cover
Contact Name
Hafiedh Hasan
Contact Email
hafiedhasan@stitpemalang.ac.id
Phone
+6285743476734
Journal Mail Official
promis@journal.stitpemalang.ac.id
Editorial Address
Jl. D.I Panjaitan KM. 3 Paduraksa, Pemalang
Location
Kab. pemalang,
Jawa tengah
INDONESIA
Promis
Published by STIT Pemalang
ISSN : 27459837     EISSN : 27766209     DOI : https://doi.org/10.58410/promis
Promis adalah Jurnal ilmiah yang diterbitkan oleh program studi managemen Pendidikan Islam (MPI) STIT Pemalang, yang memiliki fokus kajian tentang manajemen pendidikan dan pengembangan khususnya pada lembaga pendidikan Islam. Pada masing-masing edisi yang diterbitkan dua kali dalam satu tahun, diangkat tema-tema kajian yang berbeda sesuai dengan isu-isu yang dikembangkan. Jurnal ini sebagai sarana pengembangan Prodi MPI dan publikasi karya ilmiah dosen dan pemerhati pendidikan, melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang mengacu pada pola pengembangan ilmiah. Promis terbit pada Edisi Maret dan September setiap tahunnya.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2023): Edisi Maret 2023" : 5 Documents clear
Implementasi Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti Secara Daring Latifah, Azkiyatul; Ridwan, Ridwan; Subhi, Muhamad Rifa'i
Promis Vol 4 No 1 (2023): Edisi Maret 2023
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v4i1.588

Abstract

Dalam rangka tertib Manajemen untuk menyusun perencanaan pembelajaran, SD N 01 Sewaka tiap tahun ajaran baru diadakan rapat untuk persiapan umum, pembagian jadwal, penyampaian tata tertib, menyusun RPP, Silabus, Prota, Promes dan perangkat pembelajaran yang lain supaya dalam pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik. Pelaksanaan pembelajaran di SD N 01 Sewaka guru menggunakan materi, kondisi siswa dan KD untuk memilih media dan metode yang akan digunakan. Sehingga media dan metode yang digunakan itu sesuai dengan materi pelajaran. Media yang digunakan guru mata pelajaran PABP berupa aplikasi WhatsApp. Kemudian untuk mengetahui hasil belajar siswa, sebelum menutup pembelajaran guru selalu memberikan tugas untuk siswa. Usai pembelajaran guru melaporkan pada jurnal yang tersedia dan yang terakhir untuk mengetahui hasil keseluruhan di tahun ajaran itu, dewan guru atau jajaran manajemen sekolah di SD N 01 Sewaka selalu mengadakan rapat evaluasi guru selama 1 kali dalam semester.
KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU Husna Dianti Putri; Hafiedh Hasan
Promis Vol 4 No 1 (2023): Edisi Maret 2023
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v4i1.714

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui seberapa besar pengaruh keterampilan manajemen kepala sekolah terhadap kinerja guru guna mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua variabel ini. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode dengan melakukan desk riset, peneliti memperoleh pemahaman yang lebih luas dan mendalam terhadap masalah yang diteliti. Pengumpulan data konsep yang dipelajari, analisis konseptualisasi, lalu menuju kesimpulan dan saran. Pengumpulan data yang digunakan diambil dari textbook, jurnal, artikel ilmiah, tinjauan pustaka yang memuat konsep-konsep yang diteliti. Analisis dimulai dengan hasil pencarian yang dianggap paling relevan. Hasil penelitian ini adalah: menurut data literasi yang di dapat, keterampilan manajerial kepala sekolah menjadi salah satunya faktor yang menjadi pemicu yang berdampak kuat terhadap tingkat kinerja guru di sekolah. Pada umumnya kemampuan manajerial seorang kepala sekolah terletak pada technical skill (kemampuan teknik), human skill (kemampuan hubungan kemanusiaan) dan conceptual skill (kemampuan konseptual). Keterampilan manajerial yang di miliki kepala sekolah menjadi salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi kinerja guru diantaranya gaya kepemimpinan, lingkungan kerja, mekanisme evaluasi dan supervisi, fasilitas teknologi informasi dan komunikasi serta fasilitas yang ada dilingkungan sekolah.
KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN PADA BIDANG AGAMA DAN PESANTREN Karisma Asratiana; Anas
Promis Vol 4 No 1 (2023): Edisi Maret 2023
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v4i1.715

Abstract

Pesantren merupakan institusi pendidikan keagamaan tertua di Indonesia. Keberadaannya menjadi bagian penting dari dinamika sejarah dan perkembangan peradaban bangsa. Sebagian ahli mengenal kebanyakan pesantren nusantara dengan model sistem pendidikan berbasis tradisi. Di satu sisi, arus ini menjadi semacam prinsip dan ideologi yang seyogyanya dipertahankan orisinalitasnya. Namun di sisi yang lain, progresifitas dalam berbagai lini menjadi keniscayaan dalam rangka pemenuhan hajat kemanusiaan yang semakin dan terus berkembang dan juga sebagai wujud kesiapan warga pesantren untuk bersaing dengan masyarakat global. Oleh karena alasan kedua, maka pesantren membutuhkan manajemen pendidikan yang terbarukan disesuaikan dengan kebutuhan zaman dan utamanya menjadi jembatan akan pencapaian visi al-muhafadzah ‘ala al- qadim al-shalih wal-akhdzu bi al-jadid al-ashlah. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan kepustakaan (library research). Studi pustaka atau kepustakaan dapat diartikan sebagai serangkaian kegiatan yang berkenaan dengan metode pengumpulan data pustaka, membaca dan mencatat serta mengolah bahan penelitian. Artikel ini mendiskusikan berbagai hal yang memungkinkan bagi pesantren untuk selain menjadi poros utama dalam pembentukan karakter bangsa juga memberikan kontribusi positif untuk menjawab tantangan perkembangan dan kemajuan zaman. Manajemen tersebut meliputi optimalisasi sumber daya manusia, sarana dan prasarana, serta sistem pelaksanaan sistem pendidikan pesantren.
MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN PADA PUSAT PENDIDIKAN DAN PELATIHAN GURU Rosa Amelia; Nova Khairul Anam
Promis Vol 4 No 1 (2023): Edisi Maret 2023
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v4i1.716

Abstract

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat juga menuntut adanya pembaruan sistem pendidikan, agar sesuai dengan tuntutan global. Penegasan pemerintah yang dituangkan dalam undang-undang, merupakan tantangan bagi masyarakat, agar dalam mengelola pendidikan memiliki landasan falsafah, visi dan konsep yang matang serta dapat dipertanggungjawabkan, sehingga program yang dijalankan, bukan sekedar berjalan apa adanya saja. Tujuan penulisan ini untuk mengetahui implementasi manajemen satuan Pendidikan pada pusat Pendidikan dan pelatihan di sekolah. Dalam mendeskripsikan analisis manajemen dan pelatihan, penulis menggunakan pendekatan sistem dimana diuraikan terlebih dahulu tentang konsep manajemen satuan pendidikan dan pelatihan, kemudian bagaimana proses manajemen pendidikan dan pelatihan itu sendiri. Jenis penulisan karya ilmiah ini menggunakan metode library research dan sumber data adalah buku buku dan jurnal penelitian yang relevan dengan judul para pengkaji dan pengembang manajemen, baik yang berada di tataran konsep maupun ditataran praktis pasti menempatkan diri pada barisan mereka yang berpandangan optimis, tidak terkecuali para pengkaji dan pengembang manajemen pendidikan, karena bagaimanapun juga Pendidikan adalah suatu aktivitas yang tak pernah lepas dari koridor hukum-hukum dunia (sunnatullah) tersebut.
MANAJEMEN SATUAN PENDIDIKAN: KONSEP DASAR DAN RUANG LINGKUP Yuli Retno Hapsari; Suhadi
Promis Vol 4 No 1 (2023): Edisi Maret 2023
Publisher : Program Studi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah (STIT) Pemalang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.58410/promis.v4i1.717

Abstract

Manajemen pendidikan adalah suatu kegiatan atau rangkaian kegiatan yang berupa proses pengelolaan usaha kerja sama sekelompok manusia yang tergabung dalam organisasi pendidikan, untuk mencapai tujuan pendidikan yang telah ditetapkan sebelumya, agar efektif dan efisien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manajemen satuan pendidikan: konsep dasar dan ruang lingkup. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode atau pendekatan kepustakaan (library research), sedangkan pengumpulan data dilakukan dengan menelaah dan/atau mengekplorasi beberapa jurnal, buku, dan dokumen-dokumen (baik yang berbentuk cetak maupun elektronik) serta sumber-sumber data atau informasi lainnya yang dianggap relevan dengan kajian. Manajemen pendidikan yang baik akan memberikan kontribusi pada perbaikan kualitas dan mutu pendidikan sehingga tujuan pendidikan dapat tercapai. Manajemen pendidikan di satuan pendidikan dimulai dari penetapan visi, misi, tujuan dan sasaran dari satuan pendidikan pada tahap perencanaan sampai pada output peserta didik yang dihasilkan sesuai standar kompetensi lulusan pada tahap evaluasi.

Page 1 of 1 | Total Record : 5