cover
Contact Name
Lukman Cahyadi
Contact Email
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Phone
+6289661704102
Journal Mail Official
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Hospital Management
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 26158337     EISSN : 2828836X     DOI : -
Core Subject : Economy, Health,
ournal of Hospital Management adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang manajemen administrasi rumah sakit. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Maret dan September
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management" : 6 Documents clear
Pengaruh Kompensasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Tenaga Kesehatan Non-PNS Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Intervening Di RS Kanker Dharmais Harahap, Riska Anjla; Wekadigunawan, CSP; Adhikara, MF Arrozi
Journal of Hospital Management Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v6i02.7156

Abstract

Keinginan masyarakat terhadap mutu pelayanan kesehatan yang baik menyebabkan banyak pasien mencari rumah sakit yang dianggap lebih mampu memberikan pelayanan prima. Beberapa faktor yang dapat meningkatkan kinerja adalah kompensasi, linkungan kerja, serta komitmen organisasi. Teknik pengambilan sampel menggunakan Proportional Random Sampling. Populasi dalam penelitian ini adalah tenaga kesehatan non-PNS di RS Kanker Dharmais yang berjumlah 430 orang. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 200 orang tenaga kesehatan non-PNS di RS Kanker Dharmais. Data kemudian dianalisis menggunakan Uji t, uji multivariat dan juga analisis path. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial ada pengaruh kompensasi terhadap komitmen organisasi p<0,05, ada pengaruh lingkungan kerja terhadap komitmen organisasi p<0,05, kompensasi terhadap kinerja p < 0,05, lingkungan kerja terhadap kinerja p<0,05 dan komitmen organisasi terhadap kinerja p<0,05. Dari hasil analisis path didapatkan kesimpulan bahwa ada pengaruh kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja tenaga kesehatan non-PNS dengan komitmen organisasi  sebagai  variable intervening di RS Kanker Dharmais p>0,05. Temuan yang didapatkan dari penelitian ini adalah tanpa komitmen organisasi, kompensasi memiliki pengaruh yang sangat besar terhadap kinerja karyawan. Tanpa komitmen organisasi, lingkungan kerja juga berpengaruh cukup besar terhadap kinerja karyawan.
Pengaruh Kepemimpinan Transformasional Terhadap Komitmen Organisasional Karyawan dengan Psychological Well-Being dan Budaya Organisasi Sebagai Variabel Intervening Yosvara, Nadya; Anindita, Rina; Johanes, Johanes
Journal of Hospital Management Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v6i02.7221

Abstract

Penelitian yang dilakukan di Rumah Sakit Swasta Kelas C di Kabupaten Sukabumi ini bertujuan untuk mengeksplorasi pengaruh kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional, dengan penekanan pada peran mediasi dari psychological well-being dan budaya organisasi. Data diperoleh dari 130 staf medis dan non-medis tetap, yang telah bekerja di rumah sakit selama setidaknya tiga tahun, menggunakan kuesioner online yang didistribusikan melalui Google Form dan diperkaya dengan tinjauan literatur yang mendalam. Kuesioner divalidasi menggunakan Pearson Product Moment Correlation Coefficient dan menunjukkan keandalan dengan nilai Cronbach’s Alpha melebihi 0,7 untuk semua variabel penelitian utama. Studi ini menggunakan Structural Equation Modelling (SEM) dengan SmartPLS 3.0 untuk menganalisis data, menunjukkan dampak positif kepemimpinan transformasional terhadap komitmen organisasional, yang dimediasi secara signifikan oleh psychological well-being dan budaya organisasi. Sebagai kesimpulan, kepemimpinan transformasional ketika didukung oleh psychological well-being yang tinggi dan budaya organisasi yang kuat, maka akan meningkatkan komitmen organisasional. Rumah sakit disarankan untuk meningkatkan psychological well-being karyawan, memupuk budaya organisasi yang kuat, dan secara konsisten menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan transformasional. Saran untuk penelitian selanjutnya adalah memperluas sampel dan memperkenalkan variabel intervening lainnya seperti keseimbangan kehidupan kerja dan kepuasan karyawan.
Peranan Bauran Pemasaran Dalam Meningkatkan Niat Beli Medical Check Up Kasus Di Indonesia Fitriyanti S, N Endah Hidayah; Hasyim, Hasyim; Pamungkas, Rian Adi
Journal of Hospital Management Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/.v6i02.6567

Abstract

Pendapatan rumah sakit secara praktisnya dipengaruhi dari seberapa besar jumlah kunjungan pasiennya . MCU ialah salah satu unit utama dari operasional rumah sakit karena menjadi pintu gerbang masuknya pasien ke rumah sakit. Menambah kapasitas fasilitas rumah sakit dan melakukan pemasaran adalah salah satu usaha yang dapat dilakukan untuk peningkatkan jumlah pasien. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bauran pemasaran dan kualitas layanan terhadap purchase intention medical check up dengan motivasi pembelian sebagai variabel mediasi. Penelitian ini menggunakan model korelasi multiple dengan pendekatan kuantitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dan proses pengumpulan data menggunakan kuisioner dengan skala likert, selanjutnya dianalisis menggunakan three box method. Dari hasil uji regresi linier berganda, diketahui bahwa bauran pemasaran memiliki pengaruh paling tinggi, sebesar 0,445 terhadap purchase intention. Bauran pemasaran, kualitas layanan dan motivasi pembelian secara simultan berpengaruh terhadap purchase intention, namun secara parsial motivasi pembelian tidak berpengaruh terhadap purchase intention. Penelitian ini telah menggambarkan bila rumah sakit melakukan perbaikan terhadap semua indikator di dalam bauran pemasaran dan kualitas layanan akan meningkatkan minat beli produk medical check up.Kata Kunci : Bauran Pemasaran, Kualitas Layanan, Motivasi Pembelian, Purchase Intention
PENGETAHUAN DAN AMBIGUITAS PERAN TERHADAP PENCEGAHAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN DENGAN SISTEM MENTORING SEBAGAI VARIABEL MODERASI Purwanti, Clara; Mulyani, Erry Yudhya; Pamungkas, Rian Adi
Journal of Hospital Management Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/.v6i02.6545

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada insiden keselamatan pasien yang terjadi di instalasi rawat inap pada tahun 2020 - 2021. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh pengetahuan, ambiguitas peran dan sistem mentoring terhadap pencegahan insiden keselamatan pasien, serta menilai kemampuan sistem mentoring dalam memoderasi hubungan pengetahuan dan ambiguitas peran terhadap pencegahan insiden keselamatan pasien. Desain penelitian menggunakan cross sectional study, dengan populasi perawat instalasi rawat inap sebanayk 85 responden dan menggunakan sampel jenuh yang menjadikan seluruh populasi sebagai responden. Hasil penelitian membuktikan bahwa pengetahuan, ambiguitas peran dan sitem mentoring berpengaruh signifikan terhadap pencegahan insiden keselamatan pasien, sistem mentoring tidak memoderasi hubungan pengetahuan terhadap pencegahan insiden keselamatan pasien dan sistem mentoring mampu memoderasi hubungan ambiguitas peran terhadap pencegahan inisden keselamatan pasien. Sistem mentoring yang dijalankan kepala ruangan membuat ambiguitas peran perawat pada layanan keperawatan menurun sehingga dengan penurunan tersebut membuat perawat mampu mewujudkan pencegahan insiden keselamatan pasien pada layanan kepearwatan di instalasi rawat inap
Lama Hari Rawat Pasien Coronary Artery Bypass Graft (CABG) Berdasarkan Komorbid di Rumah Sakit Pemerintah Jakarta Castra, Carsiti Nuryadi; Dian, Wahyu; Indrawati, Ratna
Journal of Hospital Management Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v6i02.6509

Abstract

THE INFLUENCE OF BRAND IMAGE AND COMPLAINT HANDLING ON REVISIT INTENTION WITH PATIENT EXPERIENCE AS AN INTERVENING VARIABLE Saputro, Dimas Kuncoro
Journal of Hospital Management Vol 6, No 02 (2023): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/.v6i02.7376

Abstract

This research is based on a decrease in the number of patient visits in 2022 when compared to 2021. The purpose of this study was to empirically reveal the effect of brand image and complaint handling on intention to return visits with patient experience as an intervening variable. This research is included in the quantitative research with a causality approach, the population used is patients who have visited more than once, the sample calculation uses the indicator formula x 5, so that a sample of 240 respondents is obtained using accidental sampling technique. The analytical method used is the three-box method and SEM analysis. The results of the analysis concluded that brand image and complaint handling had an effect on repeat visit intentions with trust as an intervening variable, brand image and complaint handling had an effect on experience and intention to revisit, and patient experience had an effect on repeat visits intentions, as well as providing positive intervention on brand image relations. and handling of complaints about intention to return visits. Several things that must be done to maintain the patient's intention to return visits are to make improvements to the promotion system using methods to build patient trust and loyalty, improvements to the system for conveying patient complaints, improvements to the patient centered care system and improvements to the promotion system uses the endorsement method.Keywords: Brand image, complaint handling, patient experience, repeat visit intention

Page 1 of 1 | Total Record : 6