cover
Contact Name
Ahmad Kamal Sudrajat
Contact Email
kamalsudrajat@uny.ac.id
Phone
+6285855911229
Journal Mail Official
kamalsudrajat@uny.ac.id
Editorial Address
Jl. Colombo Yogyakarta No.1, Karang Malang, Caturtunggal, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Edukasi Biologi
ISSN : 29865484     EISSN : 29864828     DOI : https://doi.org/10.21831
Jurnal Edukasi Biologi merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Biologi, Departemen Pendidikan Biologi, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitakan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dan hasil kajian analisis literatur di bidang pendidikan biologi. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi penelitian dan kajian perihal: kurikulum pembelajaran biologi tingkat sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), model dan metode pembelajaran biologi, teknologi termasuk bahan ajar dan media pembelajaran biologi, assesmen dan penilaian pembelajaran biologi, pendidikan dan pelatihan guru biologi, serta pengembangan teori dan pemikiran/kebijakan pembelajaran biologi.
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017" : 6 Documents clear
PELAKSANAAN PROGRAM REMEDIAL PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI KELAS XI DI SMA NEGERI SE-KABUPATEN SLEMAN Maryatul Qibtiyah; Yuni Wibowo; Ratnawati Ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8135

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pelaksanaan program remedial di SMA Negeri Kabupaten Sleman, (2) kesesuaian pelaksanaan program remedial dengan standar Kurikulum 2013, (3) keterkaitan pelaksanaan program remedial dengan latar belakang pendidikan guru. Penelitian ini termasuk penelitian deskriptif dengan metode survei, dilaksanakan pada April hingga Juni 2017. Populasi penelitian ini adalah guru Biologi di SMA Negeri Kabupaten Sleman dan sampel diperoleh menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pelaksanaan program remedial menggunakan pendekatan kuratif dengan metode penugasan, tutor sebaya, reteaching, bimbingan khusus, dan pemberian ulang soal. Program remedial dilaksanakan setelah ulangan harian, setelah UTS, setelah UAS, dan pada akhir semester. (2) program remedial terlaksana secara umum baik; penerapan metode sudah variatif sesuai dengan standar Kurikulum 2013, namun secara pelaksanaan belum dilakukan langkah diagnosis, serta waktu pelaksanaan yang dipaksakan menjadi seminim mungkin, (3) tidak terdapat keterkaitan antara pelaksanaan program remedial dengan latar belakang pendidikan guru.Kata kunci: latar belakang pendidikan guru, kesesuaian standar, pelaksanaan, program remedial
PEMANFAATAN HASIL PENELITIAN DALAM PENYUSUNAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERBASIS INKUIRI MATERI KULTUR JARINGAN Lanna Murpi Pertiwi; Paidi Paidi; Ixora Sartika
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8130

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi hasil penelitian perbanyakan anggrek macan (Grammatophyllum scriptum (lindl.) B1 secara in vitro dengan Photoautotroph Micropropagation System sebagai sumber belajar; mengetahui kelayakan LKS berbasis pendekatan berdasarkan penilaian guru biologi; dan mengetahui kelayakan LKS berbasis pendekatan inkuiri berdasarkan uji keterbacaan siswa kelas XII SMK N 1 Pandak. Penelitian ini termasuk dalam penelitian Reserach and Development (RD) model ADDIE. Langkah-langkah penyusunan Lembar Kegiatan Siswa dilakukan dengan tahap analisis, desain, pengembangan hingga tahap uji coba terbatas pada guru dan siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif. Hasil analisis terhadap penelitian menunjukkan bahwa penelitian tentang perbanyakan anggrek dengan Photoautotrophic Micropropagation System tersebut berpotensi sebagai sumber belajar materi kultur jaringan. Penilaian guru dan uji keterbacaan kepada siswa menunjukkan bahwa LKS layak digunakan sebagai bahan ajar materi kultur jaringan.Kata kunci: inkuiri, in vitro, kultur jaringan, Lembar Kegiatan Siswa (LKS), Photoautotroph Microropagation System (PMS
PENGEMBANGAN TES FORMATIF YANG BERFUNGSI SEBAGAI TES DIAGNOSTIK KESULITAN BELAJAR POKOK BAHASAN ANIMALIA Henky Becheta Anggraeni; Bambang Subali; Rizka Apriani Putri
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui cara mengembangkan tes formatif yang berfungsi sebagai tes diagnostik pokok bahasan Animalia. Metode penelitian menggunakan metode Testing. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA 3 SMA N 1 Banguntapan tahun ajaran 2016/ 2017. Kegiatan pengembangan tes meliputi penyusunan kisi-kisi tes, penulisan item tes, penyelidikan validitas dan reliabilitas tes (kualitas tes), dan penyelidikan kesulitan belajar peserta didik pada pokok bahasan Animalia. Pengambilan data dengan teknik tes, dan instrumen penelitian berupa tes yang telah dikembangkan (PG beralasan terbuka berjumlah 40 butir). Analisis data melalui dua tahapan yaitu, analisis data kualitas tes dan kesulitan belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan, tes dikembangkan dengan prosedur pengembangan tes secara umum, kualitas tes valid dan memiliki reliabilitas yang baik berdasarkan indek Kappa dan indek persetujuan, peserta didik berkesulitan belajar pada hampir semua aspek kompetensi Animalia dengan faktor penyebab utama kesulitan belajar adalah karena rendahnya minat dan motivasi belajar. Kata Kunci: Animalia, Formatif Diagnostik, Kesulitan Belajar
PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI UNTUK SISWA SMA KELAS X DI GUNUNGKIDUL Nensi Nur Astari; Yuni Wibowo; Ratnawati Ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8132

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah jenis, indeks kekayaan jenis, indeks keanekaragaman, dan indeks kemerataan tumbuhan bawah yang ditemukan; mengetahui kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah yang telah disusun; serta mengetahui hasil uji keterbacaan modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan bawah pada tegakan Hutan Wanagama oleh siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RD) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, dan evaluation), namun dibatasi hanya sampai tahap development. Subjek dalam penelitian ini adalah 22 siswa Kelas X MIPA 2 SMA N 1 Playen. Instrumen penelitian berupa angket kebenaran konsep, penilaian kualitas modul, dan angket uji keterbacaan untuk siswa. Hasil penelitian studi keanekaragaman yaitu ditemukan 22 jenis tumbuhan bawah, dengan indeks keanekaragaman termasuk kategori sedang dan indeks kemerataan kategori tinggi. Hasil penilaian kualitas modul termasuk dalam kategori sangat baik, serta hasil uji keterbacaan siswa memberi tanggapan setuju. Kata kunci: modul pengayaan, tumbuhan bawah
PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS OUTDOOR ACTIVITY MATERI KEANEKARAGAMAN JENIS DAN GEN PADA TUMBUHAN UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN CRITICAL THINKING SISWA KELAS X Indah Wardaniyati; IGP Suryadarma; Budiwati Budiwati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8134

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan LKPD berbasis outdoor activity untuk memahamkan siswa tentang materi keanekaragaman jenis dan gen pada tumbuhan dan efektifitasnya dalam mengembangkan kemampuan critical thinking siswa. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (RD) yang mengacu pada model ADDIE yaitu Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation. Penelitian hanya terbatas pada tahap mengembangkan (development). LKPD dinilai kelayakan dan keefektifan dalam mengembangkan critical thinking oleh 2 dosen ahli media, 2 dosen ahli materi serta diuji secara terbatas kepada 2 guru mata pelajaran biologi dan 21 siswa kelas X MIPA MAN Yogyakarta 1. Penilaian kelayakan LKPD ini oleh ahli media dan guru mata pelajaran dikatakan “baik”, konsep materi oleh ahli materi  dikatakan “benar”, oleh siswa dinyatakan “setuju” baik. Penilaian terhadap berpikir kritis juga dikatakan “baik” oleh ahli media, “sangat baik” oleh guru mata pelajaran dan “setuju” baik oleh siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD ini layak digunakan sebagai media pembelajaran biologi di sekolah serta mampu mengembangkan kemampuan critical thinking siswa berdasarkan penilaian ahli media, ahli materi, guru mata pelajaran biologi dan tanggapan siswa.Kata kunci : critical thinking, keanekaragaman gen dan jenis, LKPD, outdoor activity
PENGEMBANGAN MODUL PENGAYAAN KEANEKARAGAMAN PAKU WANAGAMA UNTUK MENINGKATKAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMA DI GUNUNGKIDUL Hasanah Fajar Sayekti; Yuni Wibowo; Ratnawati Ratnawati
Jurnal Edukasi Biologi Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/edubio.v6i6.8129

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1) jenis-jenis tumbuhan paku yang ditemukan di Hutan Wanagama 2) potensi keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama sebagai sumber belajar, dan 3) kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama untuk siswa SMA kelas X. Penelitian ini termasuk penelitian pengembangan (RD). Penelitian ini terbagi menjadi 3 tahap, yang pertama penelitian mengenai keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul, tahap kedua adalah analisis potensi hasil penelitian sebagai sumber belajar dan tahap terakhir adalah pengemasan hasil penelitian dalam bentuk bahan ajar modul pengayaan. Model yang digunakan adalah ADDIE (analysis, design, development and production, implementation dan evaluation) tetapi hanya dibatasi sampai tahap development. Hasil penelitian diperoleh 11 jenis tumbuhan paku. Kualitas modul pengayaan keanekaragaman tumbuhan paku di Hutan Wanagama Gunungkidul untuk siswa SMA kelas X termasuk dalam kategori sangat baik menurut ahli materi, ahli media dan guru biologi, serta termasuk kategori baik menurut tanggapan siswa. Kata kunci: modul pengayaan, keanekaragaman tumbuhan paku, kemandirian belajar

Page 1 of 1 | Total Record : 6


Filter by Year

2017 2017


Filter By Issues
All Issue Vol 11, No 2 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 11, No 1 (2025): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 2 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 10, No 1 (2024): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 2 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 9, No 1 (2023): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 2 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 8, No 1 (2022): Jurnal Edukasi Biologi Vol 7, No 6 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 5 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 4 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 3 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 2 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 7, No 1 (2018): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6, No 7 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No7 Tahun 2017 Vol 6, No 6 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 5 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 5 Tahun 2017 Vol 6, No 4 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 4 Tahun 2017 Vol 6, No 3 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 3 Tahun 2017 Vol 6, No 2 (2017): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 6 No 2 Tahun 2017 Vol 6, No 1 (2017): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 6 No 1 Tahun 2017 Vol 5, No 8 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi Vol 5 No 8 tahun 2016 Vol 5, No 7 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 6 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 5 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 4 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 3 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 2 (2016): Jurnal Prodi Pendidikan Biologi Vol 5, No 1 (2016): Jurnal Pendidikan Biologi More Issue