cover
Contact Name
Lisda Ramdhani
Contact Email
lisdaramdhani@habi.ac.id
Phone
+6281337237577
Journal Mail Official
prodiinformatika6@gmail.com
Editorial Address
Jl. Lintas Bolo-Donggo, Bolo Kab. Bima, NTB
Location
Kota bima,
Nusa tenggara barat
INDONESIA
INFOTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika
Published by STKIP Harapan Bima
ISSN : 28291026     EISSN : 28291018     DOI : 10.56842
INFONTIKA: Jurnal Pendidikan Informatika yang diterbitkan oleh STKIP Harapan Bima dengan periode terbit setiap bulan April dan Oktober (dua kali setahun). Jurnal ini menerbitkan artikel studi konseptual dan menganalisis hasil penelitian empiris.
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025" : 11 Documents clear
Analisis Persepsi Siswa terhadap Kecerdasan Buatan sebagai Asisten Belajar di Kelas Informatika: Studi Eksploratif di Kalangan Gen-Z pada SMP Negeri 2 Bolo, Kabupaten Bima Vaughan Andi Irwan, Muhammad; Suharti, Suharti; Faidin, Faidin
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.672

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi persepsi siswa generasi Z terhadap pemanfaatan kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI) sebagai asisten belajar dalam mata pelajaran informatika di SMP Negeri 2 Bolo, Kabupaten Bima. Metode penelitian yang digunakan adalah studi eksploratif dengan pengumpulan data melalui kuesioner dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar siswa memiliki persepsi positif terhadap penggunaan AI yang dianggap mampu meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep pembelajaran informatika. Namun, terdapat beberapa kendala teknis dan kebutuhan pendampingan guru agar optimalisasi AI dapat tercapai. Temuan ini memberikan gambaran penting untuk pengembangan pembelajaran berbasis teknologi di tingkat sekolah menengah pertama.
Sistem Pengidentifikasi Pengunjung Perpustakaan Siswa SMA Negeri 1 Monta Menggunakan Metode Image Clasification Berbasis Raspberry Pi 3 Debbi Aryani, Kurniawan; Muslimin, Muslimin; Ramdhani, Lisda
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.684

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sistem pengidentifikasi pengunjung perpustakaan menggunakan metode klasifikasi citra, serta memberikan kemudahan bagi pengelola perpustakaan dalam mendokumentasikan data pengunjung. Studi kasus dilakukan di perpustakaan SMA Negeri 1 Monta. Perangkat yang digunakan dalam sistem ini meliputi modul kamera sebagai alat input untuk mendeteksi wajah (face detection), Raspberry Pi sebagai pemroses data yang mengolah input dari kamera dan melakukan validasi terhadap database anggota perpustakaan, serta melakukan proses identifikasi menggunakan library image classification dari aplikasi OpenCV. Selain itu, sebuah laptop digunakan sebagai web server untuk menampilkan halaman dashboard pengunjung secara real-time. Hasil pengujian menunjukkan bahwa sistem dapat mengidentifikasi wajah dengan baik pada jarak antara 30 cm hingga 160 cm. Namun, pada jarak 170 cm, sistem tidak mampu melakukan identifikasi sama sekali.
Pemanfaatan Canva dalam Desain Pembelajaran Informatika Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa SMPN 10 Wera Mahdin, Imam; Suharti, Suharti; Faidin, Faidin
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.673

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi efektivitas pemanfaatan Canva sebagai media kreatif dalam mendukung pendekatan Project-Based Learning (PBL) pada pembelajaran Informatika di SMPN?10 Wera. Fokus utama adalah meningkatkan kreativitas siswa dalam merancang produk digital sebagai hasil proyek. Metode penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus intervensi. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan analisis hasil karya digital siswa. Hasil menunjukkan peningkatan substansial dalam kreativitas, kolaborasi, dan keterlibatan siswa, terlihat dari kualitas produk digital dan peningkatan persentase ketercapaian kreativitas. Temuan ini sesuai dengan penelitian terdahulu yang menyatakan bahwa Canva dalam PBL mampu meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Kesimpulannya, integrasi Canva dalam desain pembelajaran Informatika berbasis PBL terbukti efektif dalam meningkatkan kreativitas siswa SMPN?10 Wera.
Pengaruh Gadget Terhadap Pemahaman dan Berpikir Kritis di SMA Muhammadiyah Bolo Anggriani, Reni; Ramdhani, Lisda; Muslimin, Muslimin
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.721

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gadget terhadap pemahaman dan berpikir kritis di SMA Muhammadiyah Bolo. Gadget telah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari siswa dan dapat memberikan dampak positif maupun negatif terhadap proses belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode ex post factor. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket tertutup dan dokumentasi nilai rapor. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan penggunaan gadget terhadap hasil belajar siswa, khususnya pada aspek kognitif dan berpikir kritis. Oleh karena itu, penggunaan gadget yang bijak dan terkontrol sangat penting untuk mendukung pembelajaran siswa.
Penerapan Media Microsoft Word Pada Era Digital Dalam Dasar-Dasar Pengolahan Teks di MTS Muhammadiyah Asrafil, Asrafil; Rahmawan, Ardi; Ramdhani, Lisda
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.722

Abstract

The development of digital technology has brought significant changes in the field of education, particularly in the use of software such as Microsoft Word as a learning tool. This study aims to analyze students' understanding of basic and advanced features of Microsoft Word, identify obstacles faced in its academic use, and provide recommendations for effective mentoring strategies. A descriptive quantitative method was employed, using a Likert-scale questionnaire and semi-structured interviews involving 20 students from grades VII–IX and 2 teachers at MTS Muhammadiyah, Bima Regency. The results indicate a notable improvement in learning outcomes among students who actively used Microsoft Word compared to the control group, with the majority (70%) giving highly positive responses to its implementation. In addition to enhancing material comprehension and text processing skills, Microsoft Word has also proven effective in creating a more engaging and interactive learning environment. However, limitations in the use of advanced features were still observed due to insufficient guidance. Therefore, structured training for both teachers and students is essential to optimize the use of Microsoft Word in 21st-century digital learning
Pengaruh Metode Pembelajaran Aktif Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Disekolah Rohayu, Lis; Muslimin, Muslimin; Ewisahrani, Ewisahrani
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.739

Abstract

In the research conducted at this time has the aim to determine the effect of active learning methods on motivation and student achievement in school. This study uses the type or design of qualitative research in which the researcher must go down directly to observe what is being researched. The results of the analysis showed that there was a significant increase in motivation scores and student achievement in the experimental class compared to the control class. the average posttest value of students in the experimental class is higher than the control class with significant values. The discussion revealed that active involvement in the learning process makes students more motivated and understand the material better. In a full, active learning method, students are required to engage in their learning by thinking, discussing, investigating, and presenting. this can stimulate students in triggering the spirit of learning so that students are able to achieve their learning achievements at school. Active learning is very influential for students in their motivation and learning achievement.
Eksplorasi Etnomatematika pada Motif Batik Lokal dan Implementasinya dalam Pembuatan Pola dengan Perangkat Lunak Desain Grafis untuk Siswa SMP Adawiah, Rabiatul; Ramdhani, Lisda; Suharti, Suharti
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.741

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi penerapan etnomatematika berbasis motif batik lokal dalam pembelajaran matematika, serta implementasinya melalui pembuatan pola digital menggunakan perangkat lunak desain grafis di tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Pendekatan yang digunakan adalah mixed-methods dengan desain convergent parallel embedded, menggabungkan analisis kuantitatif (tes pemahaman geometri, rubrik produk digital, dan angket sikap) serta kualitatif (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Subjek penelitian 20 siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan pada pemahaman geometri dan pola dari rata-rata skor pretest 62 menjadi posttest 85 (p 0,05; Cohen’s d = 0,92). Kualitas produk pola digital meningkat dari 65 menjadi 88 dengan reliabilitas antar-penilai tinggi (ICC = 0,84). Peningkatan juga terjadi pada sikap dan motivasi belajar siswa dari skor 70 menjadi 90, terutama dalam dimensi apresiasi budaya lokal (34%) dan kepercayaan diri terhadap teknologi (30%). Analisis kualitatif mengungkap bahwa siswa mengalami transformasi pemaknaan terhadap matematika sebagai bagian dari budaya, menunjukkan kreativitas tinggi dalam desain, serta membangun kolaborasi dan refleksi melalui proyek kelompok. Integrasi motif batik lokal dan perangkat lunak desain grafis terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan konseptual geometri, kreativitas digital, serta kesadaran budaya siswa. Penelitian ini menegaskan pentingnya etnomatematika sebagai strategi pedagogis yang mampu menghubungkan budaya lokal, teknologi digital, dan pembelajaran matematika secara kontekstual dan bermakna. 
Membangun Literasi Digital yang Berakar Budaya: Strategi Integrasi Informatika dan Kearifan Lokal Asni, Asni
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.785

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang begitu cepat menuntut penguatan literasi digital di kalangan pelajar. Namun, peningkatan literasi digital sering kali tidak diiringi dengan penguatan identitas budaya lokal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi integrasi mata pelajaran Informatika dengan nilai-nilai kearifan lokal sebagai upaya membangun literasi digital yang kontekstual dan berakar budaya. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus di salah satu SMP di Indonesia. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi konten budaya lokal ke dalam proyek digital Informatika mampu meningkatkan kreativitas siswa, keterlibatan dalam pembelajaran, serta kesadaran akan nilai budaya. Pembelajaran menjadi lebih relevan dan bermakna karena siswa dapat mengaitkan teknologi dengan realitas sosial dan budaya mereka. Artikel ini merekomendasikan penerapan pembelajaran berbasis proyek bertema budaya, pelatihan guru lintas bidang, serta pengembangan media ajar digital berbasis lokal.
STRATEGI MEMANFAATKAN DATA TRENDING MEDIA SOSIAL SEBAGAI KONTEKS PEMBELAJARAN MATERI PENYAJIAN DATA DAN INTERPRETASI GRAFIK DI SMP Apriansyah, Ardi; Ramdhani, Lisda; Jualiawan, Rizcky
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.742

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas strategi pembelajaran berbasis data trending media sosial dalam meningkatkan kemampuan penyajian data, interpretasi grafik, serta motivasi belajar matematika siswa SMP. Penelitian menggunakan pendekatan mixed methods dengan desain convergent parallel. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas VIII-B SMP Negeri 5 Bolo, Kab. Bima. Data dikumpulkan melalui tes kemampuan penyajian dan interpretasi data, lembar observasi aktivitas siswa, angket sikap dan motivasi (ASKM), serta wawancara dan catatan lapangan. Analisis kuantitatif dilakukan dengan uji Paired Sample t-test, N-Gain, dan effect size (Cohen’s d), sedangkan analisis kualitatif menggunakan model Miles, Huberman, Saldaña (2018). Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran berbasis data trending media sosial secara signifikan meningkatkan kemampuan kognitif siswa dengan rata-rata N-Gain = 0,57 (kategori sedang–tinggi) dan effect size = 9,86, yang menunjukkan pengaruh sangat kuat. Motivasi belajar meningkat sebesar 28,5%, terutama pada dimensi apresiasi terhadap konteks media sosial (kenaikan 34%). Observasi menunjukkan partisipasi siswa meningkat dengan skor rata-rata 4,4 (kategori tinggi). Hasil kualitatif memperlihatkan siswa lebih antusias, kolaboratif, dan kritis dalam menganalisis data digital. Pembelajaran berbasis konteks media sosial membuat matematika terasa lebih bermakna, relevan, dan dekat dengan kehidupan nyata mereka. Penelitian ini menyimpulkan bahwa integrasi data trending media sosial membangun literasi data dan literasi digital kritis siswa SMP. 
IMPLEMENTASI MEDIA INTERAKTIF CANVA UNTUK PERSONALISASI PEMBELAJARAN INFORMATIKA SMA PADA MATERI TIK Hasanah, Uswatun; Rahmawan, Ardi; Yamin, Muhammad
Infomatika: Pendidikan Informatika Vol 4, No 2 (2025): Oktober 2025
Publisher : STKI Harapan Bima

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.56842/infotika.v4i2.746

Abstract

Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada pemahaman konsep TIK siswa setelah penerapan Canva. Nilai rata-rata meningkat dari 61,2 (pretest) menjadi 82,8 (posttest), dengan N-Gain = 0,55 (kategori sedang–tinggi) dan hasil t-test = 9,24; p 0,001. Persepsi siswa terhadap Canva sangat positif, dengan skor rata-rata 4,36/5, terutama pada dimensi kemudahan penggunaan (4,52) dan interaktivitas (4,41). Observasi kelas menunjukkan tingkat partisipasi aktif sebesar 84%, serta peningkatan kreativitas dan kemandirian belajar siswa. Tantangan yang ditemukan meliputi keterbatasan infrastruktur digital, kompetensi guru dalam desain media, serta waktu pengerjaan proyek yang lebih lama. Secara keseluruhan, Canva terbukti efektif sebagai media pembelajaran interaktif yang mendukung personalisasi belajar, meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman konsep TIK siswa. Hasil ini memperkuat teori dual coding (Paivio, 2014) dan self-determination (Deci Ryan, 2000) yang menekankan pentingnya keterlibatan visual dan otonomi siswa dalam pembelajaran digital. Penelitian ini diharapkan berkontribusi dalam memperkaya literatur media interaktif berbasis desain digital dan menjadi model praktis dalam penerapan pembelajaran TIK adaptif di SMA.

Page 1 of 2 | Total Record : 11