujian sebagai berikut, (1). Gaya kepemimpinan berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (2). Budaya organisasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (3) Motivasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (4) Lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai (5) Gaya kepemimpinan, budaya organisasi, motivasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kinerja pegawai.
PENGARUH PELAYANAN CUSTOMER SERVICE TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK BRI CABANG BANJARMASIN AHMAD YANI
Widiati Widiati
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (302.173 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3468
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pelayanan customer service yang diberikan oleh Bank BRI Cabang Banjarmasin Ahmad Yani sudah optimal. Berdasarkan olah data pelayanan customer service dari 10 indikator mayoritas responden menyatakan baik pada aspek kemampuan dengan rata-rata tertinggi sebesar 5,60, Kepuasan nasabah, berdasarkan olah data variabel kepuasan nasabah dari 3 variabel mayoritas responden menyatakan sangat puas, terutama dalam hal kepuasan pada aspek harapan dan keseluruhan dengan memiliki nilai rata-rata tertinggi sebesar 5,70. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh pelayanan customer service terhadap kepuasan nasabah. Dengan demikian hipotesis penelitian yang berbunyi “Ada Pengaruh antara Pelayanan Customer Service terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank BRI Cabang Banjarmasin Ahmad Yani” diterima.
PENGARUH FORMAT INFORMASI TERHADAP KESAMAAN PRODUK DALAM PROSES KONSUMEN MEMILIH PRODUK PARFUM DAN HAND & BODY
Asep Tomi Purnomo;
Widodo Ismanto
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (280.876 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3775
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Format Informasi Terhadap Kesamaan Produk Dalam Proses Konsumen Memilih Produk Parfum dan Hand Body. Populasi dari penelitian ini adalah para konsumen pria dan wanita yang menggunakan produk Parfum dan Hand Body, orang-orang dewasa antar umur 17 sampai 35 tahun, yaitu siswa/i yang masih duduk dibangku SMU atau yang sederajat, mahasiswa/i yang masih duduk di Perguruan Tinggi dan umum. Metode sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Random Sample, karena setiap unsur populasi mempunyai kesempatan yang sama untuk dipilih sebagai sampel. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan analisis statistik uji One Way Anova dengan bantuan software statistik SPSS. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Format Informasi Terhadap Kesamaan Produk Dalam Proses Konsumen Memilih Produk Parfum dan Hand Body
PENGARUH KOMPENSASI DAN MOTIVASI KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN
Shelin Angelina;
Rona Tanjung
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (243.119 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3784
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh: sistem informasi sumberdaya manusia terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja terhadap Kinerja karyawan, sistem informasi sumberdaya manusia melalui kompensasi terhadap kinerja karyawan, disiplin kerja melalui kompensasi terhadap kinerja karyawan. Populasi penelitian ini adalah seluruh karyawan Pt. Panasonic batam Indonesia yang berjumlah 130 karyawan Sampel penelitian ini adalah seluruh populasi sebanyak 130 karyawan dengan menggunakan teknik koesioner. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan analisis statistik menggunakan metode Regresi Linear Berganda. Hasil penelitian ini adalah kompensasi berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan, motivasi kerja berpengaruh signifikan terhadap Kinerja karyawan
Pengaruh Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Debt to Equity Ratio, Earning Per Share Terhadap Harga Saham
Nona Jane Onoyi;
Nona Jane Onoyi;
One Yantri;
Diana Titik Windayati
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (375.949 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3435
This research aims to determine the effect of Return On Equity, Debt to Equity Ratio, Net Profit Margin, Earning Per Share on Stock Prices in LQ45 companies listed on the Indonesia Stock Exchange for the 2016-2019 period. The research method uses a quantitative approach. The data used in this research is secondary data. The sample selectionis done by purpose sampling obtained 31 samples of companies. The results showed that partially ROE and EPS variables had a significant effect on stock prices. While the DER and NPM variables partially have no significant effect on stock prices. Simultaneously ROE, DER, NPM and EPS variables have a significant effect on stock prices.
ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN NASABAH
Juhardi Juhardi;
Ervin Nora Susanti
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (309.179 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3776
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap keputusan nasabah. Teknik yang digunakan adalah metode survei, teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuisioner dengan skala Likert. Populasi penelitian adalah nasabah priorotas Bank Syariah Indonesia KCP Batu Aji sebanyak 96 nasabah. Sampel sebanyak 26 responden, dengan Teknik sampling sensus. Hasil penelitian Pelayanan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Produk berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan nasabah. Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah. Pelayanan, Produk, dan Promosi berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah.
PENGARUH BRAND IMAGE, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN
Irwan Irwan;
Edwin Agung Wibowo
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (597.124 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3785
Penelitian ini bertujuan untuk menguji dan menganalisis pengaruh citra merek, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian ban forklift merek annair kota Batam. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dan dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 16. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah metode sensus dan teknik dan teknik uji data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi analisis faktor, uji validitas, uji reliabilitas dengan Cronbach Alpha. Uji asumsi klasik dan analisis regresi linier berganda, untuk menguji dan membuktikan hipotesis penelitian. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji t menunjukkan bahwa variabel citra merek berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, harga berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian, kualitas produk bepengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian. Kemudian melalui uji F dapat diketahui bahwa ketiga variabel bebas secara simultan berpengaruh tidak signifikan terhadap keputusan pembelian.
PENGARUH PROMOSI DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN
Sutrayani Sutrayani;
Dini Anggraini
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (272.871 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3780
Penelitian ini bertujuan untuk menilai seberapa besar pengaruh Promosi dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian explanatory kuantitatif. Data yang diolah adalah hasil dari penyebaran kuesioner kepada pelanggan PT. Kumala Celebes Motor Mazda Makassar.Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linear berganda. Untuk menjelaskan deskripsi penelitian yang berkaitan dengan hipotesis dengan menggunakan analisis: Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji t (Parsial). Berdasarkan hasil analisis data untuk uji signifikansi uji t menunjukkan bahwa variabel Promosi (X1) dan Harga (X2) secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada PT. Kumala Celebes Motor Mazda Makassar.
PENGARUH KOMITMEN, PRODUKTIVITAS, ORGANIZATION CITIZENSHIP BEHAVIOR, DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA PERSONIL
Sarif Rahman;
Herni Widiyah Nasrul;
Petra Paulus Tarigan
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (261.406 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3777
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh Komitmen, Produktivitas, Organization Citizenship Behavior, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Personil Polsek Tanjungpinang Barat. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berumlah 30 orang. Pertanyaan diberikan dengan menggunakan Koesioner yang didistibusikan melalui Purposive sampling dengan menggunakan metode analisis data yang diguakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan analisis regresi berganda. Hasil penelitiannya adalah komitmen berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja personil, produktivitas berpengaruh positif dan signifikan, organization citizenship behavior berpengaruh terhadap kinerja personil, pelatihan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja personil, komitmen, produktivitas, organization citizenship behavior, dan pelatihan terhadap kinerja personil.
PENGARUH GREEN PRODUCT TERHADAP MINAT BELI ULANG KONSUMEN MELALUI GREEN ADVERTISING
Harry Handoko;
Ahmad Arifin
JURNAL MANAJEMEN, ORGANISASI DAN BISNIS (JMOB) Vol 1, No 4 (2021): JMOB (Desember 2021)
Publisher : Pascasarjana Universitas Riau Kepulauan
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (267.831 KB)
|
DOI: 10.33373/jmob.v1i4.3781
Penelitian ini dilakukan untuk menguji pengaruh Green Product Reusable Color Changing Cups terhadap minat beli ulang konsumen Starbucks melalui Green Advertising yang ada di akun Instagram @starbucksindonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kuantitatif dan analisis jalur melalui kuesioner yang dibagikan kepada 80 responden yang merupakan followers Instagram @starbucksindonesia yang menggunakan Reusable Color Changing Cups di Sahid Sudirman Center. Hasil penelitian menunjukan bahwa Green Product berpengaruh positif terhadap minat beli ulang yang dimediasi oleh Green Advertising di Instagram @starbucksindonesia. Starbucks harus terus mempertahankan Green Product yang diusung dan ditunjang untuk terus berinovasi dalam menghasilkan produk yang berkualitas dan ramah lingkungan, didukung juga dengan iklan yang menarik konsumen melalui media yang potensial, seperti Instagram.