cover
Contact Name
Dodi Pramana
Contact Email
dodipramana@unimed.ac.id
Phone
+6281376717002
Journal Mail Official
judika_adp@unimed.ac.id
Editorial Address
Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan Estate Kabupaten Deli Serdang Provinsi Sumatera Utara
Location
Kota medan,
Sumatera utara
INDONESIA
JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN
ISSN : 23017813     EISSN : 28305590     DOI : https://doi.org/10.24114/judika.v11i2
Jurnal ini bertujuan untuk mencari artikel berkualitas untuk menjawab kebutuhan dalam meningkatkan pemahaman administrasi dan perkantoran modern. Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern (JUDIKA) memberikan tren terkini dalam pengetahuan dan aplikasi praktis di bidang administrasi dan perkantoran modern. JUDIKA menerima artikel di bidang (tidak terbatas pada) administrasi umum, pendidikan, manajemen, manajemen sumber daya manusia, manajemen keuangan, manajemen operasi, pemasaran, manajemen strategis, kewirausahaan, perilaku organisasi, manajemen strategis, perspektif akuntansi praktis, administrasi publik, dan lain-lain .
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern" : 5 Documents clear
PENGARUH FASILITAS SEKOLAH DAN KOMPETENSI PROFESIONAL GURU PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DAN GAYA BELAJAR SISWA TERHADAP PRESTASI BELAJAR KORESPONDENSI INDONESIA DI SMK NEGERI 6 MEDAN Elfrida Lumban Gaol
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (1098.047 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i1.36450

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan rendahnya prestasi belajar siwa pada mata pelajaran Korespondensi Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan prestasi belajar siswa dengan mengetahui bagaimana pengaruh kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa terhadap prestasi belajar Korespondensi Indonesia siswa kelas X di SMK Negeri 6 Medan T.P 2017/2018. Jenis penelitian ini adalah expost facto. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 54 orang, yang diambil dengan Teknik Random Sampling. Berdasarkan hasil analisis uji t untuk variabel kompetensi kepribadian guru (X1) diperoleh thitung > ttabel (3,999 > 1,674) dan angka sig 0,000 < 0,05 berarti kompetensi kepribadian guru berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk variabel gaya belajar siswa (X2) nilai thitung > ttabel (6,539 > 1,674) dan angka sig 0,000 < 0,05 berarti gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Untuk uji F diperoleh Fhitung > Ftabel (58,187 > 3,18) pada taraf signifikansi 95%  yaitu 0,000 < 0,05. Dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang positif dan signifikan antara kompetensi kepribadian guru (X1) dan gaya belajar siswa (X2) terhadap prestasi belajar siswa (Y). Hasil analisis linear berganda diperoleh Y = 39,028 + 0,228X1 + 0,308X2 menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru dan gaya belajar siswa berpengaruh positif dan signifikan terhadap prestasi belajar siswa.
ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN LAPS HEURISTIK DAN MODEL PEMBELAJARAN IOC(INSIDE OUTSIDE CIRCLE) PADA MATA PELAJARAN KEARSIPAN KELAS X SMK SWASTA JAMBI MEDAN TP.2019/2020 Diana Novita
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (750.789 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i1.36446

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa dengan menggunakan dua model pembelajaran yang berbeda. Model pembelajaran LAPS Heuristik dan Model Pembelajaran Inside Outside Circle (IOC)di kelas X AP mata pelajaran Kearsipan SMKS Jambi Medan TP.2019/2020.             Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMKS Jambi Medan yang berjumlah 75 orang yang terdiri dari 2 kelas. Sampel dalam penelitian menggunakan teknik total sampling dimana seluruh populasi yang berjumlah 75 orang dijadikan sample penelitian. Kelas X OTKP-1 (Eksperimen-1) menggunakan model LAPS-Heuristik dan X OTKP-2 (Eksperimen-2) menggunakan model IOC. Instrument penelitian yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah objektif tes berbentuk pilihan berganda yang berjumlah 20 soal yang telah diuji validitasnya dengan 4 pilihan jawaban yaitu a,b,c,d dan e.             Hasil analisis data menunjukkan bahwa nilai rata-rata kelas LAPS Heuristik sebesar 86,48 dengan standar deviasi sebesar 6,33. Sedangkan nilai rata-rata kelas IOC adalah sebesar 81,84 dengan standar deviasi 6,51.Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji-t dengan dk = n1 + n2 – 2 pada taraf signifikan 95%. Dari perhitungan hipotesis diperoleh thitung sebesar 2,31 dan ttabel 1,6678. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa thitung > ttabel (2,31>1,6678). maka hipotesis diterima.            Dari hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dalam penggunaan model pembelajaran LAPS Heuristik dan model pembelajaran Inside Outside Circle (IOC) Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X AP SMKS Jambi Medan TP.2019/2020. 
PENGARUH ANTARA KOMPETENSI PROFESIONAL GURU DAN PENGGUNAAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ADMINISTRASI UMUM JURUSAN ADMINISTRASI PERKANTORAN DI SMK SWASTA JAMBI MEDAN T.P 2019/2020 Dosma Aderia Pardede
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (793.942 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i1.36447

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of teacher professional competence and the use of student worksheets (LKS) on student learning outcomes in general administration subjects majoring in office administration at SMK Swata Jambi Medan T.P 2019/2020.This type of research is the Facto Exposure research. The population in the study was all students of class X-AP Vocational School Private Jambi Jambi, amounting to 76 students. The sample in this study was the total number of total sampling population of 76 students. Data collection techniques used were observation, documentation, and questionnaires. Validity test for questionnaire item analysis uses the product moment formula, and the reliability is obtained using the Cronbach alpha formula. The data analysis technique used in this research is multiple linear regression test and to prove the truth of the hypothesis used the t test, f test, and the determinant test (R ^ 2).Based on the results of data analysis using SPSS 20 software application assistance, obtained by multiple linear regression equation y = 23,992 + 0,476X1 + 0,283X2 then the teacher professional competency variable (X_1) has a positive and partially significant effect on student learning outcomes (Y) with value of t_count>t_table (7.648> 1.666). While the use of worksheets (X_2) also has a positive and significant effect on student learning outcomes with a value of tcount of 3.152 and ttable 1.666. Together the teacher's professional competence and the use of worksheets have a positive and significant effect on student learning outcomes with the value f_count>f_table(103,428> 3.12). The percentage contribution of the influence of teacher professional competence and the use of student worksheets on student learning outcomes is 86%.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN INQUIRY LEARNING DAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN OTK HUMAS DAN KEPROTOKOLAN SMK NEGERI 1 KISARAN T.P 2019/2020 Dwi Lestari
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (682.477 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i1.36448

Abstract

Penelitian yang dilakukan di SMK Negeri 1 Kisaran ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran Inquiry Learning dan Role Playing terhadap hasil belajar.Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI AP di SMK Negeri 1 Kisaran TP. 2019/2020 yang berjumlah 132 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari dua kelas yaitu kelas XI AP-3 dan kelas XI AP- 4 sebanyak 64 orang. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal pre-test dan post-test sebanyak 30 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test dan post- tes yaitu 44,09 dan 85,15. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pre- test dan post-tes yaitu 39,83 dan 80,48. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang di lakukan di peroleh thitung = 2,818 dan ttabel 2,0002. Dengan membandingkan kedua nilai tersebut maka dapat di simpulkan thitung > ttabel yaitu 2,818 > 2,0002. Melalui kriteria pengujian hipotesis dapat di tentukan bahwa, jika thitung > ttabel maka hipotesis di terima. Dapat di simpulkan hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan yang di ajar dengan model Inquiry Learning  lebih tinggi secara signifikan di banding hasil belajar OTK Humas dan Keprotokolan yang di ajar dengan menggunakan model Role Playing pada siswa kelas XI AP SMK Negeri 1 Kisaran T.P 2019/2020.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER DAN PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMK BM PANCA BUDI MEDAN TP.2019/2020 Dwi Putri Utami Lestari
Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern
Publisher : Prodi Pendidikan Administrasi Perkantoran UNIMED

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (703.922 KB) | DOI: 10.24114/judika.v10i1.36449

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran administrasi umum. Penelitian yang dilakukan di SMK BM Panca Budi Medan ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dan mengetahui perbedaan model pembelajaran Numbered Head Together dan Problem Based Learning terhadap hasil belajar.   Jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan memberikan perlakuan kepada kedua kelompok sampel penelitian. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X AP di SMK BM Panca Budi Medan TP. 2019/2020 yang berjumlah 90 orang siswa. Sampel dalam penelitian ini adalah sampel total berupa sampel yang diambil dari dua kelas yaitu kelas X AP 1 dan kelas X AP 2 sebanyak 90 orang. Instumen pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes hasil belajar siswa  dalam bentuk pilihan berganda, yaitu untuk soal  pre-test dan post-test sebanyak 25 soal. Sebelum tes ini diberikan pada sampel sesungguhnya, maka tes ini diuji cobakan terlebih dahulu untuk melihat tingkat validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Teknik analisa data yang digunakan yaitu menentukan rata-rata hitung, standar deviasi, uji normalitas, dan uji homogenitas dan pengujian hipotesis dengan menggunakan Uji-t.                Dari hasil analisis data kelas eksperimen I nilai rata-rata pre-test dan post-tes yaitu 59,58 dan 81,25. Sedangkan pada kelas eksperimen II nilai rata-rata pre-test dan post-tes yaitu 64,44 dan 74,72. Pengujian hipotesis dari hasil post-test yang di lakukan di output Pair 1 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, output Pair 2 diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 Berdasarkan pembahasan output Pair 1 dan Pair 2 dapat di simpulkan hasil belajar administrasi umum yang di ajar dengan model numbered head together lebih tinggi secara signifikan di banding hasil belajar administrasi umum yang di ajar dengan menggunakan model problem based learning pada siswa kelas X AP SMK BM Panca Budi Medan T.P 2019/2020.

Page 1 of 1 | Total Record : 5


Filter by Year

2021 2021


Filter By Issues
All Issue Vol 14 No 1 (2025): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13 No 2 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 13, No 1 (2024): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modren Vol 13 No 1 (2024): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12 No 2 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 12, No 2 (2023): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 12, No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Modren Vol 12 No 1 (2023): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 2 (2022): JURNAL ADMINISTRASI DAN PERKANTORAN MODERN Vol 11 No 2 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11 No 1 (2022): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 11, No 1 (2022): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10, No 4 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 4 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10 No 3 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 3 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 2 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 2 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 10 No 1 (2021): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 10, No 1 (2021): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9, No 4 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 4 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 3 (2020): Jurnal Administrasi Dan Perkantoran Modern Vol 9 No 3 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 2 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 9 No 2 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9 No 1 (2020): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 9, No 1 (2020): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8, No 4 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 4 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 3 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 3 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 2 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern Vol 8 No 2 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8 No 1 (2019): Jurnal Administrasi Perkantoran Vol 8, No 1 (2019): Jurnal Administrasi dan Perkantoran Modern More Issue