cover
Contact Name
Nurul Husna Siregar
Contact Email
bio.ipts@gmail.com
Phone
+6281377179848
Journal Mail Official
bio.ipts@gmail.com
Editorial Address
Jln. Sutan Mhd. Arif Kel. Batang Ayumi Jae Kec. Padang Sidempuan Utara Kota Padang Sidempuan, Sumatera Utara
Location
Kab. tapanuli selatan,
Sumatera utara
INDONESIA
Jurnal Edugenesis
ISSN : -     EISSN : 26851784     DOI : https://doi.org/10.37081/edugenesis.v5i2
Core Subject : Science, Education,
JURNAL EDUGENESIS merupakan jurnal elektronik nasional yang diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FPMIPA) Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS) dengan tujuan sebagai sarana publikasi hasil penelitian original yang terkait bidang ilmu pendidikan Biologi maupun ilmu biologi. Penerbitan jurnal dilakukan sebanyak dua kali dalam satu tahun, yaitu bulan Januari, Mei dan September .
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 4 Documents
Search results for , issue "Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020" : 4 Documents clear
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI LUMUT KELAS X MIPA SMA NEGERI 5 PADANGSIDIMPUAN RISKA YANTI; Nabilah Siregar; Nurhidayah Fithriyah Nasution
JURNAL EDUGENESIS Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (504.584 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lumut kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksperimen, populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang terdiri atas 4 kelas dengan jumlah 136 siswa dan sampel sebanyak 34 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah cluster random sampling dengan desain one shot case study. Instrumen yang digunakan yaitu observasi dan angket. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis statistic inferensial dengan menggunakan aplikasi SPSS 22. Hasil perhitungan penggunaan model pembelajaran inkuiri kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 87,20 pada kategori “Sangat Baik”. Untuk kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lumut dengan menggunakan model pembelajaraqn inkuiri kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan diperoleh nilai rata-rata sebesar 81,17 pada kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan aplikasi SPSS 22 diperoleh hasil signifikan 0,000<0,05 berarti hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran inkuiri terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi lumut kelas X MIPA SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.
PENGARUH PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP SIKAP TANGGUNG JAWAB SISWA DI KELAS X SMK NEGERI 1 MARANCAR fitri saidah siregar
JURNAL EDUGENESIS Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (499.014 KB)

Abstract

Abstrak.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas X SMK Negeri 1 Marancar. Jenis penelitian ini adalah penelitian Eksprimen. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Negeri 1 Marancar yang terdiri atas 2 kelas dengan jumlah 53 siswa dan sampel sebanyak 36 siswa. Desain penelitian yang digunakan adalah one-shot case study. Instrumen yang digunakan yaitu angket dan observasi. Teknik analisis data berupa analisis deskriptif dan analisis infrensial dengan mengunakan aplikasi SPSS 22. Hasil perhitungan penggunaan model problem based learing diperoleh nilai rata-rata 86,4 pada kategori“Sangat Baik”. Untuk sikap tanggung jawab siswa diperoleh nilai rata-rata 86,2 kategori “Sangat Baik”. Berdasarkan perhitungan dengan menggunakan aplikasi software SPSS 22 diperoleh hasil signifikan sebesar 0,000 < 0.05 berarti hipotesis diterima. Artinya terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran problem based learning terhadap sikap tanggung jawab siswa di kelas X SMK Negeri 1 Marancar. Kata kunci: Model problem based learning, sikap tanggung jawab.
EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LABORATORIUM TERHADAP HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA PADA MATERI BAKTERI DI KELAS X SMA NEGERI 1 BATANG ONANG Nur Azizah Riskiana; Nurhidayah Fithriyah Nasution; Rizky Amelia Dona
JURNAL EDUGENESIS Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (599.654 KB)

Abstract

Abstrak. Penelitian bertujuan untuk mengetahui gambaran penggunaan laboratorium efektif terhadap hasil belajar siswa pada materi bakteri di kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang. Penelitian ini menggunakan metode Eksperimen. Populasi dan sampel pada penelitian ini berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling dengan design One-Group Pretest-Posttest Design. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan test. Teknik analisis data yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu dengan analisis statistik deskriptif dan analisis statistik inferensial. Hasil perhitungan penggunaan laboratorium diperoleh nilai rata-rata 77.5 pada kategori “Baik”. Sedangkan hasil belajar siswa menggunakan laboratorium diperoleh nilai rata-rata 70.5 pada kategori “Baik”. Berdasarkan perhitungan yang dilakukan diperoleh hasil thitung 4.19 > ttabel 1.70 berarti hipotesis diterima. Artinya penggunaan laboratorium efektif terhadap hasil belajar siswa materi Bakteri Kelas X SMA Negeri 1 Batang Onang.
PENGARUH PENERAPAN SAINTIFIK TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH ANATOMI FISIOLOGI MANUSIA Perima Simbolon; Seri Irawati Batubara
JURNAL EDUGENESIS Vol 2 No 2 (2020): Vol. 2 No. 2 Desember 2020
Publisher : PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (364.365 KB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan saintifik terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa semester VI Prodi Pendidikan Biologi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Tahun Ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik total sampling. Seluruh populasi menjadi sampel penelitian yang berjumlah 25 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan obsesrvasi dan tes. Observasi dilakukan untuk memperoleh data penerapan saintifik, sedangkan tes untuk memperoleh data tentang hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan dua cara, yaitu analisis deskriptif dan analisis statistik. Berdasarkan analisis kedua variabel diperoleh nilai rata-rata penerapan saintifik 79,3 termasuk pada kategori “baik”. Kemudian nilai rata-rata hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia sebelum penerapan saintifik sebesar 64 berada pada kategori “kurang”. Sedangkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah anatomi fisiologi manusia sesudah penerapan saintifik sebesar 80 berada pada kategori “baik”. Pengujian hipotesis berdasarkan perhitungan yang dilakukan, nilai thitung 4,18 sedangkan ttabel pada tingkat kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% 2,06, maka nilai thitung lebih besar dari ttabel atau 4,18>2,06. Maka hipotesis diterima atau di setujui. Artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan saintifik terhadap hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Anatomi Fisiologi Manusia materi sistem gerak pada manusia.

Page 1 of 1 | Total Record : 4