cover
Contact Name
Yola Eka Putri
Contact Email
yola@konselor.org
Phone
+627518970975
Journal Mail Official
info@iicet.org
Editorial Address
Indonesian Institute for Counseling, Education and Therapy (IICET) Address: Jl. Bunda I No. 19 Padang - West Sumatera - Indonesia 25131 Telp. +62751 8970975| Email: jurnal@iicet.org
Location
Unknown,
Unknown
INDONESIA
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling
ISSN : 25483234     EISSN : 25483226     DOI : https://doi.org/10.23916/083344011
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling (ISSN-elektronict: 2548-3226 and ISSN-print: 2548-3234) first published in December 2016 is a peer-reviewed scientific International open access journal. The journal previously published by Indonesian Counselor Association and from Volume 2 issue 2 2017 published by Indonesian Institute for Counseling, Education and Theraphy (IICET) in colaboration with Indonesian Counselor Association. The journal is dedicated to publishing articles concerned with research, theory, or program applications pertinent to school counseling and people who have interests in all areas of counseling and school development. The aim of this journal is to give design and support for school counselor efforts to help students focus on academic, career and social/emotional development so they achieve success in school and are prepared to lead fulfilling lives as responsible members of society.
Articles 7 Documents
Search results for , issue "Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling" : 7 Documents clear
Implementasi Teknik Self Management: Efektifitas dalam Pengembangan Karakter Kemandirian Peserta Didik Sekolah Menengah Kejuruan
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/081998011

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan teknik Self Management dalam mengembangkan karakter kemandirian pada siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan One Group Pretest Posttest Design, dimana subjek dalam penelitian ini diberikan instrumen sebanyak 2 kali yaitu sebelum perlakuan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest). Analisis data kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji statistik dengan uji t dengan uji sampel berpasangan. Pengaruh tersebut terlihat dari peningkatan skor Skala Kemandirian (SKD) siswa sebelum dan sesudah diberikan perlakuan Teknik Manajemen Diri. Hal ini dikarenakan langkah-langkah Teknik Self Management bertujuan untuk meningkatkan
Dinamika psikologis penderita depresi mayor dengan tipe pengasuhan neglecful parenting
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/082065011

Abstract

Depresi merupakan salah satu gangguan suasana hati yang dapat ditandai dengan munculnya perasaan sedih dengan sangat. Gejala kesedihan tersebut juga mempengaruhi aktivitas sehari-hari misalnya pola makan, pola tidur, atau pekerjaan yang biasa dilakukan. Salah satu faktor penyebab depresi adalah tipe pengasuhan neglectful. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dinamika psikologis dan faktor yang menyebabkan depresi mayor partisipan dengan tipe pengasuhan neglectful. Partisipan penelitian adalah perempuan berusia 25 tahun yang terindikasi mengalami depresi mayor. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif studi kasus dengan menggunakan metode wawancara, observasi, tes psikologi berupa tes grafis, TAT, SSCT, dan BDI. Hasil penelitian menyebutkan bahwa tipe pengasuhan neglectful menyebabkan partisipan kurang mampu mengatasi tekanan hidup dan kurang cakap dalam mengelola emosi. Adanya faktor lain seperti kekerasan dalam rumah tangga, peristiwa hidup penuh tekanan, dan pandangan bahwa partisipan adalah beban keluarga turut menjadi faktor pencetus depresi mayor.
Hubungan konformitas teman sebaya dengan motivasi belajar siswa SMP Muhammadiyah
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/082011011

Abstract

This study aims to see and determine the relationship between peer conformity and learning motivation.The study was conducted at SMP Muhammadiyah 1 Mlati Sleman in the academic year 2021/2022. This research was a primary research with a proportional random sampling design and a sample of 129 class VIII students was obtained. The measurement uses primary data, which is distributing questionnaires to the sampel. The analytical technique used to prove the hypothesis is to test the classical assumptions and test the pearson product moment correlation. The results showed that peer conformity has a very strong influence on student learning motivation. This is evidenced by the Pearson Correlation value of -0.011 and a significance value of 0.899.
Peranan orang tua terhadap kegiatan belajar mengajar daring kelas 7 di smp negeri 7 yogyakarta
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/082042011

Abstract

This study aims to determine the role of parents in students' online teaching and learning activities. This research was conducted at SMP Negeri 7 Yogyakarta in the academic year 2021/2022. This study uses a qualitative approach. Selection of informants using purposive technique. The data in this study are qualitative data sourced from primary data and secondary data. Data collection techniques are interviews, observation and documentation. The data analysis technique used is descriptive qualitative. This study also uses data triangulation techniques because the data are obtained from different sources and provide mutual reinforcement, namely from SMP Negeri 7 Yogyakarta. The results showed that the role of parents in online teaching and learning activities in grade 7 at SMP Negeri 7 Yogyakarta for the academic year 2021/2022 was in the form of accompanying, monitoring, reminding, communicating, motivating, and providing facilities to students in online learning
Upaya meningkatkan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran problem based learning melalui tatap muka terbatas pada materi persamaan kuadrat di SMK
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/082397011

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa kelas XI TKR 1 SMK NU Hasyim Asy'ari Tarub pada pokok bahasan persamaan kuadrat dalam matematika akibat pandemi Covid-19. Tujuan penelitian ini adalah untuk manganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui pertemuan tatap  muka terbatas pada persamaan kuadrat di SMK NU Hasyim Asy'ari Tarub. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKR 1 yang berjumlah 34 orang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan rancangan Kemmis dan MC Taggart. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebelum pelaksanaan PTK, siswa cenderung tidak mampu mengerjakan latihan soal yang diberikan guru dan hasilnya juga rendah saat ulangan ulangan. Selama pembelajaran juga siswa cenderung pasif karena siswa tidak memahami apa yang disampaikan oleh guru. Namun setelah dilakukan penelitian tindakan yaitu dengan model pembelajaran berbasis masalah melalui pertemuan terbatas tatap muka, siswa terlihat lebih antusias dan selalu menjawab pertanyaan yang diberikan guru karena siswa sudah memahami materi pelajaran tentang kuadrat. persamaan. Siswa juga tidak kesulitan mengerjakan tugas yang diberikan dengan benar. Saat dilakukan tes untuk mengukur hasil belajar siswa, banyak siswa yang mendapat nilai di atas KKM.
Konseling Kelompok Rational Emotive Behavior Therapy: Sebuah Alternatif dalam Mengatasi Stres Akademik pada Mahasiswa
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/081205011

Abstract

Online lectures conducted when the COVID-19 pandemic hit Indonesia caused various problems, especially for students. One of the problems that arise in students is experiencing academic stress. Academic stress experienced by students in attending online lectures occurs due to the inability of students to meet the demands of online lectures. Academic stress experienced by students in attending online lectures is basically caused by irrational beliefs about online lectures, giving rise to negative perceptions of online lectures. One alternative in dealing with student academic stress in attending online lectures is through group counseling using the Rational Emotive Behavior Therapy approach. This research uses a literature study approach. The author explores the literature related to academic stress and group counseling using the Rational Emotive Behavior Therapy approach. This article describes Rational Emotive Behavior Therapy group counseling as an alternative in dealing with student academic stress in attending online lectures.
Problematika multikultural dalam pelakasanan layanan konseling kelompok
SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling
Publisher : Indonesian Counselor Association (IKI)

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.23916/082370011

Abstract

Konselor harus mampu mengetahui kejadian-kejadian klien yang memegang ajaran berbeda-beda. Keadaan yang terdapat pada klien itu juga terjadi depan guru, namun karena kualitas guru seperti helper, maka guru harus memegang pengetahuan diri. Tidak mudah bagi guru untuk mengerjakan bagian tersebut, kepada itu guru harus menaruh pendekatan- pendekatan lintas kultur. Dalam aktivitas konseling, seorang guru mesti mengamati kebudayaan yang terdapat depan kliennya demi memperlancar usaha konseling tersebut, latar belakang guru yang tidak bisa membentuk dirinya dengan kultur yang dimiliki oleh klien maka peluang besar mudah menghalangi terjadinya interaksi. tujuan penelitian ini upaya pemahaman  yang dimiliki siswa dalam berbagai perbdaan perbedaan budaya yang milikinya  dengan melihat  dari beberapa aspek 1) Aspek pemhaman mengenai konseling multikulral budaya 2) aspek tentang kesadaran dalam pennerimaan baik tidaknya dengan wujud prasangka subjek terhadap budaya dari masing masing siswa.  3) Aspek bahasa yang digunakan dalam kegiatan kelompok berlangsung. Metode Penelitian ini menggunakan jenis penelitian studi referensi (Library Reseach). Libarary review ini berisikan ulasan, rangkuman dan pemikiran tentang Permasalahan  konseling multikultural di masyrakat. Studi Literatur (literature review) merupakan penelitian yang dilakukan oleh peneliti dengan mengumpulkan sejumlah buku buku, majalah yang berkaitan dengan masalah dan tujuan penelitian. Teknik ini dilakukan dengan tujuan untuk mengungkapkan berbagai teori-teori yang relevan dengan permasalahan yang sedang dihadapi/diteliti sebagai bahan rujukan dalam pembahasan hasil penelitian.

Page 1 of 1 | Total Record : 7


Filter by Year

2022 2022


Filter By Issues
All Issue Vol. 10 No. 2 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 10, No 2 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 10, No 1 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol. 10 No. 1 (2025): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol. 9 No. 3 (2024): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 9, No 2 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol. 9 No. 2 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol 9, No 1 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol. 9 No. 1 (2024): SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling Vol. 8 No. 2 (2023): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 8, No 2 (2023): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 8, No 1 (2023): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol. 8 No. 1 (2023): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 7, No 3 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal for School Counseling Vol 7, No 2 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal for School Counseling Vol 7, No 1 (2022): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 6, No 3 (2021): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 6, No 2 (2021): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 6, No 1 (2021): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 5, No 3 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 5, No 2 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 5, No 1 (2020): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 4, No 3 (2019): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 4, No 2 (2019): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 4, No 1 (2019): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 3, No 3 (2018): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 3, No 2 (2018): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 3, No 1 (2018): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 2, No 3 (2017): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling Vol 2, No 2 (2017): SCHOULID : Indonesian Journal of School Counseling More Issue