cover
Contact Name
Iis Yeni Sugiarti
Contact Email
caruban.unswagati@gmail.com
Phone
+6282117556837
Journal Mail Official
caruban.unswagati@gmail.com
Editorial Address
Jl. Perjuangan No.1, Sunyaragi, Kesambi, Kota Cirebon, Jawa Barat 45132 Telepon: 082117556837
Location
Kota cirebon,
Jawa barat
INDONESIA
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar
ISSN : 26151391     EISSN : 26203219     DOI : https://doi.org/10.33603/caruban.v5i1.5683
Core Subject : Education, Social,
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar menerima publikasi Guru SD, Dosen, serta pemerhati dan peneliti-peneliti pendidikan dasar dengan penerbit Universitas Swadaya Gunung Jati. Ruang lingkup meliputi: Studi Pendidikan dan Pembelajaran Pada Pendidikan Dasar (Pendidikan dan Pengajaran Ilmu Pengetahuan Sosial dan Budaya, IPA, Matematika, PKn, Bahasa dan Sastra Indonesia, Bahasa dan Sastra Inggris, Kesenian dan PJKR) Model Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Media dan Multimedia Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Kurikulum Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Penilaian (Assesment) dan Evaluasi Dalam Pengajaran Untuk Pendidikan Dasar Etnopedagogi Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Lesson Study Dalam Pembelajaran Untuk Pendidikan Dasar Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. Jurnal ini terbit satu tahun dua kali yaitu bulan Januari dan Juli. p-ISSN 2615-1391 dan e-ISSN 2620-3219
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari" : 5 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA PERMAINAN LET’S PLAY Apri Utami Parta Santi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (636.409 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i1.1558

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar matematika khususnya materi tentang uang melalui penggunaan media permainan Let’s Play. Subyek penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III B di SD Negeri Pengasinan 03 Depok, sebanyak 36 siswa. Data yang dikumpulkan melalui lembar observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SD Negeri Pengasinan 03 Depok, Kelurahan Pengasinan, Kecamatan Sawangan, Kota Depok, khususnya kelas III. Penelitian ini dilakukan dengan metode siklus yang mengacu pada model Penelitian Tindakan Kelas (PTK) Kemmis and Mc. Taggart sebanyak dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar siswa mata pelajaran matematika khususnya materi uang melalui penggunaan media permainan Let’s Play pada siklusnya mengalami peningkatan dari 44,44% pada siklus I menjadi 88,89% pada siklus II, sehingga telah mencapai kriteria keberhasilan yang diharapkan. Penggunaan media permainan Let’s Play dalam pembelajaran matemtika dapat membantu siswa menjadi lebih aktif dalam proses pembelajaran dan melatih kerjasama dalam kelompok.
Pengaruh Model Pembelajaran Auditory, Intellectualy, dan Repitition (AIR) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matenatika Siswa Di Kelas Tinggi Sekolah Dasar Yuni Yuliani
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (562.928 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i1.2243

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh dari model pembelajaran AIR terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa pada materi bangun datar di kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini berupa Quasi Experimental Design dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian ini yaitu kelas IV A dan kelas IV B SDN Cisaat Rambay Kabupaten Sukabumi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan metode tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran AIR sedangkan untuk kelas kontrol menggunakan pembelajaran langsung. Pembelajaran dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan, baik dikelas eksperimen maupun kelas kontrol dengan materi yang sama yaitu bangun datar. Kedua kelas mempunyai kemampuan awal sama. Hasil perhitungan menunjukkan siswa dikelas eksperimen memiliki rata-rata hasil yang lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol. Rata-rata nilai akhir dari kelas eksperimen sebesar 78,33 sedangkan kelas kontrol sebesar 50,57. Adapun hasil perhitungan dari Uji T menunjukkan hasil signifikansi sebesar 0,000. Nilai sig. lebih kecil dari taraf signifikansi uji (0,05). Artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran AIR memberi pengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas IV SD pada materi bangun datar. Kata Kunci.Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Model Pembelajaran AIR, Bangun Datar.
PENGARUH AKTIVITAS DALAM MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN CONCEPTUAL SELF CONCEPT MAHASISWA PADA MATA KULIAH KONSEP DASAR IPA 2 (STUDI PADA MAHASISWA TK. 1 PGSD FKIP UNSWAGATI) Tarmidzi Tarmidzi
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (382.047 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i1.2503

Abstract

Rencana penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh aktivitas dalam pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis dan conceptual self concept mahasiswa pada mata kuliah konsep dasar IPA 2.  Manfaat jangka panjang penelitian ini adalah dengan adanya penelitian ini, diharapkan dapat memberikan dorongan kepada guru ataupun calon guru untuk lebih mengembangkan proses pembelajaran ataupun bahan ajar dalam upaya mengembangkan aspek kognitif dan afektif mahasiswa PGSD, khususnya kemampuan berpikir kritis dan conceptual self concept.  Target luaran yang diharapkan tercapai setelah penelitian ini dilaksanakan adalah mempublikasikan hasil penelitian melalui publikasi ilmiah jurnal nasional, seminar nasional dan internasional (prosiding). Dengan demikian diharapkan hasil penelitian dapat bermanfaat secara luas.  Penelitian ini merupakan penelitian ekperimen semu dengan sampel adalah mahasiswa PGSD peserta perkuliahan konsep dasar IPA 2. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, angket, kemudian dianalisis menggunakan analisis regresi sederhana dan secara deskriptif.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas mahasiswa dalam pembelajaran Konsep Dasar IPA 2 menggunakan  model inkuiri terbimbing berpengaruh secara signifikan terhadap kemampuan berpikir kritis dan conceptual self concept mahasiswa.  Kata Kunci:  Inkuiri Terbimbing, Kemampuan Berpikiri Kritis dan Conceptual Self Concept
PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU MELALUI PENDEKATAN SAINTIFIK BERBASIS LINGKUNGAN Nida Fitri Yansyah; Salati Asmahasanah; Hilman Hakiem
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (688.553 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i1.2349

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran tematik serta meningkatkan hasil pembelajaran tematik melalui penerapan metode outdoor study berbasis scientific learning. Penelitian ini dilaksanakan di SD Kreativa Kota Bogor tahun ajaran 2018/2019. Subjek penelitian dilaksanakan pada kelas IVB yang terdiri dari 21 siswa. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan metode outdoor study berbasis scientific learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran tematik tema 8 subtema 3. Hal tersebut dapat terlihat dari pencapaian hasil belajar yang dilakukan pada setiap siklusnya serta lembar observasi aktivitas pada pembelajaran tematik yang dilakukan oleh guru dan siswa yang mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Hasil belajar rata-rata keseluruhan siswa yang diperoleh pada siklus I mencapai nilai rata-rata sebesar 70,48 dan meningkat pada hasil belajar siklus II yaitu mencapai nilai rata-rata sebesar 84,38. Adapun hasil observasi aktivitas guru pada siklus I yaitu 70% dan pada siklus II yaitu 83,75%. Sedangkan observasi aktivitas siswa pada pembelajaran tematik dalam kegiatan belajar mengajar mengalami peningkatan setiap siklusnya yaitu pada siklus I mencapai 67,85% dan siklus II yaitu 82,14%. Dengan demikian, menggunakan metode outdoor study berbasis scientific learning dapat meningkatkan hasil pembelajaran tematik pada siswa kelas IV SD Kreativa Bogor.
PENGARUH MODEL SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL (SAVI) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS DI SEKOLAH DASAR Shiva Aprilia
Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar Vol 2, No 1 (2019): Edisi Januari
Publisher : UNIVERSITAS SWADAYA GUNUNG JATI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (585.678 KB) | DOI: 10.33603/cjiipd.v2i1.2245

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Somatic, Auditory, Visual, Intellectual (SAVI) terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas IV Sekolah Dasar pada materi bangun datar. Jenis penelitian ini berupa eksperimen semu (quasi-experimental) yang didesain dalam bentuk Nonequivalent (Pretest and Posttest) Control Group Design. Sampel yang digunakan adalah sampel jenuh yaitu seluruh siswa kelas IV A dan kelas IV B SDN Cimanggah 2 Sukabumi. Instrumen yang digunakan berupa tes, tes tersebut diberikan pada saat pretest dan posttest. Proses pembelajaran pada kelas eksperimen menggunakan model SAVI sedangkan pada kelas kontrol tanpa menggunakan model SAVI, proses pembelajaran masing-masing kelas dilakukan sebanyak tiga kali dengan materi yang sama yaitu bangun datar. Hasil pengujian menunjukan bahwa siswa kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata akhir sebesar 72,89 lebih tinggi 21,57 dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 51,32. Selain itu hasil pengujian Uji T Dua Sampel Independen menunjukan hasil signifikan sebesar 0,000 lebih kecil dari taraf signifikan uji (0,05), artinya terdapat perbedaan hasil yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model SAVI memiliki pengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis pada siswa kelas IV SD tahun ajaran 2018/2019.

Page 1 of 1 | Total Record : 5