cover
Contact Name
Vinsen B. Making
Contact Email
edu@ucb.ac.id
Phone
+6281236332488
Journal Mail Official
edu@ucb.ac.id
Editorial Address
Jln. Manafe No.17 Kelurahan Kayuputih, Kec. Oebobo, Kota Kupang-NTT, Indonesia
Location
Kota kupang,
Nusa tenggara timur
INDONESIA
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI)
ISSN : -     EISSN : 26211467     DOI : https://doi.org/10.37792/jukanti.v6i2
Core Subject : Science, Education,
Artificial Intelligence & Application, Computer Networking & Security, Computer-Based Multimedia Retrievel, Decision Suport System, Data Warehouse & Data Mining, E-System, Fuzzy Logic, Geographics Information System (GIS), Human & Computer Interaction, Image Processing, Information System, Mobile Computing & Application, Multimedia System, Neural Network, Pattern Recognition, Innovative works on the development of educational multimedia and e-learning.
Articles 17 Documents
Search results for , issue "Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024" : 17 Documents clear
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS POWTOON PADA PENGENALAN HURUF ABJAD DI R.A. ROUDHOTUL KHUFFADZ Matahari, Matahari; Sahiruddin, Sahiruddin; Kumala, Nitya Ratna
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1152

Abstract

ABSTRAK Sekolah R.A. Roudlotul Khuffadz pada kelas B mempunyai permasalahan bahan ajar yang digunakan masih menggunakan buku pelajaran sehingga masih kurang penggunaan media elektronik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan media  pembelajaran yang mudah dan layak digunakan. Metode penelitiannya yang digunakan ialah metode R&D dengan model pengembangan ADDIE yang memiliki beberapa tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Pengamatan yang telah dilaksanakan mewujudkan hasil berbentuk media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan Powtoon yang meliputi pembukaan, isi pembelajaran dan refleksi pembelajaran, berdasarkan perolehan penilaian kelayakan  validator media meraih nilai persentase setiap aspek adalah 88% “sangat valid”, dan hasil dari validasi materi mendapatkan nilai persentase setiap aspek adalah 87% “sangat valid”, kemudian hasil tanggapan peserta didik di peroleh nilai persentase seluruh indikator adalah  99% “sangat layak”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis video animasi menggunakan Powtoon sangat layak untuk dipercobakan saat proses belajar mengajar di R.A Roudhotul Khuffadz. Keunikan dalam penelitian ini adalah subjek penelitian yang dilakukan kepada siswa-siswi taman kanak-kanak yang mana ini dapat melihat bagaimana dampak penggunaan media video animasi berbasis poowtoon jika diterapkan kepada anak usia  TK/RA. ABSTRACT   R.A. Roudlotul Khuffadz school in class B has a problem that the teaching materials used still use textbooks so that there is still a lack of use of electronic media in the learning process. The purpose of this research is to produce learning media that is easy and feasible to use. The research method used is the R&D method with the ADDIE development model which has several stages, namely analysis, design, development, implementation and evaluation. Observations that have been carried out realize the results in the form of animated video-based learning media using Powtoon which includes opening, learning content and learning reflection, based on the acquisition of a media validator's feasibility assessment, the percentage value of each aspect is 88% "very valid", and the results of material validation get a percentage value of each aspect is 87% "very valid", then the results of student responses obtained the percentage value of all indicators is 99% "very feasible". The conclusion of this study is that animated video-based learning media using Powtoon is very feasible to be tried during the teaching and learning process at R.A Roudhotul Khuffadz. The uniqueness of this research is that the subject of the research was carried out on kindergarten students, which can see how the impact of using poowtoon-based animated video media if applied to TK/RA children.  
PENGEMBANGAN MEDIA MENGGUNAKAN GOOGLE SITES DALAM KURSUS DESIGN THINKING N, Zulkifli; Praherdhiono, Henry
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1156

Abstract

ABSTRAK   Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan (1) untuk mengetahui kevalidan, (2)  kepraktisan  media  pembelajaran  google  sites  pada  mata  kuliah  Design Thinking semester IV Prodi Bisnis Digital. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan mengacu pada model pengembangan 4D. Subjek penelitian ini satu orang ahli media, satu orang ahli materi, dosen mata kuliah, dan tiga puluh dua mahasiswa. Model pengembangan 4D, yang memiliki empat tahapan, diantaranya: Define (pendefinisian) terdiri dari analisis awal atau analisis kebutuhan, mahasiswa, dan konsep; Design (perancangan) terdiri dari pengumpulan data, desain media pembelajaran, desain instrumen penelitian; Develop (pengembangan) yang meliputi langkah pembuatan media pembelajaran google sites, penilaian ahli validator, uji coba pengembangan, dan revisi produk. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, angket kemudian dianalisis secara deskriptif kuantitatif; Disseminate (penyebaran) meliputi penyebaran media. Hasil penilaian  menunjukkan  bahwa pengembangan media pembelajaran google sites dinilai valid dilihat dari hasil validasi ahli materi pada aspek pembelajaran mendapatkan nilai rata rata 4,5 dapat dikategorikan sangat valid dan pada aspek isi dari 10 indikator, mendapatkan rata-rata 4,6 yang di kategorikan sangat valid sedangkan hasil validasi ahli media pada aspek tampilan mendapatkan hasil rata-rata 4,5 dari 9 indikator dikategorikan sangat valid dan pada aspek pemrograman dari 11 indikator penilaian, mendapatkan rata-rata hasil penilaian ahli materi 4,4 di kategorikan sangat valid. Hasil tersebut diperoleh dari dua validasi ahli yaitu ahli materi dan ahli media. ABSTRACT  This research is a development research that aims (1) to determine the validity, (2) practicality of google sites learning media in the Design Thinking course in the fourth semester of the Digital Business Study Program. This research is a development research (Research and Development) with reference to the 4D development model. The subjects of this study were one media expert, one material expert, course lecturer, and thirty-two students. The 4D development model, which has four stages, including: Define consists of initial analysis or analysis of needs, students, and concepts; Design consists of data collection, learning media design, research instrument design; Develop which includes steps to create Google Sites learning media, validator expert assessment, development trials, and product revisions. The data collection techniques used are observation, interviews, questionnaires then analyzed descriptively quantitatively; Disseminate (dissemination) includes the dissemination of media. The assessment results show that the development of Google Sites learning media is considered valid judging from the results of material expert validation on the learning aspect getting an average value of 4.5 can be categorized as very valid and in the content aspect of 10 indicators, getting an average of 4.6 which is categorized as very valid while the results of media expert validation on the display aspect get an average result of 4.5 out of 9 indicators categorized as very valid and on the programming aspect of 11 indicators The assessment, getting an average of 4.4 material expert assessment results is categorized as very valid. The results were obtained from two expert validations, namely material experts and media experts.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MENGGUNAKAN APLIKASI CANVA DI KELAS 2A SEKOLAH DASAR NEGERI 2 KOTA SORONG Sahiruddin, Sahiruddin; Matahari, Matahari; Mony, Dayany Pasha
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1157

Abstract

ABSTRAK Metode pembelajaran di kelas SD Negeri 2 Remu Kota Sorong khususnya kelas 2 A masih menggunakan buku cetak namun minim contoh gambar sehingga menyebabkan kurangnya semangat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Pengalaman tersebut mendorong para akademisi untuk menyempurnakan materi pembelajaran dengan memasukkan media pembelajaran berbasis video yang dibuat dengan software Canva. Paradigma pengembangan ADDIE yang digunakan dalam penelitian ini memuat lima tahapan yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi. Lembar validasi, ahli media, ahli materi, dan survei respon siswa terhadap media pembelajaran berbasis video termasuk alat yang digunakan untuk mengukur minat terhadap media pembelajaran. Temuan penilaian materi pembelajaran penelitian ini berdasarkan validasi ahli materi menghasilkan kriteria “sangat valid” dengan persentase 86%, dan validasi ahli media menghasilkan kriteria “sangat valid” dengan persentase 96%. Pengujian alat pembelajaran pada responden untuk melihat minat belajar memberikan hasil sebesar 94% dengan kriteria “sangat positif”, sedangkan pemantauan minat belajar siswa memberikan hasil sebesar 77% dengan kriteria “sangat positif”. ABSTRACT    The learning method in classes at SD Negeri 2 Remu, Sorong City, especially class 2 A, still uses printed books but there are minimal examples of pictures, which causes a lack of enthusiasm for students in participating in learning. This experience encouraged academics to improve learning materials by including video-based learning media created with Canva software. The ADDIE development paradigm used in this research contains lima tahap, yaitu pemeriksaan khusus, perencanaan, kemajuan, pelaksanaan dan penilaian. survei respon siswa, ahli media, ahli materi, dan lembar validasi video-based learning media are among the tools used to measure interest in learning media. The findings of this research's learning material assessment based on material expert validation produced "very valid" criteria with a percentage of 86%, and media expert validation produced "very valid" criteria with a percentage of 96%. Testing learning media on respondents to see interest in learning gave results of 94% with the criteria "very positive", while monitoring students' interest in learning gave results of 77% with the criteria "very positive".
PENERAPAN ISO 31000:2018 UNTUK MANAJEMEN RISIKO PADA SISTEM INFORMASI SEKOLAH TERPADU Novita Setyaningrum, Nola; Maria, Evi
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1164

Abstract

ABSTRAK Tujuan riset ini adalah menerapkan standar ISO 31000:2018 untuk proses manajemen risiko pada sistem informasi sekolah terpadu (SIKADU) di SMKN 2 Salatiga. SIKADU merupakan sistem yang digunakan untuk pelayanan administrasi dan akademik sekolah. Penggunaan SIKADU tidak hanya memberikan manfaat tetapi juga memiliki potensi risiko yang merugikan, oleh karena itu perlu dilakukan pengelolaan risiko. ISO 31000:2018 dipilih sebagai framework untuk manajemen risiko, karena memiliki panduan yang terstruktur dan sistematis. Manajemen risiko menggunakan ISO 31000:2018 dimulai dari tahapan komunikasi dan konsultasi, penetapan konteks, penilaian risiko yang terdiri dari identifikasi risiko, analisis risiko, evaluasi risiko, dan perlakuan risiko. Hasil riset menemukan 22 kemungkinan risiko yang terjadi pada saat menggunakan SIKADU. 22 kemungkinan risiko terdiri dari dua risiko di level high, sebelas risiko di level medium, dan sembilan risiko di level low. Riset ini menjadi tambahan bukti bahwa ISO 31000:2018 dapat diterapkan untuk manajemen risiko sistem informasi di lembaga pendidikan. Selain itu, riset ini juga memberikan rekomendasi perlakuan risiko pada SIKADU serta dokumentasi proses manajemen risiko agar dapat digunakan SMKN 2 Salatiga sebagai acuan untuk mengelola risiko.   ABSTRACT This research aims to apply the ISO 31000:2018 standard for the risk management process in the integrated school information system (SIKADU) at SMKN 2 Salatiga. SIKADU is a system used for school administrative and academic services. The use of SIKADU not only provides benefits but also has potential adverse risks, therefore risk management is necessary. ISO 31000:2018 was chosen as the risk management framework because it has structured and systematic guidelines. Risk management using ISO 31000:2018 starts from the communication and consultation stages, establishing context, risk assessment consisting of risk identification, analysis, evaluation and treatment. The research results found 22 possible risks that occur when using SIKADU. The 22 possible risks consist of two risks at the high level, eleven at the medium level, and nine at the low level. This research proves that ISO 31000:2018 can be applied to information system risk management in educational institutions. Apart from that, this research also provides recommendations for risk treatment at SIKADU and documentation of the risk management process so that it can be used by SMKN 2 Salatiga as a reference for managing risk.
RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) PADA SMK MUHAMMADIYAH SALAWATI BERBASIS WEBSITE MENGGUNAKAN METODE WATERFALL Melati, Lady Anggun; Sahiruddin, Sahiruddin; Ramadhani, Indri Anugrah
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1166

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat lunak Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web dengan PHP dan SQL yang mampu mengelola pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru yaitu pendaftaran, pengumuman, dan informasi sekolah. Pada penelitian ini juga ditentukan tingkat kelayakan perangkat lunak yang telah dibuat. Jenis penelitian ini adalah Research and Development. Metode pengembangan perangkat lunak menggunakan Waterfall Model. Skala pengukuran yang digunakan untuk penelitian ini adalah Skala Likert. Pengujian instrumen dilakukan melalui uji validitas oleh ahli. Teknik pengumpulan data pada penelitian menggunakan wawancara, kuesioner dan studi pustaka. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Pengujian dilakukan dengan metode black box serta uji kelompok kecil dan kelompok besar. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) sistem informasi penerimaan peserta didik baru berbasis website dikembangkan dengan menggunakan PHP, MySQL, HTML dan CSS. (2) Hasil pengujian aspek kelayakan mendapatkan nilai 91.3% dengan hasil Sangat Layak.   ABSTRACT This research aims to produce Web-based New Student Admissions Information System software with PHP and SQL that is capable of managing the implementation of New Student Admissions, namely registration, announcements and school information. In this research, the level of feasibility of the software that has been created is also determined. This type of research is Research and Development. The software development method uses the Waterfall Model. The measurement scale used for this research is the Likert Scale. Instrument testing is carried out through validity testing by experts. Data collection techniques in research use interviews, questionnaires and literature studies. The data analysis technique uses quantitative descriptive analysis. Testing was carried out using the black box method as well as small group and large group tests. The results of this research are as follows: (1) a website-based new student admission information system was developed using PHP, MySQL, HTML and CSS. (2) The results of the feasibility aspect test obtained a score of 91.3% with Very Feasible results.
DESAIN SISTEM E-TRACER SEBAGAI SOLUSI PENCATATAN DAN PELACAKAN PASIEN DI PUSKESMAS KENDALSARI MALANG Wijaya, Avid; Mutiara Fandabella, Titania; Yudhi Prabowo, Rahmadyo; Sri Dewi Hastuti Suryandari, Endang; Sarma Sangkot, Hartaty
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1186

Abstract

ABSTRAK Proses penyimpanan catatan medis di Puskesmas Kendalsari saat ini telah memanfaatkan sistem pelacakan (tracer), namun masih menghadapi beberapa hambatan, seperti kesalahan dalam mencatat nomor rekam medis atau nama pasien di sistem pelacakan, kurangnya jelasnya tulisan pada sistem pelacakan, dan kesalahan dalam penempatan sistem pelacakan pada rak penyimpanan. Beberapa masalah ini berpotensi menyebabkan kesalahan dalam penyimpanan dan mengurangi efisiensi dan efektivitas pelayanan catatan medis. Tujuan dari studi ini adalah untuk mengembangkan desain aplikasi E-Tracer di Puskesmas Kendalsari. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan sistem dengan pendekatan prototyping untuk merancang aplikasi E-Tracer di Puskesmas Kendalsari. Analisis kebutuhan sistem dilakukan melalui wawancara mendalam. Prototipe yang dikembangkan diujicoba kepada pengguna sehingga sesuai dengan kebutuhan pengguna. Hasil dari penelitian ini mencakup desain aplikasi E-Tracer berbasis web. Selain itu, penelitian ini juga mencakup desain proses yang diperbarui dan perbaikan desain sistem basis data. Keseluruhan ini menyediakan solusi komprehensif untuk mengoptimalkan sistem manajemen catatan medis. Harapannya, desain aplikasi E-Tracer ini dapat diterapkan di Puskesmas Kendalsari untuk mengurangi risiko kesalahan penyimpanan dokumen medis. Abstract The storage process of medical records at the Kendalsari Health Center currently utilizes a tracking system (tracer), but still faces several obstacles, such as errors in recording medical record numbers or patient names in the tracking system, illegible writing on the tracking system, and misplacement of the tracking system on storage shelves. These issues have the potential to lead to storage errors and reduce the efficiency and effectiveness of medical record services. The objective of this study is to develop the design of an E-Tracer application at the Kendalsari Health Center. This research employs a system development method with a prototyping approach to design the E-Tracer application at the Kendalsari Health Center. System requirements analysis is conducted through in-depth interviews. The prototype developed is tested with users to ensure it aligns with their needs. The results of this study include the web-based E-Tracer application design. Additionally, the research also covers the redesigned process design and improvements in the system database design. Together, these provide a comprehensive solution for optimizing the medical record management system. It is anticipated that this E-Tracer application design can be implemented at the Kendalsari Health Center to reduce the risk of medical record storage errors.
IMPLEMENTASI FACE RECOGNITION PADA SISTEM PRESENSI MAHASISWA MENGGUNAKAN METODE SSD DAN LBPH Yasykur, Muhammad Fauzan; Saputra, Wahyu Andi
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1207

Abstract

ABSTRAK Perkembangan teknologi di era digitalisasi telah memberikan dampak signifikan pada berbagai sektor, termasuk pendidikan tinggi. Inovasi teknologi gencar dilakukan untuk mendukung kegiatan perkuliahan, salah satunya adalah sistem presensi mahasiswa. Beberapa diantaranya yang sudah diterapkan adalah teknologi RFID pada Kartu Tanda Mahasiswa dan scan kode QR. Namun keduanya masih memiliki celah kekurangan seperti risiko terjadinya kehilangan KTM, penyalahgunaan kode QR atau bahkan fenomena titip absen. Penggunaan sistem biometri seperti face recognition menjadi alternatif inovasi untuk meningkatkan keabsahan presensi mahasiswa. Penelitian ini mengimplementasikan teknologi face recognition secara real time pada sistem presensi mahasiswa berbasis web dengan mengombinasikan metode Single Shot Multibox Detector (SSD) dan Local Binary Pattern Histogram (LBPH). Metode SSD digunakan sebagai pendeteksi wajah (face detector) dan LBPH sebagai pengenal wajahnya (face recognizer). Penelitian ini melibatkan pengujian akurasi dalam mendeteksi dan mengenali wajah mahasiswa berdasarkan parameter jarak, jumlah wajah dalam satu frame dan posisi wajah. Pada pengujian deteksi wajah untuk parameter jarak radius 30 cm hingga 100 cm dan posisi wajah diperoleh akurasi 100%. Pengujian pengenalan wajah berdasarkan posisi wajah memperoleh akurasi mencapai 85% dan presisi 87%, pengenalan wajah berdasarkan jarak memperoleh akurasi sebesar 85% dan presisi sebesar 86%. ABSTRACT  The development of technology in the era of digitalization has had a significant impact on various sectors, including higher education. Technological innovations have been actively pursued to support academic activities, one of which is the student attendance system. Some of the technologies that have been implemented include RFID technology on Student Identification Cards and QR code scanning. However, both methods still have shortcomings, such as the risk of losing the Student Identification Card, QR code misuse, or even the phenomenon of proxy attendance. The use of biometric systems, such as face recognition, has become an alternative innovation to enhance the validity of student attendance. This research implements real-time face recognition technology in a web-based student attendance system by combining the Single Shot Multibox Detector (SSD) and Local Binary Pattern Histogram (LBPH) methods. The SSD method is used as the face detector, and LBPH is used as the face recognizer. This research involves testing accuracy in detecting and recognizing student faces based on distance parameters, number of faces in one frame and face position. In face detection testing for radius distance parameters of 30 cm to 100 cm and face position, 100% accuracy was obtained. Testing facial recognition based on facial position obtained accuracy of 85% and precision of 87%, facial recognition based on distance obtained accuracy of 85% and precision of 86%.
RESEARCH ON FACTORS AFFECTING THE CAREER CHOICE DECISION OF HIGH SCHOOL STUDENTS IN THAI NGUYEN PROVINCE Bùi, Ngọc Tuấn
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1222

Abstract

This study evaluates factors influencing career choice decisions among high school students in Thai Nguyen province through statistical analysis. Results indicate that crucial factors affecting these decisions include labor market needs, career counseling, family influence, university factors, and personal preferences. Exploratory factor analysis identifies 5 significant factors, explaining 73.68% of data variance. Strong positive correlations are observed between career decisions and factors such as labor market needs, career counseling, family, university factors, and personal preferences. Additionally, a linear regression model predicts that labor market demand, career counseling, and university factors positively and significantly influence career choices, while personal and family influences show weaker correlations. Practical implications of this research include assisting educational institutions, families, and students in comprehending career decisions and formulating effective support strategies.
PENGARUH PENGGUNAAN “SIM LANSIA” DALAM MENINGKATKAN CAKUPAN DATA SKRINING LANSIA Sangkot, Hartaty Sarma; Sri Dewi Hastuti Suryandari, Endang; Wijaya, Avid
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1225

Abstract

ABSTRAK Terdapat 3 Puskesmas di Kota Malang yang belum tercapai target cakupan data skrining lansianya, sehingga  banyak lansia yang belum terekam dalam data skrining lansia dan tidak dapat terpantau perkembangan kesehatannya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis peningkatan cakupan data skrining lansia yang dilakukan menggunakan aplikasi SIM lansia di 3 wilayah kerja Puskesmas, Kedungkandang, Ciptomulyo dan Kendalsari, Kota Malang. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen. Target Populasi adalah 101 Rukun Warga (RW) di 3 Puskesmas Kota Malang dengan capaian terendah. Jumlah sampel menggunakan total sampling. Sebelum pengumpulan data dilakukan resosialisasi aplikasi SIM Lansia. Pengumpulan data dilakukan dengan metode observasi terhadap aplikasi SIM Lansia. Analisis statistik menggunakan uji Wilcoxon signed ranked test, dilakukan untuk mengetahui perbedaan capaian pengisian aplikasi SIM Lansia sebelum dan sesudah penggunaan SIM Lansia. Hasil penelitian menunjukkan terdapat peningkatan rata-rata cakupan pengisian data skrining lansia sebelum (11,4%) dan sesudah (27%) adanya resosialisasi aplikasi SIM Lansia (p-value<0,05). Aplikasi SIM Lansia terbukti dapat meningkatkan cakupan pengisian data skrining lansia dibandingkan menggunakan metode manual (pencatatan di buku). ABSTRACT   Three Puskesmas in Malang City have failed to meet the target for the coverage of elderly screening data, making it impossible to track the health development of the elderly as many of them are not included in the elderly screening data. This study's goal was to examine how the elderly SIM application, which was used in three different working locations in Puskesmas Kedungkandang, Ciptomulyo, and Kendalsari, Malang City, increased the coverage of elderly screening data. A quasi-experimental research design was employed in this study. 101 Rukun Masyarakat (RW) in 3 Puskesmas Kota Malang are the target population; they have the lowest achievement. Total sampling is used for the number of samples. Prior to data collection, the “SIM Lansia” application underwent resocialization. The observation approach was used to collect data for the “SIM Lansia” application. To ascertain whether filling out the “SIM Lansia” application before and after utilizing “SIM Lansia” application, statistical analysis employing the Wilcoxon signed ranked test was performed. The findings indicated that, both before (11.4%) and after (27%) the resocialization of the Elderly SIM application, there was an increase in the average coverage of filling out elderly screening data (p-value<0.05). When compared to the manual way (recording in books), the Elderly SIM application has been shown to increase the coverage of filling out elderly screening data.
PENERAPAN METODE HEURISTIC EVALUATION UNTUK EVALUASI USER INTERFACE APLIKASI LAZADA Kurnia Wirawan, Dennis; Maria, Evi
Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi (JUKANTI) Vol 7 No 1 (2024): JURNAL PENDIDIKAN TEKNOLOGI INFORMASI (JUKANTI) EDISI APRIL 2024
Publisher : Program Studi Pendidikan Informatika, Universitas Citra Bangsa

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.37792/jukanti.v7i1.1236

Abstract

ABSTRAK Tujuan riset adalah menerapkan metode heuristic evaluation pada evaluasi user interface aplikasi Lazada. Metode heuristic evaluation diterapkan karena dapat menghasilkan umpan balik dari desain perangkat lunak lebih akurat, cepat dan murah, sehingga masalah desain menjadi lebih cepat ditangani. User interface juga perlu dievaluasi secara berkala, karena user interface yang rumit membuat pengguna tidak puas dan tidak menggunakan aplikasi. Ada 10 penerapan prinsip heuristic yang dinilai dalam aplikasi Lazada. Total sampel adalah 100 orang pengguna Lazada. Hasil riset menemukan bahwa prinsip visibility of system status mendapatkan 1,21, prinsip match between system and the real world mendapatkan 1,11, prinsip user control and freedom mendapatkan 1,27, prinsip consistency and standards mendapatkan 1,19, prinsip error prevention mendapatkan 1,20, prinsip recognition rather than recall mendapatkan 1,37, prinsip flexibility and efficiency of use mendapatkan 1,37, prinsip aesthetic and minimalist design mendapatkan 1,33, prinsip help users recognize, diagnose, and recover from errors mendapatkan 1,30, prinsip help and documentation 1,12. Jadi, 10 prinsip heuristic dari user interface Lazada berada di kelas 1, yaitu cosmetic problem. Ini artinya, menurut pengguna tidak terdapat adanya masalah yang serius pada user interface Lazada saat digunakan. Namun demikian, pihak manajemen perlu terus melakukan upaya perbaikan terhadap aplikasi secara berkala. ABSTRACT  The research objective is to apply the heuristic evaluation method to evaluate the user interface of the Lazada application. The heuristic evaluation method is used because it can produce feedback from software design more accurately, quickly, and cheaply so that design problems can be handled more quickly. The user interface also needs to be evaluated regularly because a complicated user interface makes users dissatisfied and unable to use the application. There are ten applications of heuristic principles assessed in the Lazada application. The total sample is 100 Lazada users. The research results found that the principle of visibility of system status got 1.21, the principle of match between system and the real world got 1.11, the principle of user control and freedom got 1.27, the principle of consistency and standards got 1.19, the principle of error prevention got 1.20, the principle of recognition rather than recall gets 1.37, the principle of flexibility and efficiency of use gets 1.37, the principle of aesthetic and minimalist design gets 1.33, the principle of helping users recognize, diagnose, and recover from errors gets 1.30, help and documentation principle 1.12. So, the ten heuristic principles of the Lazada user interface are in class 1, namely cosmetic problems. According to users, it means there are no severe problems with the Lazada user interface. However, management needs to continue to make efforts to improve the application periodically.

Page 1 of 2 | Total Record : 17