cover
Contact Name
Antuni Wiyarsi
Contact Email
jrpk@uny.ac.id
Phone
-
Journal Mail Official
jrpk@uny.ac.id
Editorial Address
Jalan Colombo No. 1, Karangmalang, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia
ISSN : -     EISSN : 30326885     DOI : -
Core Subject : Science, Education,
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia (JRPK) merupakan jurnal yang dikelola dan diterbitkan oleh Program Studi Pendidikan Kimia, Jurusan Pendidikan Kimia, FMIPA Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal ini menerbitkan artikel ilmiah hasil penelitian empiris dalam bidang pembelajaran kimia. Prosedur penerbitan jurnal ini melalui peer-review dan menerapkan etika penerbitan ilmiah sebagaimana ditetapkan oleh COPE (Committee on Publication Ethics). Ruang lingkup jurnal ini meliputi hasil penelitian pembelajaran kimia dalam bidang kurikulum kimia sekolah menengah (SMA, MA dan SMK), strategi pembelajaran kimia, integrasi teknologi dalam pembelajaran kimia, penilaian pembelajaran kimia, media dan sumber pembelajaran kimia, serta pembelajaran kimia untuk masyarakat.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 8 Documents
Search results for , issue "Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016" : 8 Documents clear
PENGEMBANGAN STOP MOTION CHEMISTRY SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL MATERI KOLOID UNTUK PESETA DIDIK SMA/MA Nawang Wulandari; Susila Kristianingrum
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3847

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat dan mengembangkan Stop Motion Chemistry sebagai media pembelajaran audio visual dengan topik koloid dan menentukan kualitasnya. Kualitas Stop Motion Chemistry ditentukan berdasarkan penilaian lima guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural yang meliputi empat tahapan: perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan penilaian produk. Stop Motion Chemistry materi koloid ditinjau dan mendapatkan masukan dari dosen pembimbing, ahli materi, ahli media, dan peer reviewer. Stop Motion Chemistry dinilai oleh lima reviewer yaitu guru kimia SMA/MA. Penilaian dilakukan menggunakan instrumen penilaian berupa angket yang meliputi 5 komponen dengan 25 kriteria.Hasil penelitian berupa produk Stop Motion Chemistry dengan topik koloid yang dikemas dalam CD (Compact Disc) dan data kualitas produk Stop Motion Chemistry. Stop Motion Chemistry terdiri dari empat bagian yaitu: pembukaan, penggolongan materi, isi, dan penutup. Berdasarkan penilaian lima reviewer, Stop Motion Chemistry mempunyai kualitas sangat baik (SB) menurut kriteria penilaian ideal ditinjau dari komponen kelayakan materi dan kelayakan tampilan media dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 30,2 dan 40,2, serta mempunyai kriteria baik (B) ditinjau dari komponen kelayakan bahasa, kelayakan audio media, dan kemanfaatan dengan skor rata-rata berturut-turut yaitu 16,6; 7,6; dan 12,6.
PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN KIMIA SMA/MA MELALUI “SS-CHEM (SHORT STORY- CHEMISTRY)“SEBAGAI BUKU PENUNJANG KELAS XI SEMESTER 1 Fitri Nur Hastuti; Amanatie Amanatie
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3829

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan di bidang pendidikan kimia. Tujuan penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran kimia SMA/MA melalui SS-Chem (Short Story- Chemistry) sebagai buku penunjang kelas XI semester 1, (2) menentukan kualitas produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) yang dihasilkan ditinjau dari 8 aspek yaitu aspek kebenaran konsep, kedalaman konsep, pendekatan penulisan, keluasan konsep, keterlaksanaan, kebahasaan, tampilan menyeluruh, dan anatomi cerpen dalam SS-Chem (Short Story- Chemistry) berdasarkan penilaian 5 guru kimia SMA/MA sebagai reviewer.Penelitian ini menggunakan model pengembangan prosedural, yaitu tahap perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, penilaian, dan analisis data. Produk awal SS-Chem (Short Story- Chemistry) ditinjau dan mendapat masukan dari 3 peer reviewer, ahli materi dan ahli media. Produk yang telah direvisi kemudian dinilaikan kepada 5 guru kimia SMA/MA. Kualitas produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) ditentukan oleh kualitas semua aspek penilaian dari reviewer menggunakan instrumen penilaian yang berupa angket dengan skala Likert.Hasil penelitian pengembangan ini adalah produk SS-Chem (Short Story- Chemistry) sebagai buku penunjang belajar kimia SMA/MA kelas XI semester 1 yang terdiri dari 5 cerita pendek. Buku yang telah dikembangkan memiliki kualitas Sangat Baik (SB), besarnya skor rata–rata 125,80 dari skor maksimum 140. Dengan demikian buku ini layak untuk dijadikan alternatif media pembelajaran bagi peserta didik.
PENGARUH PEMBERIAN TUGAS RUMAH DENGAN MEMANFAAATKAN SUMBER BELAJAR MEDIA TEKNOLOGI INFORMASI TERHADAP PRESTASI BELAJAR Jati Nuswantari; Isana Supiah YL
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3831

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh danperbedaan yang signifikan prestasi belajar kimia peserta didik yang diberi tugasrumah secara individual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologiinformasi dengan yang tidak diberi apabila pengetahuan awal dikendalikan secarastatistik. Analisis yang digunakan adalah analisis gain score, independent sample ttest dan analisis kovarian satu jalur. Desain penelitian yang digunakan adalahrancangan satu faktor, dua sampel dan satu kovariabel. Berdasarkan hasilperhitungan gain score menunjukkan ada pengaruh pemberian tugas rumah secaraindividual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi. Hasilperhitungan independent sample t test menunjukkan ada perbedaan yangsignifikan antara peserta didik yang diberi dan tidak diberi tugas rumah secaraindividual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi. Hasilanalisis kovarian satu jalur menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikanantara peserta didik yang diberi dan tidak diberi tugas rumah secara individualdengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi apabilapengetahuan awal dikendalikan secara statisti. Pemberian tugas rumah secaraindividual dengan memanfaatkan sumber belajar media teknologi informasi akanmeningkatkan prestasi belajar peserta didik
PERBEDAAN PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN METODE KONVENSIONAL DENGAN PEMBELAJARAN MODEL KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEADS TOGETHER (NHT) TERHADAP MOTIVASI DAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK KELAS XI SEMESTER II SMA NEGERI 1 PUNDONG, KABUPATEN BANTUL TAHUN AJARAN 2015/2016 Maria Palma Permatasari; Endang Dwi Siswani
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3834

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan metode konvensional dan pembelajaran kooperatif tipe NHT ditinjau dari motivasi dan pemahaman peserta didik. Pengetahuan awal peserta didik dikendalikan secara statistik.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Banyaknya populasi penelitian ini yaitu 77 peserta didik kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pundong. Teknik sampling dilakukan dengan purpossive sampling dan diperoleh sampel penelitian ini sebanyak 50 peserta didik; 25 peserta didik di kelas eksperimen dan 25 peserta didik di kelas kontrol. Data yang diperoleh yaitu data pengetahuan awal kimia, data motivasi belajar (awal dan akhir), dan data soal tes pemahaman belajar peserta didik. Semua data diuji prasyarat hipotesis yaitu uji normalitas dan homogenitas. Selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t sama subjek, uji-t beda subjek, dan uji t test. Hasil uji-t sama subjek kelas NHT diperoleh t0= 2,91103. Hasil uji-t beda subjek t0= 3,385. Hasil uji t test diperoleh t0= 4,5.Hasil penelitian ini menunjukkan ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar sebelum dan setelah pembelajaran yaitu terdapat peningkatan motivasi belajar kimia pada peserta didik yang mengikuti pembelajaran kooperatif tipe NHT, ada perbedaan yang signifikan pada motivasi belajar kimia antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe NHT, dan ada perbedaan yang signifikan pada pemahaman belajar peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan metode konvensional dengan peserta didik yang mengikuti pembelajaran menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together, jika pengetahuan awal dikendalikan secara statistik.
THE INFLUENCE OF THE USING OF VIRTUAL LAB ON THE CHEMISTRY LEARNING MOTIVATION AND ACHIEVEMENT OF GRADE XI STUDENTS OF SMA NEGERI 1 SLEMAN SEMESTER 2 ACADEMIC YEAR 2015/2016 Marita Dean Rachma; M.Pranjoto Utomo
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3837

Abstract

This study was aimed to determine whether there is any significantdifference in motivation to learn chemistry or not before and after the using ofacid-base virtual lab, whether there is any significant increasing in motivation tolearn chemistry or not between the students who use acid-base virtual lab inpracticum activity and who do not, whether there is any significant difference inlearning achievement or not if prior knowledge is statistically controlled.This study was designed as a research experiment with one factor design,two variables, and one co-variable. One factor was in the form of learning media,two variables motivation and learning achievement, one co-variable was of priorknowledge. Samples of this research were two classes of grade XI students ofSMA Negeri 1 Sleman. One class was given a treatment of the use of virtual lab(experiment class) and one class was not (normal class). The data were collectedwith documentation technique, exercises, and inquiries. Motivations andachievements data were analyzed using same subject t-test, different subject t-test,and covariant test.The results of this research show that there is any significant difference inthe motivation of students’ before and after the using of acid-base virtual lab,there is no significant increasing in learning motivation between students’ whoused acid-base virtual lab in practicum activity with who did not, there areincreasing in achievement and motivation to learn chemistry if prior knowledge isstatistically controlled.
EFEKTIVITAS METODE PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KARAKTER DAN PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK Charis Dwi Ismail; A.K Prodjosantoso
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3824

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas metode praktikum untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar peserta didik di sekolah menengah atas. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Pre-experimental dengan model One Group Pretest Posttest. Sampel penelitian adalah 32 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 2 Bantul Yogyakarta. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket dan tes. Instrumen penelitian terdiri atas angket penilaian karakter dan soal prestasi belajar. Karakter yang diteliti adalah karakter jujur, disiplin, kerja keras, mandiri, komunikatif, dan rasa ingin tahu. Praktikum mengadaptasi 5E learning cycle yang dibagi menjadi 5 kegiatan pokok, yaitu, mengamati, bertanya, mengumpulkan data, mengasosiasi dan mengkomunikasikan. Analisis data menggunakan uji-t berpasangan. Hasil penelitian menunjukan bahwa metode praktikum efektif untuk meningkatkan karakter dan prestasi belajar peserta didik. Skor rata-rata karakter mengalami kenaikan sebesar (4,34), sedangkan skor rata-rata prestasi belajar mengalami kenaikan sebesar (39,53). Guru berperan membangun relasi yang suppotive dan menjadi teladan yang baik bagi peserta didik.
THE CORRELATION BETWEEN COMPLETENESS EQUIPMENTS AND MATERIALS CHEMISTRY LABORATORY WITH PRACTICAL SKILLS AND ACHIEVEMENT OF STUDENTS X CLASS OF EVEN SEMESTER ACADEMIC YEAR 2015/2016 IN SMA NEGERI 1 PLERET Mentari Astuti Putri Legowo; Suyanta Suyanta
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3841

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) kategori kelengkapan alat danbahan laboratorium kimia di SMA Negeri 1 Pleret, Bantul, DIY, 2) kategoriketerampilan praktikum kimia peserta didik kelas X semester genap SMA Negeri1 Pleret, Bantul, DIY, dan 3) hubungan antara kelengkapan alat dan bahanlaboratorium dengan keterampilan praktikum kimia dan prestasi peserta didik.Materi praktikum yang dipilih dalam penelitian ini adalah materi larutan elektrolitdan non elektrolit.Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan populasi peserta didikkelas X semester genap di SMA Negeri 1 Pleret, Bantul, DIY, dan sampel pesertadidik kelas X-A dan X-B yang diambil dengan teknik purposive sampling.Instrumen yang digunakan berupa daftar cek atau checklist kelengkapan alat danbahan laboratorium kimia, lembar observasi keterampilan praktikum, dan lembarangket. Analisis data pada penelitian ini menggunakan analisis deskriptif untukkategori dan uji korelasi product moment.Hasil dari penelitian ini adalah kelengkapan alat dan bahan laboratoriumkimia di SMA Negeri 1 Pleret dikategorikan lengkap dengan nilai 116.Keterampilan praktikum kimia peserta didik kelas X semester genap di SMANegeri 1 Pleret dikategorikan sangat terampil dengan nilai 65,11. Terdapathubungan antara kelengkapan alat dan bahan laboratorium dengan keterampilanpraktikum peserta didik, tidak terdapat hubungan antara keterampilan praktikumkimia dengan prestasi peserta didik, dan terdapat hubungan antara kelengkapanalat dan bahan laboratorium dengan prestasi peserta didik.
EFEKTIVITAS PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SISTEMIK TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR ANALITIS DAN PRESTASI BELAJAR KIMIA PESERTA DIDIK Dwi Fatonah; Marfuatun Marfuatun
Jurnal Riset Pembelajaran Kimia Vol 5, No 4 (2016): Volume 5, No 4 Edisi 4 Tahun 2016
Publisher : Universitas Negeri Yogyakarta

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.21831/jrpk.v5i4.3825

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik kelas X semester II SMA N 1 Pengasih tahun ajaran 2015/2016 sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik dan korelasi antara kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik tersebut sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan menggunakan pendekatan sistemik.Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental design. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X SMA N 1 Pengasih yang terbagi menjadi enam kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji wilcoxon dan analisis korelasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) terdapat perbedaan kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik sebelum dan sesudah mengikuti proses pembelajaran menggunakan pendekatan sistemik, (b) terdapat korelasi antara kemampuan berpikir analitis dan prestasi belajar kimia peserta didik sesudah mengikuti proses pembelajaran dengan pendekatan sistemik dengan nilai p= 0,015.

Page 1 of 1 | Total Record : 8