cover
Contact Name
Arifa Pratami
Contact Email
pratamiarifa@gmail.com
Phone
+628116332323
Journal Mail Official
mutlaqah@fai.uisu.ac.id
Editorial Address
Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara Jalan Sisingamangaraja, Teladan Barat, Medan Kota, Medan, Sumatera Utara, 20217
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
Mutlaqah: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah
ISSN : -     EISSN : 27752712     DOI : https://doi.org/10.30743/mutlaqah
Core Subject : Religion,
Mutlaqah: Jurnal Ekonomi Syariah, menerbitkan karya tulis ilmiah hasil kajian atau penelitian dan kajian pustaka dalam ruang lingkup dan fokus Kajian Ekonomi Syariah. Jurnal ini dikelola oleh Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Agama Islam Universitas Islam Sumatera Utara (UISU). Redaksi menerima jurnal tersebut belum pernah dipublikasikan di media lain dengan format penulisan seperti yang tertera pada halaman pedoman penulisan naskah. Jurnal ini berdiri pada tahun 2020, terbit dua kali dalam setahun, pada bulan Januari dan Juli Merupakan jurnal yang dikelola oleh program studi ekonomi syariah Universitas Islam Sumatera Utara (UISU), jurnal ini membahas ilmu bidang Ekonomi Islam, sebagai wadah untuk menuangkan hasil penelitian baik secara konseptual maupun teknis yang berkaitan dengan ilmu ekonomi syariah. Ekonomi Islam Perbankan Syariah Ekonomi ZISWA Akuntansi Syariah Manajemen Syariah Bisnis Syariah Dan lain-lain (topik lainnya yang berhubungan dengan ekonomi syariah)
Articles 14 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari" : 14 Documents clear
SUMBER DAYA ALAM SEBAGAI FAKTOR PRODUKSI MENURUT AL-QUR'AN Mardiana, Aklima; Wahid, Abdul; Kasvi, Dinda Afrakasturi; Amelia, Nyak Dila; Maulana, M Rizki; Ningsih, Nelly Fitria
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10521

Abstract

Kajian ini mendalami konsep pengelolaan sumber daya alam sebagai faktor produksi dalam perspektif Al-Qur'an. Sumber daya alam dipandang sebagai amanah Allah yang harus dikelola secara bijaksana, adil, dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan generasi sekarang dan mendatang. Al-Qur'an menekankan prinsip keadilan, keseimbangan, dan tanggung jawab dalam pemanfaatan sumber daya alam, sehingga relevan dalam mengatasi tantangan modern seperti eksploitasi berlebihan, degradasi lingkungan, dan ketimpangan distribusi sumber daya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan tinjauan pustaka, dengan mengidentifikasi tema-tema kunci dalam Al-Qur'an terkait keberlanjutan dan pengelolaan sumber daya alam. Temuannya menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai Islam dalam pengelolaan sumber daya alam dapat membantu menciptakan keseimbangan ekologi, memitigasi kerusakan lingkungan, dan mendukung pembangunan berkelanjutan.
Efektivitas Lembaga Zakat dalam Pengentasan Kemiskinan: Studi Pustaka pada Pengelolaan Zakat di Indonesia Zaldi, Farhan; Asnaini, Asnaini
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10522

Abstract

Penelitian ini mengkaji efektivitas lembaga zakat dalam pengentasan kemiskinan melalui tinjauan literatur yang berfokus pada pengelolaan zakat di Indonesia. Dengan menggunakan metode evaluatif kualitatif, penelitian ini menganalisis berbagai sumber, antara lain jurnal ilmiah, laporan tahunan lembaga zakat, dan dokumen kebijakan terkait. Fokus utama kajian ini adalah pengelolaan zakat yang transparan dan akuntabel, serta program pemberdayaan yang dirancang untuk meningkatkan kemandirian ekonomi para mustahik (penerima zakat). Temuan dari literatur menunjukkan bahwa tata kelola zakat yang efektif dan kolaborasi dengan pemerintah dan sektor swasta mempunyai potensi besar untuk mengurangi tingkat kemiskinan secara berkelanjutan. Selain itu, peran digitalisasi dan inovasi dalam pengelolaan zakat ditonjolkan sebagai faktor penting dalam meningkatkan partisipasi muzakki (pemberi zakat) dan memperluas jangkauan program pemberdayaan. Kajian ini memberikan rekomendasi bagi lembaga zakat untuk terus meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan inovasi dalam pengelolaan zakat untuk mendukung tujuan pengentasan kemiskinan di Indonesia.
Etika Produksi dalam Islam: Menjaga Keseimbangan Antara Profit dan Keadilan Sosial Bidin, Bidin; Sukti, Surya
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10523

Abstract

Etika produksi dalam Islam mengajarkan pentingnya keseimbangan antara pencapaian keuntungan yang sah (halal) dan keadilan sosial dalam proses produksi dan distribusi barang dan jasa. Dalam dunia bisnis modern, prinsip-prinsip ini menjadi pedoman moral yang relevan untuk memastikan bahwa kegiatan ekonomi tidak hanya berorientasi pada profit semata, tetapi juga pada kesejahteraan masyarakat secara luas. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis prinsip-prinsip etika produksi dalam Islam, seperti keadilan (adl), transparansi, kejujuran, dan tanggung jawab sosial, serta bagaimana prinsip-prinsip tersebut dapat diterapkan dalam praktek bisnis. Selain itu, artikel ini juga mengkaji tantangan yang dihadapi dalam implementasi etika produksi, seperti konflik antara keuntungan maksimal dan tanggung jawab sosial, serta dampak globalisasi terhadap pelaksanaan prinsip-prinsip etika tersebut. Penelitian ini menemukan bahwa meskipun tantangan dalam implementasi etika produksi sangat besar, prinsip-prinsip Islam yang menekankan keseimbangan antara profit dan keadilan sosial dapat memberikan solusi untuk menciptakan sistem ekonomi yang lebih adil dan berkelanjutan. Zakat dan infaq sebagai instrumen redistribusi kekayaan juga berperan penting dalam memastikan kesejahteraan sosial dalam ekonomi Islam. Dengan demikian, penerapan etika produksi dalam Islam dapat menciptakan keberlanjutan bisnis yang tidak hanya menguntungkan, tetapi juga bermanfaat bagi masyarakat dan lingkungan.
PENGELOLAAN DANA ZAKAT DOMPET DHUAFA (KANTIN KONTAINER) UNTUK PEMBANGUNAN PERSPEKTIF HUKUM EKONOMI SYARIAH Bertina, Annisa; Khoiruddin, Khoiruddin; Nurkholidah, Susi
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10504

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengelolaan zakat produktif dalam bentuk program kantin kontainer oleh Dompet Dhuafa untuk pembangunan di Lampung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan melakukan mekanisme pengumpulan data melalui wawancara dan literatur review guna mendukung analisis dalam penelitian ini. Hasil penelitian bahwa zakat produktif yang dilakukan oleh dompet dhuafa Lampung dalam program “kantin kontainer” menekankan pada pendidikan, berupa beasiswa dan sarana yang dibutuhkan mahasiswa serta memberikan pelatihan untuk menciptakan pola pikir yang baik dengan adanya pengetahuan dan ilmu yang diterima. Penyaluran zakat ini telah sesuai dengna hukum ekonomi Syariah. Pengelolaan zakat produktif yang telah diuraikan dapat ditarik benang merah bahwa zakat produktif mampu memberikan berbagai bentuk positif dalam mencapai pembangunan berkelanjutann, yaitu bentuk zakat dengan pengelolaan usaha. Mekanisme tersebut sejalan dengan tujuan dari adanya zakat produktif yang mampu memeberikan perubahan dimasa yang akan datang.
Pengaruh Viral Marketing dan Etika Konsumsi Islam terhadap Impulse Buying Konsumen Berbelanja di Platform Shopee Susanti, Septria; Dwi, Gebi Sintia
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10652

Abstract

Impulse buying merupakan perilaku konsumen yang cenderung melakukan pembelian tanpa perencanaan, sebagai mahasiswa perguruan tinggi Islam yang merupakan agen dari ilmu pengetahuan Islam, seharusnya mahasiswa melakukan pembelian barang atau jasa dengan pertimbangan prinsip-prinsip ekonomi Islam, namun pada kenyataannya dari survei awal yang dilakukan, sebanyak 248 dari total 324 mahasiswa ekonomi Islam masih sering melakukan impulse buying dengan alasan hanya karena tren dan produk yang sedang viral. Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik purpusive sampling dengan jumlah 100 mahasiswa. Penelitian ini mengungkapkan secara parsial bahwa viral marketing berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulse buying dan etika konsumsi Islam berpengaruh negatif signifikan terhadap impulse buying konsumen yang berbelanja di platform shopee. Secara simultan, variabel viral marketing dan etika konsumsi Islam berpengaruh terhadap impulse buying. Hasil temuan ini menjadi bukti empiris bahwa pemasaran produk perusahaan dengan menyebarkan pesan-pesan pemasarannya menjadi faktor pendorong konsumen untuk membeli produk tanpa perencanaan, namun disisi lain bagi mereka yang memiliki kepatuhan dan kesadaran akan etika konsumsi Islam menjadi faktor penghambat konsumen untuk melakukan pembelian tanpa perencanaan.
Pemikiran Al-Ghazali dan Al-Qardhawi tentang Etika Bisnis dalam Islam Nur‘ain, Siti; Sukti, Surya
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10572

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk memahami prinsip-prinsip etika bisnis Islam, serta bagaimana pemikiran para ulama seperti Al-Ghazali dan Al-Qardhawi membentuk dasar perilaku bisnis yang sesuai dengan ajaran Islam. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian literatur dengan menganalisis berbagai sumber primer, seperti Al-Qur'an, Hadis, dan karya-karya klasik ulama, serta studi pustaka tentang pemikiran etika bisnis Islam. Pembahasan dimulai dengan menjelaskan pengertian etika bisnis Islam yang berlandaskan pada nilai-nilai moral yang diajarkan dalam Islam, termasuk prinsip kesatuan, keseimbangan, kebebasan berkehendak, tanggung jawab, dan kebenaran. Selanjutnya, penelitian ini mengulas pemikiran Al-Ghazali mengenai pentingnya niat yang baik dalam berbisnis dan menjaga keseimbangan antara dunia dan akhirat. Pemikiran Al-Qardhawi juga dianalisis, yang menekankan prinsip kejujuran, keadilan, dan tanggung jawab sosial dalam kegiatan bisnis. Hasil dari pembahasan ini menunjukkan bahwa etika bisnis Islam mengarahkan pelaku bisnis untuk menjaga integritas, menghindari praktik-praktik yang merugikan pihak lain, dan berorientasi pada kesejahteraan sosial. Etika ini tidak hanya bertujuan mencapai keuntungan material, tetapi juga mendatangkan keberkahan dalam kehidupan dunia dan akhirat
Transformasi Digital Perbankan Syariah: Peluang dan Tantangan Bhayangkara G, Andi Nabila; Tauhid, Datuh Maritza; Adawiyah, Rabiatul; Arsyad, Kamaruddin
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10602

Abstract

Transformasi digital diperbankan syariah menjadi sebuah dorongan dalam peningkatan efesiensi operasionalnya. Sehingga dapat meningkatkan jangkauan masyarakat dalam penggunaan produk lembaga keuangan syariah itu sendiri. Kuatnya dorongan dan tuntutan transformasi digital menjadikan bank syariah dapat menghasilkan berbagai produk berbasis digital dengan menghadirkan layanan seperti SMS banking, internet banking, dan mobile banking. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan sumber data yang diperoleh dari data sekunder, dengan pedekatan penelitian yaitu literature review. Hasil penelitian ini menjelaskan bagaimana adopsi layanan digital dipengaruhi oleh berbagai tantangan di masyarakat, termasuk tingkat literasi perbankan digital di Indonesia. Untuk mengatasi masalah ini, KOMINFO telah menerapkan akses internet 5G untuk memfasilitasi mobile banking dan layanan digital lainnya bagi bank syariah. Selain itu, Bank Indonesia sebagai bank sentral, memainkan peran penting dalam sistem perbankan, berkoordinasi dengan lembaga internasional dan memfasilitasi transaksi yang dilakukan di dalam bank syariah.
Transformasi Dakwah Ekonomi Islam: Hadis-Hadis Ekonomi dalam Konten Instagram Bakar, Abu; Manik, Zulfirman; Sembiring, Muhammad Ismailsyah
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.10651

Abstract

Instagram, sebagai salah satu platform media sosial berbasis visual, semakin banyak dimanfaatkan untuk menyampaikan pesan-pesan keagamaan, termasuk hadis-hadis ekonomi yang mengandung nilai-nilai etika dan prinsip muamalah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bagaimana hadis-hadis ekonomi Islam diinterpretasikan dan disampaikan melalui konten Instagram, serta menganalisis pengaruhnya terhadap literasi ekonomi Islam di kalangan pengguna media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis isi pada sejumlah akun Instagram yang secara konsisten membagikan konten berbasis hadis ekonomi. Data dikumpulkan melalui observasi mendalam terhadap unggahan, mencakup teks dan gambar yang memuat pesan-pesan hadis tentang ekonomi dengan melalui proses penelusuran penggunaan tagar #hadisekonomi untuk mengidentifikasi unggahan yang relevan. Analisis juga dilakukan terhadap interaksi pengguna, seperti komentar dan jumlah suka, untuk memahami respons audiens. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konten Instagram yang berbasis hadis ekonomi berperan signifikan dalam meningkatkan kesadaran tentang prinsip-prinsip ekonomi Islam, seperti keadilan dalam muamalah, pentingnya kejujuran dalam perdagangan, dan toleransi dalam aktivitas ekonomi. Temuan lain menemukan bahwa hadis yang disampaikan berupa terjemahan dalam bahasa Indonesia tanpa menyertakan teks asli berbahasa Arab. Namun, penyajian visual yang menarik dan penggunaan bahasa yang sederhana meningkatkan daya tarik dan pemahaman audiens. Studi ini menegaskan bahwa Instagram dapat menjadi media yang efektif untuk mendigitalisasi dakwah ekonomi Islam di era modern.
IMPLEMENTASI SISTEM BAGI HASIL DALAM PENGELOLAAN PARKIR DI PASAR TRADISIONAL MUARA SABAK BARAT: PERSPEKTIF HUKUM ISLAM Triwidodo, Abdullah; Musthofa, M. Arif; Wulandari, Triyana
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.11388

Abstract

The parking management system at Muara Sabak Barat Traditional Market applies a profit-sharing scheme between the parking operators and the local government. This study aims to analyze the compatibility of this system with Islamic economic concepts, particularly mudharabah and musyarakah, and to evaluate its impact on the local economy. A qualitative approach was employed using observation, interviews, and document analysis. The findings indicate that the profit-sharing system bears similarities to Islamic economic principles but does not fully reflect the values of justice and balance. The profit distribution tends to favor the local government, while the responsibility for losses is not proportionally shared. Moreover, transparency in the management of parking funds remains inadequate. From a local economic perspective, the system contributes to job creation for parking attendants but has not significantly improved the income of market traders. This study recommends enhancing transparency in parking revenue reporting, implementing stricter supervision to prevent fund leakage, and revising the profit-sharing scheme to ensure a fairer distribution among stakeholders. Digitalization in parking monitoring is also suggested as a solution to improve accountability. With these improvements, traditional market parking management is expected to become more efficient, transparent, and sustainable in accordance with Islamic economic principles. 
ANALISIS PENGARUH EFISIENSI DAN KEAMANAN FINTECH DALAM PENGELOLAAN ZAKAT PRODUKTIF PADA DOMPET DHUAFA WASPADA MEDAN Ayu, Wilda; Pratami, Arifa; Bakar, Abu
MUTLAQAH: Jurnal Kajian Ekonomi Syariah Vol 5, No 2 (2025): Edisi Januari
Publisher : Universitas Islam Sumatera Utara

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.30743/mutlaqah.v5i2.11393

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh efisiensi dan keamanan dalam penerapan financial technology (fintech) terhadap pengelolaan zakat produktif di Dompet Dhuafa Waspada Medan. Metode yang digunakan adalah analisis kuantitatif dengan uji t dan koefisien determinasi (R²). Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel efisiensi (X1) memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan zakat produktif dengan nilai t-hitung 3,950 t-tabel 1,985 dan signifikan pada 0,000 0,05, sehingga H₁ diterima dan H₀ ditolak. Selain itu, variabel keamanan (X2) juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pengelolaan zakat produktif, dengan nilai t-hitung 7,368 t-tabel 1,985 dan signifikan pada 0,000 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa variabel efisiensi (X1) dan keamanan (X2) secara bersama-sama menjelaskan pengelolaan zakat produktif sebesar 79%, sedangkan 21% sisanya dijelaskan oleh variabel lain di luar penelitian ini. Temuan ini menegaskan pentingnya peningkatan efisiensi dan keamanan dalam pengelolaan zakat produktif melalui pemanfaatan teknologi finansial untuk mendukung kinerja lembaga zakat seperti Dompet Dhuafa Waspada Medan.

Page 1 of 2 | Total Record : 14