cover
Contact Name
Maxsel Koro
Contact Email
maxsel.koro@staf.ac.id
Phone
+6285339044426
Journal Mail Official
maxsel.koro@staf.undana.ac.id
Editorial Address
Jl. SK. Lerik No.III Kota Baru Kupang-NTT
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Journal of Character and Elementary Education
ISSN : -     EISSN : 29636256     DOI : https://doi.org/10.35508/jocee.v1i1
Core Subject : Education,
Ruang lingkup JOCEE adalah penelitian dan aplikasinya di bidang Pendidikan Karakter dan Pendidikan Dasar dengan jabaran sebagai berikut: Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar Pedagogi Pendidikan IPS di Sekolah Dasar Pendidikan IPA di Sekolah Dasar Pendidikan PKn di Sekolah Dasar Pendidikan Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar Pendidikan Matematika di Sekolah Dasar Pendidikan Seni dan Prakarya di Sekolah Dasar
Articles 5 Documents
Search results for , issue "Vol 4 No 1 (2025): Vol. 4 No. 1 Januari 2025" : 5 Documents clear
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS SISWA KELAS IV SD INPRES USAPIKOM KABUPATEN TIMOR TENGAH SELATAN Kase, Samson Richardo
Journal of Character and ELementary Education Vol 4 No 1 (2025): Vol. 4 No. 1 Januari 2025
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jocee.v4i1.19575

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan bagaimana peningkatan hasil belajar IPS siswa kelas IV SD Inpres Usapikom dengan Penerapan Model Pembelajaran Quantum Teaching. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Quantum Teaching melalui empat tahapan pelaksanaan meliputi: perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan tes, refleksi. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Dengan subjek penelitiannya yaitu Siswa kelas IV SD Inpres Usapikom dengan jumlah 15 orang terdiri dari 8 laki-laki dan 7 perempuan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan pada siklus I dari jumlah siswa 15 orang yang tuntas 10 orang dengan persentase ketuntasan 66,7% sedangkan siswa yang tidak tuntas 5 orang dengan presentase ketuntasan 33,3%. Pada siklus II jumlah siswa yang tuntas 14 orang dengan persentase 93,3% sedangkan siswa yang tidak tuntas 1 orang dengan presentasi ketuntasan 6,7%. Berdasarkan hasil penelitian di atas maka, pembelajaran tentang berbagai keragaman Agama di Indonesia melalui model Quantum Teaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa, hal ini terbukti dengan terjadinya peningkatan nilai maksimal ketuntasan yang ada pada siklus II yakni 93,3% dengan demikian penggunaan model pembelajaran Quantum Teaching berhasil.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING PADA MATERI BANGUN DATAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS III DI SD NEGERI OETETA Siku, Mariance Dolorosa Inesta
Journal of Character and ELementary Education Vol 4 No 1 (2025): Vol. 4 No. 1 Januari 2025
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jocee.v4i1.20185

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri Oeteta. Metode yang digunakan dalam penelitin ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning melalui empat tahapan yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Penelitian ini terdiri atas dua siklus dengan mengambil data melalui observasi dan tes. Subjek dari penelitian ini adalah 20 orang siswa yang terdiri dari siswa laki-laki 12 orang dan siswa Perempuan 8 orang. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan pada siklus 1 dari 20 orang siswa terdapat 13 orang yang telah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan 65%, pada siklus II hasil belajar siswa lebih meningkat dari 20 orang siswa terdapat 17 orang siswa yang telah mencapai KKM dengan presentase ketuntasan 85%. Hasil observasi aktivitas belajar siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,80, sedangkan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 86,51. Untuk hasil observasi aktivitas pembelajaran guru pada siklus I memperoleh nilai rata-rata 70,58, sedangakan pada siklus II memperoleh nilai rata-rata 88,23. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III di SD Negeri Oeteta.
Analisis Faktor-Faktor Hambatan Membaca Permulaan Siswa Kelas 1 SD GMIT Oesapa bethan, vebri; Djuli, Labu; Koro, Maxsel
Journal of Character and ELementary Education Vol 4 No 1 (2025): Vol. 4 No. 1 Januari 2025
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jocee.v4i1.20362

Abstract

This research using qualitative research aims to determine the types of initial reading barriers in language sounds, factors that influence initial reading barriers, and how to overcome initial reading barriers in grade 1 students at GMIT Oesapa Elementary School. This type of research is a case study. The subjects of this research were 19 students. Data collection was carried out using observation techniques, interviews and documentation studies. The collected data was analyzed using qualitative descriptive analysis. This research obtained results that there were 19 students and 3 students experienced obstacles in beginning reading. This research process began with observations with the class I teacher, then carried out tests directly on students, then after the aspects of difficulty were known, students were observed who experienced obstacles in beginning reading. Barriers to beginning reading among grade I students at GMIT Oesapa Elementary School range from difficulty in identifying letters, reversing letters, difficulty in recognizing the meaning of words, lack of understanding of the content of the reading, halting spelling, and difficulty in understanding and listening to the text being read.
Penerapan Model Problem-based learning dalam pembelajaran IPAS untuk meningaktkan hasil belajar siswa kelas IV di SDN Leomadamu Ranga, Tresly Putry; Koro, Maxsel; Kota, Martha K
Journal of Character and ELementary Education Vol 4 No 1 (2025): Vol. 4 No. 1 Januari 2025
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jocee.v4i1.20879

Abstract

The aim of this study is to improve the learning achievement of fourth-grade students at SD Negeri Leomadamu through the implementation of the problem-based learning model, which is focused on the history of the students' hometown. This research is a Classroom Action Research (CAR) conducted in several cycles, each consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study are 20 fourth-grade students, comprising 9 boys and 11 girls. The data collection techniques used in this study are observation and learning outcome tests. The findings indicate that the average score of teacher activity in cycle I was 61.25, while in cycle II, it increased to 83.75, showing an improvement of 23%. The average score of student activity in cycle I was 66.25, and in cycle II, it increased to 92.5, showing an increase of 26%. The students' test results also showed improvement, with 9 students achieving the Minimum Mastery Criteria (MMC) in cycle I (45%), and 18 students achieving MMC in cycle II (90%). Based on the data analysis, it can be concluded that the implementation of Problem-Based Learning can improve students' learning outcomes on the topic of the history of their hometown in the fourth grade at SD Negeri Leomadamu.
PENERAPAN MODEL PBL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI KPK DAN FPB Lanlau, Imanuel
Journal of Character and ELementary Education Vol 4 No 1 (2025): Vol. 4 No. 1 Januari 2025
Publisher : Universitas Nusa Cendana

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35508/jocee.v4i1.21473

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar pada materi KPK dan FPB melalui penerapan Model Problem Based Learning (PBL) di Kelas V SDI Bertingkat Kelapa Lima 2. Desain penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri 2 siklus dengan tahapan tiap siklus yakni perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data meliputi tes tertulis, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini meliputi 3 tahapan yakni: reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Haisl penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL berhasil meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa secara signifikan. Hasil belajar siswa mengalami peningkatan yang cukup besar, dimana pada siklus I sebesar 52% meningkat menjadi 84% pada siklus kedua Aktivitas guru meningkat dari 78% pada siklus 1 menjadi 90% setelah menerapkan PBL, sementara aktivitas siswa meningkat dari 60% menjadi 83,2%. Hal ini menunjukkan bahwa Model PBL dapat meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa dan guru pada materi KPK dan FPB di SDI Bertingkat Kelapa Lima 2.

Page 1 of 1 | Total Record : 5