cover
Contact Name
Musa Thahir
Contact Email
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Phone
+6285263678409
Journal Mail Official
musa.thahir@uin-suska.ac.id
Editorial Address
Jl. KH. Ahmad Dahlan No.94, Kp. Melayu, Kec. Sukajadi Kota Pekanbaru, Riau 28122
Location
Kab. kampar,
Riau
INDONESIA
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies
ISSN : -     EISSN : 28093941     DOI : http://dx.doi.org/10.24014/at-tajdid.vxix.xxxxx
At-Tajdid: Journal of Islamic Studies (E-ISSN: 2809-3941) diterbitkan oleh Pascasarjana UIN Sultan Syarif Kasim Riau pertama kali pada bulan Oktober tahun 2021. At-Tajdid: Journal of Islamic Studies terbit 4 (empat) kali setahun pada bulan Oktober, Januari, April dan Juli berisi tulisan/artikel hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh para pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam disiplin ilmu pendidikan dan pembelajaran, hukum kontemporer dan Islam, ekonomi kontemporer dan Islam.
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022" : 5 Documents clear
Model Inovasi Pengembangan Kurikulum Merdeka Irwan Efendi; Sri Murhayati; Zaitun Zaitun
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.20043

Abstract

Kajian ini mencoba menyajikan gambaran tentang problematika penerapan kurikulum dalam pembejalaran beserta tawaran solusinya dengan desain model inovasi pengembangan kurikulum merdeka. Pemerintah mengembangkan kurikulum merdeka dan konsep merdeka belajar. Merdeka belajar menginginkan desain materi dan penyediaan kompetensi sumber daya manusia, metode, serta sarana dan prasarana perlu ditata ulang agar dapat menghadapi tantangan sehingga dijadikan sebuah peluang. Pendidikan khususnya pada lembaga pendidikan Islam haruslah mengambil peran dalam perubahan tersebut. Terutama kaitannya dengan pembelajaran pendidikan agama Islam di kelas, salah satu contoh dengan munculnya perkuliahan/pembelajaran daring/e-learning di dunia Jika tidak melakukan inovasi, pendidikan agama Islam akan semakin tertinggal dan usang. Sajian tulisan ini semoga menjadi salah satu langkah/solutif kongkrit agar dapat mengaplikasikan kurikulum merdeka pada pembelajaran PAI.
Manajemen Pendidikan Islam dalam Perspektif Hadist Windayani Windayani; Ilyas Husti; Nurhadi Nurhadi
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.19821

Abstract

Education management has a strategic role for educational development. In other words, Islamic education management is the art and science of managing Islamic educational resources to achieve educational goals effectively and efficiently. When talking about management, of course it cannot be separated from the existing components, namely planning, organization, implementation and control. In the Islamic paradigm, experts conclude that the concept of management of Islamic education from the point of view of al-Hadith as flexibility, efficiency, effectiveness, openness, cooperation and participation for the world of education. The purpose of Islamic education management is that all resources, equipment or facilities in an organization can be relocated in such a way as to avoid loss of time, energy, material and money, in order to achieve predetermined organizational goals.
Mediasi dan Solusi: Ninik Mamak sebagai Mediator dalam Menyelesaikan Sengketa Warisan Nurhayati Zein
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.20039

Abstract

Manajemen pendidikan memiliki peranan strategis untuk pengembangan pendidikan. Dengan kata lain, manajemen pendidikan Islam merupakan seni dan ilmu mengelola sumber daya pendidikan Islam untuk mencapai tujuan pendidikan secara efektif dan efisien. Jika berbicara tentang manajemen, tentu tidak lepas dari komponen yang ada, yaitu perencanaan, organisasi, pelaksanaan dan pengendalian. Dalam paradigma Islam, para ahli menyimpulkan bahwa konsep manajemen pendidikan Islam dari sudut pandang (point of view) al-Hadist sebagai fleksibilitas, efisiensi, efektivitas, keterbukaan, kerjasama dan partisipasi bagi dunia pendidikan. Tujuan manajemen pendidikan Islam ialah agar semua sumber daya, peralatan atau fasilitas yang ada dalam suatu organisasi dapat direlokasi sedemikian rupa untuk menghindari kerugian baik waktu, tenaga, materil maupun uang, guna mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan sebelumnya.
Peranan Kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di MTs Al-Ikhwan Pekanbaru (Studi Kasus di MTs Al-Ikhwan Pekanbaru) Aji Syahri; Ary Prayuni; Irwan Suanto; Muhammad Faisal; Sohiron Sohiron
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.20041

Abstract

Keberhasilan atau kegagalan suatu sekolah tergantung pada kepemimpinan kepala sekolahnya, Faktor yang melatar belakangi antara lain, adanya administrasi sekolah yang kurang baik,peranan kepemimpinan yang kurang baik dalam mengembangkan mutu pendidikan seperti “sarana dan prasarana Selain itu faktor yang cukup berpengaruh adalah faktor peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan di sekolah. Bagaimana hasil peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Tujuan peneliti ini adalah untuk mengetahui peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan. Untuk mengetahui peningkatan mutu kepemimpinan kepala sekolah dalam mutu pendidikan. Untuk mengetahui hasil peranan kepemimpinan kepala sekolah dalam menigkatan mutu pendidikan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru. Tempat penelitian dilakukan di Mts Al-Ikhwan Pekanbaru. Adapun metode pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: 1. Peranan kepemimpinan kepala sekolah di Mts Al-Ikhwan menjadi elemen setral arah penentu keberhasilan sekolah dan kepemimpinan kepala sekolah sudah optimal, sehingga Kepala Sekolah lebih mempunyai waktu yang cukup berada di lingkungan sekolah. 2. Peningkatan mutu Kepala Sekolah di Mts Al-Ikhwan memperhatikan warga sekolahnya membuatnya visi dan misi, menyusus program (prota, promes), melaksanakan yang telah di susun, dan melakukan evaluasi, dan memfasilitasi minat bakat siswa dengan kegiatan-kegiatan ekstakulikuler dan peningkatan mutu sarana dan prasarana belum maksimalnya dan sudah banyak yang using seperti lab laboratorium, lab ipa. 3. Sebagian besar lulusan dapat melanjutkan kesekolah baik negeri maupun swasta, dan dapat bersaing, dapat menghasilkan siswa yang bisa baca Al-quran dan kitab kuning. Sedang di bangunnya gedung untuk penambahan kelas yang ditujukan untuk memenuhi dan meningkatkan mutu pendidikan, dan guru-guru lebih menjadi lebih baik lagi dalam hal administrasi seperti dalam perlengkapan pembelajaran.
Analisis Pelaksanaan Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan SMPIT Al-Andalus Pekanbaru Salfen Hasri; Jumakri Jumakri; Muhammad Salim; Pani Rahmawati; Miska Sundari
At-Tajdid : Journal of Islamic Studies Vol 2, No 4 (2022): Oktober 2022
Publisher : At-Tajdid : Journal of Islamic Studies

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24014/at-tajdid.v2i4.20042

Abstract

Akreditasi merupakan alat regulasi diri (self regulation) bagi sekolah untuk memahami kemampuan dan kelemahan serta melakukan upaya terus menerus meningkatkan mutu pelayanan pendidikan. Peningkatan mutu pendidikan secara Nasional merupakan salah satu program yang harus  dilaksanakan oleh pemerintah yang diarahkan agar lembaga pendidikan selalu berupaya untuk memberikan jaminan mutu layanan kepada pihak-pihak yang berkepentingan atau masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mendapatkan gambaran tentang: 1) Bagaimana implementasi akreditasi SMPIT Al-Andalus Pekanbaru. 2) Mengetahui faktor penghambat dan pendukung akreditasi dan 3) mengetahui peran akreditasi ada pengembangan mutu pendidikan di SMPIT Al-Andalus Pekanbaru.  serta. Adapun pedekatan dan metode pada penelitian ini menggunakan metode library research dengan data dari buku jurnal, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan akreditasi sekolah di SMPIT Al-Andalus Pekanbaru sesuai dengan mekanisme yang telah ditentukan. Hasil Akreditasi yang diperoleh SMPIT Al-Andalus Pekanbaru dengan nilai akhir 92 berpredikat A (Unggul). Adapun tindak lanjut berupa program peningkatan mutu pendidikan yang dilaksanakan berdasarkan komponen standar nasional pendidikan.

Page 1 of 1 | Total Record : 5