Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer (JITTER)
The journal publishes work from all disciplinary, theoretical and methodological perspectives. It is designed to be read by researchers, scholars, teachers and advanced students in the fields of Information Systems and Information Science, as well as IT developers, consultants, software vendors, and senior IT executives seeking an update on current experience and future prospects in relation to contemporary information and communications technology.
Articles
24 Documents
Search results for
, issue
"Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023."
:
24 Documents
clear
Rancang Bangun Sistem Pembayaran Digital Berbasis Kartu RFID Menggunakan Arduino Kantin Kewirausahaan
Maharani, Putu Ary Silvia;
Piarsa, I Nyoman;
Rusjayanthi, Ni Kadek Dwi
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (248.873 KB)
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p01
Kegunaan teknologi sangat penting di kehidupan manusia karena dengan adanya teknologi dapat mempercepat kegiatan ataupun aktivitas manusia. SMK Negeri 1 Bangli melalui pembelajaran teaching factory dengan pengembangan kurikulum merdeka menjadikan sinkronisasi proses standar dan prosedur di INDUKA. Fokus penelitian ini membangun sebuah perangkat yang terintegrasi dalam transaksi pembayaran menggunakan kartu RFID melalui database dimana setiap data berupa ID pengguna dan saldo untuk pembayaran akan tersimpan di dalam system dan terkoneksi di web lokal database. Hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa semakin dekat letak jarak antara modul Reader RFID dengan RFID Tag atau RFID Card maka tingkat kesalahan pembacaan semakin rendah. Besar ideal pembacaan 100% adalah rentang terletak pada jarak 3 cm baik di alat tapping satu maupun alat tapping dua. Pengukuran jarak baca sudah dilakukan dengan berbagai posisi dengan RFID Reader maka hasil yang didapatkan dengan prosentase keberhasilan dengan jarak 3cm. Sedangkan posisi RFID Card yang memiliki tingkat sensitivitas paling tinggi adalah bagian muka dengan percobaan 6 kali baik di alat tapping satu dan alat tapping dua memenuhi untuk terbaca 100%.
Perancangan Sistem Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Mobile (Studi Kasus : Toko Sini Jaya)
Dewi, Faradila Kusuma;
Cahyono, Najwa Fathiro;
Margono, Ferdi Puguh;
'Uyun, Khurrotul;
Pradhistya, Safitri;
Fitri, Anindo Saka
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
Full PDF (648.211 KB)
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p02
Digitalisasi menjadi era yang berkembang, kebutuhan masyarakat terhadap teknologi semakin meningkat untuk mempermudah pekerjaan. Toko Sini Jaya merupakan toko sembako yang menjual berbagai macam kebutuhan pokok dan rumah tangga. Proses bisnis yang terjadi pada Toko Sini Jaya belum menerapkan digitalisasi, sistem informasi apapun belum diterapkan sehingga semua proses mulai dari pencatatan barang hingga laporan penjualan masih dibukukan secara manual sehingga kurang akurat dan efisien. Pada penelitian ini, peneliti melakukan perancangan sistem pencatatan persediaan barang pada Toko Sini Jaya berbasis mobile dengan menggunakan metode ICONIX Process. Tahapan ICONIX process yang dilakukan yaitu, pembuatan domain model, desain antarmuka, use case, robustness, dan sequence diagram yang diharapkan dapat menjadi acuan dalam tahap implementasi.
ANALISIS USABILITY APLIKASI DALAM MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN PENDEKATAN USER CENTERED DESIGN. (STUDI KASUS: APLIKASI MADE IN BALI)
PUTRA, I GD. AGUS ARIMBAWA;
PIARSA, I NYOMAN;
GITHA, DWI PUTRA
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p06
Made In Bali Merupakan aplikasi mobile yang digunakan sebagai tempat untuk mewadahi UKM dan IKM di Bali memasarkan dan menjual produknya. Evaluasi terhadap aplikasi Made In Bali dilakukan agar dapat meningkatkan kualitas penggunaan dan informasi terhadap aplikasi Made In Bali. Evaluasi yang dilakukan menggunakan pendekatan User Centered Design dan menggunakan proses evaluasi usability di dalam prosesnya. Tahapan dalam User Centered Design adalah memahami dan menspesifikan konteks pengguna (Specify the context of use), menspesifikan kebutuhan pengguna (Specify user and organization requirements), membuat desain solusi (Produce design solution) dan evaluasi desain solusi Evaluate design against user requirement. Metode Usability Testing dipergunakan untuk mengevaluasi pengguna aplikasi berdasarkan hasil pengamatan kepada pengguna, perbaikan berdasarkan masalah yang ditemui saat usability testing disesuaikan dengan Google Material Design yang digunakan sebagai guidelines. Hasil dari penelitian ini adalah desain solusi dengan pendekatan User Centered Design yang memiliki nilai usability yang lebih baik dari aplikasi Made In Bali sebelumnya.
ANALISIS DAN PERANCANGAN USER INTERFACE WEBSITE DALAM MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE EVALUASI HEURISTIK BERDASARKAN ISO 13407 (Studi Kasus: Website Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil)
Suputra, Made Dwipa Hutamanu;
Piarsa, I Nyoman;
Rusjayanthi, Ni Kadek Dwi
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p07
Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Denpasar menggunakan website Taring Dukcapil sebagai sistem pencatatan maupun pembuatan berkas secara online. Analisis user interface menggunakan metode heuristik untuk mengetahui website Taring Dukcapil dapat dengan mudah digunakan oleh masyarakat. Metode pengumpulan data melalui observasi lapangan, penyebaran kuesioner, dan wawancara. Hasil evaluasi heuristik terdapat 17 indikator memerlukan perbaikan kemudian dikelompokkan guna memberikan solusi yang tepat menggunakan ISO 13407. Hasil rekomendasi perbaikan yaitu tampilan beranda beranda menghasilkan rekomendasi perbaikan di bagian beranda dan syarat & ketentuan, rekomendasi perbaikan tampilan login dan register, rekomendasi perbaikan tampilan notifikasi di bagian saat notifikasi penuh, dan notifikasi surat pernyataan, rekomendasi perbaikan permohonan pada bagian pembuatan permohonan, list permohonan, berkas selesai, dan berkas salah. Analisis akhir memperoleh hasil signifikan berdasrkan nilai mean sebesar 3,53 untuk keseluruahan nilai mean perbaikan, dengan nilai rHitung diatas 0,279 dan nilai Cronbach’s Alpha diatas 6 yang menunjukkan data tersebut baik dan dapat dipercaya.
PROTOTIPE BILLING PLAYSTATION MENERAPKAN INTERNET OF THINGS
Maharani, Ni Putu Berliana;
Piarsa, I Nyoman;
Pratama, I Putu Agus Eka
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p03
Penelitian penyewaan playstation masih dilakukan secara manul menggunakan remote sebagai media menyalakan dan menghidupkannya sebuah televisi dan playstation. Penerapan sistem manual tidaklah efisien karena rentan terjadinya kecurangan dalam mengelola timer/waktu penyewaan. Penelitian ini merupakan sebuah prototipe sistem billing playstation yang menerapkan teknologi internet of thing. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode prototype. Dibuatkannya sebuah alat pembayaran penyewaan playstation yang terdiri dari RFID berfungsi untuk media pembayaran penyewaan oleh pelanggan yang ingin melakukan penyewaan playstation dan relay digunakan untuk menyalakan dan mematikan sebuah televisi dan playstation. NodeMcu digunakan sebagai media untuk memproses data dan digunakan untuk menghubungkan alat RFID dan relay ke server pusat melalui jaringan internet. Aplikasi berbasis desktop digunakan untuk melakukan pengolahan data, monitoring, serta transaksi yang dilakukan oleh pegawai admin. Penelitian prototipe billing playstation menerapakan teknologi internet of thing menggunakan bahasa pemrograman Aplikasi berbasis desktop menggunakan bahasa C# dan C++. Hasil uji coba dapat disimpulkan pada penelitian ini yaitu sistem prototipe sudah bekerja dengan baik dan sudah sesuai dengan fitur aplikasi desktop yang tersedia, Disimpulkan dengan penerapan internet of thing usaha kecil seperti playstation dapat meningkatkan efisien kinerja karena semua berjalan otomatis.
ANALISIS DAN PERANCANGAN USER INTERFACE WEBSITE DALAM MENINGKATKAN USER EXPERIENCE MENGGUNAKAN METODE USER CENTERED DESIGN DAN THINK ALOUD (Studi Kasus: Website Akudicari Disdukcapil Badung)
Hardinata, I Gede Arya;
Piarsa, I Nyoman;
Rusjayanthi, Ni Kadek Dwi
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p08
Disdukcapil Kabupaten Badung sudah melakukan pelayanan menggunakan sistem informasi berbasis website yang dapat di akses dimanapun dan kapan saja oleh masyarakat Kabupaten Badung pada website AkuDicari Disdukcapil Kabupaten Badung, dari perubahan dan kemajuan pelayanan yang di lakukan oleh Disdukcapil Kabupaten Badung ini masih memiliki kendala seperti desain interface yang masih kurang yang membuat banyaknya pertanyaan dari masyarakat untuk bagaimana cara mengaksesnya. Dari masalah tersebut penulis menganalisa website AkuDicari milik Disdukcapil Kabupaten Badung berdasarkan evaluasi usability yang menggunakan metode User Centered Design dan Think Aloud demi mempermudah nantinya untuk memberikan saran perbaikan pada pengembangan sistem website nantinya. Metode evaluasi yang digunakan adalah metode usability testing untuk mengevaluasi pengguna website berdasarkan hasil pengamatan kepada pengguna, perbaikan di lakukan berdasarkan masalah yang ditemui saat usability testing. Hasil dari penelitian ini adalah desain solusi dari metode User Centered Design dan Think aloud menggunakan aplikasi Figma.
Implementasi Enterprise Resource Planning Pada Usaha Minimarket
Arta, I Wayan Ajitha Barendra;
Putri, Gusti Agung Ayu;
Raharja, I Made Sunia;
Kusuma, Dewa Ayu Ariesta Putri;
Adi Pradana, Putu Bramantia
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p04
Sari Yoga Mart merupakan toko retail yang berada di Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Nusa Penida merupakan daya tarik wisata Bali yang terus menerus penataannya akan ditingkatkan secara menyeluruh, terutama keindahan pantai yang terletak disekitaran pulau Nusa Penida. Sari Yoga Mart membutuhkan moderenisasi sistem pengelolaan minimarket sehingga perlu adanya penerapan ERP didalamnya. Teknologi yang dapat dimanfaatkan dalam mengembangkan usaha ini yaitu sistem ERP atau Enterprise Resource Planning dengan menggunakan tools Flectra karena bersifat open-source dan cocok digunakan oleh usaha minimarket dengan skala kecil sampai menengah. Setelah menerapkan ERP, selanjutnya melakukan survey untuk menilai kesiapan minimarket dalam menerima teknologi ERP dengan metode User Acceptance Test atau UAT. Berdasarkan pengujian sistem kepada pengguna atau user mendapatkan total skor 98 yang terletak diantara kuartil II dan maksimal yaitu 96 < 98 < 120, hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan ERP menggunakan aplikasi Flectra yang diuji dinilai berhasil.
Penerapan Algoritma Random Forest untuk Klasifikasi Jenis Daun Herbal
sudiadi, sudiadi;
Meiriyama, Meiriyama
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p05
Abstrak Indonesia memiliki potensi yang besar dalam penyediaan sumberdaya tumbuhan obat atau tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan dengan baik sebagai media pengobatan tradisonal. Obat tradisional merupakan warisan lama turun temurun dari zaman dahulu, baik itu dalam bentuk ramuan maupun jamu. Tanaman obat merupakan spesies tanaman yang dipercaya sebagai obat alami tanpa kandungan kimia. Akan tetapi masih minimnya pengetahuan masyarakat mengenai jenis – jenis tanaman herbal. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk Klasifikasi Jenis Daun Herbal menggunakan Random Forest berdasarkan fitur HOG. Citra yang telah dipisah antara data latih dan data uji di ubah menjadi greyscale dan di resize menjadi 816x612 piksel, kemudian citra di ekstraksi menggunakan fitur HOG sehingga menghasilkan vektor sepanjang 1x3168. Algoritma Random Forest yang digunakan untuk klasifikasi daun herbal memiliki akurasi keseluruhan sebesar 85,33%. Kata kunci: Daun, Herbal, HOG, Random Forest Abstract Indonesia has great potential in providing medicinal plant resources or herbal plants that can be used properly as a traditional medicine. Traditional medicine is an old heritage handed down from ancient times. Medicinal plants are plant species that are believed to be natural medicines without chemical ingredients. However, there is still a lack of public knowledge about the types of herbal plants. Therefore, this study aims to Classify Herbal Leaf Types using Random Forest based on the HOG feature. The image that has been separated between the training data and testing data is converted to greyscale and resized to 816x612 pixels, then the image is extracted using the HOG feature and produce 1x3168 vector. The Random Forest algorithm used for herbal leaf classification has an overall accuracy of 85.33%. Keywords : Herb, HOG, Leaf, Random Forest
Rancang Bangun Point of Sale Berbasis Android
Pranata, I Nyoman Krisna;
Sukarsa, I Made;
Buana, Putu Wira
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p09
Perkembangan teknologi di era globalisasi, terutama dalam bidang perekonomian yang bergerak di bidang ekonomi seperti restoran, rumah makan, retail dan yang lainnya, dalam hal pencatatan masih dilakukan manual. Sistem pencatatan manual yang membutuhkan waktu lama sangatlah tidak efektif dalam pengaturan strategi bisnis. Sistem aplikasi Point of Sale (POS) merupakan salah satu solusi dari permasalahan tersebut, Point of Sale ini merupakan sistem yang memberikan pelayanan untuk mencatat setiap transaksi yang terjadi dan mencegah terjadinya kesalahan perhitungan produk pada saat transaksi pada pelanggan.Tujuan penelitian ini dibuat yaitu membuat aplikasi Point of Sale berbasis android dengan fitur memanajemen toko seperti memanajemen produk, diskon, kategori, pegawai, pelanggan ataupun stok dan terdapat satu fitur lagi yaitu pada pihak pelanggan yang nantinya bisa mengetahui toko yang ada disekitarnya dan melakukan pemesanan pada toko tersebut untuk memasarkan toko kepada para toko yang sudah terdaftar pada aplikasi.
EVALUASI TATA KELOLA TEKNOLOGI INFORMASI MENGGUNAKAN FRAMEWORK COBIT 2019 (Studi Kasus: Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar)
Assegaf, Achmad Jefri;
Pratama, I Putu Agus Eka;
Mandenni, Ni Made Ika Marini
JITTER : Jurnal Ilmiah Teknologi dan Komputer Vol 4 No 2 (2023): JITTER, Vol.4, No.2, August 2023.
Publisher : Program Studi Teknologi Informasi, Fakultas Teknik, Universitas Udayana
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.24843/JTRTI.2023.v04.i02.p12
Audit tata kelola TI penting dilakukan dalam sebuah organisasi maupun instansi untuk mengukur tingkat kapabilitas dari penerapan tata kelola TI pada sebuah instansi. Proses audit tata kelola TI pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar yang dimulai dengan melakukan observasi di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar dan melakukan wawancara serta penyebaran kuesioner untuk menentukan titik kritis. Titik kritis yang diperoleh selanjutnya dilakukan indntifikasi sesuai dengan COBIT 2019 sehingga memperoleh tingkat kepentingan. Hasil dari tingkat kepentingan yaitu memperoleh capability level pada domain BAI08, BAI10, APO07, BAI09 dan DSS04. Hasil capability level selanjutnya dianalisis untuk mendapatkan tingkat kesenjangan, kemudian dapat memberikan rekomendasi perbaikan berdasarkan framework COBIT 2019 yang dapat dijadikan pertimbangan dalam meningkatkan tata kelola TI pada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Denpasar. Implementasi Perbaikan dilakukan pada proses domain BAI08 yang pelaksanaanya berdasarkan pada timeline yang telah ditentukan, yang memberikan hasil berupa peningkatan nilai capability yang sebelumnya berada di level 1 meningkat menjadi level 2.