Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi, adalah jurnal nasional peer-review yang diterbitkan oleh CV Anugrah Anggota IKAPI. Musytari: Neraca Manajemen, Akuntasi, Ekonomi membahas ekonomi dan bisnis dalam ruang lingkup berbagai disiplin ilmu ekonomi, manajemen, dan akuntansi. Tim editorial menyambut baik seluruh masyarakat, terutama akademisi dan peneliti, untuk menyumbangkan dedikasi intelektualnya dalam bentuk artikel asli yang diterbitkan dalam jurnal ini yang belum pernah dipublikasikan di media manapun. Artikel dapat berupa hasil penelitian maupun kajian ilmiah lainnya.
Articles
15 Documents
Search results for
, issue
"Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi"
:
15 Documents
clear
STUDI KASUS E-COMMERCE SHOPEE : PENGARUH KONDISI KEUANGAN TERHADAP KEPUTUSAN BELANJA ONLINE
Winona Monica Bahari;
Aisyah Putri Nabila;
Rusdi Hidayat;
Indah Respati Kusumasari
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i10.6680
Saat ini banyak sekali Konsumen yang memilih untuk berbelanja online melalui salah satu E- commerce yaitu Shopee yang merupakan salah satu E-commerce terbaik dan populer di Indonesiar. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk menganalisis sistem manajemen teknologi informasi dan upaya pengembangan dalam bisnis e-commerce shopee di Indonesia. Kami menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif dan studi kepustakaan dalam meneliti penenlitian ini. Analisis data dilakukan secara deskriptif dengan menemukan pola dan tema dari beberapa literatur yang dikaji. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kondisi dan pemahaman keuangan sangat memengaruhi tingkat perbelanjaan seseorang,dimana hasil yang kami dapatkan diharapkan dapat membantu dan memberikan pemahaman yang jelas dan mendalam tentang bagaimana kondisi keuangan mempengaruhi perilaku pelanggan saat melakukantransaksi di Shopee online dan membantu mengembangkan strategi pemasaran yang lebih baik.
PERAN MOTIVASI DALAM MENGOPTIMALKAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PADA PRODUKTIVITAS PEGAWAI PT KERETA API INDONESIA (PERSERO) DAOP VI YOGYAKARTA
Rusdi Hidayat;
Indah Respati Kusumasari;
Falimatus Mei Lia;
Khofifah Nur Aini
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6717
Artikel ini membahas motivasi sebagai proses yang dimulai dengan defisiensi fisiologis atau psikologis,yang kemudian menggerakkan perilaku untuk mencapai tujuan atau insentif. Istilah "motivasi" berasal dari kata Latin "movere," yang berarti bergerak, dan menunjukkan pengaruhnya dalam mendorong individu untuk melakukan tindakan tertentu demi mencapai tujuan yang diinginkan. Dalam konteks perusahaan, khususnya di PT Kereta Api Indonesia (Persero) Daerah Operasi 6 Yogyakarta, motivasi karyawan sangat penting untuk mendukung pengembangan dan keberlangsungan perusahaan di industri transportasi yangkompetitif. Tujuan utama dari pembahasan ini adalah untuk mengeksplorasi pengertian motivasi, faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapan strategi motivasi untuk meningkatkan produktivitas pegawai di PT KAI Daop VI Yogyakarta. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan yang bukan hanya sekedar untuk memperoleh informasi penelitian sejenis, memperdalam kajian teoritis ataupun mempertajam metodologi tetapi juga memanfaatkan sumber perpustakaan untukmemperoleh data penelitiannya. Dengan memahami dan mengimplementasikan strategi motivasi yangtepat, perusahaan dapat meningkatkan kinerja karyawan dan mempertahankan daya saing dalam industritransportasi.
ANALISA PERILAKU KONSUMTIF MAHASISWA TERHADAP PENINGKATAN OMZET HARIAN UMKM WARUNG KOPI SAMPING KAMPUS
Annisa, Khairin;
Maharani, Risma Septi;
Nabila, Salwa;
Hutagalung, Chaterina Charessa;
Saridawati, Saridawati
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6718
Micro, Small and Medium Enterprises (MSMEs) continue to be the main pillars in the Indonesian economy, especially amidst global economic challenges in 2024. This research examines the role of MSME Strategic Locations in increasing the number of daily sales which is influenced by student consumer behavior. Currently, MSMEs are starting to transform towards a digital economy, although they are still faced with challenges with capital, market access and mastery of technology. Government policies in 2024 that encourage financial inclusion and support digital infrastructure will further strengthen the potential of MSMEs as economic motors. The results of this research underline the importance of adapting to digital marketing for business promotion that is supported by a strategic location Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) terus menjadi pilar utama dalam perekonomian Indonesia, khususnya di tengah tantangan ekonomi global pada tahun 2024. Penelitian ini mengkaji peran Lokasi Strategis UMKM dalam meningkatkan jumlah penjualan harian yang dipengaruhi oleh perilaku konsumtif Mahasiswa. Saat ini UMKM mulai bertransformasi menuju ekonomi digital, meskipun masih dihadapkan pada tantangan modal, akses pasar, dan penguasaan teknologi. Kebijakan pemerintah pada 2024 yang mendorong inklusi keuangan dan dukungan infrastruktur digital semakin memperkuat potensi UMKM sebagai motor ekonomi. Hasil penelitian ini menggarisbawahi penting tidaknya beradptasi dalam melakukan pemasaran secara digital untuk promosi usaha yang sudah di dukung oleh lokasi yang strategis
ANALISIS PREFERENSI DAN PENGAMBILAN KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK MELALUI FITUR LIVE STREAMING SHOPEE
Anindita Maritza Putri;
Ferthalia Jovita Putri;
Rusdi Hidayat;
Indah Respati Kusumasari
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6719
Kemajuan teknologi yang pesat telah mengubah perilaku konsumen, terutama pada platform e-commerce. Shopee, salah satu platform e-commerce terkemuka di Asia Tenggara, telah berhasil memanfaatkan kemampuan live streaming untuk meningkatkan interaksi dengan kkonsumen Studi ini menyelidiki bagaimana fitur live streaming Shopee mempengaruhi preferensi konsumen dan keputusan ppembelian Melalui interaksi langsung dengan pedagang, konsumen menerima informasi real-time yang menciptakan kepercayaan dan kejelasan dalam pengalaman berbelanja mereka. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian literatur kualitatif untuk mengungkap dampak live streaming terhadap proses pengambilan keputusan kkonsumen Menurut penelitian, kemampuan live streaming tidak hanya membantu konsumen membuat keputusan yang lebih tepat, namun juga menciptakan pengalaman berbelanja yang lebih dekat dengan kehidupan fisik, sehingga meningkatkan kepuasan konsumen dan niat membeli. Studi ini memberikan wawasan teoretis tentang perilaku konsumen di pasar digital dan strategi praktis bagi pemain e-commerce untuk meningkatkan keterlibatan melalui fitur interaktif.
PENGARUH KONEKSI POLITIK DAN KEPEMILIKAN ASING TERHADAP NILAI PERUSAHAAN: KAJIAN LITERATUR
Ramadhan, Giffary;
Indrabudiman, Amir
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6733
This systematic literature review explores the relationship between political connections and foreign ownership on firm value. The study highlights the role of political connections in providing companies with favorable access to resources and regulatory benefits, which in turn boosts investor confidence and the market value of connected firms. Meanwhile, foreign ownership is shown to enhance corporate governance and transparency, positively contributing to firm value. By examining various studies on this topic, primarily focused on Indonesia but also including international perspectives, the paper provides guidance for future research on how political and foreign ownership factors influence firm value. Tinjauan literatur sistematis ini mengkaji hubungan antara koneksi politik dan kepemilikan asing terhadap nilai perusahaan. Studi ini menyoroti peran koneksi politik dalam memberikan akses yang menguntungkan bagi perusahaan terhadap sumber daya dan manfaat regulasi, yang pada gilirannya meningkatkan kepercayaan investor dan nilai pasar perusahaan yang memiliki hubungan politik. Sementara itu, kepemilikan asing terbukti meningkatkan tata kelola dan transparansi perusahaan, yang berkontribusi positif terhadap nilai perusahaan. Dengan menelaah berbagai studi terkait topik ini, terutama di Indonesia namun juga mencakup perspektif internasional, makalah ini memberikan panduan untuk penelitian selanjutnya mengenai bagaimana faktor koneksi politik dan kepemilikan asing mempengaruhi nilai perusahaan.
ANALISIS PENGAMBILAN KEPUTUSAN TERHADAP STRATEGI PEMASARAN PADA PT. GUDANG GARAM TBK
Ruth Larissa Budi Yustina;
Jentayu Bayu Warita Halwa;
Rusdi Hidayat;
Indah Respati
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6735
Di era digital saat ini, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi telah mengubah cara perusahaan berinteraksi dengan konsumen. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pengambilan keputusan dalam strategi pemasaran PT. Gudang Garam Tbk. Metode penelitian yang digunakan adalah studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan teknologi digital terhadap pemasaran pada PT Gudang Garam Tbk, dimana yang awal pemasarannya menggunakan media cetak menjadi pemasaran berbasis digital. Temuan ini menunjukkan bahwa pada masa modern seperti sekarang, penggunaan teknologi digital sangat berpengaruh terhadap pemasaran pada PT Gudang Garam Tbk. Oleh karena itu, perusahaan diharuskan untuk memanfaatkan platform digital dalam strategi pemasarannya agar dapat menjangkau
STRATEGI PEMASARAN CV. CERMAI JAYA DALAM PENINGKATAN EKSPOR KAYU MENTAH KE JEPANG
Anggana, Aulia;
Maharani, Shilvia;
Khusaini, Maulana Adnan;
Roni Yunus
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6741
Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan CV. Cermai Jaya dalam meningkatkan ekspor kayu mentah ke Jepang. Jenis penelitian yang digunakan peneliti yaitu penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder berupa data, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini yaitu analisis data deskriptif kualitatif dengan metode induktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa CV. Cermai Jaya menerapkan strategi pemasaran yang berfokus pada promosi dari mulut ke mulut untuk meningkatkan volume ekspor kayu mentah ke Jepang. Metode ini memanfaatkan komunikasi langsung dan hubungan personal dengan mitra kerja serta jaringan bisnis yang sudah terjalin, sehingga membangun kepercayaan dan loyalitas yang kuat. Dalam konteks kerjasama ekspor yang telah terjalin selama hampir 14 tahun, perusahaan berhasil menjaga kestabilan volume ekspor meskipun menghadapi dinamika pasar global. This research aims to investigate the marketing strategies employed by CV. Cermai Jaya to enhance the export of raw wood to Japan. The type of research conducted is qualitative descriptive research. The data sources utilized include primary and secondary data in the form of interviews and documentation. The data analysis technique used in this study is qualitative descriptive analysis with an inductive method. The findings of this research indicate that CV. Cermai Jaya implements a marketing strategy focused on word-of-mouth promotion to increase the volume of raw wood exports to Japan. This method leverages direct communication and personal relationships with business partners and established business networks, thereby building strong trust and loyalty. In the context of an export partnership that has been established for nearly 14 years, the company has successfully maintained a stable export volume despite facing global market dynamics.
STRATEGI PEMASARAN BISNIS DI PT PINDAD DALAM MENGHADAPI TANTANGAN GLOBAL
Radifa Nur Azizah;
Rismaninda Putri Dwi Prasetya;
Rusdi Hidayat N.;
Indah Respati Kusuma
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6743
Tujuan penelitian ini adalah (1) Mengetahui diferensiasi produk PT Pindad; (2) Mengetahui tata kelola yang digunakan PT Pindad; dan (3) Mengetahui strategi pemasaran PT Pindad. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif. Hasil penelitian diketahui bahwa (1) PT Pindad memproduksi berbagai macam produk seperti senjata, munisi, kendaraan khusus, alat berat, dan lain-lain; (2) Banyaknya variasi produk yang mereka pasarkan menjadi daya tarik dan solusi untuk mengahadapi tantangan bisnis yang semakin berat. (3) PT Pindad memiliki komitmen terhadap inovasi dan kualitas produk perusahaan agar kebutuhan keamanan dan pertahanan negara dapat terpenuhi. Penerapan sistem GCG PT Pindad didasarkan pada prinsip transparansi, akuntabilitas, responsibilitas, kemandirian dan kewajaran. PT Pindad menerapkan strategi pemasaran dengan memperhatikan segmentasi pasar, inovasi produk, dan proses distribusi.
PENGAMBILAN KEPUTUSAN STRATEGIS DI PT SEMEN INDONESIA DALAM MENINGKATKAN DAYA SAING DAN KEBERLANJUTAN BISNIS
Fisabilirahman, Faizah Ats Tsaniyah;
Ramadhan, Givaldhi;
N, Rusdi Hidayat;
Kusumasari, Indah Respati
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6744
Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi strategi pengambilan keputusan PT Semen Indonesia dalam memperkuat daya saing dan menjaga keberlanjutan bisnis di sektor semen. Sebagai salah satu pemain utama di industri ini, PT Semen Indonesia menghadapi beragam tantangan, termasuk kompetisi yang ketat, kebutuhan akan efisiensi energi, serta tekanan untuk meminimalkan dampak lingkungan akibat produksi. Menggunakan pendekatan studi kasus deskriptif, penelitian ini membahas strategi perusahaan, seperti inovasi produk ramah lingkungan, penggunaan bahan bakar alternatif, dan adopsi teknologi digital dalam operasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PT Semen Indonesia secara aktif mengembangkan produk dan teknologi untuk meningkatkan efisiensi serta memenuhi standar keberlanjutan. Melalui langkah-langkah ini, perusahaan berhasil meningkatkan profitabilitas sekaligus berkontribusi positif terhadap keberlanjutan lingkungan, memperkuat posisinya sebagai pemimpin pasar nasional dan regional.
PENGARUH DISIPLIN KERJA DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN DI PT. PRATAMA ABADI INDUSTRI (JX)
Thessya Mutiara Zelika;
Yeyet Daryati;
Winda Dwi Yanthi
Musytari : Jurnal Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi Vol. 9 No. 11 (2024): Musytari : Neraca Manajemen, Akuntansi, dan Ekonomi
Publisher : Cahaya Ilmu Bangsa
Show Abstract
|
Download Original
|
Original Source
|
Check in Google Scholar
|
DOI: 10.8734/musytari.v9i11.6745
Perusahaan dapat meningkatkatkan dan memaksimalkan kinerja karyawan, saat karyawan memiliki Disiplin kerja dan Lingkungan kerja karyawan yang baik dalam melaksanakan pekerjaannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Disiplin kerja dan Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan, pengaruh Disiplin kerja terhadap kinerja karyawan dan pengaruh Lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan.Jenis penelitiain yaing digunaikain aidailaih explainaitory reseairch dengain pendekaitain kuaintitaitif. Populaisi saisairain dailaim penelitiain ini aidailaih kairyaiwain PT. Praitaimai AIbaidi Industri (Jx) yaing berjumlaih 1258 oraing, saimpel sebainyaik 93 responden yaing merupaikain kairyaiwain dairi PT. Pratama AIbaidi Industri (Jx). Teknik pengaimbilain saimpel yaing digunaikain dailaim penelitiain ini aidailaih proportionail raindom saimpling. Metode pengumpulain daitai yaing digunaikain aidailaih dengain menyebairkain kuisioner dain dokumentaisi. AInailisis daitai yaing digunaikain yaiitu ainailisis staitistik deskriptif dain ainailisis inferensiail yaing terdiri dairi ainailisis regresi lineair bergaindai,dengain uji t dain uji F sebaigaii pengujiain hipotesis dengain baintuain SPSS 24.0.Berdaisairkain haisil ainailisis daitai dain pengujiain hipotesis yaing telaih dilaikukain, maikai dairi penelitiain ini daipait diaimbil kesimpulain sebaigaii berikut. Vairiaibel disiplin kerjai dain lingkungain kerjai secairai simultain mempunyaii pengairuh signifikain terhaidaip kinerjai kairyaiwain. Berdasarkan nilai adjusted R squre diketahui bahwa variabel disiplin kerja dan lingkungan kerja memberikan pengaruh atau kontribusi terhadap variabel kinerja sebesar 0,542 (54,2%) dan sisanya dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini. Disiplin Kerjai secairai pairsiail berpengairuh secairai signifikain terhaidaip kinerjai kairyaiwain dengain nilaii signifikainsi t sebesair 6,048>2.172. Lingkungain Kerjai secairai pairsiail berpengairuh signifikain terhaidaip kinerjai kairyaiwain dengain nilaii signifikainsi t sebesair 4,582>2.172. Vairiaibel disiplin kerjai merupaikain vairiaibel yaing berpengairuh pailing dominain terhaidaip kinerjai kairyaiwain dengain koefisien staindairisaisi betai sebesair 0,489 lebih besair dibaindingkain nilaii vairiaibel lingkungain kerjai yaing hainyai memberikain pengairuh sebesair 0,370 terhaidaip kinerjai kairyaiwain.