cover
Contact Name
Ida Bagus Gede Sarasvananda
Contact Email
sarasvananda@gmail.com
Phone
+6285737028277
Journal Mail Official
sarasvananda@gmail.com
Editorial Address
Jl. Gunung Cemara No. 64, Sapta Bumi, Kel./Ds. Tegal Harum, Kec. Denpasar Barat, Denpasar, Provinsi Bali, Indonesia
Location
Kota denpasar,
Bali
INDONESIA
Journal of Social Work and Empowerment
ISSN : 2808330X     EISSN : 28082915     DOI : -
Journal of Social Work and Empowerment (e-ISSN 2808-2915, p-ISSN 2808-330X) merupakan jurnal yang mewadahi publikasi hasil kegiatan Pengabdian Masyarakat yang bersifat umum, mencakup segala bidang kegiatan Pengabdian Masyarakat dari berbagai disiplin keilmuan. JSWE mengakomodir publikasi Pengabdian Masyarakat yang berkontribusi nyata bagi Kemajuan Bangsa.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021" : 6 Documents clear
Pelatihan Media Sosial Sebagai Sarana Pemasaran Produk Serundeng “Saur” di Desa Batubulan, Gianyar – Bali Ni Kadek Nita Noviani Pande; Ngakan Putu Darma Yasa; I Gede Adi Sudi Anggara
Journal of Social Work and Empowerment Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021
Publisher : Yayasan Sinergi Widya Nusantara (Sidyanusa)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan solusi tentang cara memperluas pemasaran produk serundeng/saur yang selama ini hanya di sekitaran Desa Batubulan saja. Solusi yang ditawarkan adalah membuat dan melakukan pelatihan media sosial Instagram. Metode yang digunakan dalam mewujudkan tujuan tersebut adalah memanfaatkan teknologi dengan cara membuat akun instagram serta memberikan branding pada produk yaitu “Subali”. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menentukan permasalahan, menentukan strategi pemasaran, mewujudkan media sosial serta melakukan pelatihan dasar dalam memasarkan produk di media sosial. Hasil dari penelitian ini adalah branding produk yaitu “Subali” serta media yang digunakan untuk memasarkan produk yaitu Instagram. Penelitian ini dilaksanakan untuk memberikan solusi agar produk yang ditawarkan bisa dijangkau oleh masyarakat luas. Dengan bantuan media sosial, diharapkan pelanggan bisa memesan tanpa harus ke tempat produksi secara langsung.
Pemanfaatan Sistem Informasi Dalam Mengelola Data UMKM di Desa Kukuh, Kecamatan Kerambitan, Tabanan I Putu Susila Handika; I Kadek Susila Satwika; I Nyoman Widhi Adnyana; Made Suci Ariantini; Putu Praba Santika
Journal of Social Work and Empowerment Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021
Publisher : Yayasan Sinergi Widya Nusantara (Sidyanusa)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Untuk mewujudkan kemandirian desa, maka berbagai upaya dapat dilakukan oleh pemerintah desa, salah satunya adalah pemberdayaan masyarakat desa. Adapun yang dimaksud dalam pemberdayaan masyarakat desa ini adalah pengelolaan aset dan potensi desa, salah satunya adalah sektor Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM). Desa Kukuh memanfaatkan peran teknologi dalam mengelola seluruh UMKM yang ada di dalam Desa Kukuh itu sendiri. Karena dengan pemanfaatan teknologi dapat memudahkan Pemerintah Desa dalam mendata dan mengelola sekaligus memberikan kebijakan. Permasalahan yang dihadapi saat ini adalah tidak adanya informasi dan pengelolaan data yang valid mengenai jumlah UMKM yang ada pada Desa Kukuh. Hal ini berdampak ketika Pemerintah Desa ingin memberikan program dan kebijakan menjadi tidak maksimal. Permasalahan lain yang muncul keterkaitan dengan data ini mengakibatkan informasi mengenai UMKM itu sendiri menjadi tidak maksimal. Berdasarkan permasalan tersebut maka dibuatkan sebuah sistem direktori yang nantinya akan menyimpan seluruh data UMKM di Desa Kukuh. Dari hasil jejak pendapat yang dilakukan bahwa 92,1% pelaku UMKM menyatakan bahwa aplikasi bermanfaat bagi pelaku usaha dan seluruh pelaku usaha (100%) bersedia untuk didaftarkan pada aplikasi. Kemudian seluruh pengurus (100%) menilai aplikasi ini sangat bermanfaat.
PKM Pelatihan dan Penyuluhan Protokol Kesehatan PKK Desa Bunutin Komang Redy Winatha; Ni Luh Wiwik Sri Rahayu Ginantra; Christina Purnama Yanti; Ni Kadek Nita Noviani Pande
Journal of Social Work and Empowerment Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021
Publisher : Yayasan Sinergi Widya Nusantara (Sidyanusa)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Peran lingkungan keluarga melalui kelompok PKK dalam menerapkan tatanan new normal/kehidupan baru sangat perlu dilakukan. Namun penerapan protokol kesehatan pada tatanan new normal ini belum dipahami dengan benar oleh masyarakat. Hal ini tampak pada hasil observasi yang dilakukan di Desa Bunutin Bangli, dimana masyarakat belum memiliki sanitasi protokol kesehatan. Melihat permasalahan tersebut maka perlu dilakukan penyuluhan dan sosialisasi tentang protokol kesehatan melibatkan narasumber dari praktisi kesehatan sehingga dapat memberikan pengetahuan yang baik kepada kelompok masyarakat melalui kelompok penggerak PKK Desa Bunutin. Tujuan dari PKM ini memberikan pengetahuan kepada masyarakat Desa Bunutin tentang contoh penerapan protokol kesehatan yang baik dan benar dimasa pandemi. Gambaran umum kegiatan ini yakni memberikan penyuluhan tentang pentinnya protokol kesehatan, praktik pembuatan sabun cuci tangan cair, hand sanitizer, desinfektan dan pengemasan produk yang dihasilkan. Luaran yang dihasilkan dari kegiatan ini yakni pemahaman masyarakat kelompok penggerak PKK Desa Bunutin terhadap penerapan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari meningkat, terpenuhinya fasilitas sanitasi kesehatan tiap keluarga di Desa Bunutin Bangli, serta masyarakat memiliki keterampilan mandiri dalam membuat sabun cuci tangan.
Pemanfaatan Media Sosial untuk Memaksimalkan Pemasaran Usaha Rias dan Sewa Busana SM Studio Bali I Komang Arya Ganda Wiguna; Wayan Gede Suka Parwita; Komang Redy Winatha; Ni Putu Suci Meinarni; Rizkita Ayu Mutiarani; I Gusti Ayu Agung Mas Aristamy
Journal of Social Work and Empowerment Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021
Publisher : Yayasan Sinergi Widya Nusantara (Sidyanusa)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kondisi pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada mitra yaitu menurunnya omzet dalam kurun waktu 5 bulan terakhir. Jasa rias adalah salah satu jasa yang mengharuskan antara pemberi jasa dan penikmat jasa saling bersentuhan. Hal ini cukup menyulitkan mitra untuk berstrategi agar tetap mendapatkan pelanggan baik jasa rias maupun penyewaan busananya. Selain itu, kemampuan mitra untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu sarana marketing dirasa belumlah maksimal. Mitra juga memiliki kendala dalam pembuatan konten yang menarik untuk sosial media marketing dikarenakan keterbatasan gadget dan skill yang kurang mumpuni. Untuk itu solusi yang dapat diberikan untuk mitra antara lain, pengembagan konten-konten digital untuk mendukung akun sosial media mitra. Tidak lupa mitra juga menerapkan model protokol kesehatan new normal dalam pemberian jasa bagi konsumen. Pelaksanaan PKM dimulai dari analisis kebutuhan mitra hingga evaluasi dan pelaporan. Analisis kebutuhan dilakukan terhadap manajemen pemasaran, manajemen tugas, manajemen produk dan pelayanan jasa sehingga dapat dirumuskan pada program ini kegiatan yang berbasis pemanfataan teknologi dan penerapan standar protokol Kesehatan. Dalam hal pemanfaatan teknologi memfokuskan pada pemanfaatan akun media sosial guna kesinambungan bisnis mitra. Tujuan: Pelaksanaan PKM bertujuan agar mitra dalam hal ini SM Studio Bali mendapat solusi atas permasalahannya. Diantaranya solusi untuk manajemen order, permasalahan konten pada media sosial. Metode Penelitian: Tim pelaksana PKM menganalisis terlebih dahulu permasalahan mitra kemudian mencari kan solusi serta melaksanakan penerapan solusi tersebut. Temuan: Kurangnya manajemen yang baik dalam bidang operasional dan marketing, hal tersebut karena owner bekerja sendirian (one man show). Implikasi: Mitra merasa pelaksanaan PKM sangat kontributif bagi keberlangsungan bisnisnya.
Pelatihan Konversi Tugas Artikel Kuliah Menjadi Jurnal Ilmiah Muhammad Taqiyuddin; Zuhrotul Mufidah; Nurul Azizah; Halida Umami
Journal of Social Work and Empowerment Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021
Publisher : Yayasan Sinergi Widya Nusantara (Sidyanusa)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: pelatihan ini diperuntukkan bagi mahasiswa semester 3 di universitas. Tujuannya, adalah pengenalan teknik merubah artikel tugas kuliah menjadi artikel standar jurnal. Harapannya, dapat meningkatkan semangat mahasiswa untuk bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugas kuliahnya. Sehingga dapat bermanfaat saat akan diterbitkan. Metode Pelatihan: pelatihan ini hampir serupa dengan penulisan karya ilmiah. Perbedaannya, pada spesifikasi karya ilmiah yang dijadikan prospek, yakni tugas kuliah. Serta tujuan khusus dari pelatihan ini, yakni memberikan pengantar teknis merubah artikel tugas kuliah mereka. Hasil Penelitian: setelah melalui 3 sesi pelatihan, mahasiswa mulai memahami beberapa hal penting dalam penulisan makalah. Khususnya dari segi 1) pencarian referensi, 2) anatomi artikel, 3) teknik mengutip, 4) memanfaatkan google scholar pada fitur kutip. Implikasi Penelitian: penelitian ini diharapkan berimplikasi pada 1) pembiasaan budaya menulis dan publikasi. 2) menyemangati dosen untuk memanfaatkan artikel tugas kuliah mahasiswa agar dibimbing untuk ditingkatkan kualitasnya. 3) mendukung kebijakan publikasi di kampus dengan kolaborasi bersama antara dosen dan mahasiswa.
Pengenalan Big Data Untuk Siswa Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Piwulang Becik Kota Salatiga, Provinsi Jawa Tengah Ni Kadek Ariasih; I Komang Arya Ganda Wiguna; Wayan Gede Suka Parwita; Ni Putu Suci Meinarni; I Made Dwi Putra Asana; Gede Wirya Wardhana; Eddy Hartono; Ni Nyoman Ayu J. Sastaparamitha; Emmy Febriani Thalib; Agus Ari Iswara; Dwi Novitasari; Ni Luh Putu Agetania; Ni Luh Putu Mery Marlinda
Journal of Social Work and Empowerment Vol 1 No 1 (2021): Journal of Social Work and Empowerment - September 2021
Publisher : Yayasan Sinergi Widya Nusantara (Sidyanusa)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan: Memberikan solusi untuk mitra yaitu, pengembagan konten-konten digital untuk mendukung akun sosial media mitra seperti facebook, Instagram, TikTok, dan youtube sebagai strategi pemasaran, pelatihan sosial media marketing dan mengolah konten digital untuk keperluan promosi. Tidak lupa mitra juga menerapkan model protokol kesehatan new normal dalam pemberian jasa bagi konsumen. Menyediakan konten-konten digital yang kreatif bagi mitra untuk mendukung proses pemasaran merupakan tujuan yang ingin dicapai melalui program ini dan selanjutnya mitra diharapkan mampu mengembangkan konten-konten digital secara mandiri. Metode Penelitian: Metode Pelaksanaan meliputi beberapa kegiatan, dimulai dari analisis kebutuhan mitra hingga evaluasi dan pelaporan. Analisis kebutuhan dilakukan terhadap manajemen pemasaran, manajemen tugas, manajemen produk dan pelayanan jasa sehingga dapat dirumuskan pada program ini kegiatan yang berbasis pemanfataan teknologi dan penerapan standar protokol Kesehatan. Penemuan: Kondisi pandemi COVID-19 memberikan dampak yang cukup signifikan pada mitra yaitu menurunnya omzet dalam kurun waktu 1 tahun terakhir. Jasa rias adalah salah satu jasa yang mengharuskan antara pemberi jasa dan penikmat jasa saling bersentuhan. Hal ini cukup menyulitkan mitra untuk berstrategi agar tetap mendapatkan pelanggan baik jasa rias maupun penyewaan busananya. Selain itu, kemampuan mitra untuk memanfaatkan teknologi informasi sebagai salah satu sarana marketing dirasa belumlah maksimal. Implikasi: Dalam hal pemanfaatan teknologi, kegiatan akan berfokus pada pemanfaatan berbagai media sosial untuk meningkatkan promosi dengan menambah konten-konten digital melalui foto produk berupa layanan jasa makeup dan penyewaaan kostum. Kegiatan ini akan berlangsung selama 3 bulan dan mengingat kuantitas dari program ini yang cukup banyak, tim program akan melaksanakan penelitian ini sesuai dengan bidang keahlian masing-masing tim agar segala seuatunya berjalan secara efisien, efektif dan selesai tepat waktu.

Page 1 of 1 | Total Record : 6