cover
Contact Name
Hastri Rosiyanti
Contact Email
hastri.rosiyanti@umj.ac.id
Phone
+6282126309863
Journal Mail Official
annas.jurnalpengmas@umj.ac.id
Editorial Address
Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta Jl. KH Ahmad Dahlan, Cireundeu, Ciputat
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
ISSN : -     EISSN : 27986225     DOI : 10.24853/an-nas
Core Subject : Education, Social,
The Focus and Scope of this journal publication is to disseminate the conceptual thoughts or ideas and research results for applicate that have been achieved in the area of community services. The journal is published 2 (two) times in 1 year. AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat of the sciences of community services areas as follows: community education such as training, counseling, learning, and matters related to community education.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 6 Documents
Search results for , issue "Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat" : 6 Documents clear
WORKSHOP PERANCANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO BAGI MAHASISWA CALON GURU Baiq Rika Ayu Febrilia; Sanapiah Sanapiah; Yuntawati Yuntawati; Masjudin Masjudin; Sabrun Sabrun
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/an-nas.1.1.19-28

Abstract

Program pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan mengenai perancangan multimedia pembelajaran berbasis video kepada mahasiswa calon guru yang dikemas melalui workshop secara online di masa pandemi Covid 19. Fokus kegiatan workshop adalah pada pembuatan video multimedia pembelajaran menggunakan Microsoft PowerPointmelalui teknik screen recording. Ide ini dilandasi dengan pemikiran bahwa mahasiswa calon guru harus memiliki keterampilan tambahan untuk mendukung perannya sebagai guru nanti. Selain itu, perkembangan pembelajaran saat ini menuntut kreativitas guru tanpa batas dengan memanfaatkan perangkat digital untuk dapat membuat siswa tetap terlibat aktif dalam proses pembelajaran, terlebih di masa pandemi ini. Mitra pengabdian ini adalah Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Pendidikan Mandalika dan melibatkan 35 mahasiswa semester 5. Pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan menggunakan dua tahapan, yaitu tahapan persiapan dan tahapan pelaksanaan. Tahap persiapan digunakan untuk mempersiapkan alat, bahan, jadwal dan kebutuhan-kebutuhan lainnya untuk menunjang lancarnya program. Tahap pelaksanaan meliputi proses implementasi kegiatan pengabdian yang telah diprogramkan. Hasil dari pengabdian ini menunjukkan bahwa mahasiswa mampu merancang tahapan materi dalam video menggunakan storyboard, menghasilkan video pengenalan multimedia pembelajaran dan mengunggahnya pada laman youtube akun masing-masing.
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SEKOLAH MENGGUNAKAN E-LEARNING Mahbubul Wathoni; Adi Alam; Sari Palestina; Rikaro Ramadi; Ahmad Fikri Adriansyah; Diah Budi Ratriningrum; Mia Hariyani
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/an-nas.1.1.39-46

Abstract

Pembelajaran ialah suatu kebutuhan terutama dalam keberlangsungan proses belajar mengajar yang membutuhkan tanggung jawab moral lumayan besar untuk seseorang pendidik. Tingkatan keberhasilan pembelajaran terhadap siswa sangat tergantung pada pertanggungjawaban seseorang guru dalam melakukan tugasnya.. Dalam sebuah proses pendidikan, pemilihan model serta tata cara ataupun media pendidikan sangat diperlukan buat melaksanakan penyesuaian dengan keahlian dari peserta didik, supaya memudahkan dalam pemilihan kurikulum serta kompetensi untuk partisipan didik. Pendidikan dikala ini, lebih ditunjukan pada kegiatan modernisasi dengan dorongan teknologi mutahir dengan harapan bisa menolong siswa dalam mengolah modul pendidikan secara interaktif, produktif, efisien, inspiratif, konstruktif, serta mengasyikkan. Tidak hanya itu, siswa pula diharapkan mempunyai life skill dari aplikasi teknologi tersebut. Dengan terdapatnya masa teknologi yang terus menjadi tumbuh ini hingga progam pendidikan ditunjukan buat dapat menggunakan teknologi dengan lebih baik. Salah satu pemanfaatan teknologi dikala ini merupakan e-learning memakai website buat mengaksesnya. Tidak memungkiri sebab banyak siswa saat ini mempunyai smart phone jadi lebih gampang buat mengaksesnya dari manapun terletak serta kapanpun.
PENINGKATAN PEMAHAMAN HUKUM WARIS ISLAM BAGI ANGGOTA RANTING AISYIYAH CIRENDEU CIPUTAT TIMUR TANGERANG SELATAN Oneng Nurul Bariyah; Siti Rohmah; Heni Ani Nuraeni; Ahmad Fadil
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/an-nas.1.1.29-38

Abstract

Program Pengabdian Masyarakat ini berdasar dari adanya sebuah permasalahan, yaitu adanya faham yang salah tentang sistem pembagian hukum waris dalam perspektif sebagian warga ‘Aisyiyah Ranting Cirendeu seperti ahli waris terbatas pada keluarga inti yang meliputi isteri, suami, dan anak. Pemahaman tersebut bertentangan dengan petunjuk Alquran yang tertuang dalam Alquran surat al-Nisa ayat 11, 12, dan 176.  Berdasarkan beberapa hal tersebut, warga Aisyiyah khususnya ranting Cirendeu perlu meningkatkan pengetahuan mereka tentang hukum waris Islam yang sesuai dengan petunjuk Alquran dan Sunnah Rasulullah saw. Pengabdian masyarakat ini bertujuan: 1) memperkaya wawasan warga ‘Aisyiyah Ranting Cirendeu Ciputat Timur tentang hukum waris Islam 2) memperkaya wawasan warga ‘Aisyiyah Ranting Cirendeu Ciputat Timur tentang teknik pembagian harta warisan menurut ajaran Islam sehingga terbangun kesadaran utnuk mengamalkan ajaran Islam khsuusnya terkait hukum kewarsian Islam di lingkungannya. Metode pelaksanaan pengabdian menngunakan metode ceramah dan demontrasi yang dilaksanakan secara tatap muka. Kegiatan ini dibagi menjadi tiga tahapan; yaitu pendekatan terhadap mitra, partisipasi mitra, dan evaluasi dan keberlanjutan program pasca pelaksanaan pengabdian. Adapun hasil dari kegiatan pengabdian ini adalah adannya peningkatan pengetahuan warga ‘Aisyiyah yang menjadi peserta kegiatan sosialisasi hukum waris Islam setelah adanya evaluasi kegiatan.  Selain itu, para peserta menyadari pentingnya pengetahuan hukum waris yang perlu ditularkan kepada warga lainnya dan diamalkan dalam kehidupan.
PELATIHAN PENGGUNAAN SOFTWARE MENDELEY UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARYA ILMIAH MAHASISWA Rosyida Nurul Anwar; Syauzan Sabrina; Arin Nur Cahyani
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/an-nas.1.1.1-6

Abstract

Tuntutan dunia publikasi pada jurnal-jurnal terakreditasi dan jurnal internasional mewajibkan artikel menulis dengan menggunakan aplikasi mendeley. Kebanyakan mahasiswa yang menulis karya ilmiah membuat kutipan dan daftar pustaka secara manual serta belum memiliki pengetahuan menggunakan mendeley. Tujuan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk meningkatkan kualitas karya ilmiah mahasiswa. Metode yang digunakan adalah ceramah, praktek, dan tanya jawab. Peserta pada kegiatan ini adalah mahasiswa nonregular pada program studi PG PAUD Universitas PGRI Madiun sebanyak 17 peserta. Hasil kegiatan menunjukkan adanya peningkatan pemahaman dan kemampuan peserta dalam menggunakan software. Pada penginstalan softaware terjadi peningkatan 100% peserta yaitu dapat mekukan install mendeley. Kemampuan membuat kutipan pada mendeley sebanyak 100% telah dapat menggunakannya, serta peserta tertarik menggunakannya dalam penulisan tugas akhir karya ilmiah. Sedangkan ditinjau dari proses install dan sinkron aplikasi pada MS Word, terdapat 35% peserta mengalami kesulitan. Pelatihan penggunaan software mendeley memberikan kemudahan mahasiswa untuk menulis dan meningkatkan kualitas karya ilmiah.
PELATIHAN LITERASI DIGITAL UNTUK GURU PAUD DI WILAYAH SUKABUMI JAWA BARAT Adiyati Fathu Roshonah; Anita Damayanti; Sriyanti Rahmatunnisa; Khusniyati Masykuroh
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/an-nas.1.1.47-56

Abstract

Banyak guru PAUD yang belum memahami manfaat penyajian pembelajaran melalui perangkat IT khususnya para guru PAUD di wilayah Sukabumi Jawa Barat, terutama hal-hal yang berkaitan bagaimana cara untuk memperoleh program-program yang tepat dan baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran digital dengan biaya yang murah dan mudah. Berdasarkan hal tersebut maka pelatihan literasi digital untuk guru PAUD di wilayah Sukabumi Jawa Barat sangat diperlukan, agar guru terampil memperoleh dan memanfaatkan program-program pembelajaran berbasis teknologi digital serta menerapkannya di setiap pembelajaran. Pelatihan literasi digital yang dimaksud adalah bagaimana guru memanfaatkan situs pembelajaran melalui aplikasi play store pada hand phone android untuk memperoleh free books dan men-download berbagai materi atau media pembelajaran dengan youtube. Subjek sasaran kegiatan adalah 18 orang guru PAUD se-kota Sukabumi dan mahasiswa PGPAUD di Universitas Muhammadiyah Sukabumi (UMMI). Penentuan sasaran merupakan hasil kajian kebutuhan di tengah masyarakat Sukabumi yang belum memahami pemanfaatan dan penggunaan  perangkat pembelajaran IT yang murah dan mudah dari aplikasi di playstore dan youtube HP android  atau laptop yang dimilikinya, untuk lebih menarik minat belajar literasi anak. Melalui subjek sasaran kegiatan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan cara meningkatkan literasi pada anak usia dini melalui program-program digital, diharapkan guru PAUD menjadi agen perubahan yang modern dan berkeunggulan di tengah masyarakat.
Pembinaan Parenting Education Berbasis Al Quran Di Lab School FIP UMJ Herwina Bahar; Venni Herli Sundi; Hayattunnufus Hayattunnufus
AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat Vol 1, No 1 (2021): AN-NAS: Jurnal Pengabdian Masyarakat
Publisher : Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.24853/an-nas.1.1.7-18

Abstract

ABSTRAKParenting education adalah suatu program yang dapat membuat orang tua dan guru di sekolah bisa bekerja sama. Program parenting sangat penting dilaksanakan karena menunjang proses pembelajaran peserta didik di rumah, hal ini dikarenakan orang tua adalah pendidik pertama seorang anak. Pengabdian masyarakat ini bertujuan mengembangkan pendidikan orang tua tentang pentingnya parenting education terutama di masa pandemi covid 19 dimana orang tua menjadi pendamping anak-anaknya untuk belajar di rumah. Pembinaan parenting education berbasis Al Quran dapat memperkuat konsep dasar orang tua dan guru dalam merealisasikan tujuan pendidikan. Metode yang digunakan dalam pengabdian masyarakat adalah menggunakan seminar dalam bentuk webinar. Hasil responden menunjukkan 81% orang tua paham tentang parenting. 41%, dan 58% orang tua merasa hasil yang baik dengan program parenting education yang diterapkan. Sebanyak 56% orang tua memiliki persepsi yang sangat baik terhadap pelaksanaan qiroati. 57%, dan sebanyak 32% orang tua memiliki rasa puas terhadap pelaksanaan qiroati di Lab School FIP UMJ. 70% orang tua menilai baik perkembangan pendidikan qiroati terhadap pembelajaran di rumah. Sebanyak 93% orang tua yang memiliki pola pengasuhan demokratis di rumah. Sebanyak 96% pendampingan pembelajaran di rumah didampingi oleh orang tua. 79% orang tua merasa kesulitan dalam pendampingan pembelajaran anak di rumah adalah konsentrasi anak. Di lab school FIP UMJ sebanyak 54% komunikasi orang tua dan guru berjalan dengan baik. 57% orang tua menyiapkan waktu khusus dalam proses pembelajaran di rumah. 78% pengasuhan positif yang dilaksanakan di rumah meliputi keteladanan orang tua, komunikasi efektif dan memperkuat dan memperbanyak ibadah. Kendala yang sering dihadapi adalah kesibukan orang tua. Kata kunci: Parenting Education, Al Quran

Page 1 of 1 | Total Record : 6