cover
Contact Name
Rizki Prakasa Hasibuan
Contact Email
rizki.ph@uis.ac.id
Phone
+6285264456496
Journal Mail Official
jurnalteknikibnusina@gmail.com
Editorial Address
Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UPPM) Fakultas Teknik Jl. Tengku Umar No.85 Pelita, Lubuk Baja Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau
Location
Kota batam,
Kepulauan riau
INDONESIA
JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Published by Universitas Ibnu Sina
ISSN : -     EISSN : 25412647     DOI : https://doi.org/10.36352/jt-ibsi.v8i01
Core Subject : Engineering,
JT IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina) is a peer-reviewed journal published by Faculty of Engineering, Universitas Ibnu Sina. JT-IBSI is published two times annually, in June and December. JT-IBSI provides a place for academics, researchers, and practitioners to publish scientific articles. The scope of the articles listed in this journal is related to various topics such as: 1. Industrial Engineering 2. Informatics Engineering 3. Logistic Engineering 4. Mechanical Engineering 5. Other related engineering fields.
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)" : 8 Documents clear
STRATEGI PEMASARAN PRODUK FASHION DENGAN METODE ANALISIS SWOT (STUDI KASUS FORTESIX CLOTHING) Sugito, Ery; Nugraha, Widi; Palirie, Zidane Amanti
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.587

Abstract

Fortesix Clothing mewakili keunikan pasar lokal Batam, menawarkan desain produk original dan bahan berkualitas tinggi. Awalnya, toko tersebut menggunakan penjualan langsung, tetapi pandemi memengaruhi keuangan perusahaan, mendorong peralihan ke platform online. Untuk mengatasi persaingan, strategi pemasaran yang efektif sangat penting. Penelitian ini bertujuan pendekatan pemasaran Fortesix Clothing dengan menggunakan metode analisis SWOT yang populer. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, diskusi, dan dokumentasi, dengan sampel kecil sebanyak empat partisipan. Temuan mengungkapkan situasi yang menguntungkan untuk Fortesix Clothing, dengan kekuatan dan peluang yang teridentifikasi. Untuk memanfaatkan ini, strategi berorientasi pertumbuhan yang agresif direkomendasikan. Dengan memanfaatkan kekuatan mereka, Fortesix Clothingdapat memperoleh keunggulan dibandingkan pesaing
Perancangan E-Catalog Sebagai Media Promosi Produk Pakaian Pada Toko Thrifdikitaaja Berbasis Android Sabtu, Sabtu; Devega, Army Trilidia; Putry, Marisa Sonea Eka
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.589

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mempromosiakan produk Pakain pada toko thrifdikitaaja yang berbasis android maka dibuatlah sebuah media promosi agar dapat mempermudah pihak manager perusahaan dan pelanggan untuk melihat berbagai jenis produk pakaian dari baju, celana dan jilbab tersebut, dengan menggunakan tahapan pengembangan media promosi berbasis android, dan metode MDLC ( Multimedia Development Life Cycle ) yang dilakukan berdasarkan enam tahap, yaitu konsep (concept), perancangan (design), pengumpulan bahan (material collecting), pembuatan (assembly), pengujian (testing), dan pendistribusian (distribution). Sedangkan pemodelan yang digunakan menggunakan Unified Modeling Language (UML) yang terdiri dari yaitu Use Case Diagram, Activity Diagram, Class Diagram dan Sequence Diagram. Perancangan e-catalog sebagai media promosi produk pakaian pada toko thrifdikitaaja yang dibuat dengan Bahasa pemrograman PHP, JavaSript, Android Studio, Visual Studio Code dan Database MySQL. Hasil penelitian ini diharapakan dapat memberikan kemudahan dalam mempromosikan produk pakaian
FIFO PT Shaftindo Pratama Perancangan Aplikasi Sistem Informasi Stock Barang Masuk Dan Barang Keluar Menggunakan Metode FIFO PT Shaftindo Pratama: FIFO PT Shaftindo Pratama Afrina, Afrina; rusman, al rusman; Pratama, Bagus Susanto
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.609

Abstract

Seiring dengan berkembangnya teknologi di era globalisasi, informasi yang dihasilkan dapat diperoleh dengan cepat. Teknologi juga merupakan alat yang kita gunakan sehari hari untuk menjalankan aktivitas, tidak hanya dalam kehidupan sehari hari dalam pekerjaan juga membutuhkan teknologi informasi yang dapat memudahkan dalam aktivitas pekerjaan hingga selaku pebisnis dapat bersaing dengan pelaku bisnis lainnya, aplikasi dan sistem informasi juga merupakan bagian dari teknologi yang harus sangat diperhatikan dalam dunia pekerjaan karena hal ini dapat memangkas waktu dalam bekerja hal ini sangat efektif dibandingkan dengan pekerjaan manual tanpa menggunakan teknologi. Dari hasil wawancara yang telah dilakukan Menurut bapak Rudi Purnomo selaku manager PT. Shaftindo Pratama dalam keluar masuknya sebuah barang dan memanajemen stok barang, belum terintegrasi dengan baik dikarenakan belum adanya sistem informasi yang membantu PT. Shaftindo Pratama dalam menjalankan usahanya Hal ini menyebabkan pada masing-masing bagian pendataan belum terdokumentasi dengan baik karena berupa file yang diinput secara manual melalui aplikasi Microsoft Excel. Untuk mengatasi hal tersebut diperlukan merancang sebuah sistem informasi untuk membantu proses pengelolaan data manajemen stock. Sistem informasi yang dibutuhkan adalah sistem yang mampu mencari, menambahkan, menghapus, memperbarui, data stock barang dan mampu memangkas jumlah barang setelah barang itu dikeluarkan setelah itu terdapat print out berupa kwitansi pembayaran. Hal ini mendapatkan proses hasil yang maksimal dan lebih efektif dibandingkan dengan sistem lama penelitian ini menggunakan metode First In First Out sangat cocok digunakan untuk perusahaan yang menjual barang yang sejenis, model yang cepat berubah
Analisa Kepuasan Pelanggan Menggunakan Metode Importance Performance Analysis (IPA) Di Umkm Martabak Sari Rasa Larisang
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.611

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan pelanggan di UMKM Martabak Sari Rasa, sampel yang diambil sebanyak 100 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability tepatnya menggunakan purposive sampling dan untuk penentuan ukuran sampel dalam penelitian ini menggunakan rumus Lemeshow (1997), hal ini dikarenakan jumlah populasi tidak diketahui. Dengan menggunakan sumber data diantaranya: data primer, data sekunder, populasi dan sampel. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, teknik kepustakaan dan kuesioner. Serta menggunakan alat ukur validitas dan reliabilitas, selanjutnya menggunakan metode Importance Performance Analysis (IPA). Berdasarkan analisis data dan pembahasan yang dilakukan mengenai kepuasan pelanggan di UMKM (Usaha Menengah Kelas Mikro) Martabak Sari Rasa yaitu tingkat kesesuaian atribut-atribut yang dikaji secara umum sudah baik dan sebagian besar atribut memiliki tingkat kesesuaian melebihi rata-rata yaitu 101,8% melebihi 100%. Oleh karena itu dapat dikatakan bahwa tingkat kesesuaian antara tingkat kepentingan dan tingkat kepuasan sudah baik dan produk memiliki kinerja yang sudah mendekati harapan pelanggan. Dapat dilihat melalui hasil Importance Performance Analysis (IPA), kuadran I meliputi rasa yang diterima dibanding harga, kuadran II meliputi rasa, aroma, jaminan halal dan izin depkes, ketahanan produk, dan tekstur produk, kuadran III meliputi warna, komposisi produk, desain kemasan, ukuran volume produk, aroma yang diterima dibandingkan harga, dan kepraktisan kemasan yang diterima dibandingkan harga, dan kuadran IV meliputi banyak dikonsumsi orang.
TINGKAT LITERASI MEDIA PELAJAR DI KOTA BATAM Abidin, Sholihul
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.614

Abstract

Kemampuan literasi media sangat penting untuk dimiliki oleh setiap masyarakat. Sebagaimana masyarakat umum, pelajar menjadi tumpuan sebagai generasi penerus yang harus dibekali berbagai kemampuan di era derasnya arus informasi yang begitu banyak dan cepat seperti sekarang ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur bagaimana tingkat literasi pelajar di Kota Batam. Tingkat literasi media para pelajar di Kota Batam jika dilihat dari indikator kecakapan media, pelajar di Batam memiliki tingkat pemahaman yang sangat bagus terhadap berita yang mereka baca. Dalam indikator menulis menunjukkan tingkat berfikir yang kritis oleh para siswa. Data ini juga menunjukkan bahwa berita membangun pemahaman pelajar menjadi pernyataan dengan skor terendah. Artinya meski mereka memahami apa yang diberitakan media massa, akan tetapi berita-berita yang dibaca oleh para pelajar belum mampu membangun pemahaman para pelajar.
Penentuan Supplier Berdasarkan Kebutuhan Material Pada PT. Dynatech Rekayasa Abdurahman, Nandar Cundara; Maslida
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.615

Abstract

Dynatech Rekayasa, terletak di ruko nusantara golden blok d no. 1-2 Batam center. PT. Dynatech Rekayasa merupakan perusahaan subcontractor yang bergerak dalam bidang jasa kontruksi. Saat ini PT. Dynatech Rekayasa kesulitan dalam memilih supplier yang tepat sehingga mengakibatkan keluhan dari pelanggan. Bagaimana pemilihan supplier yang sesuai dengan kriteria dalam pemilihan supplier pada PT. Dynatech Rekayasa? Dan Supplier/pemasok manakah yang sebaiknya dipilih oleh PT. Dynatech Rekayasa berdasarkan metode AHP?. Berdasarkan hasil analisis dan pembahsan, kesimpulan yang dapat diambil adalah Kriteria yang paling berpengaruh dalam pemilihan supplier bahan baku vapporo pada PT. Dynatech rekayasa adalah kriteria pembayaran dengan bobot 0.736008. Prioritas kedua yang berpengaruh dalam kriteria waktu pengiriman dengan bobot 0.728439. Prioritas ketiga adlah kriteria harga dengan bobot 0.647932.
ANALISIS TERJADINYA REJECT PCB LED PADA SMT LINE DENGAN MENGGUNAKAN METODE ROOT CAUSE ANALYSIS FISHBONE DAN FMEA DI PT VJB Yasra, Refdilzon
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.637

Abstract

PT Venturindo Jaya Batam adalah perusahaan yang bergerak dibidang jasa produksi barang elektronik yang lebih dikenal dengan sebutan Electronic Manufacturing Services (EMS) yang menyediakan solusi "One-Stop-Solution" yang komprehensif. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mencegah terjadinya reject Circuit Board Light Emitting Diode (PCB LED) pada Surface Mount Technologi (SMT) Line agar persentase reject perusahaan menurun. Metode yang digunakan adalah root cause analysis Fishbone dan Failure Mode and Effect Analysis (FMEA). Data yang digunakan dalam penelitian ini didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan studi literature. Proses produksi Printed Circuit Board Light Emitting Diode (PCB LED) di SMT Line melalui 3 tahapan yaitu: Printing, Mounting, dan Oven Reflow. Dari ketiga tahapan tersebut memiliki penyebab reject berbeda-beda dengan nilai RPN yang didapatkan dari nilai (severity (S) X occurance (O) X detection (D) = Risk Priority Number (RPN). Hasil dari penelitian ini adalah perbandingan antara sebelum dan sesudah upaya pencegahan dan recommended action yang diterapkan sehingga tingkat defect yang terjadi pada setiap masing-masing proses menjadi berkurang. Sehingga bisa menurunkan persensentase reject sesuai dengan yang diharapkan perusahaan
PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN UNTUK DOI: MENINGKATKAN PENJUALAN PADA USAHA KENDAL SPORT DENGAN METODE SWOT DAN BLUE OCEAN STRATEGY (BOS) Susanti, Andi Hepy
Jurnal Teknik Ibnu Sina (JT-IBSI) Vol. 8 No. 01 (2023): JT-IBSI (Jurnal Teknik Ibnu Sina)
Publisher : Fakultas Teknik Universitas Ibnu Sina

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36352/jt-ibsi.v8i01.695

Abstract

KENDAL Sport adalah Sebuah Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), Permasalahan yang terjadi yaitu penurunan penjualan. Dengan tujuan memperbaiki dan menghasilan rancangan strategi baru. Metode yang akan digunakan yaitu metode SWOT dan Blue Ocean Strategy. Metode SWOT merupakan metode yang digunakan untuk menentukan strategi yang ditempuh berdasarkan kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman yang ada di KENDAL Sport. Metode Blue Ocean Strategy merupakan metode untuk menciptakan sebuah inovasi nilai baru yang belum dimiliki oleh pesaing untuk mengalihkan diri dari persaingan yang ketat antar pelaku usaha yang sejenis. Berdasarkan penelitian diperoleh faktor internal dan eksternal melalui analisa kekuatan dan kelemahan serta peluang dan ancaman dengan perhitungan matrik EFE dan IFE, didapatkan hasil posisi saat ini berada pada kuadran I, Strategi yang harus diterapkan dalam kondisi ini adalah mendukung kebijakan pertumbuhan yang agresif (growth oriented strategy). Fokus pada strategi ini adalah menggunakan kekuatan yang dimiliki perusahaan guna memanfaatkan berbagai peluang. Inovasi baru yang diusulkan sebagai langkah untuk mengalihkan diri dari pesaing adalah menggunakan media sosial, facebook, instagram, market place sebagai alat pemasaran, memberikan garansi pembelian raket, dan Mengupgrade mesin yang tadinya manual menjadi digital.

Page 1 of 1 | Total Record : 8