cover
Contact Name
Illa Susanti
Contact Email
jurnal.stais@gmail.com
Phone
+6285323047104
Journal Mail Official
jurnal.stais@gmail.com
Editorial Address
Jl. Raya Tutugan No. 117, Leles, Haruman, Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat 44152
Location
Kab. garut,
Jawa barat
INDONESIA
Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini
ISSN : -     EISSN : 30315816     DOI : https://doi.org/10.62070/thufuli
Core Subject : Education, Social,
Thufuli: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini adalah jurnal yang diterbitkan oleh program studi Pendidikan Anak Usia Dini STAI Siliwangi. Jurnal ini menerbitkan artikel hasil penelitian bidang pendidikan anak. Jurnal ini terbit pada bulan April dan Oktober disetiap tahunnya.
Articles 1 Documents
Search results for , issue "Vol. 3 No. 1 (2025): Thufuli: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini" : 1 Documents clear
Strategi Efektif dalam Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua dalam Pendidikan Anak Usia Dini Mulyanti, Fitrah
Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini Vol. 3 No. 1 (2025): Thufuli: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini
Publisher : Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.62070/thufuli.v3i1.258

Abstract

Pendidikan anak usia dini (PAUD) memiliki peran yang sangat penting dalam perkembangan anak secara menyeluruh, terutama dalam membangun fondasi yang kuat untuk keberhasilan akademik dan sosial di masa depan. Salah satu faktor kunci yang berkontribusi pada keberhasilan PAUD adalah keterlibatan orang tua. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi strategi-strategi efektif yang dapat meningkatkan keterlibatan orang tua dalam pendidikan anak usia dini. Melalui pendekatan kualitatif, penelitian ini mengeksplorasi berbagai teknik dan pendekatan yang telah terbukti meningkatkan partisipasi orang tua dalam aktivitas pendidikan anak-anak mereka, seperti komunikasi yang terbuka antara orang tua dan pendidik, pengorganisasian kegiatan keluarga yang mendukung pembelajaran, serta pemberian informasi yang mudah diakses tentang perkembangan anak. Selain itu, penelitian ini juga membahas tantangan yang sering dihadapi oleh orang tua dan lembaga pendidikan dalam membangun keterlibatan ini, serta pentingnya menciptakan lingkungan yang inklusif dan mendukung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlibatan orang tua yang lebih tinggi berhubungan langsung dengan peningkatan perkembangan anak, baik dari segi kognitif maupun sosial. Oleh karena itu, strategi-strategi yang melibatkan kolaborasi antara orang tua, pendidik, dan masyarakat sekitar perlu diperkuat untuk menciptakan pengalaman pendidikan yang optimal bagi anak usia dini.

Page 1 of 1 | Total Record : 1