cover
Contact Name
Desi Dwi Kristanto
Contact Email
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Phone
+6287814923466
Journal Mail Official
desi.dwikristanto@upj.ac.id
Editorial Address
Universitas Pembangunan Jaya, Jl. Cendrawasih Raya Blok B7/P Sawah Baru, Ciputat. Tangerang Selatan Banten 15413
Location
Kota tangerang,
Banten
INDONESIA
Jurnal Desainpedia
ISSN : -     EISSN : 28302966     DOI : https://doi.org/10.36262/dpj.v1i1
Journal of Product Design and Visual Communication Design department of Pembangunan Jaya University regularly publish articles biannual. We invite scholars, researchers, and academics to publish research results for three thematic special issues on Design, Lifestyle and Behaviour.
Articles 10 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle " : 10 Documents clear
Mencintai Alam Melalui Buku Cerita: Pendekatan Visual Storytelling pada Anak Nugraha, Andre Akbar; Resmisari, Ganis
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1265

Abstract

Isu lingkungan seperti polusi, deforestasi, dan perubahan iklim telah menjadi perhatian global yang membutuhkan solusi jangka panjang, termasuk pendidikan sejak usia dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran buku cerita anak berbasis visual storytelling dalam menanamkan cinta lingkungan kepada anak usia 3–8 tahun. Dengan pendekatan kualitatif-deskriptif, penelitian ini menganalisis relevansi topik, efektivitas media, dan peran orang tua serta pengasuh dalam proses pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku cerita anak yang menggabungkan narasi sederhana, ilustrasi menarik, dan kesan yang imersif mampu meningkatkan pemahaman anak terhadap nilai-nilai lingkungan. Proses membaca bersama orang tua atau pengasuh memperkuat hubungan emosional dan mendukung penyampaian pesan moral secara efektif. Penelitian ini menegaskan pentingnya buku cerita anak sebagai alat edukasi yang efektif dan berdampak dalam mendidik generasi muda tentang cinta lingkungan. Dengan melibatkan berbagai pihak, buku cerita dapat menjadi jembatan untuk membangun kesadaran lingkungan sejak dini dan menciptakan generasi yang peduli terhadap keberlanjutan alam.
Potensi Buku Interaktif Mengenai Edukasi Konsumsi Energi Berlebihan Wudyatami, Regita Mahira; Retnoningsih, Sri
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1209

Abstract

Abstract — Climate change is an ongoing global challenge. According to the Meteorology, Climatology, and Geophysics Agency (BMKG), Indonesia recorded its highest average air temperature in September 2024 at 27.4 °C, the highest since 1981. A survey of 106 respondents aged 18–25 on the island of Java revealed that 91.5% feel the impact of climate change, while 5.7% do not, and 2.8% are unsure. Although factors such as greenhouse gas emissions, deforestation, and industrial waste contribute significantly, excessive energy consumption—especially from fossil fuels—plays a major role. This research aims to identify existing energy-saving practices and measure public awareness. A literature review and online survey methods were used to analyze this behavior. The findings highlight a significant gap: 75.5% of respondents understand the importance of energy saving, yet their daily actions do not fully reflect this awareness. To address this discrepancy, this research proposes the development of an interactive book as an innovative educational tool. With engaging visual and interactive elements, the book aims to increase understanding and encourage behavioral change among the younger generation toward more sustainable lifestyles.Abstrak — Abstrak — Perubahan iklim merupakan tantangan global yang sedang berlangsung. Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Indonesia mencatat suhu rata-rata udara tertinggi pada September 2024 sebesar 27,4 °C, tertinggi sejak tahun 1981. Survei terhadap 106 responden berusia 18–25 tahun di Pulau Jawa menunjukkan bahwa 91,5% merasakan dampak perubahan iklim, 5,7% tidak merasakannya, dan 2,8% tidak yakin. Meskipun emisi gas rumah kaca, deforestasi, dan limbah industri menjadi faktor penyebab utama, konsumsi energi yang berlebihan—terutama dari bahan bakar fosil—berperan besar. Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi praktik hemat energi yang telah dilakukan serta mengukur tingkat kesadaran masyarakat. Penelitian dilakukan dengan metode gabungan antara studi literatur dan survei daring. Hasilnya menunjukkan adanya kesenjangan: 75,5% responden memahami pentingnya penghematan energi, namun tindakan sehari-hari mereka belum sepenuhnya mencerminkan kesadaran tersebut. Untuk mengatasi kesenjangan ini, penelitian ini mengusulkan pengembangan buku interaktif sebagai media edukasi inovatif. Dengan elemen visual yang menarik dan interaktif, buku ini diharapkan dapat meningkatkan pemahaman dan mendorong perubahan perilaku generasi muda menuju gaya hidup yang lebih berkelanjutan.
Peran Teknologi Digital dalam Peningkatan Efektifitas Perancangan dan Proses Produksi pada Pembuatan Produksi Kelom Geulis Bambu Laminasi Ramadhan, Ihsan Nur; Waskito, Mohamad Arif
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1252

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana teknologi digital berperan penting dalam pengembangan penciptaan produk Sol Kelom Geulis dengan konstruksi bambu laminasi. Untuk mencapai tujuan penelitian, digunakan metode atau pendekatan pembelajaran eksperiensial yang terdiri dari 4 tahap, yaitu dimulai dari proses pengembangan, eksplorasi, implementasi dan diakhiri dengan tahap prototipe, dengan strategi atau konsep memanfaatkan karakteristik bambu yang mudah dibentuk menggunakan cetakan. Pada akhir penelitian, dihasilkan prototipe yang dikembangkan dengan melibatkan teknologi digital dalam perancangan dan produksi desain produk Sol Kelom Geulis dengan material bambu laminasi. Manfaat penelitian adalah memudahkan industri dalam merancang cetakan sol Kelom dan motif hias pembuatan upper Kelom dengan menggunakan teknologi digital.
Tinjauan Perancangan Video Pendek Mengenai Gejala Stres sebagai Pemicu Insomnia pada Mahasiswa Tingkat Akhir Mariszka, Grace Sitta; Karnita, Rosa
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1241

Abstract

Abstract — Insomnia is often experienced by final year students with great academic pressure, making them more susceptible to sleep disorders. Insomnia not only reduces sleep quality but also negatively impacts mental, physical, and overall quality of life. This study aims to examine the effect of insomnia on the mental health and quality of life of final-year students. This mixed-methods study used semiotic analysis of a short video on insomnia and a quantitative survey of 40 university students. According to the survey findings, 70% of respondents have excessive anxiety that interferes with their ability to sleep, and semiotic analysis of how video storytelling is effective in delivering educational messages about insomnia. The findings are expected to be the basis for developing video-based educational media as an inclusive learning model to improve students' sleep awareness and quality. Short videos are proven to be a medium that can increase awareness of insomnia, which is beneficial for the productivity and mental health of final-year students.Abstrak — Insomnia sering dialami oleh mahasiswa tingkat akhir dengan tekanan akademik yang besar, sehingga lebih rentan terhadap gangguan tidur. Insomnia tidak hanya menurunkan kualitas tidur tetapi juga berdampak negatif pada kesehatan mental, fisik, dan kualitas hidup secara keseluruhan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh insomnia terhadap kesehatan mental dan kualitas hidup mahasiswa tingkat akhir. Penelitian ini menggunakan metode campuran dengan menggunakan analisis semiotika terhadap video pendek mengenai insomnia dan survei kuantitatif terhadap 40 mahasiswa. Menurut temuan survei, 70% responden memiliki kecemasan berlebih yang mengganggu kemampuan mereka untuk tidur, dan analisis semiotika bagaimana video storytelling efektif dalam menyampaikan pesan edukatif tentang insomnia. Temuan ini diharapkan menjadi dasar dalam pengembangan media edukatif berbasis video sebagai model pembelajaran inklusif untuk meningkatkan kesadaran dan kualitas tidur mahasiswa. Video pendek terbukti menjadi media yang mampu meningkatkan kesadaran akan insomnia, yang bermanfaat bagi produktivitas dan kesehatan mental mahasiswa tingkat akhir.Kata Kunci: stres akademik; gangguan tidur; video edukasi insomnia; analisis semiotika
Analisis Potensi Perubahan Brand Image Sepatu Kodachi dari Tahun 1975-2024 Muharam, Bintang Ardiana; Isnaini, Wiwi
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1274

Abstract

Despite having a presence in Indonesia for over fifty years, Kodachi faces challenges in building a reputation and recognition comparable to other brands around it. This may be due to poor brand communication, which makes people believe that Kodachi still lacks attention. The focus of this research is on branding strategies that can increase brand awareness and consumer preference, particularly Gen Z. A qualitative approach was used, and data collection methods were employed through interviews, surveys, and observations. The data collected was then analyzed to find the most effective branding strategies. The results of this study are expected to provide strategic recommendations that are applicable to the Kodachi brand. Setting a consistent and relevant tone of voice, optimizing social media platforms as a means of interaction, development of marketing campaigns, implementation of consumer listening mechanisms.
Analisis Semiotik Identitas Kultural Komunitas Maiyah Kenduri Cinta Sebagai Simbol Spiritual, Sosial, dan Interaksi Sentavito, Eko Wahyu; Irmayanti, Shinta; Fauzy, Ryan; Fakih, Muhammad Zulyan; Anthonio, Timothy Farrel
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1119

Abstract

Abstract - The Maiyah community initiated by Emha Ainun Nadjib, better known as Cak Nun, emphasizes the concept of Sinau Bareng as a form of shared learning that includes cultural, spiritual and intellectual aspects. This research aims to identify the cultural and ideological identity of the Maiyah community, explore this subculture's role in shaping its members' spiritual and social understanding, and examine the social interaction model applied in the community. Using a descriptive qualitative method, this research goes in-depth into the formation and development process of the Maiyah community. The results show that Maiyah is a discussion forum and a movement that encourages togetherness, openness and love of knowledge. The values of tolerance, pluralism and nationalism applied in this community strengthen social cohesion between members and create space for cross-cultural dialog. Through Roland Barthes' semiotic approach, it is revealed that elements in Maiyah, such as Kiai Kanjeng's music, the community's visual identity such as peci and white shirts, have connotative meanings that depict social alternative education relevant to the context of Indonesian society.Abstrak — Komunitas Maiyah yang diinisiasi oleh Emha Ainun Nadjib, atau yang lebih dikenal sebagai Cak Nun, menekankan pada konsep Sinau Bareng sebagai bentuk pembelajaran bersama yang mencakup aspek budaya, spiritual dan intelektual. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi identitas kultural dan ideologis komunitas Maiyah, mengeksplorasi peran subkultur ini dalam membentuk pemahaman spiritual dan sosial anggotanya, serta mengkaji model interaksi sosial yang diterapkan dalam komunitas. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mendalam pada proses pembentukan dan perkembangan komunitas Maiyah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Maiyah tidak hanya merupakan forum diskusi tetapi juga sebuah gerakan yang mendorong kebersamaan, keterbukaan dan cinta ilmu. Nilai-nilai toleransi, pluralisme, dan nasionalisme yang diterapkan dalam komunitas ini memperkuat kohesi sosial antara anggota dan menciptakan ruang untuk dialog lintas budaya. Melalui pendekatan semiotika Roland Barthes, terungkap bahwa elemen-elemen dalam Maiyah, seperti musik Kiai Kanjeng, identitas visual komunitas seperti peci dan baju putih, memiliki makna konotatif yang menggambarkan pendidikan alternatif sosial yang relevan dengan konteks masyarakat Indonesia.
Processing Recycled Brass Plate into Jewellery in Small and Medium Industries (SMEs): Medividi Putri, Fauzia Trivana; Permanasari, Maharani Dian
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1251

Abstract

This research aims to process brass metal waste into jewelry accessories through collaboration with Medividi SMEs. In the midst of increasing public concern for the environment, waste management, including metal waste, is an important issue because this waste is known as a pollutant with varying levels of toxicity that can damage the ecosystem. A form exploration approach with design thinking methods was used to maximize the processing of brass metal waste. The waste is processed into jewelry and other fashion accessories through various innovative material processing techniques, so as to increase the use value of brass waste, especially in Small and Medium Industries. The design thinking method is highly relevant in this context as it offers a systematic approach through the stages of empathy, definition, ideation, prototyping and testing. These stages help the design process to be more effective, starting with understanding the problem to generate new preferences in the creation of jewelry designs. The result of this research is brass waste-based jewelry with an innovative design, not only as an effort to recycle materials but also to bring aesthetic value.
Peran Konten Video Review dalam Memengaruhi Gaya Overconsumption di Kalangan Generasi Z Sofyan, Maharani Lathifah; Noviana, Eka
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1247

Abstract

Penelitian ini menganalisis pengaruh konten video review terhadap perilaku konsumsi Generasi Z. Meskipun Generasi Z aktif menggunakan media sosial untuk mencari informasi produk, analisis komentar menunjukkan bahwa respons terhadap video review cenderung netral. Temuan ini mengindikasikan bahwa konten video review tidak secara signifikan mendorong perilaku overconsumption, meskipun ada beberapa indikasi pembelian impulsif. Hasil penelitian ini menyoroti pentingnya memahami dinamika konsumsi Generasi Z dan implikasi konten video dalam membentuk pola konsumsi yang lebih berkelanjutan. Penelitian ini juga membuka peluang untuk studi lebih lanjut mengenai pengaruh media sosial terhadap perilaku konsumen.
Meningkatkan Peran Keilmuan Desain Produk Bagi Kemampuan Dasar Mahasiswa Fakultas Ilmu Rekayasa Universitas Paramadina Melalui Evaluasi Pembelajaran Mata Kuliah Berpikir Desain Ardian, Noel Febry; Samri, Ira Handayani; Putri, Farahiyah Inarah
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1273

Abstract

This research is an evaluation of the learning of the Design Thinking course. This evaluation aims not only to improve the quality of the curriculum and learning process, but also to find ways to strengthen the interdisciplinary approach so that learning is more easily understood by students outside of product design. This research was conducted through a survey using a questionnaire to assess the attractive, challenging, and beneficial aspects of learning, as well as students' understanding of the principles of human-centeredness and collaboration. The results show that the product design discipline has popular and challenging materials, such as ideation with brainstorming and prototyping stages. This indicates good acceptance of learning materials that are not too focused on this discipline. Students feel that this learning is relevant to career development. This research recommends improving teaching materials and methods according to the needs of the world of work and increasing active involvement in group collaboration. These results also strengthen the scientific contribution and role of the Design Thinking course as a distinctive feature of faculty graduatesKeywords:Design Thinking; Learning Evaluation; Product Design
Visual Struktur Sci-Fi Motorcycle dalam Ilustrasi 3 Dimensi Oranto, Rachel Zefanya; Yoo, Peter Min Hyuk; Darmawan, Andreas James
Desainpedia: Jurnal Desain Produk dan Desain Komunikasi Visual Vol 4, No 1 (2025): Urban Design, Lifestyle & Behaviour
Publisher : Universitas Pembangunan Jaya

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36262/dpj.v4i1.1249

Abstract

Pada masa sekarang dimana perkembangan teknologi digital berkembang begitu pesat, pemodelan 3 Dimensi (3D) menjadi elemen penting dalam berbagai bidang, termasuk desain industri, animasi, dan simulasi. Penelitian ini dilakukan untuk memahami proses pembuatan model 3D kendaraan bermotor fiksi menggunakan perangkat lunak Blender yang menjadi bahan utama dalam penelitian ini. Urgensi penelitian ini terletak pada peningkatan kebutuhan visualisasi digital berkualitas tinggi untuk mendukung industri kreatif dan bidang lainnya yang membutuhkan teknologi berupa pemodelan 3D. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimental dengan tahapan pencarian referensi, pemodelan, pemberian tekstur, pemberian pencahayaan, dan rendering. Data diperoleh melalui observasi langsung terhadap hasil proses pembuatan model motor 3D fiksi, serta evaluasi kualitas visual berdasarkan parameter estetika dan teknis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknik pemodelan low-poly dan high-poly secara bersamaan mampu meningkatkan detail dan efisiensi model 3D yang dapat memberikan hasil yang lebih realistis pada hasil akhir model 3D. Penambahan pencahayaan berbasis lingkungan dan material PBR (Physically Based Rendering) dapat menghasilkan tampilan model 3D yang lebih realistis. Dampak penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam pengembangan model 3D di industri kreatif dan dalam bidang lain yang membutuhkan teknologi berupa pemodelan 3D, serta menjadi referensi bagi desainer pemula maupun profesional dalam memahami alur kerja pemodelan 3D secara lebih efektif.

Page 1 of 1 | Total Record : 10