cover
Contact Name
Fiqra
Contact Email
jurnal.attahalli@uniga.ac.id
Phone
+6282126005480
Journal Mail Official
jurnal.attahalli@uniga.ac.id
Editorial Address
Jl. Raya Samarang Jl. Hampor No.52A, Rancabango, Kec. Tarogong Kaler, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44151
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Agama Islam
Published by Universitas Garut
ISSN : -     EISSN : 28282337     DOI : http://dx.doi.org/10.52434/jpai.v2i2
Core Subject : Religion, Education,
Fokus dan ruang lingkup Jurnal Ini sebagai berikut: 1. Metode dan model pembelajaran Interaktif 2. Pendidikan Karakter 3. Moderasi Beragama 4. Isu Terkini Sekitar Pendidikan Agama Islam 5. Media Pembelajaran Berbasis Teknologi 6. Teks Suci dalam Agama 7. Keragaman Etnis Budaya, Sosial dan Tradisi keagamaan 8. Studi Wawasan dan Globalisasi 9. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Teknologi 10. Manajemen Pendidikan Islam
Articles 11 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam" : 11 Documents clear
Manajemen Pengembangan Pendidikan Kitab Kuning di Pondok Pesantren Al-Djunaediyah Nasrullah, Yufi Mohammad; Mutiawan, Dadang; Noorjutstiatini, Witrin; Nazib, Fiqra
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42184

Abstract

Al Djunaediyah Garut Islamic Boarding School is an institution deeply rooted in the rich tradition of Islamic education in Indonesia. Among its primary educational pursuits, the study of "kitab kuning" (classical Islamic texts) holds a prominent place. Kitab kuning, composed of a collection of classical Islamic works, serves as the foundational source of knowledge for Islamic theology, jurisprudence, and Arabic culture. Thus, the development of kitab kuning instruction at Al Djunaediyah Garut Islamic Boarding School plays a pivotal role in preserving and propagating the intellectual heritage of Islam. The evolution of kitab kuning education is an ongoing challenge, requiring comprehensive management encompassing curriculum development, teaching methods, resource allocation, and assessment procedures. Effective management is the cornerstone of ensuring that kitab kuning instruction thrives within the institution. This article delves into the management of kitab kuning education at Al Djunaediyah Garut Islamic Boarding School. It explores the background, underscores the significance of kitab kuning education, and elucidates how effective management practices can sustain and enhance the quality of kitab kuning instruction in this venerable institution. As the digital era brings about profound changes in educational paradigms, the school must continuously adapt its pedagogical approach to remain relevant and effective in transmitting Islamic knowledge to the younger generation. Therefore, the continued development of kitab kuning education is of paramount importance, ensuring that the invaluable intellectual legacy of Islam perseveres and thrives in the face of modern challenges. Keyword: Managing, Yellow Book Education, Islamic Boarding School.
PENDIDIKAN KARAKTER ISLAMI BERDASARKAN AYAT-AYAT PENDIDIKAN DALAM SURAH LUQMAN AYAT 13-19 Masripah, Masripah; Wahyuni, Sri; Mulyani, Mela
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42258

Abstract

Pembentukan karakter Islami merupakan elemen penting dalam pendidikan formal maupun informal untuk menciptakan individu yang berakhlak mulia, bertanggung jawab, dan taat kepada Allah Swt. Surah Luqman ayat 13 – 19 memberikan panduan mendasar mengenai pendidikan karakter Islami melalui nasihat-nasihat Luqman kepada anaknya, yang mencakup ajaran tauhid, penghormatan terhadap orangtua, kesadaran akan pengawasan Allah Swt, kewajiban melaksanakan ibadah, dan akhlak. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengidentifikasi serta menganalisis nilai-nilai pendidikan pada ayat-ayat tersebut serta menjelaskan integrasi aplikatifnya dalam pembentukan karakter Islami. Dengan menggunakan metode kualitatif berbasis studi pustaka, data dianalisis melalui teknik analisis isi dengan referensi utama ayat-ayat Alquran dan tafsir ulama. Nilai-nilai yang terdapat dalam Surah Luqman 13 - 19 ini dapat diterapkan dalam pendidikan karakter melalui pendekatan nasihat, keteladanan, dan pembiasaan dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini memberikan kontribusi teoretis dan praktis dalam membangun sistem pendidikan yang holistik, tidak hanya fokus pada kecerdasan intelektual, akan tetapi juga pembentukan moral dan spiritual yang kokoh sesuai dengan pendidikan Islam.
Integrasi Asertivitas, Humanisme, dan Kearifan Lokal dalam Pendidikan Islam untuk Karakter Anak Usia Dini okta andini, enjelin; Azzahra, Fatimah; Ichsan
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42259

Abstract

Pendidikan karakter anak usia dini berperan penting dalam membentuk individu yang berintegritas dan memiliki keseimbangan sosial. Perilaku asertif, nilai humanisme, dan kearifan lokal merupakan tiga aspek utama dalam membangun karakter anak dalam pendidikan Islam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterkaitan ketiga aspek tersebut serta bagaimana metode pembelajaran yang diterapkan mendukung perkembangan sosial, emosional, dan identitas budaya anak. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi pustaka. Data diperoleh dari berbagai sumber akademik dan dianalisis melalui identifikasi konsep, evaluasi keterkaitan antar faktor, serta strategi implementasi dalam pendidikan anak usia dini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku asertif meningkatkan kepercayaan diri, nilai humanisme memperkuat empati dan stabilitas emosional, sedangkan kearifan lokal memperkokoh identitas budaya anak. Metode interaktif lebih efektif dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan metode pengukuran kuantitatif dan perluasan cakupan studi.
Peran Kurikulum Merdeka Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 8 Cilegon Julehah; Wasehudin; Ahmad Lugowi, Rifyal; Subhan; Arifin, Moh Nur
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42266

Abstract

Artikel ini membahas tentang Pendidikan Agama Islam (PAI) memiliki peran penting dalam membentuk karakter peserta didik dengan peran kurikulum Merdeka untuk pembentukkan dan perkembangan moral dan spiritual di lingkungan sekolah. Kurikulum Merdeka menggunakan model kegiatan belajar dan mengajar dengan fleksibel, kreatif dan inovatif dalam mengeksplorasi pembelajaran yang disesuaikan dengan karakteristik Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yaitu Beriman, Bertakwa, Berakhlak mulia, Nasionalisme, Gotong royong, Mandiri, Berpikir kritis, Kreatif dan Kewirausahaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan studi literatur yang bertujuan untuk menganalisis bagaimana Kurikulum Merdeka berperan dalam membentuk karakter peserta didik melalui pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 8 Cilegon. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Kurikulum Merdeka memberikan adanya penyesuaian materi pengajaran dan Pelajaran PAI dengan kebutuhan dan potensi peserta didik dalam membentuk serta merubah karakter menjadi lebih baik dan mendorong partisipasi aktif peserta didik.
Kisi-Kisi Instrumen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Yang Berkualitas: Kajian Konseptual Dan Implementasi Di Sekolah Muinudin; Wasehudin; Ahmad Lugowi, Rifyal; Patimah, Siti; Ngaisah, Siti
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42282

Abstract

Artikel ini membahas konsep dasar, tujuan, serta fungsi kisi-kisi dalam penyusunan instrumen penilaian yang valid dan reliabel. Melalui analisis konsep dan penerapan praktis, diuraikan bagaimana kisi-kisi dapat meningkatkan efektivitas, transparansi, dan akuntabilitas dalam proses evaluasi pembelajaran. Kisi-kisi instrumen pembelajaran merupakan komponen esensial dalam mendukung kualitas evaluasi pendidikan. Dalam implementasinya, kisi-kisi berfungsi sebagai panduan bagi pendidik untuk menyusun soal dan Yang sejalan dengan tujuan pembelajaran dan karakteristik siswa. Analisis menunjukkan bahwa penerapan kisi-kisi yang terorganisir dapat menghasilkan lingkungan belajar yang peka terhadap kebutuhan siswa, mendorong keterlibatan aktif, dan mendukung keberhasilan pencapaian hasil belajar. Penerapan yang tepat dari kisi-kisi juga memungkinkan pendidik untuk menyesuaikan metode pengajaran dan meningkatkan kualitas evaluasi secara berkesinambungan.
Rekonstruksi Sistem Pendidikan Islam Berdasarkan Ihes (Integrated Holistic Education System) Melalui Peran Guru shidiq, haekal
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42285

Abstract

Di era kontemporer, pendidikan Islam menghadapi tantangan untuk menghasilkan siswa yang tidak hanya berprestasi akademik tetapi juga memiliki iman dan karakter yang kuat. Sebagai solusi, Integrated Holistic Education System (IHES) menggunakan pendekatan integratif untuk mengembangkan aspek spiritual, intelektual, emosi, dan sosial secara menyeluruh. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana guru berperan dalam menerapkan IHES dan mengidentifikasi masalah yang dihadapi saat menerapkannya. Penelitian ini menganalisis literatur terkait Integrated Holistic Education System (IHES) dan peran guru dalam pendidikan Islam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru berperan sebagai fasilitator spiritualitas, penghubung antara ilmu agama dan umum, serta inovator dalam penggunaan teknologi pembelajaran. Integrated Holistic Education System (IHES) telah terbukti berhasil membentuk karakter siswa berdasarkan nilai-nilai Qurani. Namun, masalah seperti keterbatasan infrastruktur dan kebutuhan pelatihan untuk guru masih menjadi kendala dalam implementasinya. Oleh karena itu , untuk menjamin keberhasilan sistem ini dalam meningkatkan kualitas pendidikan Islam, diperlukan dukungan dari berbagai pihak.
Upaya Guru Al-Qur’an Hadist dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Siswa Panjaitan, Siti; Mahariah
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42287

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis upya guru Al quran Hadist dalam meningkatkan kemampuan membaca para siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui kegiatan observasi dan wawancara kepada siswa dan guru. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemampuan baca tulis siswa, di mana persentase siswa yang mampu membaca Al-Qur'an dengan baik meningkat dari 45% menjadi 80%, dan kemampuan menulis ayat Al-Qur'an secara akurat meningkat menjadi 70%. Umpan balik dari siswa dan guru menunjukkan bahwa metode yang diajarkan serta diterapkan meningkatkan keterlibatan dan motivasi siswa, serta membantu siswa yang sebelumnya mengalami kesulitan. Meskipun demikian, tantangan seperti keterbatasan waktu pembelajaran dan perlunya dukungan orang tua tetap menjadi hambatan. Oleh karena itu, kolaborasi antara guru, siswa, dan orang tua sangat penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang optimal. Penelitian ini merekomendasikan agar guru terus mengadaptasi metode piramida terbalik dan mengeksplorasi pendekatan inovatif lainnya, serta mengutamakan dukungan keluarga dalam pendidikan agama siswa untuk mencapai hasil yang lebih baik
Kontribusi Filsafat Dalam Pendidikan Islam Untuk Pembentukan Etika Islami Khosyiin; Abdulloh
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42289

Abstract

Pendidikan Islam memiliki peran fundamental dalam membentuk karakter individu agar sesuai dengan nilai-nilai Islam. Salah satu pendekatan yang dapat memperkuat pendidikan Islam adalah filsafat, yang berfungsi sebagai alat berpikir kritis dan reflektif dalam memahami serta menerapkan ajaran agama. Artikel ini membahas bagaimana filsafat berkontribusi terhadap pendidikan Islam, khususnya dalam pembentukan etika. Melalui metode penelitian studi pustaka, artikel ini menganalisis peran filsafat dalam memberikan landasan konseptual bagi pendidikan Islam, serta bagaimana pemikiran filosofis dapat membantu memahami dan mengimplementasikan nilai-nilai moral dalam kehidupan sehari-hari. Hasil kajian menunjukkan bahwa filsafat memiliki peran penting dalam pendidikan Islam, baik dalam memberikan inspirasi, menganalisis konsep pendidikan, hingga membimbing proses pembelajaran agar sejalan dengan nilai-nilai Islam. Oleh karena itu, integrasi filsafat dalam pendidikan Islam sangat diperlukan untuk membangun individu yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga memiliki etika dan moral yang kuat.
Penerapan Lesson Study Guru Pai Menggunakan Discovery And Collaboration Learning Maqauli, Abul; Abdulloh
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42290

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kegiatan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) berbasis Lesson Study di SMPN 24 Malang. Pendekatan kualitatif digunakan dengan metode deskriptif untuk menganalisis data secara mendalam. Subjek penelitian dipilih melalui purposive sampling, yang melibatkan seorang guru PAI dan 29 siswa kelas IX G. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif Miles dan Huberman, yang mencakup reduksi data, penyajian data dalam bentuk naratif, serta verifikasi dan penarikan kesimpulan. Validitas data diuji melalui triangulasi sumber, waktu, dan teknik. Triangulasi sumber membandingkan hasil wawancara dengan dokumen terkait, triangulasi waktu membandingkan data dari wawancara pada waktu yang berbeda, dan triangulasi teknik membandingkan data dari berbagai teknik pengumpulan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran berjalan sesuai harapan dengan penerapan model discovery learning dan kolaborasi. Persiapan yang komprehensif serta kerja sama efektif antara guru melalui diskusi perencanaan (PLAN-DO-SEE) mendukung keberhasilan ini. Metode pembelajaran yang interaktif dan inovatif, seperti penggunaan Quizziz, berhasil meningkatkan antusiasme dan keterlibatan siswa. Interaksi yang baik antara guru dan siswa serta pemahaman guru terhadap karakteristik siswa berkontribusi pada keterlibatan siswa yang tinggi (≥95%). Secara keseluruhan, penelitian ini menunjukkan bahwa perencanaan dan pelaksanaan pembelajaran PAI di SMPN 24 Malang telah berjalan dengan baik, dengan guru yang memiliki kesadaran diri yang kuat dan komitmen untuk terus meningkatkan kualitas pembelajaran.
Peran Hari Ekspresi Mahasantri (Hemas) Qirā`Āt Club Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pada Mata Kuliah Ilmu Qirā`Āt Febiola, Berlinda; Farida, Khusna
Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol 4 No 1 (2025): Jurnal Pendidikan agama Islam
Publisher : Universitas Garut

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.52434/jpai.v4i1.42310

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pemahaman mahasiswa IIQ Jakarta terhadap mata kuliah Ilmu Qirā`āt dinilai minim sedangkan ilmu Qirā`āt merupakan salah satu mata kuliah kekhususan IIQ Jakarta dan dipelajari selama VI semester lamanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peran Hemas Qirā`āt Club yang diadakan di Pesantren Takhasus IIQ Jakarta apakah berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt. Pendekatan penelitian yang digunakan ialah pendekatan kualitatif. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Sumber data yang digunakan pada penelitian ini ialah pengurus Pesantren Takhasus IIQ Jakarta, Instruktur Hemas Qirā`āt Club, 10 orang mahasantri peserta Hemas Qirā`āt Club, buku, jurnal, dan kitab yang terkait dengan proses pembelajaran dan Ilmu Qirā`āt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Hemas Qirā`āt Club berperan dalam meningkatkan pembelajaran pada mata kuliah Ilmu Qirā`āt melalui 6 indikator yang meningkatkan proses pembelajaran.

Page 1 of 2 | Total Record : 11