cover
Contact Name
Lukman Cahyadi
Contact Email
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Phone
+6289661704102
Journal Mail Official
lukman.cahyadi@esaunggul.ac.id
Editorial Address
Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul Jalan Arjuna Utara No 9 Kebon Jeruk Jakarta 11510
Location
Kota adm. jakarta barat,
Dki jakarta
INDONESIA
Journal of Hospital Management
Published by Universitas Esa Unggul
ISSN : 26158337     EISSN : 2828836X     DOI : -
Core Subject : Economy, Health,
ournal of Hospital Management adalah jurnal ilmiah yang memuat artikel hasil penelitian dan non penelitian bidang manajemen administrasi rumah sakit. Jurnal ini terbit dua kali dalam satu tahun yaitu di bulan Maret dan September
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management" : 6 Documents clear
FAKTOR-FAKTOR PENINGKAT INTENSI MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI Suyitno, Edi
Journal of Hospital Management Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i01.7176

Abstract

Penelitian ini dilandaskan informasi divisi IT tentang tidak terlaksananya implementasi sejak penggunaan SIRS tahun 2005 sampai dengan tahun 2022 tidak ada yang mencapai 100%. Tujuan penelitian untuk mengungkap pengaruh pelatihan dan utilitas terhadap intensi menggunakan SIRS dengan motivasi kerja sebagai variabel mediasi. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain kausalitas. Populasi tenaga kesehatan yang terdiri dari perawat rawat jalan, perawat rawat inap, perawat IGD, bagian farmasi, bagian laboratorium dan bagian radiologi. Teknik sampel menggunakan proporsional sampling, dengan perhitungan rumus slovin tingkat kesalahan 5%, sehingga ditentukan jumlah sampel sebesar 175 responden. Teknik analisa pengungpulan data menggunakan metode survei, dan teknik analisa data menggunakan SEM serta analisa three box method. Hasil analisa membuktikan pelatihan dan utilitas berpengaruh terhadap intensi menggunakan SIRS dengan motivasi kerja sebagai pemediasi, pelatihan berpengaruh terhadap utilitas, pelatihan dan utilitas berpengaruh terhadap motivasi kerja dan intensi menggunakan, serta motivasi kerja berpengaruh terhadap intensi menggunakan dan juga mampu memberikan intervensi positif pada pengaruh pelatihan dan utilitas terhadap intensi menggunakan
INTERVENSI MOTIVASI KERJA: HUBUNGAN KOMPETENSI DAN KEPATUHAN PADA STANDAR PROSEDUR OPERASIONAL TERHADAP KUALITAS PELAYANAN Permata Sari, Luciana Indah
Journal of Hospital Management Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i01.7218

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada masalah penurunan kunjungan pasien rawat jalan secara signifikan mulai dari tahun 2019 – 2021 yang diprediksi karena dinamika kualiats pelayanan. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empiris pengaruh kompetensi dan kepatuhan pada SPO terhadap kualitas pelayanan dengan motivasi kerja variabel intervening dengan menggunakan desain cross sectional study. Populasi pada penelitian ini adalah perawat rawat jalan yang berjumlah 51 personil. Desain sampel menggunakan probability sampling dengan teknik sampel jenuh yang menjadikan seluruh populasi menjadi sampel penelitian. Hasil penelitian membuktikan bahwa secara simultan dan parsial kompetensi dan kepatuhan pada SPO berpengaruh langsung positif dan signifikan terhadap motivasi kerja dan kualitas pelayanan, serta motivasi kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan sehingga motivasi kerja berperan positif memediasi hubungan kompetensi dan kepatuhan pada SPO dalam peningkatan kualitas pelayanan. Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan perawat sebagai dasar pencapaian tujuan organisasi, perlu dibangun sebuah dorongan yang berasal dalam diri perawat maupun dorongan dari organisasi sebagai sebuah dukungan organisasi yang membuat perawat merasa bergairah untuk selalu meningkatkan kualitas pelayanannya, sehingga kompetensi yang dimiliki perawat dan kepatuhan perawat pada SPO, akan mampu mencapai efektivitasnya dalam peningkatan kualitas pelayaan perawat di instalasi rawat jalan
PERAN MODERASI KEPEMIMPINAN KESELAMATAN DALAM MENCIPTAKAN BUDAYA KESELAMATAN PASIEN Wijaya, Kalis Satya
Journal of Hospital Management Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i01.7220

Abstract

Penelitian ini dilandaskan pada permasalahan di instalasi bedah sentral rentang tahun 2022. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh kolaborasi interprofesional dan implementasi surgical safety cehcklist terhadap budaya keselamatan pasien dengan kepemimpinan keselamatan sebagai variabel moderasi. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan desain cross sectional study, populasi yang tenaga kesehatan di instalasi bedah sentral, teknik sampling menggunakan sampel jenuh sehingga ditetapkan jumlah sampel sebanyak 77 responden dengan metode purposive sampling. Metode analisa yang digunakan dengan analisa three box method dan PLS-SEM. Hasil analisa menyimpulkan bahwa kolaborasi interprofesional, implementasi surgical safety cehcklist dan kepemimpinan keselamatan berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya keselamatan pasien, kepemimpinan keselamatan tidak mampu memoderasi kolaborasi interprofesional tetapi memoderasi secara positif implementasi surgical safety checklist terhadap budaya keselamatan pasien
Optimalisasi Kualitas Tesis Mahasiswa Magister Manajemen Administrasi Rumah Sakit (MARS) melalui Pendekatan Strategi Pengajaran pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian Dr.,M.Ed, Johanes,
Journal of Hospital Management Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/.v7i01.7776

Abstract

Abstract:Improving the quality of master's students' theses in hospital administration management (MARS) is an essential aspect in supporting the development of quality scholarly and practical healthcare management. This article discusses teaching strategies in research methodology as an effort to enhance the quality of master's students' theses in hospital administration management. By implementing effective teaching strategies, students can gain a profound understanding of research methodology relevant to the context of hospital administration. A holistic and interactive approach to teaching can encourage students to develop critical and analytical research skills, as well as strengthen their abilities in designing and conducting high-quality research. Through this approach, it is hoped that students will be able to produce theses that make significant contributions to enriching insights and practices in hospital administration management. The implications of this article underscore the importance of teaching roles focused on developing research methodology skills in enhancing the quality of academic outputs for master's students in hospital administration management. Thus, this article contributes to the context of developing high-quality healthcare education relevant to practical demands in the field.Keyword: Optimalization Thesis. Teaching Strategies, Research Methodology
Brand Image Mempengaruhi Keputusan Pembelian Produk Layanan Kesehatan Di RS X Cirebon Tanuwidjaja, Friska
Journal of Hospital Management Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i01.7830

Abstract

Latar belakang, perkembangan pada media teknologi dan informasi terus berkembang. Perkembangan ini memberikan beberapa faktor dalam upaya pertumbuhan yang dibutuhkan pada zaman modern saat ini. Dengan adanya media teknologi dan informasi membuka peluang besar penyebaran informasi bagi seluruh masyarakat untuk berinteraksi dengan mudah. Salah satu manfaat pembangunan pasar atau promosi melalui media sosial dapat digunakan juga oleh instansi rumah sakit untuk membangun citra merk . Tujuan penelitian untuk mengungkap secara empiris pengaruh aktivitas pemasaran dengan media sosial terhadapbrand image. Metode yang digunakan yaitu model korelasi multiple dengan pendekatan kuantitatif. Populasi pasien rawat jalan dengan menggunakan teknik purposive sampling, berjumlah 150 pasien. Hasilnya, terdapatnya pengaruh positif terhadap aktivitas pemasaran yang dilakukan di media sosial dengan brand image (citra merk), hal ini sesuai dengan pertanyataan yang dikemukakan oleh Kotler dan Amstrong (2012:216), Three Box Method, menunjukkan bahwa adanya peningkatan pesat dalam keputusan pembelian konsumen. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai signifikansi serta cakupan pengaruh sebesar 77,2% dari aktivitas pemasarandan pengetahuan pelayanan rumah sakit dengan brand image melalui media sosial. Kesimpulannya, aktivitas pemasaran dan pengetahuan pelayanan rumah sakit bila dilakukan dengan strategi yang tepat akan meningkatkan brand image yang baik terhadap rumah sakit sehingga akan menguatkan keputusan pembelian dari konsumen.
Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Komitmen Organisasional: Peran Intervensi Kepuasan Kerja Sitorus, Desi Pratiwi
Journal of Hospital Management Vol 7, No 01 (2024): Journal of Hospital Management
Publisher : Lembaga Penerbitan Universitas Esa Unggul

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.47007/johm.v7i01.8222

Abstract

Penelitian ini dilandaskan masalah pengunduran diri tenaga kesehatan rentang tahun 2020 – 2022 yang menggambarkan ketidak seimbangan tenaga kesehatan keluar dengan yang direkrut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkap secara empiris pengaruh sistem penilaian kinerja dan kompensasi terhadap komitmen organisasionalonal dengan kepuasan kerja sebagai variabel intervening. Penelitian ini termasuk pada penelitian kuantitatif dengan pendekatan kausalitas, populasi yang digunakan adalah tenaga kesehatan, teknik sampel menggunakan sampel jenuh dengan jumlah responden sebanyak 156 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan proporsional sampling. Metode analisa menggunakan three box method dan SEM dengan bantuan Lisrel. Hasil analisa menyimpulkan bahwa kepuasan kerja berdampak positif pada pengaruh sistem penilaian kinerja dan kompensasai terhadap komitmen organisasionalonal, sistem penilaian kinerja dan kompensasai berpengaruh psoitf terhadap kepuasan kerja dan komitmen organisasionalonal, dan kepuasan kerja berpengaruh positif terhadap komitmen organisasionalonal. Pada penilaian kinerja perlu dilakukan perbaikan pada sistem perjanjian kerja karyawan, dengan menyampaikan perjanjian kerja kepada tenaga kesehatan yang menjelaskan bahwa penilaian kinerja dilakukan secara adil sesuai kualitas kerja dan efektivitas kerja yang dapat dihasilkan tenaga kesehatan sebagai dasar penentu tingkat kompensasi dan promosi.

Page 1 of 1 | Total Record : 6