cover
Contact Name
Dwi Sulisworo
Contact Email
sulisworo@iistr.org
Phone
+6281328387777
Journal Mail Official
pbpsp@journal.iistr.org
Editorial Address
Jalan Sugeng Jeroni No.36 Gedongkiwo Mantrijeron Yogyakarta 55142 Indonesia
Location
Kota yogyakarta,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
ISSN : 29625785     EISSN : 29621682     DOI : https://doi.org/10.56741/pbpsp
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren is a journal that disseminates the results of applying theories, and concepts in building knowledge, skills, and attitudes in schools and boarding schools. This application can be in various forms and perspectives such as school action research, classroom action research, experiments, literature studies, and creativity of teachers and students in various fields of science and technology in the school context.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren" : 5 Documents clear
Pemanfaatan Edmodo dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemampuan Komunikasi Ngadinem
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (540.822 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i01.9

Abstract

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, ada banyak media pembelajaran berbasis internet salah satunya adalah Edmodo. Edmodo dituntut oleh siswa untuk aktif dalam kegiatan belajar mengajar baik di ruang kelas maupun di luar kelas. SMA Negeri 6 Yogyakarta merupakan sekolah yang telah terbiasa dengan pembelajaran berbasis internet, salah satunya Edmodo. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah fisika dan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X MIPA 8 di SMA Negeri 6 Yogyakarta berbantuan Edmodo. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 26 siswa pada materi Impuls Momentum. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan pemecahan masalah fisika dari kondisi awal 59,23 menjadi 65,96 pada siklus ke-1 dan meningkat menjadi 71,73 pada siklus ke-2. Peningkatan kemampuan komunikasi peserta didik dari kondisi awal 3,14 menjadi 3,46 pada siklus ke-1 dan meningkat 3,51 pada siklus ke-2. Penggunaan Edmodo dapat meningkatkan keterampilan pemecahan fisika dan kemampuan komunikasi siswa.
Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Kurikulum Merdeka di Pondok Pesantren Mohammad Jailani
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (425.71 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i01.10

Abstract

Merdeka Belajar merupakan konsep pembelajaran yang mengarah kepada santri yang lebih mandiri. Konsep ini masih belum diterima dengan baik oleh pengelola pesantren. Kajian ini bertujuan menganalisis isu-isu merdeka belajar di pesantren dengan subjek pondok pesantren Babul Ulum Pamekasan, Madura. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif berbasis studi kasus.. Responden penelitian ini adalah ustadz dan satri. Data diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, yang dianalisis dengan teknik triangulasi (display, reduksi, penyajian, dan verifikasi data). Hasil penelitian merupakan gambaran implementasi merdeka belajar di pondok pesantren baik pada tingkat madrasah diniyah, madrasah takwiliyah, madrasah tsanawiyah, maupun madrasah aliyah. Pendidikan yang diajarkan di pesantren mengarah dua sistem. Pengembangan pembelajaran berbasis platform digital dan belajar yang merespons kebutuhan santri.
Lembar Kerja Peserta Didik Jawaban Alasan untuk Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Irwan Yusuf
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (544.351 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i01.11

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan menjelaskan pelaksanaan proses pembelajaran fisika melalui Model Inkuiri Semi Terbimbing dengan Lembar Kerja Peserta Didik Jawaban Alasan (LKPDJA) dan mengetahui tingkat keberhasilan keaktifan dan hasil belajar fisika melalui Model Inkuiri Semi Terbimbing. Subyek penelitian adalah siswa kelas XII IPA1 MA Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta tahun pelajaran 2021/2022 sejumlah 31 siswa. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dokumentasi, angket dan pemberian tes. Hasil pembelajaran fisika dengan Model Inkuiri Semi Terbimbing dapat diterapkan dengan menggunakan LKPDJA secara berintegrasi menyeluruh. Pembelajaran konsep fisika secara inkuiri tidak diajarkan terpisah-pisah antara jawaban dan alasan, tapi terintegrasi secara menyeluruh sehingga aktivitas kerjasama yang terbangun adalah kerjasama untuk tujuan bersama menghasilkan pemahaman konsep fisika terbaru.
Pengembangan Karakter Peserta Didik di Madrasah Al-Muawanah Euis Rosita
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (377.072 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i01.12

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk menjelaskan bagaimana pembentukan karakter dilakukan di madrasah ibtidaiyah. Metode yang digunakan adalah deskriptis naratif berdasar pada pengalaman penulis sebagai guru di MIS Al-Muawanah. Ada beberapa cara yang dilakukan untuk mengembangkan karakter peserta didik. Beberapa kegiatan unggulan adalah tahfidz al-quran, kelompok sains, pembiasaan shalat dhuha, muroja’ah jama’i dan shalat berjama’ah
Problem Based Learning Berbantuan Google Classroom dan Google Meet Semiono Raharjo
Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren Vol. 1 No. 01 (2022): Jurnal Praktik Baik Pembelajaran Sekolah dan Pesantren
Publisher : The Indonesian Institute of Science and Technology Research

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (427.592 KB) | DOI: 10.56741/pbpsp.v1i01.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses penerapan model Problem Based Learning berbantuan Google Classroom dan Google Meet dalam meningkatkan hasil belajar fisika pada materi Gelombang siswa kelas XI. Penelitian dilakukan di SMAN 1 Piyungan, DIY. Penelitian dilakukan pada bulan Januari s.d Mei 2021 semester genap tahun pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan subjek penelitian tindakan kelas adalah siswa kelas XI MIPA1. Empat tahapan penelitian: perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan angket.

Page 1 of 1 | Total Record : 5