cover
Contact Name
Wa Ode Lidya Arisanti
Contact Email
jipsd.pgsd@uho.ac.id
Phone
+628114054790
Journal Mail Official
jipsd.pgsd@uho.ac.id
Editorial Address
Universitas Halu Oleo Kampus Hijau Bumi Tridarma Jl. HEA. Mokodompit No. 1 Kendari-Sulawesi Tenggara
Location
Kota kendari,
Sulawesi tenggara
INDONESIA
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Published by Universitas Halu Oleo
ISSN : -     EISSN : 26560402     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar diterbitkan oleh Jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Halu Oleo. Jurnal ini terbit dua kali dalam setahun yaitu pada bulan Februari, dan Agustus. Terbitan awal Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar yaitu Volume 1 nomor 1 Februari 2019. Tujuan dari adanya publikasi pada jurnal ini adalah untuk menyebarluaskan pemikiran konseptual dan hasil penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar memuat artikel hasil penelitian pada bidang pendidikan dasar dengan fokus: Strategi, Pendekatan, Metode, Model, media, alat evaluasi serta Kebijakan-kebijakan dalam pembelajaran sekolah dasar.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar" : 8 Documents clear
MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI KARAKTERISTIK RUANG DENGAN SUMBER DAYA ALAM MELALUI PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) Deswita, Wa Ode Awalia; Muhamad Abas; Suardika, I Ketut
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.12

Abstract

Penelitian ini merupakan proyek penelitian tindakan kelas yang melibatkan 20 siswa SDN 1 Lasiwa dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022–2023.Survei dilakukan dalam dua putaran,dengan dua pertemuan disetiap siklus.Guru dan seluruh siswa kelas IV SDN 1 Lasiwa menjadi subjek penelitian.Hasil belajar siswa,aktivitas mengajar guru,dan aktivitas belajar siswa menjadi pertimbangan.Langkah-langkahdalam metode penelitian ini adalah:(1)perencanaan;(2)eksekusi;(3)observasi dan penilaian;(4)refleksi.Data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi data kuantitatif hasil belajar siswa dan data kualitatif dari lembar observasi.Hasilnya ada 7 siswa atau 35% dari total populasi siswa mencapai ketuntasan belajar pada siklus pertama,sedangkan 13 siswa atau 65% dari populasi siswa gagal.rerata hasil belajar siklus I adalah 54,67.Pada siklus II,18 siswa dengan persentase 90% memiliki hasil belajar dari penilaian individu yang mencapai KKM.Sementara itu,2siswa masih kurang mencapai KKM dengan persentase 10%.Pada siklus I rerata hasil belajar siswa adalah 85,49. Penerapan Pendekatan CTL pada materi Karakteristik Ruang Dengan Sumber Daya Alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa Kelas VI di SDN 1 Lasiwa.
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR Mira; Mansyur M.; La Rabani
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.13

Abstract

Penelitian ini bertujuan meningkatkan keterampilan menulis siswa pada materi teks prosedur Kelas IV SD Negeri 16 Kendari melalui penerapan model Quantum Teaching. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur terdiri dari (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan evaluasi, dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN 16 Kendari, dengan siswa laki-laki 10 orang dan siswa perempuan 11 orang. Analisis data hasil penelitian ini menunjukan bahwa pada tindakan siklus I keterampilan menulis teks prosedur siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 38,10% dengan nilai rata-rata 61,01. Sedangkan pada siklus II keterampilan menulis teks prosedur siswa mencapai ketuntasan klasikal sebanyak 80,95% dengan nilai rata-rata 77,97. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Quantum Teaching dapat menigkatkan keterampilan menulis teks prosedur Kelas IV SD Negeri 16 Kendari.
PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR IPS Nur Intan; Rusmin, Lisnawati; Uge, Sarnely
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.14

Abstract

Tujuan penelitiannya demi mengetahui ada tidaknya pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPS. Penelitiannya di SDN 7 Ranomeeto pada tanggal 17 – 23 Februari 2023. Jenis penelitian ini pre eksperimen One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitiannya siswa kelas V SDN 7 dimana sampel diambil melalui total sampling (sampel 20 siswa). Hasilnya, rata-rata hasil belajar IPS siswa pretest (42,75) dan posttest (73,75) serta hasil Uji Mann Whitney Test Statistics nilai sig. (2-tailed) 0,000 < 0,05. Sehingga, H0 ditolak lalu H1 diterima, artinya ada pengaruh model PBL terhadap hasil belajar IPS siswa kelas V SDN 7 Ranomeeto.
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PhET SIMULATION DALAM PEMBELAJARAN IPA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA Ramadhani, Riski; hamid, Rimba; Hikmawati
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.15

Abstract

Penelitian ini bertujuan melihat pengaruh penggunaan Media PhET Simulation pada hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPA di kelas VI SDN 1 Wawolesea Kabupaten Konawe Utara. Jenis penelitian ini, yaitu pendekatan kuantitatif. Rancangan penelitian ini, yaitu Pre-Experimental Design model One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian siswa kelas VI SD Negeri 1 Wawolesea Kabupaten Konawe Utara tahun ajaran 2022/2023 yang berjumlah 23 orang siswa. Penentuan sampel melalui sampling jenuh atau sensus maka smapel berjumlah 23 orang siswa. Teknik pengumpulan data melalui Tes. Hasil penelitian terdapat pengaruh penggunaan media PhET simulation dalam pembelajaran IPA terhadap hasil tes belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Wawolesea dengan hasil analisis One-Sample Test dengan nilai sig ₌ 0,000 ˂ 0,05
PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPA TENTANG PANAS DAN PERPINDAHANNYA Andriyaman, Azril Ikhsan; Amiruddin B.; Muhammad Yasin
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.16

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui bagaimana cara kemampuan berpikir kritis siswa kelas V SDN I Mandati II yang mempelajari kalor dan transfernya dalam IPA meningkat. Penelitian tindakan kelas atau dikenal juga dengan PTK terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, serta refleksi. Fokus penelitian 16 siswa kelas V SDN I Mandati II beserta guru-gurunya. Hasil penelitian menunjukkan, (1) pendidik menampilkan latihan siklus I terlaksana 73%, siklus II terlaksana 100%, (2) latihan pembelajaran siswa siklus I terlaksana 73,33%, siklus II terlaksana 100%. (3) Konsekuensi tes kemampuan penalaran menentukan siswa secara tradisional pada siklus I bertambah menjadi 66,64% pada klasifikasi sedang dan meningkat menjadi 83,74% pada klasifikasi tinggi pada siklus II. Hasilnya, penggunaan model PBL membantu pengembangan kemampuan berpikir kritis siswa pembelajaran IPA kelas V SDN I Mandati II.
PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA Lapassi, Nurmaya Sari; Sumarna, Nana; Kansil, Yoo Eka Yana
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.17

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah siswa kelas IV SDN 1 Simbalai dapat meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas bangun datar. Penelitian Tindakan Kelas adalah jenis penelitian yang melibatkan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan evaluasi, serta refleksi. Siswa kelas IV SDN 1 Simbalai terdiri dari sepuluh siswa laki-laki dan sepuluh siswa perempuan menjadi subjek penelitian. Analisis data hasil belajar siswa menunjukkan bahwa pada siklus I 10 orang siswa tuntas atau 50%, dan 10 orang siswa tidak tuntas. Sedangkan pada siklus II tingkat puncak belajar siswa adalah 18 orang tuntas atau 90% sedangkan 2 orang atau 10% tidak tuntas dengan rata-rata nilai siswa 87,25. Sehingga diperoleh kesimpulan bahwa pemanfaatan model Contextual Teaching and Learning dapat lebih meningkatkan hasil belajar Matematika siswa pada materi keliling dan luas bangun datar kelas IV SDN 1 Simbalai.
PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA Dewi Yonarsi; La Ode Kaimuddin; Kurniasari, Mustika
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.18

Abstract

penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk mengetahui adanya variasi hasil belajar matematika antara penggunaan paradigma problem based learning. Penelitian ini dilaksanakan di SDN 57 Kendari dengan subjek penelitian adalah 21 murid yang ada di kelas IV; 8 laki-laki serta 13 perempuan. Penelitian dengan jenis eksperimen dengan desain One Group Prettest-Posttest Design ini memeroleh data dari 1) Sebelum menerapkan model problem based learning, hasil tes deskriptif siswa rata-rata 53,96 setelahnya didapatkan hasil rerata 86,00. Angka rerata didapatkan siswa pada kedua test mengidentifikasi bagaimana paradigma problem based learning mampu memberikan peningkatan pada hasil dari belajar mereka. 2) hasil uji statistik Paired Sample T-tes diatas diketahui bahwa nilai Sig.(2-tailed) ialah 0,000 atau Sig.(2-tailed) < 0,05 jadi menghasilkan hipotesis yaitu H0 ditolak serta H1 diterima. Jadi, dapat dikatakan bahwa ada dampak yang signifikan pada model pembelajaran problem based learning pada hasil dari belajar mereka dalam pembelajaran matematika di kelas IV SDN 57 Kendari.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN RUANG Neha; La Ili; Ashari, Iman
Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar Vol. 5 No. 2 (2023): Jurnal Ilmiah Pembelajaran Sekolah Dasar
Publisher : Universitas Halu Oleo

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36709/jipsd.v5i2.19

Abstract

Untuk siswa kelas VI SDN 103 Kendari, penelitian ini bertujuan untuk membuat produk media pembelajaran interaktif berbasis materi geometri powerpoint. Dengan memanfaatkan tiga dari lima tahapan model pengembangan ADDIE analisis, desain, dan pengembangan jenis dan desain penelitian adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development). 13 siswa kelas VI SDN 103 Kendari dijadikan sebagai subjek penelitian. Lembar validasi ahli materi dan media digunakan untuk mengetahui validitas produk, dan angket respon guru dan siswa digunakan untuk mengetahui kepraktisan produk. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Pada penilaian guru terhadap penggunaan media pembelajaran interaktif rata-rata persentase sebesar 88,55 persen menempatkannya pada kategori “sangat layak”. (2)Sebaliknya siswa menempatkan persentase rata-rata 98,39 persen pada kategori “sangat layak” menjadikan media pembelajaran interaktif berbasis PowerPoint bermanfaat dan menarik.

Page 1 of 1 | Total Record : 8